Connect with us

Inilah 5 Merek Fashion Yang Paling Disuka Remaja Amerika Saat Ini

nike-shoes

Tahu Gak

Inilah 5 Merek Fashion Yang Paling Disuka Remaja Amerika Saat Ini

Beberapa tahun terakhir, banyak retail pakaian remaja harus mengaku kebangkrutannya akibat penurunan kunjungan pelanggan ke mall, kompetisi dengan online shop dan retail “fast fashion”, serta cepat berubahnya selera remaja.

Meskipun begitu, banyak juga retail yang sanggup bertahan dengan cara menutup sebagian tokonya, memperluas layanan dengan membuka toko online, dan meluncurkan merek baru.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Remaja masa kini yang merupakan Generasi Z, generasi yang lahir antara tahun 1995 hingga 2012 ini di Amerika Serikat ada sekitar 25,9% dari jumlah populasi seluruh penduduknya. Jumlah tersebut merupakan persentase terbesar dan menyumbang sekitar 44 milyar dollar Amerika.

Diperkirakan pada tahun 2020 jumlah mereka menjadi sepertiga populasi masyarakat Amerika dan kemungkinan besar akan menjadi target pasar yang potensial.

Baru-baru ini, Piper Jaffray merilis hasil survey semi tahunan ke-35 berjudul, “Taking Stock with Teens”, yang menyasar 6.000 orang pembelanja remaja dengan rata-rata usia 16,4 tahun. Survey tersebut menunjukan kebiasaan pembelanjaan dan pilihan merek.

Berikut adalah 5 urutan teratas untuk kategori merek pakaian, tas tangan, sepatu, dan website belanja.

Merek Pakaian:

  1. Nike 23%
  2. American Eagle 10%
  3. Adidas 6%
  4. Forever 21 5%
  5. Urban Outfitters 5%

Merek Tas Tangan:

  1. Michael Kors 28%
  2. Kate Spade 17%
  3. Coach 14%
  4. Gucci 9%
  5. Louis Vuitton 7%

Merek Sepatu:

  1. Nike 42%
  2. Vans 16%
  3. Adidas 14%
  4. Converse 4%
  5. DSW 3%

Website Belanja:

  1. Amazon 44%
  2. Nike 6%
  3. American Eagle 4%
  4. Urban Outfitters 3%
  5. Forever 21 3%

Dari hasil survey tersebut didapat kesimpulan berupa:

  • Merek atletik atau olahraga masih mendominasi dari tahun ke tahun. Namun, meskipun Nike berada di posisi puncak, kekuatan merek ini di benak konsumen remaja Amerika ternyata mengalami penurunan. Berbeda dengan Adidas, merek ini naik cukup tajam. Hal itu terlihat dari penjualan 3 bulan terakhir di tahun lalu. Penjualan Nike turun sebanyak 6%, sementara Adidas naik sebanyak 31% dengan permintaan yang kuat akan model retro dan Boost.
  • Pakaian wanita dan jeans adalah produk American Eagle yang populer di antara remaja. Penjualannya naik sebesar 8%, utamanya segmen Aerie yaitu pakaian dalam wanita yang menyumbang pendapatan sekitar 34%.
  • Forever 21 menjadi merek ‘fast fashion’ yang paling tinggi penjualannya mendahului saingannya yaitu HM.
    ‘Fast fashion’ merupakan strategi bisnis yang memungkinkan sebuah perusahaan untuk dapat melayani permintaan konsumen pada waktu puncaknya lewat sebuah sistem yang efisien mengurangi ‘lead time’ (waktu tunggu pemesanan; adalah waktu yang dibutuhkan antara waktu pemesanan dan waktu penerimaan pesanan diketahui) dalam desain dan proses manufakturnya.
  • Sementara itu, Urban Outfitters terdongkrak naik penjualannya sebanyak 2% di kuarter keempat berkat perpaduan unik segmen KITSCH (pernak-pernik perempuan) dan pakaiannya.
  • Produk streetwear ternyata bergerak lebih cepat, dan yang memimpin adalah Vans (merek sepatu no. 1) serta Supreme (merek pakaian no. 7), sementara itu merek-merek yang sempat berjaya di tahun 1990an, Champion dan Tommy Hilfiger, perlahan-lahan mulai bangkit kembali.
  • Ralph Lauren secara mengejutkan keluar dari 10 merek top fashion pria, setelah sebelumnya selalu berada di posisi 10 besar sejak tahun 2002.
  • Untuk website tujuan belanja, ternyata Amazon menjadi pilihan pertama.

Selain fashion, didapat juga kesimpulan lain yaitu:

  • Makanan, produk kecantikan (remaja putri), dan video games (remaja pria) masih mendominasi pembelanjaan para remaja Amerika.
    Terjadi kenaikan persentase pembelanjaan sebanyak 2% dari musim gugur tahun lalu.

Lalu, bagaimana dengan remaja Indonesia sendiri, apakah sama dengan remaja Amerika? Bagaimana menurut Anda?

Sumber:
https://www.usatoday.com/story/money/retail/2018/04/28/teen-shoppers-love-these-5-clothing-brands/34165749/
https://www.huffingtonpost.com/george-beall/8-key-differences-between_b_12814200.html
http://www.piperjaffray.com/3col.aspx?id=4986
Fast Fashion 101

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Brand Olahraga Terbaik Di Dunia - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top