Connect with us

Inilah 10 Alasan Penting Sesekali Anda Harus Berkemah

berkemah-camping

Top 10

Inilah 10 Alasan Penting Sesekali Anda Harus Berkemah

Berkemah atau camping merupakan sebuah aktivitas outdoor yang banyak digemari masyarakat perkotaan belakangan ini. Kegiatan ini umumnya dilakukan orang orang untuk menyalurkan hobi mereka, menikmati keindahan alam, menghilangkan kepenatan atau ajang rekreasi setelah bekerja sekian lamanya.

Selain bersifat rekreasi, berkemah juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Makanya, kegiatan ini selalu masuk ajaran kurikulum di dalam ekstrakurikuler seperti pramuka, paskibra, bahkan dalam masa orientasi siswa baru, sebagian sekolah mewajibkan anak didiknya untuk camping.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Zaman now, berkemah telah menjadi life style atau kebutuhan sebagian orang, karena di dalam pelaksanaannya mereka tidak sekedar “pindah tidur” saja, namun mereka juga dapat melakukan berburu, bersepeda, memancing, atau kegiatan outdoor kesayangan mereka tanpa ada orang lain yang mengganggu.

Dan perlu diketahui juga, ternyata camping dapat membuat seseorang lebih sehat lo! Fakta ini terungkap melalui penelitian, bahwa rasa senang seseorang dalam menjalani sebuah hobi akan berdampak baik terhadap kesehatan dan harapan hidup orang tersebut, termasuk berkemah.

Tanpa basa basi lagi, berikut beberapa alasan penting kenapa anda sesekali harus berkemah.

1. Oksigen Yang Berkualitas

Oksigen adalah komponen udara yang sangat dibutuhkan sel-sel tubuh agar tetap hidup normal, dan saat seseorang berkemah di daerah yang banyak pohon hijau, pastinya tubuh orang tersebut lebih banyak menyerap oksigen ketimbang saat berada di daerah perkotaan yang minim ruang hijuanya.

Ketika tubuh seseorang berada dekat tumbuhan hijau, orang tersebut akan menghirup oksigen lebih banyak, dan kabar baiknya, saat oksigen terserap oleh usus dan otak manusia, jumlah hormon serotonin yang dikeluarkan akan lebih banyak. Perlu diketahui, serotonin merupakan cairan kimia yang bermanfaat menurunkan stress di dalam tubuh.

Lebih jauh, oksigen yang dihirup saat berkemah merupakan oksigen tanpa polutan dan udara jenis ini lebih berkualitas, manfaatnya diantaranya menyehatkan sistem pencernaan, meningkatkan tekanan darah, dan mempercepat sistem kekebalan tubuh.

2. Memperkuat Tali Persahabatan dan Kekeluargaan

Berkemah sendiri akan sangat membosankan ketimbang dilakukan bersama-sama teman atau anggota keluarga, dan pengalaman yang akan didapatkan juga akan lebih unik dan bermakna dan tentunya kegiatan ini dapat memperkuat tali persahabatan dan kekeluargaan yang telah anda bangun sebelumnya.

Berdasarkan studi ilmiah, aktif bersosialisasi dapat meningkatkan harapan hidup seseorang dan mengurangi resiko kemunduran mental. Selain alasan medis diatas, mempunyai hubungan persahabatan/kekeluargaan yang baik dapat membuat hidup seseorang lebih asik dan menyenangkan. Jadi, tanyalah beberapa teman anda, kapan kita akan berkemah!!!

3. Menghilangkan Stress

Bekerja di kantoran, khususnya berkaitan dengan data yang harus diolah di komputer membuat mata dan otak terbebani yang ujung-ujungnya pikiran mudah lelah, dan beban mental ini perlu dihilangkan salah satunya dengan melakukan kegiatan outdoor, misalnya berkemah.

Camping adalah salah satu cara menyehatkan untuk mengurangi beban mental yang menumpuk bahkan menghilangkan stress yang menumpuk di otak anda. Salah satu penyebab timbulnya stress yakni kurangnya asupan oksigen, dimana oksigen merupakan faktor penentu kadar serotonin dan melatonin.

Serotonin dan melatonin sama sama merupakan hormon yang dihasilkan dalam kelenjar pinealis, dimana serotonin berfungsi sebagai neurotransmitter atau penghantar sinyal dari satu sel ke sel saraf lainnya, sedangkan melatonin berfungsi mengendalikan siklus tidur dan bangun seseorang.

Faktanya, jika stress telah menumpuk dapat berdampak negatif terhadap kesehatan, misalnya terganggunya tekanan darah dan sering terasa sakitnya kepala.

4. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika anda berkemah, maka semua aktivitas mulai dari mencari tempat yang diinginkan, mendirikan tenda sampai menyiapkan makan malam akan menguras tenaga dan membuat diri anda berkeringat, dan ini sangat baik untuk jantung dan suasana hati anda.

Disamping itu, kegiatan outdoor ini sangat penting untuk memelihara kesehatan mental dan tubuh seseorang. Peneliti menemukan bahwa jika seseorang berada beberapa menit di alam bebas saja, maka hal tersebut dapat mengurangi tingkat depresi, apalagi satu/dua malam berada di alam bebas, tentunya dapat memperbaiki suasana hati anda.

5. Membantu Melatih Daya Tahan Tubuh

Salah satu alasan penting mengapa sesekali harus berkemah yakni kegiatan ini dapat melatih daya tahan tubuh seseorang. Di dalam aktivitas ini, kita akan membawa sendiri semua barang keperluan untuk survive, mulai dari tenda, hingga makanan yang harus dibawa dari titik keberangkatan hingga titik perkemahan.

Di dalam camping, anda akan melakukan perjalanan kaki biasa hingga pendakian, dan semua ini bermanfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru anda.

6. Menikmati Tantangan Baru

Berdasarkan studi ilmiah, jika seseorang mengalami pengalaman baru dalam hidupnya, maka hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan otak mereka. Kegiatan menantang yang melibatkan pikiran dan fisik, seperti berkemah, akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Di dalam camping juga kita akan melakukan segala sesuatu secara mandiri, mulai dari mencari ranting untuk membuat perapian, mendirikan tenda, memasak air untuk minum, hingga mencari makanan di alam bebas jika stok makanan yang dibawa telah habis. Sungguh camping merupakan aktivitas menantang yang wajib dinikmati.

7. Tersedianya Makanan Terbaik

Salah satu skenario terbaik saat berkemah yakni saat stok makanan habis dan perut anda kelaparan, eits jangan gusar atau gelisah dulu, alam sekitar anda telah menyediakan stok makanan yang banyak, jika anda mau berusaha sedikit.

Oleh karena itu, ketika memilih titik untuk mendirikan tenda, hendaknya anda memilih daerah yang agak tinggi namun dekat dengan sumber mata air seperti sungai dan danau. Hal itu untuk memudahkan anda mencari air bersih dan tentunya untuk berburu dan memancing. Lalu Ikan hasil pancingan di alam bebas pastinya memiliki kualitas protein terbaik, karena tidak mengandung bahan pengawet.

8. Mengurangi Waktu Bermain Gadget

Ketika anda memutuskan untuk berkemah, maka konsekuensinya semua hal yang berbau elektronik harus anda simpan di rumah (kecuali aplikasi peta di smartphone). Anda harus rela untuk terputus dengan beberapa teman online, agar pengalaman saat camping lebih bermakna.

Beberapa studi menunjukan bahwa dengan mematikan smartphone anda saat camping, dapat melatih pikiran anda terbebas dari ketergantungan gadget. Lebih jauh, mendekatkan diri dengan alam bebas merupakan salah satu jenis meditasi alami agar pikiran seseorang lebih fresh.

9. Lebih Peduli Terhadap Alam

Ketika melihat ke atas langit malam, banyaknya bintang kelap kelip dan jika beruntung ada bintang yang jatuh (tentunya bukan bintang tapi meteor yang terbakar saat masuk ke atmosfer bumi), pastinya perasaan takjub tercipta, apalagi melihatnya saat anda sedang camping di alam bebas.

Dari studi ilmiah terbukti bahwa orang yang pernah berkemah akan memiliki perasaan “mencintai alam” lebih daripada orang yang tidak pernah berkemah sama sekali. Camping juga merupakan kesempatan bagus untuk melatih jiwa “petualang” seseorang.

10. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Diri Sedini Mungkin

Alasan penting lainnya kenapa anda harus mencoba berkemah yakni camping dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri. Camping dapat menolong para remaja untuk membangun dan meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka, dengan mengesampingkan nilai akedemisnya, sosila dan atletiknya di sekolah.

Karena di dalam camping, saat mereka berhasil mendirikan tenda, mengumpulkan ranting untuk api unggun, atau memasak makanan, mereka tidak akan terikat dengan angka-angka. Oleh karenanya setiap sekolah manapun memasukan camping sebagai salah satu agenda tahunan, yang diselipkan dalam ekstrakurikuler seperti pramuka.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkemah
https://www.eurekacamping.com
http://vkool.com
http://olvista.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top