Connect with us

25 Jenis Tanaman Anti-Serangga Terpopuler

venus flytrap, tanaman anti-serangga, gambar coolfactsforkids.com

Tahu Gak

25 Jenis Tanaman Anti-Serangga Terpopuler

Sulit tidur karena di rumah banyak gerombolan nyamuk? Jika Anda mengalami hal tersebut berarti rumah anda “sangat disukai” oleh serangga ini. Keberadaan nyamuk memang sangat mengganggu, terlebih ketika menjelang tidur, salah satu cara untuk menangani ini yakni dengan menanam tanaman anti-serangga di halaman dan di dalam rumah Anda.

Memang cara tercepat untuk mengusir atau membunuh nyamuk yakni dengan menyemprotkan obat anti nyamuk, namun cara ini sebenarnya kurang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi paru-paru karena obat anti nyamuk mengandung bahan kimiawi. Salah satu cara alami untuk membuat nyamuk tidak betah tinggal di rumah yakni dengan menanam tanaman anti-serangga.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Berdasarkan keterangan Dr Bodie Pennis (spesialis tanaman hortikultura), tidak ada jaminan 100% dengan menanam tanaman anti-serangga mampu menghilangkan serangga termasuk nyamuk, namun hal yang terpenting untuk menekan populasi serangga ini yakni menghilangkan tempat berkembang biaknya nyamuk (air yang menggenang di dalam maupun di luar rumah).

Walaupun begitu, menanam tanaman anti-serangga disarankan agar membuat lingkungan rumah anda tidak disenangi oleh serangga-serangga yang akan masuk ke dalam rumah. Secara umum ada tiga kelompok tanaman anti-serangga:

Tanaman Obat-obatan (Herbs)

1. Lavender
2. Selasih
3. Sereh
4. Lemon thyme
5. Mint
6. Rosemary
7. Daun salam
8. Lokio
9. Adas sowa
10. Adas pedas
11. Lemon Balm
12. Citrosa Mosquito
13. Zodia
14. Kecombrang

Tanaman Bunga Hias (Ornamental Flowers)

15. Chrysanthemums
16. Mintrosa of Lady Diana
17. Marigolds
18. Nasturtiums
19. Petunias
20. Common Lantanas
21. Four o’clocks
22. Geraniums
23. Bunga Narsis

Tanaman Karnivora (the Carnivorus planst)

24. Pitcher Plants
25. Venus flytrap

Berikut 25 Jenis tanaman anti-serangga terpopuler di dunia

1. Lavender

Lavender, gambar (immediate.co.uk)

Lavender, gambar (immediate.co.uk)

Lavender atau lavendel atau lavendula merupakan tumbuhan dari suku Lamiaceae (tumbuhan berbunga). Tumbuhan ini mudah dikenali karena memiliki warna ungu cerah dengan daun kecil. Lavender merupakan tanaman asli tiga benua, yakni Asia, Eropa dan Afrika.

Berabad-abad manusia telah lama mengenal tanaman ini karena baunya yang wangi dan coraknya yang indah. Walaupun orang menyukai lavender, bau tanaman ini tidak disukai kebanyakan serangga, seperti ngengat, capung hingga nyamuk.

Baiknya, lavender di tanam di halaman rumah pada wilayah yang terkena area sinar matahari langsung agar tumbuh baik dan serangga menjauhi rumah anda. Tanaman anti-serangga ini juga dapat diambil minyak nya untuk dijadikan obat anti nyamuk oles kulit.

2. Selasih

Selasih, gambar inlifehealthcare.com

Selasih, gambar (inlifehealthcare.com)

Selasih (Basil) merupakan golongan tanaman berdaun lunak (terna) yang sering dimanfaatkan daun, bunga dan bijinya untuk dijadikan rempah-rempah serta penyegar ruangan (tonikum). Tanaman ini termasuk Lamiacea seperti lavender.

Sepintas, tanaman ini hampir mirip dengan kemangi karena baunya yang khas. Walaupun sama-sama satu keluarga, kemangi tidak memiliki biji sedangkan selasih menghasilkan biji. Selain itu, saat berbunga, warna bunga selasih berwarna coklat kehitaman, sedangkan kemangi berwarna putih.

Tanaman yang bisa dijadikan lalapan ini ternyata ampuh mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat karena baunya yang khas. Tanaman ini juga mampu hidup di dalam rumah dan di pekarangan rumah, karena selasih minim perawatan.

3. Sereh

Sereh, gambar flickr.com

Sereh, gambar (flickr.com)

Sangat tidak disukai nyamuk, itulah kelebihan tanaman anti-serangga satu ini, Sereh. Sereh atau Lemongrass merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat tumbuh setinggi 4 kaki. Tanaman ini tumbuh subur pada tanah yang terkena sinar matahari langsung, jadi sebaiknya menanam sereh di depan halaman rumah.

Kemampuan sereh dalam mengusir nyamuk, tiada lain karena adanya kandungan citronella pada akar sereh. Seperti diketahui, citronella merupakan sebuah minyak alami yang tidak disukai kebanyakan serangga. Sereh juga telah menjadi salah satu rempah-rempah wajib bagi beberapa masakan di nusantara, seperti opor ayam dan rendang.

4. Lemon thyme

Lemon thyme, gambar pinterest.com

Lemon thyme, gambar (pinterest.com)

Tanaman anti-serangga selanjutnya adalah lemon thyme. Lemon thyme termasuk tanaman herbal dan mampu hidup pada tanah kering, bahkan tanah bebatuan sekalipun, sehingga tanaman ini sangat cocok di tanam pada pekarangan rumah yang minim perawatan.

Lemon thyme memiliki ciri daun kecil dan rimbun. Kandungan kimia yang ada pada daunnya sangat tidak disukai nyamuk. Untuk memperoleh khasiat tersebut, anda harus merecah daun lemon thyme, lalu membalurnya pada tangan atau kaki agar nyamuk menjauh.

5. Mint

Mint, gambar wikimedia.org

Mint, gambar (wikimedia.org)

Tanaman mint sering diambil daunnya sebagai campuran berbagai masakan dan minuman agar memiliki cita rasa menyegarkan. Selain memberi cita rasa, daun mint juga ternyata sangat tidak disukai nyamuk lo!

Namun, untuk memperoleh ramuan anti nyamuk dari daun mint, kita harus mensteam beberapa daun mint dan bunganya, lalu ekstrak aromatik tadi di campur degnan cuka apel dan sedikit hazel, untuk mendapatkan obat oles anti nyamuk herbal yang ampuh.

6. Rosemary

Rosemary, gambar wikimedia.org

Rosemary, gambar (wikimedia.org)

Tanaman anti-serangga satu ini sangat ampuh dalam melawan berbagai jenis serangga, termasuk nyamuk. Tanaman ini mampu tumbuh pada lahan yang sempit maupun luas, dan tahan terhadap panas matahari sehingga cocok di tanam di depan pekarangan rumah atau atap rumah.

Untuk memperoleh ramuan anti nyamuk dari rosemary, kita harus mesteam satu genggam helai daun dan bunga rosemary yang sudah kering dengan satu liter air hingga mendidih, sehingga dihasilkan satu gelas.

Ramunan kemudian diamkan satu hingga dua hari di dalam lemari es. Untuk kerjanya, ramuan ini bekerja seperti spray obat anti nyamuk, sehingga kita perlu menyemprotkan ramuan ini.

7. Daun salam

Daun salam, gambar isknews.com

Daun salam, gambar (isknews.com)

Siapa yang tidak mengenal pohon salam (Syzgium polyanthum), daunnya sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai rempah-rempah masakan nusantara.

Disamping bermanfaat sebagai rempah masakan, ternyata pohon salam tidak disukai oleh sebagain besar serangga penganggu. Hal itu berkat aroma yang dikeluarkan senyawa kimiawi dari daun salam, eugenol dan metil kavikol.

Selain sebagai bumbu masakan dan pengusir serangga, daun salam bisa digunakan sebagai obat sakit peru, khususnya menghentikan buang air besar yang berlebihan. Salam juga bisa digunakan sebagai bahan campuran herbal mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis dan lain-lain.

8. Lokio

Chives, gambar southernexposure.com

Lokio atau Chives, gambar (southernexposure.com)

Lokio atau Chives merupakan tanaman yang bersifat herbal dan dapat dimakan. Lokio berkerabat dekat bawang-bawangan, seperti bawang prei, bawang putih, bawang merah, dan bawang cina. Tanaman ini hampir ada di seluruh dunia.

Bentuk lokio seperti bawang putih pada bagian akar, namun tangkai seperti bawang daun. Bau lokio yang khas sangat tidak disukai kebanyakan serangga, apalagi saat tananman ini berbunga.

9. Adas sowa

Adas sowa, gambar turtletreeseed.org

Adas sowa, gambar (turtletreeseed.org)

Adas sowa atau Dill merupakan tanaman anti-serangga selanjutnya yang paling direkomendasaikan. Hal itu dikarenakan, tanaman ini bersifat herbal, tidak memakan banyak tempat , dan bentuk tanaman ini sangat cantik jika saat berbunga.

Tanaman yang berasal dari timur tengah ini, telah banyak digunakan pada masa kerajaan kuno sebagai obat tradisional pada Ayurweda ( teknik pengobatan dari India), dan Unani ( teknik pengobatan dari yunani).

10. Adas pedas

Adas pedas, gambar ayyubcare.wordpress.com

Adas pedas, gambar (ayyubcare.wordpress.com)

Seperti halnya kerabatnya, adas sowa, adas pedas juga tergolong tanaman anti-serangga yang cukup ampuh. Sejak dulu, adas telah dikenal sebagai tanaman bumbu dan obat di daerah timur tengah dan asia barat. Biji adas peda memiliki nilai jual cukup tinggi, karena saat ini menjadi salah satu komponen untuk membuat minyak telon.

11. Lemon Balm

Lemon balm, gambar nessasfamilykitchen.blogspot.com

Lemon balm, gambar (nessasfamilykitchen.blogspot.com)

Tanaman anti-serangga selanjutnya masih satu keluarga dengan tanaman mint, yakni lemon balm. Tanaman ini berjenis herbal dan pertama kali ditemukan di Eropa, Afrika utara, Mediterania dan Asia tengah. Salah satu manfaat lemon balm yakni dengan aromanya yang khas, mampu mengusir nyamuk.

12. Citrosa Mosquito

Citrosa Mosquito, gambar pinterest.com

Citrosa Mosquito, gambar (pinterest.com)

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak, kemampuan tanaman satu ini. Citrosa mosquito merupakan salah satu tanaman anti-serangga, khususnya nyamuk, karena tanaman ini mampu mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat.

Citrosa mosquito sendiri berasal dari negara belanda. Untuk menanam tumbuhan ini cukup mudah, yakni dengan menyiram dan menempatkannya pada lahan yang tersinari matahari langsung. Sayangnya tumbuhan ini jarang di Indonesia, kita harus mengimpornya langsung dari negara asalnya.

13. Zodia

Zodia, gambar tamantanaman.com

Zodia, gambar (tamantanaman.com)

Jika kita bertandang ke indonesia timur, pastinya kita akan menemui banyak tumbuhan satu ini, zodia. Tanaman yang memiliki nama latin Evodia sauveolens ini merupakan tanaman endemik indonesia yang berasal dari pulau papua.

Masyarakat disana telah menggunakan zodia sebagai tanaman anti-serangga dengan cara merecah daunnya hingga mengelurakan cairan, lalu cairan tadi dioleskan ke bagian tubuh. Selain itu, aroma yang dikeluarkan tanaman ini juga sangat tidak disukai nyamuk.

14. Kecombrang

Kecombrang, gambar thedaysofyayang.wordpress.com

Kecombrang, gambar (thedaysofyayang.wordpress.com)

Kecombrang atau torch ginger merupakan tanaman yang telah dikenal baik masyarakat Indonesia, sebagai campuran bumbu masakan dikarenakan rasanya yang enak. Selain enak, tumbuhan ini juga memiliki bunga yang cukup indah dan aromanya tidak disukai nyamuk dan serangga lainnya.

15. Chrysanthemums

Chrysanthemum, gambar thoughtco.com

Chrysanthemum, gambar (thoughtco.com)

Hampir semua jenis serangga tidak menyukai tanaman hias satu ini, Chrysanthemums atau chrysantium. Berkat kandungan kimiawi alami didalam chrsantium yakni pyrethrum, gerombolan serangga tidak ingin dekat-dekat tanaman ini.

Kenapa serangga tidak ingin dekat chrsantium? Hal itu dikarenakan, jika ada serangga yang hinggap sehingga menghirup aroma bunga ini, serangga tersebut akan mati seketika. Karena keampuhan pyrethrum ini cukup tinggi, maka bunga ini hanya boleh di tanam pada halaman rumah yang luas.

16. Mintrosa of Lady Diana

Mintrosa of lady diana, gambar wikimedia.org

Mintrosa of lady diana, gambar (wikimedia.org)

Satu lagi tanaman anti-serangga dari negeri Belanda, Mintrosa of Lady Diana atau Rose Geranium. Selain memiliki bunga yang indah, tanaman ini mampu mengeluarkan aroma khas yang tajam dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Lagi-lagi, di dalam negeri tanaman ini sulit ditemukan, kita harus mengimpornya langsung ke negara asalnya.

17. Marigolds

Marigolds, gambar mygiantstrawberry.blogspot.com

Marigolds, gambar (mygiantstrawberry.blogspot.com)

Satu lagi tanaman hias yang mampu melawan serangga, Marigolds. Marigolds merupakan jenis tanaman hias bunga asli dari Amerika tengah, seperti Meksiko dan panama. Marigolds di indonesia sendiri disebut kenikir. Pada beberapa tempat di tanah air, marigolds disebut juga bunga tahi ayam dikarenakan bunga ini mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Aroma menyengat itu juga tidak disukai serangga seperti nyamuk, sehingga marigolds menjadi tanaman yang bisa mengusir nyamuk dengan cara aromatik.

18. Nasturtiums

Nasturtiums, gambar wearefound.com

Nasturtiums, gambar (wearefound.com)

Nasturtium merupakan satu dari tujuh tanaman dari keluarga kubis-kubisan. Saat nasturtium berbunga, aromanya sangat tidak disukai oleh hampir kebanyakan serangga seperti kutu putih, ireng, kutu daun, nyamuk dan serangga lainnya, makanya diluar negeri, para petani sering menanam nasturtium di pinggir kebun agar para serangga menjauhi sayuran yang sedang ditanam.

19. Petunias

Petunias, gambar deborahsilver.com

Petunias, gambar (deborahsilver.com)

Memiliki kemampuan untuk melawan kutu daun, hama tomat, kumbang, ireng, wereng dan serangga pengangu lainnya, menjadikan petunias sebagai tanaman anti-serangga alami.

Tanaman ini sangat populer di masyarakat, karena saat mekar bunganya sangat indah. Jenis warna petunias sangat bervariasi mulai berwarna putih, kuning, ungu muda, pink hingga merah, sehingga tanaman ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah.

20. Common Lantanas

Common lantana, gambar pbmgarden.wordpress.com

Common lantana, gambar (pbmgarden.wordpress.com)

Common lantanas merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di Amerika tengah dan selatan. Oleh masyarakat setempat, Lantanas telah digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman herbal untuk mengobati memar, keracunan makanan, menghentikan pendarahan hingga terapi kanker rahim. Selain itu, bunga lantanas saat bermekaran sangat tidak disukai beberapa golongan serangga, misalnya nyamuk.

21. Four o’clocks

Four o’clocks, gambar mountvernon.org

Four o’clocks, gambar (mountvernon.org)

Four o’clock atau bunga pukul empat merupakan tumbuhan asal Amerika selatan yang telah banyak dibudidayakan di tanah air. Tanaman ini mempunyai banyak warna, mulai dari warna merah, merah muda, kuning, dan putih.

Disebut bunga pukul lempat karena tumbuhan ini akan mekar pada pukul empat sore saat cahaya matahari memudar. Nah, saat mekar inilah, kebanyakan serangga akan menjauhi tanaman anti-serangga alami ini.

22. Geraniums

Geraniums, gambar woottensplants.com

Geraniums, gambar (woottensplants.com)

Siapa yang tidak tau dengan tanaman hias cukup fenomenal, geranium. Geranium atau disebut juga tapak dara banyak diburu karena memiliki bentuk bunga yang cukup indah dan cantik saat bermekaran.

Dibalik kecantikan bunga geranium, ternyata tanaman ini sangat tidak disukai oleh beberapa serangga seperti nyamuk. Hal itu dikarenakan tanaman anti-serangga ini mengandung zat geraniol dan sitronelol.

23. Bunga Narsis

Bunga Narsis, gambar dutchgrown.com

Bunga Narsis, gambar (dutchgrown.com)

Narsis (Narcissus) atau dafodil merupakan tumbuhan bunga indah yang hidup di daerah iklim subtropis dan sedang. Saking indahnya bentuk bunga Narsis, tumbuhan ini banyak dibudidayakan di Eropa, Afrika utara dan sebagain Asia. Selain indah, ternyata Narsis memiliki kemampuan untuk menangkal serangga dengan aroma khasnya.

24. Venus flytrap

Venus flytrap, gambar coolfactsforkids.com

Venus flytrap, gambar (coolfactsforkids.com)

Sebagaimana namanya, tanaman anti-serangga ini memiliki bentuk seperti dua telapak tangan yang terbuka, lalu jika ada serangga yang hingga, maka telapak ini akan tertutup secara otomatis. Selain itu pada bagian tengah daun venus, terdapat cairan berbau sedap yang membuat serangga penasaran untuk menghinggapinya.

Tidak seperti tanaman pada umumnya, yang menyerap nutrisi dari dalam tanah, tanaman ini memperoleh nutrisi dengan menangkap serangga. Hal itu dikarenakan, daerah endemis venus flytrap berada pada tanah yang minim bahan anorganik dan mineral lainnya.

25. Pitcher plants

Pitcher plants, gambar carnivorousplants.com

Pitcher plants, gambar (carnivorousplants.com)

Karena sebagian warna kulit tanaman ini menyerupai pola batik dan berbentuk seperti wadah memanjang, maka orang indonesia sering menyebut tanaman ini kantong semar. Sejatinya pitcher plants merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup dengan memakan serangga, bahkan binatang seperti kodok.

Pitcher plants merupakan tanaman endemis tropis, banyak ditemui di Indonesia, Tiongkok selatan, Malaysia, Filipina, Madagaskar dan di pulau-pulau kecil di pasifik. Dalam mode berburu, wadah tanaman ini terbuka dan berisi air. Jika ada serangga yang kebetulan minum air atau hingga di atasnya, wadah ini akan otomatis tertutup dan serangga tersebut akan di cerna secara perlahan oleh tanaman ini.

Demikian beberapa tanaman anti-serangga paling populer di dunia, semoga informasi kali ini menambah khazanah wawasan kita semua.

Referensi:
https://wikimedia.org
https://www.mnn.com/your-home/organic-farming-gardening/stories/12-plants-that-repel-unwanted-insects
https://blog.fantasticgardeners.co.uk/plants-that-repel-insects/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top