Connect with us

Pentingnya Vitamin dan Mineral Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

tubuh-sehatdan-tidak-sehat, gambar healthydiet24.com

Life Smart

Pentingnya Vitamin dan Mineral Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Umumnya, sebagian besar orang masih belum mengetahui pengaruh metabolisme terhadap tubuh. Metabolisme pada dasarnya sebuah proses perubahan kimia (enzim dan hormon) di dalam tubuh untuk mendorong terciptanya energi/tenaga dari makanan yang kita makan. Metabolisme setiap orang berbeda, dipengaruhi faktor usia, kelamin dan kepadatan otot.

Secara ilmiah, metabolisme memperlihatkan reaksi kimia tubuh seseorang setiap harinya untuk menghasilkan energi dari “pembakaran” makanan oleh sistem pencernaan. Kecepatan metabolisme tergantung dari faktor genetik sehingga jika seseorang memiliki metabolisme rendah, berat badan orang tersebut gampang naik, dibandingkan orang yang metabolismenya cepat.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Saat ini beredar isu tentang suplemen obat yang dapat melangsingkan tubuh secara instan, hal itu belum tentu benar 100%. Karena untuk menurunkan berat badan, selain asupan nutrisi yang tepat, kita juga harus membakar lemak, artinya berolahraga supaya metabolisme tubuh meningkat.

Nah, pada kesempatan kali ini, 4muda akan mengulas beberapa vitamin dan mineral yang terdapat di dalam makanan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

1. Vitamin A

Sebagian besar orang beranggapan vitamin A hanya untuk menyehatkan mata saja, tentu saja hal itu keliru. Vitamin A memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Vitamin ini mudah larut dalam air dan berperan penting untuk memelihara produksi hormon tiroid. Kekurangan hormon tiroid, menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Artinya, vitamin A dapat meningkatkan jumlah hormon tiroid, dan hormon tiroid dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Saran ahli kesehatan, vitamin A yang harus diserap tubuh setidaknya 700-900 microgram tiap harinya, agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Beberapa makanan yang kaya vitamin A, diantaranya cabe merah, tomat, bayam, aprikot, buah, telur dan salmon.

2. Vitamin D dan Kalsium

Mungkin vitamin D tidak secepat vitamin A dalam meningkatkan metabolisme, namun jika vitamin D digabung dengan kalsium, bersama-sama dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh harian dan mencegah tubuh dari kegemukan.

Vitamin D dan kalsium juga bermanfaat untuk pembentukan organ-organ vital, seperti jaringan tulang dan pembentukan otot. Vitamin D juga bersifat larut dalam air, sehingga dapat terakumulasi di dalam tubuh, jadi mengkonsumsi vitamin D tidak boleh melebihi dosis harian, yakni 400 IU. Tetapi jika tubuh sedang sakit, misalnya flu, dosis vitamin D dapat ditingkatkan hingga 5.000 IU-10.000 IU.

3. Vitamin B Kompleks

Mengkonsumsi vitamin B-kompleks tidak serta merta membuat tubuh langsing jika tidak dibarengi dengan olahraga teratur. Faktanya, vitamin ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang.

Prinsipnya, sel-sel tubuh menggunakan enzim untuk mengkonversi nutrisi menjadi energi. Beberapa vitamin B-kompleks mendorong aktivasi enzim, sehingga perubahan nutrisi makanan menjadi energi lebih cepat. Selain itu, vitamin B-kompleks mendukung kinerja sel darah merah dalam mengangkut oksigen ke dalam sel-sel tubuh.

Saat tubuh merasa kelelahan, baik karena pekerjaan atau habis sakit, mengkonsumsi suplemen vitamin B-kompleks sangat dianjurkan. Berikut beberapa vitamin B-kompleks yang bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh:

  1. Vitamin B1 (thiamine), biasa digunakan membakar lemak dan karbohidrat. Dibutuhkan untuk mencerna gula dan tajin (zat tepung).
  2. Vitamin B2 (riboflavin), mempercepat konversi makanan menjadi energi dan memelihara kesehatan kulit, rambut dan sistem saraf.
  3. Vitamin B3 (niacin), berfungsi meningkatkan metabolisme dan memelihara kinerja sistem saraf, kulit dan pencernaan.
  4. Vitamin B8 (biotin), meningkatkan asam amino dan energi tubuh dari pembakaran kalori dan lemak.
  5. Vitamin B5 (pantothenic acid), berkontribusi dalam pembentukan struktur beberapa enzim yang berkaitan dengan metabolisme tubuh.
  6. Vitamin B12, berfungsi untuk meningkatkan level energi tubuh, terlebih saat tubuh mengalami kelelahan.

Beberapa makanan yang menyediakan vitamin B-kompleks diantaranya, kentang, cabe-cabean, pisang, lentils dan lain-lain.

4. Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai faktor peningkat sistem kekebalan tubuh, namun vitamin C juga berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga vitamin ini memiliki kemampuan melawan tekanan oksidatif pemicu terganggunya berat badan seseorang.

Saat ini vitamin C mudah ditemukan dalam bentuk kapsul, tablet, serbuk dan minuman kesehatan. Setidaknya, tubuh memerlukan 1000 mg vitamin C setiap harinya. Secara alami, vitamin C ditemukan pada cabe, strowberi, brokoli, jeruk dan kubis.

5. Vitamin E

Selain berfungsi sebagai zat anti-oksidan kuat, vitamin E juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan adanya vitamin E, proses perubahan saripati makanan menjadi energi lebih terpelihara, karena vitamin ini menangkal tubuh dari berbagai penyakit.

6. Zink

Walaupun dibutuhkan hanya 11 mg untuk laki-laki dewasa dan 8 mg untuk perempuan dewasa tiap harinya, zink merupakan mineral penting yang harus ada jika ingin metabolisme tubuh kita tetap terpelihara.

Kita dapat menemukan zink pada bayam, bawang putih, ikan dan sayuran. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut: Sumber Zink Terbaik Pada Makanan Di Sekitar Kita.

7. CLA

CLA atau conjugated linoleic acid merupakan salah satu bentuk dari asam lemak esensial yang diperlukan tubuh. CLA dapat ditemukan pada daging dan produk olahan susu.

CLA dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membangun otot dan membakar lemak. Sekarang ini , CLA diproduksi dalam bentuk suplemen pil, untuk menolong orang yang ingin cepat menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak.

Berdasarkan penelitian, jika kita ingin menurunkan berat badan sebesar setengah kilogram dalam jangka waktu satu bulan, tubuh membutuhkan asupan 3,2 gram CLA tiap harinya.

8. Catechin

Catechin merupakan segolongan metabolit sekunder yang secara alami dihasilkan oleh tumbuhan dan termasuk golongan flavonoid, sehingga senyawa ini memiliki kemampuan anti-oksidan dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh seseorang.

Salah satu sumber catechin yang baik untuk metabolisme, yakni dari teh, khususnya teh hijau. Catechin pada teh hijau, mampu merangsang aktivitas sel-sel tubuh agar bekerja lebih aktif. Makanya, dianjurkan mengkonsumsi teh secara rutin tiap harinya agar berat tubuh tetap terpelihara.

9. Selenium

Tubuh membutuhkan selenium dalam jumlah kecil tetapi teratur untuk menjaga kesehatan liver (hati), umumnya menjaga metabolisme tubuh. Selenium banyak ditemukan dalam tanah, sehingga jumlah yang ditemukan dalam sayuran dan buah tergantung pada tempat penanaman dan metode pertanian yang digunakan.

Tanaman yang dibudidayakan pada tanah yang terlalu sering diolah akan memiliki selenium yang rendah. Selenium dapat ditemukan pada daging, ikan dan kacang-kacangan, susu dan produk susu, telur, susu ayam, bawang putih, bawang merah dan sayuran hijau.

10. Magnesium

Selain dibutuhkan untuk mengatur kadar kalium-natrium dalam tubuh, magnesium dibutuhkan juga untuk mempercepat proses metabolisme lemak. Sebagian besar magnesium disimpan dalam tulang dan gigi, sebagian lain di dalam darah dan otot.

Jika tubuh kita tidak memiliki cukup magnesium dalam darah, tubuh akan mengambilnya dari tulang, yang pada gilirannya juga dapat menyebabkan tulang keropos. Sumber magnesium diantaranya, susu, sayur-sayuran berdaun hijau, alpukat, pisang, coklat, produk kedelai seperti tempe atau tahu, biji-bijian dan kacang-kacangan.

11. Creatine

Creatine merupakan sebuah asam organik bernitrogen yang berasal dari asam arginine, glycine dan methionine. Sebanyak 95% creatine terdapat pada otot rangka, sisanya sebanyak 5% berada pada jantung,otak dan testis.

Pada dasarnya, creatine dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin membentuk tubuh mereka lebih berotot. Creatine dijumpai dalam bentuk suplemen kesehatan. Mineral ini juga terdapat pada daging, dan sedikit pada sayuran.

12. Zat Besi

Terakhir, jika kita ingin meningkatkan metabolisme tubuh kita, hendaknya makan makanan yang kaya akan zat besi. Kenapa? hal itu dikarenakan semakin tingginya kandungan zat besi pada sel darah merah, maka aliran oksigen di dalam tubuh akan lancar, artinya proses perubahan saripati makanan menjadi energi pun akan cepat.

Demikian dua belas vitamin dan mineral penting yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, semoga informasi kali ini menambah wawasan para pembaca setia 4muda.

Referensi:
http://www.livestrong.com/article/153741-vitamins-to-help-lose-weight-boost-the-metabolism/
https://dokterindonesiaonline.com/tag/manfaat-vitamin-dan-mineral-yang-dibutuhkan-tubuh-manusia/

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Alami Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top