Connect with us

Evita Nuh, Fashion Blogger Muda Mengagumkan Meski Sindrom Asperger

Tahu Gak

Evita Nuh, Fashion Blogger Muda Mengagumkan Meski Sindrom Asperger

Gadis kecil itu bergaya dengan seriusnya di depan kamera yang dipegang kakaknya. Kadang jika sang kakak sibuk, dia bergaya sendirian di depan kamera dengan tripod. Hasilnya mengagumkan, dia terlihat layaknya model profesional remaja.

Banyak orang yang mengaguminya sebagai fashion blogger cilik bertalenta, tak hanya dari Indonesia tapi juga dari mancanegara. Dia adalah Evita Panca Ludwina Nuh atau yang sering disebut Evita Nuh dan mendapat julukan dari para penggemarnya; Little Nuh.

Berawal dari rasa bosan, tidak ada kerjaan dan tidak ada teman ngobrol, membuat Evita aktif di dunia fashion blogger pada tahun 2008. Saat itu usianya 9 tahun. Dengan modal foto-foto dirinya yang diambil oleh kakaknya, dia mulai berkarya. Usia 11 tahun dia berada di urutan ketiga ‘Fashion Brights Under 16’ menurut blog komunitas penulis fashion Asia Tenggara tonguechic.com. Usia 12 tahun Majalah Marketeers memasukan namanya dalam daftar 100 anak muda paling berpengaruh di Indonesia, dan dia menjadi yang termuda.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Dan pada bulan Agustus 2011, majalah Grazia dari Italia memuat artikel tentang dirinya dalam satu halaman. Setelah sempat vakum dari brand pakaian Little Nuh yang didirikannya bersama sepupunya karena kelelahan, kini dia menjadi creative director di EN.PENS dan blogger kolumnis untuk majalah GoGirl.

Jika dilihat dari foto-fotonya, Evita tampil layaknya gadis muda pada umumnya. Ceria dan penuh warna. Ketertarikan pada fashion membuatnya tidak pernah mati gaya. Ada saja gaya berpakaian yang dia tampilkan dalam blog-nya. Tapi dalam pengakuan di salah satu blog, Evita ternyata didiagnosa mempunyai sindrom Asperger. Hal ini tidak membuatnya sedih, karena menurutnya dengan sindrom tersebut dia bebas untuk menjadi aneh.

Selain Evita Nuh yang sangat bertalenta, ternyata ada beberapa orang terkenal di dunia ini yang diduga dan didiagnosa mempunyai sindrom Asperger. Misalnya pendiri Microsoft Bill Gates, musisi Adam “Owl City” Young, fisikawan Isaac “gravitasi” Newton, novelis Jane Austen, dan penemu teori relativitas Albert Einstein. Apakah sebenarnya sindrom Asperger itu?


Sindrom Asperger merupakan salah satu gejala autisme dimana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Mereka cenderung kesulitan untuk memahami bentuk-bentuk komunikasi non-verbal serta kata-kata yang memiliki banyak arti seperti kata ‘itu’. Mereka juga kesulitan memahami mimik wajah atau ekspresi orang lain, cenderung menjadi pemalu, dan cenderung berbahasa dengan gaya formal.

Sindrom ini bukanlah penyakit mental dan sering disebut sebagai autisme yang memiliki banyak fungsi (high-functioning autism). Artinya, penderita sindrom Asperger kadang tidak terlihat seperti penderita autisme, tapi ketika dilihat, otak mereka bekerja secara berbeda dari orang lain. Walaupun otak mereka bekerja berbeda, kemampuan linguistik dan kognitif para penderitanya relatif tidak mengalami penurunan, bahkan dengan IQ yang relatif tinggi atau rata-rata. Artinya sebagian besar penderita sindrom Asperger bisa hidup secara mandiri, tidak seperti autisme lainnya.

Berdasarkan hasil riset dan observasi, kemungkinan besar penyebab sindrom Asperger adalah faktor genetis atau keturunan. Dan ada sedikit kasus yang disebabkan oleh terpaparnya janin hingga usia 8 minggu oleh teratogens (zat yang menyebabkan kecacatan lahir).

Hidup dengan sindrom Asperger bukanlah akhir dari dunia. Banyak yang telah membuktikan bahwa orang-orang dengan sindrom Asperger mampu hidup normal dan mandiri. Bahkan tidak dapat dipungkiri beberapa dari mereka mampu menjadi orang yang sukses di bidangnya, yang secara tidak langsung bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya maupun dunia.

Dari berbagai sumber

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Ngeblog Gratis? Inilah 10 Pilihan Platform Blog Gratis Terbaik - 4muda.com

  2. Pingback: 10 Inspirasi Fashion Yang Bisa Dijadikan Sumber Gaya Kamu - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top