Connect with us

Keluar dari Zona Nyaman? Jangan Takut! Inilah 5 Manfaatnya

life-begins-at-the-end-of-you-comfort-zone

Life Smart

Keluar dari Zona Nyaman? Jangan Takut! Inilah 5 Manfaatnya

Ada kalanya seseorang malas keluar dari zona nyaman karena takut hal yang ia impikan tidak berjalan semulus harapannya. Padahal, tindakan ini memiliki banyak manfaat, lho, terutama bagi perkembangan jiwa kita.

Apakah zona nyaman itu?

Gomuda - Sweater Rajut Pria

“Life begins at the end of your comfort zone.” ~ Neale Donald Walsch

Secara umum zona nyaman, atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut “comfort zone”, adalah kondisi dimana kita merasakan kenyamanan dalam hidup kita, tanpa ada beban atau stres khususnya dalam keuangan. Seperti misalnya gaji bulanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan, tidak ada utang, bisa menabung untuk berlibur tiap 3 bulan sekali, dsb.

Beberapa orang memilih dan mengajak untuk keluar dari zona nyaman karena menurut mereka hal ini akan membuktikan siapa diri kita sebenarnya. Bahkan beberapa berpendapat bahwa zona nyaman itu berbahaya.

Disebut berbahaya karena dengan berada di zona ini seseorang merasa tidak perlu lagi berbuat apa-apa. Mereka enggan untuk berusaha lebih keras lagi. Puncaknya, karena terlalu lama berada di zona ini, mereka bisa saja terkena pikun dan penuaan dini akibat dari malas berpikir.

Lalu, saat tertimpa musibah seperti bencana alam atau sakit parah yang tidak diharapkan dan tidak disangka-sangka, mereka akan lebih cepat putus asa dan stres akibat kaget. Mereka bisa menjadi depresi karena merasa hidup tidak adil dan mengeluh berkepanjangan.

Sementara itu, apabila seseorang sudah terbiasa berada di zona tidak nyaman, ia akan lebih santai menghadapi musibah dan bencana. Ia akan lebih mudah merelakan kehilangannya dan merasa bersyukur karena masih diberi kesempatan hidup. Bahkan, bukanlah tidak mungkin ia akan mengeluarkan solusi-solusi yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Keluar dari zona nyaman barangkali menakutkan, namun kita jadi belajar lebih banyak tentang diri kita sendiri: apa yang kita suka dan tidak suka, ambisi-ambisi kita, kekuatan dan kelemahan, dan apa yang kita inginkan di dalam hidup ini. Apabila kita berhasil melewatinya, kita akan menjadi orang yang memiliki kepribadian lebih kuat dan wawasan lebih luas.

Berikut adalah lima manfaat keluar dari zona nyaman yang dikutip dari GoodNet.

1. Mendorong Kita Hingga Batas Akhir Kemampuan Diri

Menghadapi yang tidak kita ketahui atau kenal, apa pun itu, merupakan kesempatan untuk menantang diri kita sendiri dan menyelesaikan tugas yang kita pikir tidak mungkin. Secara alami kita beradaptasi, menjadi lebih cepat, dan lebih kreatif ketika menghadapi hambatan.

Ketika kita sadar pilihannya tiada lain adalah mencapai sukses, kita menjadi lebih ulet dan terkadang, nekat.

2. Memaksa Kita untuk “move on”

Ketika menghadapi kemunduran baik itu profesional maupun personal saat keluar dari zona nyaman, ketidaknyamanan memaksa kita untuk bergerak maju tidak peduli kecepatan atau langkah apa pun yang kita ambil untuk diri kita sendiri. Ketika kita menghadapi tantangan tertentu dan tiba-tiba merasa buntu, kita dihadapkan dua pilihan: tetap stagnan atau melangkah maju.

Dan hanya ketika kita memutuskan untuk fokus ke depan lah, kita tumbuh dan berkembang. Ketidaknyamanan hanyalah tidak nyaman, itu saja, namun hal itu malah mempercepat proses bertumbuh kita.

3. Membuat Kita Menjadi Lebih Kuat

Ketika kita keluar dari zona nyaman, kita menjadi lebih berpengalaman dalam menghadapi pasang surutnya kehidupan. Hal ini seringkali melelahkan, namun hal ini menjadi bermanfaat karena kita menjadi lebih siap ketika menghadapi kerikil-kerikil kehidupan. Belajar dari pengalaman, kita menjadi lebih kuat, lebih sadar, dan lebih percaya diri.

4. Memperlihatkan Pengalaman Baru

Semua pengalaman adalah pembelajaran yang penting, tidak peduli betapa canggungnya perasaan kita saat menghadapi mereka pertama kali. Kita bertemu orang-orang baru atau mengambil keahlian baru yang pada akhirnya membantu kita menjadi lebih siap menghadapi rintangan di masa depan. Kita tumbuh menjadi lebih bijak, dan kebijaksaan tersebut menjadi kekuatan untuk membuat pilihan yang membawa kita menjadi lebih dekat untuk mencapai tujuan.

5. Membantu Kita Menemukan Arah Hidup

Semakin kita membuka diri terhadap zona tidak nyaman, semakin banyak pula arah yang kita miliki. Kita menjadi memiliki kesempatan untuk menemukan apa yang kita inginkan sebenarnya dalam hidup. Kita dapat memilih arah atau jalan yang kita inginkan sesuai dengan situasi yang barangkali tidak nyaman…pada awalnya.

Itulah lima manfaat apabila kita keluar dari zona nyaman. Semoga membuat kita lebih berani dalam mengambil keputusan serta menambah wawasan kita.

Referensi:
http://www.goodnet.org/articles/leaving-your-comfort-zone-gives-you-chance-to-grow
http://www.entrepreneurmuslim.com/hati-hati-bahaya-comfort-zone-untuk-hidup-anda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top