Connect with us

3 Brand Hijab Muslimah Paling Sukses Jualan di Instagram

vanilla-hijab-muslimah

Entrepreneur

3 Brand Hijab Muslimah Paling Sukses Jualan di Instagram

Dirasakan atau tidak, akhir-akhir ini kita sering menemukan akun-akun yang berjualan di media sosial. Hampir bisa dikatakan setiap minggu kita dapat menemukan akun online shop baru di media sosial, khususnya Instagram. Produk yang dijual pun beragam, mulai dari jasa fotografi, traveling, hingga mainan edukasi bagi anak-anak. Namun kini, kebanyakan yang kita temukan adalah produk fashion.

Fenomena berjualan di media sosial ini ternyata juga merambah ke pakaian muslimah. Kenyataan ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu, dimana berjualan kebanyakan masih menggunakan sistem direct selling atau membuka toko. Sehingga, dulu, ketika memikirkan tentang berjualan, banyak orang enggan melakukannya karena membutuhkan tenaga dan modal yang cukup besar.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Mulai meningkatnya akun berjualan online di media sosial diperkirakan dimulai sekitar tahun 2010. Keberhasilan “keripik setan” Mak Icih meraih omset sekitar 7 miliar per bulan dengan memanfaatkan word of mouth (WOM) atau menciptakan isu lewat Facebook dan Twitter, ditengarai merupakan awal dari menjamurnya online shop di media sosial.

Namun, kini, kepopuleran Facebook dan Twitter sebagai arena berjualan online telah bergeser dan digantikan oleh Instagram. Hal ini erat kaitannya dengan fungsi Instagram itu sendiri. Instagram yang diluncurkan pada 6 Oktober 2010 lambat laun menjadi populer karena hanya fokus pada foto dan memiliki fitur menarik terutama bagi generasi milenial yang menyukai segala sesuatu yang visual.

Akhir November 2017, J. Walter Thompson’s Innovation Group, sebuah perusahaan marketing komunikasi, mengeluarkan hasil sebuah survey yang dilakukan terhadap 1000 muslimah Indonesia dan Malaysia yang mayoritas (77%) nya ialah milenial dengan usia antara 18-39 tahun.

Hasilnya menunjukan bahwa Islam sangat penting bagi mereka (95%) dan produk halal ada di puncak prioritas mereka ketika traveling, membeli makanan (98%) dan produk pribadi (71%) seperti shampo dan pakaian. Mereka juga ternyata kosmopolitan dan berwawasan mendunia yang bagaimana pun dapat berpengaruh pada fesyen, kecantikan, teknologi, dan industri makanan.

Kebutuhan akan tampil bergaya namun tetap berhijab di Instagram memunculkan peluang usaha bagi para muslimah milenial lainnya yang berjiwa entrepreneur.

Berikut adalah 3 brand fesyen muslimah yang sukses berjualan di Instagram versi 4muda.

1. Vanilla Hijab

Vanilla Hijab (instagram.com)

Salah satu koleksi Vanilla Hijab (instagram.com)

Vanilla Hijab memiliki sekitar 911 ribu lebih akun yang menjadi pengikut setianya di Instagram. Seiring dengan jumlah follower yang banyak, brand yang satu ini dikabarkan telah menjual belasan ribu potong hijab dan lima ribu potong baju setiap bulannya.

Founder Vanilla Hijab, Atina Maulina, menceritakan bahwa awal mula ia berjualan kerudung adalah modal nekat karena ingin menghasilkan uang sendiri agar tidak merepotkan kedua orang tuanya. Pertama kali berjualan ia melakukan pre-order sehingga tidak mengeluarkan modal sepeser pun. Setelah menerima uang dari pelanggan, ia membeli kerudung di pasar dan mengirimkannya lewat jasa kurir antar barang.

Tahun kedua, ia mulai memproduksi sendiri kerudungnya. Berawal dari mengajak penjahit keliling, kini Vanilla Hijab telah memiliki 50 penjahit.

Melihat Atina yang semakin lama semakin sibuk, kakaknya, Intan Fauzia Kusuma; bergabung dan menjadi CEO Vanilla Hijab. Ia bertugas mewujudkan konsep-konsep yang dibuat oleh Atina.

Dengan visi ingin produknya bisa dipakai oleh banyak orang, Vanilla Hijab juga tidak lupa untuk berbagi. Salah satunya dengan Vanilla For Palestine dan mendonasikan sebagian hasil penjualan untuk Rumah Tahfidz di Jayapura.

2. Hijab Princess

Hijab Princess (wolipop.detik.com)

Ryu dan Bae Suzy memakai koleksi Sakura Scarf dari Hijab Princess (wolipop.detik.com)

Dibentuk tahun 2012 oleh Roja Fitridayani, Hijab Princess yang berlokasi di Bandung ini kini memiliki lebih dari 523 ribu pengikut di Instagram. Tidak salah apabila merek hijab ini didapuk sebagai salah satu yang terlaris di Indonesia. Di tahun 2015, omsetnya tercatat mencapai lebih dari 450 juta rupiah.

Awal Februari 2018, para fans Kpop dan Kdrama sempat dikejutkan dengan video yang viral; Bae Suzy memakai scarf yang dikerudungkan oleh salah satu penggemar asal Indonesia. Ternyata scarf yang dipakai Bae Suzy tersebut merupakan salah satu koleksi hijab signature dari Hijab Princess bernama Sakura Scarf yang pertama kali dibuat pada tahun 2016 dan dibuat ulang pada tahun 2017. Hal tersebut diketahui dari komentar para penggemar.

Ryu, sang fans pemberi scarf tersebut pun membenarkan, kebetulan hijab yang ia miliki semuanya merek Hijab Princess. Awalnya Ryu hanya ingin memakaikan saja dan berfoto bersama Suzy bersama-sama memakai motif hijab yang sama meskipun berbeda warna, namun ternyata Suzy menahannya karena ia menyukainya.

Momen dikenalnya Sakura Scarf oleh para penggemar membuktikan bahwa Hijab Princess memang sukses di pasaran dan sukses membuat signature scarf.

3. Kiciks Muslimah

Kiciks Muslimah (bukalapak.com)

Salah satu koleksi Kiciks Muslimah (bukalapak.com)

Akun Instagram dengan jumlah pengikut sebanyak 269 ribu lebih ini dikabarkan telah memiliki omset per bulan lebih dari 900 juta rupiah.

Berawal dari kegelisahan melihat para muslimah berhijab yang masih menggunakan pakaian ketat, Dewi Permata Sari di tahun 2012 memulai usaha busana muslimah yang syar’I namun tetap stylish. Saat itu ia masih berstatus mahasiswa.

Menggunakan nama Kicik yang berarti kecil, yang juga merupakan sebutan orang-orang kepadanya karena ia bertubuh mungil; dan bermodal minat pada fesyen muslimah ternyata merupakan pilihan yang tepat. Produk-produknya berupa jilbab, mukena, dress, dan khimar laku di pasaran.

Menyasar muslimah usia 15-35 tahun, Kiciks secara konsisten dari awal membuat desain yang ceria. Kini produknya sudah dipasarkan ke seluruh Indonesia dan luar negeri lewat tangan-tangan distributornya yang berjumlah lebih dari 50.

Selain ketiga brand fesyen muslimah di atas, ada 7 brand lainnya yang sukses berjualan di Instagram yang dapat kamu jadikan favorit belanja hijab dan pakaian muslimah, diantaranya:

  • Sheika Hijab
  • Razha
  • Hijab Elzeeshop
  • Hijab Alila
  • Amima
  • Al Hauraa
  • Jilbab Afra

Menentukan sukses atau tidaknya sebuah merek atau brand tentu tidak hanya dilihat dari satu sisi saja, namun dari banyak faktor. Selain pengikut yang banyak di akun media sosial, omset juga menjadi salah satu kriteria. Dan, bagi beberapa entrepreneur, sukses adalah ketika produk mereka dapat dikenal dengan mudah oleh banyak orang tanpa harus melihat merek yang menempel di produknya.

Semoga bahasan kali ini dapat menjadi inspirasi kita semua, ya, sahabat 4muda.

Sumber:
https://www.antaranews.com/berita/630480/juragan-muda-di-balik-bisnis-manis-vanilla-hijab
https://www.thestar.com.my/news/nation/2017/10/01/young-muslimahs-with-ambition-on-the-rise/
https://www.forbes.com/sites/anismuslimin/2017/11/27/study-finds-young-southeast-asian-muslim-women-more-religious-yet-more-progressive/#70e7ac671eb3
https://halallifestyle.id/halal-news/kebangkitan-muslimah-muda-asia-tenggara
http://batam.tribunnews.com/2016/12/12/lewat-usaha-busana-muslimah-kiciks-boutique-mahasiswi-ini-raub-omset-hampir-semiliar-sebulan
https://wolipop.detik.com/read/2018/02/05/140035/3850563/1632/ini-merek-kerudung-asal-indonesia-yang-viral-karena-dipakai-aktris-korea-suzy
https://wolipop.detik.com/read/2015/06/19/121418/2946874/1634/bisnis-hijab-mahasiswi-cum-laude-ini-raup-ratusan-juta-rupiah-per-bulan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top