Connect with us

Evoware, Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan Dari Anak Bangsa

evoware-kemasan-rumput-laut

Entrepreneur

Evoware, Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan Dari Anak Bangsa

Kenalkah Anda dengan Evoware? Evoware merupakan startup milik pemuda Indonesia yang memproduksi kemasan ramah lingkungan terbuat dari rumput laut.

Banyak diantara masyarakat kita yang belum paham akan bahaya plastik bagi masa depan lingkungan. Cara menjelaskan secara ilmiah dari bahaya sampah plastik yang terus bertambah setiap harinya, sulit diserap masyarakat. Sehingga perlu penjelasan sederhana dan aplikatif untuk mengedukasi masyarakat terutama generasi muda Indonesia.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Pernyataan tersebutlah kira-kira yang disampaikan oleh David Christian sebagai Founder dari Evoware pada video wawancara dengan TechinAsia berikut ini.

Evoware hadir karena masalah sampah konsumsi plastik yang sulit dihentikan, membuatnya berinovasi melalui inspirasi yang ia temukan dari produk gelas yang bisa dimakan.

Seperti yang kita ketahui bahwa plastik sendiri terurai dalam waktu yang lama hingga ratusan tahun, sehingga makin banyaknya konsumsi plastik menjadi masalah klasik yang sangat urgent.

Dengan ketekunan dan jiwa sosialnya, David kemudian melakukan penelitian dan pengembangan produk ramah lingkungan yang bisa digunakan sebagai pengganti gelas plastik atau gelas kaca menjadi gelas yang bisa dimakan yang terbuat dari rumput laut.

Produk gelas rumput laut tersebut dinamakan Ello Jello. Produknya ini telah menjuarai Circular Design Challenge dan Social Venture Challenge Asia 2017. Berkat kejuaraan kompetisi yang diraihnya membuat banyak media meliput dan David mulai bekerjasama dengan Co-Founder lainnya untuk terus berinovasi memproduksi produk baru seperti packaging.

David sadar, bahwa Indonesia menjadi negara terbesar kedua sebagai konstributor sampah plastik di lautan. Hal ini tentu saja buruk bagi biota alam termasuk ikan yang dikonsumsi manusia.

90% sampah plastik berakhir di laut, dan 70% nya adalah sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan. Hal inilah yang ingin disampaikan David pada masyarakat Indonesia bahwa kita harus segera mengurangi penggunaan kemasan plastik.

Solusi yang ditawarkan dari David bersama Evoware adalah menggunakan sumber daya alam berupa rumput laut, dengan alasan sebagai berikut:

  • Sejumlah besar produksi rumput laut tidak digunakan/kelebihan pasokan
  • Sebagian besar petani rumput laut miskin karena rantai pemasaran yang panjang dan banyaknya rentenir
  • 5 dari 6 provinsi termiskin di Indonesia sebenarnya memproduksi rumput laut

Selain manfaatnya yang besar dari rumput laut, David bercita-cita juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai petani rumput laut melalui produk Evoware.

produk-kemasan-evoware

Produk Kemasan Ramah Lingkungan, gambar: http://www.evoware.id//product/ebp

Beberapa produknya yang saat ini sudah diproduksi adalah:

  • Coffee Sachet
  • Seasoning Sachet
  • Food Wrap (Burger wrap, sandwiches, bread)

Tak perlu ragu untuk menggunakan produk evoware, karena David bersama tim nya menjamin kualitas terbaik dari rumput laut dalam bentuk kemasan yang bisa dikonsumsi tersebut telah mendapatkan hak paten serta memiliki kelebihan lain diantaranya:

  • Larut dalam air hangat, yang membuatnya menjadi produk zerowaste
  • 100% biodegradable dan berfungsi sebagai pupuk alami untuk tanaman, jika tidak habis dimakan.
  • Memiliki 2 tahun masa simpan, bahkan tanpa pengawet
  • Halal dan bersertifikat, aman dikonsumsi dan diproduksi sesuai standar HACCP
  • Bergizi, mengandung serat tinggi, vitamin dan mineral
  • Bisa custom untuk memberi kesan khusus, seperti warna dan logo merek

Saat ini produknya masih terus dalam pengembangan dan bisa dibeli melalui kontak resmi evoware.

Referensi:
[1] http://www.evoware.id/
[2] http://www.evoware.id//product/ebp

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top