Connect with us

4 Pengusaha Muda Muslim Sukses dan Berpengaruh

Jaya Setiabudi

Entrepreneur

4 Pengusaha Muda Muslim Sukses dan Berpengaruh

Dari sekian banyak pengusaha muda muslim di Indonesia, beberapa diantaranya terjun sebagai coach, trainer atau motivator bagi pengusaha lainnya untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka atau memotivasi bangkit kembali dari kegagalan sesuai dengan caranya masing-masing.

Pengalaman berharga yang beranjak dari pembelajaran hidup dan tantangan serta hambatan usaha yang mereka alami, menjadikan nilai lebih yang dapat memotivasi sekaligus menginspirasi banyak pengusaha pemula maupun pengusaha yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis yang dilakoninya.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Adalah Rendy Saputra, Dewa Eka Prayoga, Saptuari Sugiharto, dan Jaya Setiabudi, sosok sukses pengusaha muda muslim, sekaligus berpengaruh dalam dunia bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Inspirasi perjuangan bangkit dari keterpurukan yang dicontohkan Dewa Eka Prayoga begitu memikat para pengusaha muda lainnya untuk ikut bangkit dan maju kembali. Pengalaman terlepas dari lilitan riba yang menghancurkan dari Saptuari Sugiharto menjadi fenomena yang begitu kuat mengubah pola pikir pengusaha muda untuk usaha tanpa riba.

Ilmunya yang berharga dalam menjalankan bisnis, pengalamannya yang pernah bangkrut, membuat Jaya Setiabudi mampu membuat komunitas pebisnis yang termotivasi untuk mengembangkan diri dan berdaya dinegeri sendiri.

Seperti halnya Rendy Saputra dengan kemampuan komunikasi serta keilmuan dalam dunia bisnis, menjadikannya sosok yang berkarakter dan mampu menggerakan pebisnis muda untuk bersinergi dan berdaya. Cita-citanya yang luhur dalam mengajak semua lapisan UMKM menjadi pebisnis besar memberikan peluang bagi pengusaha itu sendiri untuk mau belajar dan belajar serta berstrategi dalam menentukan model bisnis ideal dan sesuai dalam memaksimalkan usaha yang digeluti.

Banyak hal dari jejak kesuksesan yang mereka raih, berawal dari motivasi diri untuk terus belajar dan menggali kemampuan semaksimal mungkin, memanfaatkan waktu dan tenaga sebaik mungkin dalam menjalankan bisnis yang tentu saja sambil meningkatkan ibadah pada sang pemilik rezeki Allah SWT.

Seperti apakah sosok para pengusaha muda muslim sukses dan berpengaruh tersebut? Mari kita gali sekilas satu-persatu.

1. Rendy Saputra

rendy-saputra

Rendy Saputra, gambar: billionairestore.net

Jika Anda jeli, Rendy Saputra bisa jadi sosok pemuda penggerak era digital ini. Dia mampu menggerakan masa terutama para pengusaha muda dan calon pengusaha sukses untuk berdaya dan bersinergi di negeri sendiri.

Ya, dia adalah penulis buku Dua Kodi Kartika yang mengisahkan bagaimana dirinya belajar dari sosok berharga Bunda Ika Kartika yang juga pemilik dari Keke Busana.

Melalui kepiawaiannya dalam membangun sebuah bisnis model, menjadikan dirinya sebagai CEO dari Keke Busana.

Rendy Saputra lahir dari pasangan Adry HA dan Tri Anisah. Menghabiskan masa kecil hingga SMA di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pria kelahiran 1 Juli 1986 ini kemudian melanjutkan pendidikan di ITB jurusan Teknik Perminyakan angkatan 2004.

Kehidupan Akademik nya ternyata tidak mulus dan mengharuskan mundur teratur dari kampus dan merajut karier di dunia edukasi bisnis. Ketekunan melalui beragam training termasuk training yang dipimpin coach Fahmi, membuat nya makin memahami pentingnya berdaya dan berjejaring. Didukung dengan kemampuan komunikasi yang sangat baik mampu memotivasi dan menularkannya pada pengusaha-pengusaha muda yang haus akan ilmu bisnis.

Video adalah satu media pembelajaran yang diberikan Rendy kepada pencari ilmu bisnis yang bisa didapatkan di website duakodikartika.com. Video tersebut disajikan dengan apik untuk mempelajari lebih dalam bagaimana menjalankan bisnis dengan benar dan bertumbuh. Berikut salah satu potongan videonya yang begitu inspiratif.

Meski masih muda, ayah tiga anak ini banyak dipercaya mengisi beragam jenis forum pengembangan diri dan bisnis dari perusahaan-perusahaan besar seperti Telkom, Wardah dan banyak lainnya.

Kini dirinya pun menjadi Founder dari Serikat Sudagar Nusantara (SSN) yang sukses menggerakan ribuan pengusaha muda untuk berkumpul dan bersinergi yang dilangsungkan di Jakarta akhir tahun 2017.

Sesuai dengan tagline dari SSN, berjejaring, bertumbuh dan berdaya, rangkaian acara dimulai dengan beberapa bulan sebelumnya yang mana disetiap kota besar telah dibentuk komunitas SSN. Kemudian mengadakan serangkaian acara Roadshow SSN lebih dari 30 kota. Bahkan hingga kini, komunitas-komunitas tersebut terus mengadakan Kopdar Saudagar Nusantara yang diselenggarakan secara berkala untuk memotivasi dan bertumbuh melalui sharing dan forum diskusi antar pengusaha muda sukses di kota tersebut.

Tak berhenti disana 8 februari 2018, Rendy yang juga Founder dari Inspira Picture, mencoba bergelut dalam produksi film dan telah merilis film perdananya berjudul “Bunda, Kisah Cinta 2 Kodi”. Sebuah film tentang sosok Ika Kartika yang memberikan inspirasi bagi Rendy Saputra dalam perjalanan karirnya. Kisah seorang Ibu Rumah Tangga yang juga berkarir dengan sentuhan realitas kehidupan rumah tangga umumnya yang penuh perjuangan untuk mencapai kebahagiaan.

Film ini mendapat apresiasi baik dan mampu menyentuh hati penontonya, dengan kualitas film yang apik dan realistis.

2. Dewa Eka Prayoga

dewa-eka-prayoga

Dewa Eka Prayoga, gambar: dewaekaprayoga.com

Bernama lengkap Dewa Eka Prayoga, lahir di Sukabumi, 24 April 1991, dia adalah sosok muda inspiratif yang mampu menggugah generasi pengusaha muda di Indonesia yang baru memulai hingga berpengalaman sekalipun untuk tegar menghadapi keterpurukan.

Usahanya yang sempat dilanda masalah bisnis mengejutkan yang mengharuskan dirinya membayar hutang orang lain hingga mencapai 7,7 milyar, lantas tak membuat Dewa terus-terusan terpuruk, ia berusaha keras bagaimana caranya bertanggung jawab membayar utang dengan segala daya yang ia punya mulai dari berjualan gorengan hingga akhirnya menulis sebuah buku yang sebelumnya tidak terlintas olehnya.

Dewa Eka Prayoga akhirnya menulis buku yang ia alami bukan tentang kesuksesannya menjalankan bisnis, namun hasil analisis kegagalannya, pengalamn bagaimana seorang pengusaha itu bisa jatuh melalui buku berjudul “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula”.

Tak disangka buku nya laris manis, jadi buku best seller dan memberikan pengaruh bagi pembacanya untuk senantiasa mengambil hikmah dari yang dialami Dewa Eka Prayoga. Laris nya buku tersebut kembali membuat semangat dirinya untuk kembali menulis buku berkenaan dengan entrepreneurship, baik dari cara jualan hingga motivasi bisnis.

Saat ini lini bisnisnya makin meningkat, mulai dari Billionairestore yang menjual buku karya dirinya serta para penulis populer tentang bisnis dan entrepreneur yang hanya dijual secara online dan tidak tersedia di outlet.

Selain Billionairestore, ada juga Jago Jualan, hijab, hingga bisnis furniture dan kosmetik yang kini dijajal nya bersama sang Istri.

Sama seperti Rendy, Dewa juga sering mengisi forum pengembangan bisnis, sekaligus membentuk komunitas melalui business coach yang memberikan pengaruh bagi pengusaha muda lain untuk mengembangkan bisnisnya terutama melalui digital marketing seperti facebook ads.

Facebook page yang beralamatkan https://www.facebook.com/dewaekaprayoga/ telah memiliki follower lebih dari 245.000, yang terhitung sangat banyak dan bisa jadi dari sekian banyak follower didalamnya merupakan calon-calon pengusaha muda sukses.

3. Saptuari Sugiharto

Saptuari_Sugiharto

Saptuari Sugiharto, gambar: bukalapak.com

Sosok ini sangat fenomenal, ia menjadi salah satu motivator dan pengusaha sukses yang mengajak para pengusaha muda maupun dewasa dan masyarakat umumnya untuk segera lepas dari riba dan melunasi segala jenis utang.

Bernama lengkap Saptuari Sugiharto, lahir di Yogyakarta, 8 September 1979, adalah alummnus Fakultas Geografi UGM. Ia juga pemilik Kedai Digital usaha percetakan yang memiliki lebih dari 60 cabang di lebih dari 36 kota.

Dirinya telah mendapat banyak penghargaan wirausaha mulai dari Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (2007), hingga Pemenang ”Young Entrepreneur Indonesia Franchise Award” (2010).

Pengalaman kelam nya yang terjerumus menggunakan riba dan hingga mendapat masalah dari riba tersebut, membuat mas Saptuari bermuhasabah diri, merenungi apa yang sebenarnya terjadi. Hingga akhirnya riba itulah yang menjadikan usahanya tak berjalan mulus dan masalah hidup rumit.

Pengalaman memang guru paling berharga, namun pengalaman buruk terjerumus pada riba tak seharusnya dialami pengusaha muda muslim lainnya yang belum pernah menyentuh riba.

Hal itupula yang memotivasi dirinya untuk membuat serial buku tentang lepas dari riba dengan 4 judul buku yang inspiratif, diantaranya:

  1. Kembali Ke Titik Nol
  2. Berani Menjadi Taubaters!
  3. Mencari Jalan Pulang
  4. Doa Tak Tertolak

Keempat buku tersebut merupakan sebuah cerita kehidupan para pengusaha sukses yang kembali bangkit dari pengalaman menggunakan riba dalam usahanya menuju pada cara-cara usaha sesuai tuntunan rasulullah yang salah satunya tanpa riba.

Keempat buku mas Saptuari terjual laris manis dan menjadi best seller yang hanya bisa dibeli melalui online seperti Dewa Eka Prayoga. Mas Saptuari juga memiliki website jualan buku online yang beralamatkan jogist.com.

Selain menjadi penulis, Saptuari sering menjadi motivator untuk forum pengembangan bisnis serta lepas dari riba, dan membentuk komunitas dalam facebook page bernama Belajar Wirausaha Bareng Saptuari yang sudah diikuti lebih dari 350.000 orang.

Tak hanya itu, dirinya beserta pengusaha sukses lainnya mendirikan Sedekah Rombongan untuk membantu masyarakat kecil yang ingin lepas dari riba.

4. Jaya Setiabudi

jaya-setiabudi

Jaya Setiabudi, gambar: deep.social

Satu lagi sosok pengusaha muda sukses dan inspiratif yang banyak mempengaruhi pengusaha muda lainnya, ia dikenal melalui buku nya yang berjudul “The Power Of Kepepet“.

Buku ini laku keras dipasaran yang tentu saja sangat renyah dibaca sekaligus memberikan informasi penting dalam memulai usaha.

Bisa dibilang Jaya Setiabudi gurunya Dewa Eka Prayoga, yang juga menyematkan nama Dewa Selling kepada Dewa.

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1973 ini lulus dari univeritas swasta di Surabaya dan pernah bekerja di Astra Group yang ia jadikan sebagai pelajaran menjadi pengusaha sukses.

Nasihat dari ayahnya yang motivasinya untuk menjadi pengusaha adalah “lebih baik kecil- kecil jadi bos, daripada gede- gede jadi kuli.”

Bisnisnya yang sangat populer selain menulis buku yang menjadi best seller, adalah Yukbisnis.com yang didirikan di Bandung 2012 silam. Sebuah portal situs yang menyediakan layanan jasa pembuatan toko online dan website.

Ilmu bisnisnya pun ia bagikan dalam sebuah pelatihan bisnis bernama Entrepreneur Camp (ECamp) yang merupakan pelatihan untuk membentuk mindset/pola pikir entrepreneur/wirausaha selama 3 hari 2 malam. Alumninya sudah lebih dari 10000-an dari semua angkatan yang tersebar di Indonesia.

Facebook page beralamatkan https://www.facebook.com/Jaya.setiabudi sudah diikuti lebih dari 53.000 orang, dan di halaman tersebut kita bisa belajar banyak dari mas Jaya.

Selain sosok pengusaha muda muslim sukes di atas, masih banyak sosok lainnya. semoga menjadi inspirasi untuk kita semua dalam berbisnis, berusaha serta menjadi entrepreneur yang tidak lupa bermanfaat bagi sesama serta selalu mendekatkan diri pada sang Maha Pemberi Rezeki, Allah SWT.

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Kalisifikasi UMKM, Kategori Manakah Usahamu? - 4muda.com

  2. Pingback: Klaisifikasi UMKM, Kategori Manakah Usahamu? - 4muda.com

  3. Pingback: Klasifikasi UMKM, Kategori Manakah Usahamu? - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top