Connect with us

10 Website Gratis Penyedia Jurnal Ilmiah Dalam dan Luar Negeri

jurnal-ilmiah, gambar associationsnow.com

Top 10

10 Website Gratis Penyedia Jurnal Ilmiah Dalam dan Luar Negeri

Bagi kamu yang sedang kuliah atau bahkan sedang menyusun tugas akhir berupa skripsi, tesis atau disertasi, pastinya akan disibukan dengan mencari berbagai referensi tulisan, bisa dari buku, resume dari dosen atau dari sebuah jurnal ilmiah yang sekarang ini banyak dishare di sejumlah website.

Sekilas berbicara tentang jurnal ilmiah, merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Jurnal ilmiah atau scientific journal biasanya diterbitkan oleh seorang akademisi, berkaitan dengan prestasinya dalam perkembangan suatu ilmu pengetahuan, menguatkan atau mengoreksi hipotesis yang dikeluarkan ilmuan sebelumnya.

Jurnal ilmiah mencakup semua bidang ilmu, seperti ilmu alam, ilmu sosial dan humaniora. Awalnya, tulisan sejenis ini berkembang pertama kali di Prancis pada 1665, dengan judul Journal des scavans yang berisi berita kematian beberapa orang terkenal, sejarah gereja dan legal reports.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Setelah itu, Royal society (perkumpulan orang-orang intelek Eropa), secara rutin menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah apabila ada anggotanya atau para akademis yang menemukan suatu temuan baru, agar temuanya tersebut memperoleh hak paten dan pengakuan dunia.

Selain itu, standar untuk menerbitkan sebuah jurnal ilmiah tidaklah sembarangan, melainkan harus melalui penelaahan sejawat (misalnya dosen pembimbingnya), tempat karya tersebut diterbitkan. Beberapa jurnal yang diterbitkan pada penerbit kenamaan seperti Nature, Science, PNAS dan Phsical Review letters, merupakan tulisan-tulisan ilmiah yang telah lolos seleksi.

Saat ini, jurnal ilmiah telah menjadi suatu cara agar seseorang memperolah pengakuan di Institusi ia menimba ilmu, syarat kelulusan, lebih jauh agar karya ilmiahnya dapat bermanfaat bagi dunia.

Berikut 10 website penyedia jurnal ilmiah dari dalam negeri:

1. Journal Online Lipi (http://www.jurnal.lipi.go.id)

Referensi jurnal pertama dalam negeri dapat kita peroleh dari LIPI. LIPI atau Lembaga ilmu pengetahuan indonesia merupakan sebuah lembaga pemerintah non-kementerian yang kerjanya diawasi oleh kementerian negara riset, teknologi dan pendidikan tinggi (kemenristekdikti).

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh LIPI terbilang lengkap mulai dari fisika, kimia, ekonomi hingga manajemen dan tentunya berbahasa Indonesia. Jurnalnya pun dapat di unduh secara mudah dan berformat pdf. Selain itu tampilan muka depan website nya sendiri cukup simple dan menu pilihan mudah untuk dijelajahi. Untuk bisa mengakses jurnal tertentu didalam LIPI, pengguna harus membuat akun terlebih dahulu.

2. Perpusnas (http://e-resources.perpusnas.go.id)

Perpusnas atau perpustakaan nasional republik Indonesia menyediakan jurnal-jurnal ilmiah baik berasal dari ilmuan dalam negeri maupun luar negeri. Perpusnas memperoleh jurnal dari berbagai sumber seperti lembaga pendidikan tinggi dalam negeri, dan para penerbit luar negeri, misalnya Proquest, Ebsco, SAGE, Neliti, Ebrary dan sumber terpercaya lainnya.

Langkah awal untuk mengakses jurnal di perpusnas, pengunjung harus memiliki nomor anggota yang sah, caranya dengan melakukan pendaftaran secara online di http://keanggotaan.perpusnas.go.id . Syarat utamanya yakni telah mempunyai e-KTP dan mengisi form isian sesuai KTP anda.

3. BPPT (http://ejurnal.bppt.go.id)

Anda seorang peneliti sains dan teknologi? Referensi dari ejurnal yang diterbitkan oleh BPPT mungkin dapat membantu anda. Soalnya situs ini menyediakan banyak sekali tulisan-tulisan ilmiah seputar perkembangan IPTEK terkini.

Awalnya situs ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama unit-unit kerja terkait di lingkungan internal BPPT. Namun sekarang situs ini dapat diakses oleh semua kalangan, mewadahai karya-karya perekayasa, penulis dan orang yang ingin membagi ilmunya dalam bentuk tulisan.

Hampir semua jurnal disini dapat diunduh dalam format pdf. Selain itu, tampilan websitenya sendiri cukup enak untuk dijelajahi pada laptop atau smarthphone.

4. Jurnal Batan (http://jurnal.batan.go.id/)

Bagi anda yang sedang menyelesaikan kuliah di bidang teknologi nuklir dan terapannya, maka ada situs dalam negeri yang menerbitkan berbagai tulisan teknologi nuklir dari para ilmuan di dalam negeri, yakni jurnal batan.

Beberapa jenis jurnal di website ini diantaranya jurnal tentang teknologi nuklir tri dasa mega, pengembangan energi nuklir, sains dan teknologi nuklir indonesia, ganendra, widyanuklida, aplikasi isotop dan radiasi, teknologi bahan nuklir, radioisotop dan radiofarmaka dan masih banyak lagi.

5. ISJD (http://isjd.pdii.lipi.go.id)

Indonesian Scientific Journal Database atau ISJD merupaka situs yang menerbitkan puluhan ribu jurnal serta tulisan ilmiah lainnya sejak tahun 2011. Artikel yang ada di ISJD berasal dari berbagai kalangan, mulai dari Mahasiwa, Peneliti, PNS bahkan siswa SMA.

Karena artikel yang dimiliki ISJD dari semua kalangan, maka pengurus ISJD bekerjasama dengan pusat dokumentasi dan informasi ilmiah (PDII) dari LIPI, melakukan diseminasi atau pengelompokan secara bertahap. Dan sampai saat ini artikel yang dapat diakses yakni 14 ribu lebih jurnal dan 376 ribu lebih artikel ilmiah.

Kekurangan situs ini yakni pengunjang tidak dapat melihat isi jurnal sebelum mereka mendaftar terlebih dahulu. Selain itu, tampilan menu kurang interaktif.

6. Jurnal ITB (http://journals.itb.ac.id)

Siapa yang tidak tahu dengan institusi satu ini, ITB. Perguruan tinggi yang memiliki reputasi cukup baik di dunia ini memiliki situs yang menerbitkan puluhan ribu tulisan ilmiah yang dapat diakses secara gratis.

Semua jurnal ilmiah yang diterbitkan ITB telah terindeks oleh banyak penerbit online, seperti google scholar, Scopus, SJR, DOI, Index copernicus, DOAJ, GetCITED, NewJour, Open J-Gate, EZB, EBSCO, CAS dan ISJD melalui PDII LIPI.

Jurnal-jurnal yang dipublikasikan disini terbagi kedalam empat kelompok besar: Jurnal tentang ilmu matematika dan ilmu pengetahuan alam, Jurnal tentang ilmu mesin dan teknologi, Jurnal tentang ilmu informasi, komunikasi dan teknologi serta terapannnya dan terakhir jurnal tentang ilmu seni visual dan disain.

7. Jurnal online UI (http://journal.ui.ac.id/home/)

Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu perguruan tinggi besar di Indonesia yang telah banyak melahirkan para pelopor bangsa seperti ali alatas (diplomat), akbar tanjung (politisi), Sri Mulyani (menteri keuangan), Andrea hirata (seniman) dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah mahasiswanya menimba ilmu, maka UI mempunyai sebuah website yang khusus menerbitkan Jurnal-jurnal berkualitas dari berbagai penulis di dalam dan luar negeri. Selain itu, situs ini juga sebagai sarana para akademisi dan peneliti untuk menerbitkan hasil penelitian mereka.

Jika kita membuka situs ini pertama kali, maka akan ada empat makara (makara merujuk pada lambang UI) atau seri jurnal, pertama jurnal sains, jurnal teknologi, jurnal tentang sosial-humaniora dan jurnal kesehatan. Selain keempat seri utama diatas, disitus ini juga diterbitkan puluhan jenis jurnal dan artikel menarik lainnya.

8. Jurnal online UGM (https://jurnal.ugm.ac.id)

Sepertihalnya jurnal yang diterbitkan oleh ITB, Jurnal yang diterbitkan Universitas Gajah Mada juga telah terindeks oleh kemenristekdikti, google scholar, dan Indonesia sciece index (Sinta). Terdapat ratusan jurnal menarik dari dalam dan luar negeri.

Tampilan muka depan website cukup sederhana dan mudah untuk dijelajahi. Di situs ini juga kita akan melihat beberapa kategoari jurnal yang ditawarkan, seperti Jurnal tentang disain mekanik, jurnal ilmu bioteknologi, jurnal bisnis, jurnal tentang prosesing material dan karakteristiknya, Jurnal ilmu pertanian dan masih banyak lagi.

9. Jurnal online UPI (http://ejournal.upi.edu)

Di dunia pendidikan, Indonesia memiliki Universitas Pendidikan Indonesia, yakni sebuah institusi yang mencetak calon guru di tanah air. Selain ilmu kependidikan, UPI juga membuka jurusan non kependidikan atau jurusan keilmuan murni. Oleh karenanya, Institusi ini ditunjang oleh sebuah perpustakaan cukup besar dan komplit, termasuk penerbitan jurnal ilmiah.

Tujuan awal dibukanya situs penerbitan jurnal di UPI yakni untuk mengarsipkan karya tulisan ilmiah para mahasiswa UPI, baik itu file skripsi, tesis, dan jurnal agar terindeks dan rapi didalam database perpustakaan.

Selain itu, penyerahan karya ilmiah ini juga jadi salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap mahasiswa agar lulus. Saat ini, sejumlah jurnal ilmiah yang telah terakreditasi oleh kemenristekdikti dan terindeks oleh DOAJ, dapat diakses secara publik.

10. Garuda (http://garuda.ristekdikti.go.id/journal)

Situs yang dulunya bernama portalgaruda.org ini telah mendapat pengakuan sebagai situs yang berguna bagi kemajuan teknologi di tanah air, sehingga pada bulan juli 2018, situs ini berada di bawah naungan kemenristekdikti dengan nama Garuda (garba rujukan digital).

Situs yang mempunyai koleksi tulisan ilmiah hingga 700 ribuan lebih ini, memiliki tampilan dinamis dan menu yang mudah untuk dijelajahi. Selain itu, tulisannya pun terbagi kedalam artikel, buku dan jurnal serta telah dikelompokan per alphabet disertai dari perguruan mana tulisan itu berasal, dan per subjek (disiplin ilmu), sehingga mempermudah pengunjung mencari jurnal yang diinginkan.

Berikut 10 website penyedia jurnal ilmiah dari luar negeri

1. Scholar Google (https://scholar.google.co.id)

Selain sebagai website pencari, google juga mempunyai fitur sebagai situs pencari tulisan ilmiah, yakni scholar google. Tulisan yang dapat dicari mulai dari artikel, buku hingga jurnal ilmiha, ada yang free dan ada juga yang berbayar. Caranya kita ketik alamat situs diatas, lalu mengetik judul jurnal yang diinginkan, lalu enter. Jurnal pun keluar sesuai kata kunci yang kita masukan.

2. Academia (https://www.academia.edu)

Jika mencari situs yang menyediakan jurnal limiah lengkap secara gratis, academia tempatnya. Jumlah artikel ilmiah yang dimiliki situs ini sangatlah banyak, jutaan tulisan, karena jutaan orang pula aktif menggunakan situs ini sebagai tempat sharing para akademik di seluruh dunia.

Untuk bisa mengakses tulisan di academia, pengunjung harus login terlebih dahulu menggunakan akun google atau facebook.

3. Researchgate (https://www.researchgate.net)

Mirip academia, ResearchGate merupakan sebuah wadah media sosial untuk para peneliti di seluruh dunia. Kenapa dikatakan demikian, karena situs ini memiliki fitur forum diskusi yang bisa melibatkan banyak peneliti.

Selain ajang diskusi, website ini juga bisa digunakan oleh para mahasiswa tingkat akhir untuk mencari referensi jurnal yang sangat berguna pada berbagai jenjang. Tampilan situsnya pun terbilang simple namun mudah untuk dijelajahi. Karena bersifat diskusi, maka untuk mengakses sebagian jurnal membutuhkan izin dari pemiliknya.

4. Microsoft Academic Research (https://academic.microsoft.com)

Selain Google scholar, microsof pun mempunyai sebuah situs yang diperuntukan bagi para akademisi mencari jurnal ilmiah. Karena bersifat search engine, maka jurnal yang dapat dicari pun dapat berbahasa Inggris, Indonesia ataupun bahasa lainnya, tergantung kata kunci yang di input. Walaupun begitu, jurnal yang berkualitas tetaplah sebuah jurnal yang ditulis dalam bahasa universal saat ini, yakni Inggris.

Sistem pencarian di dalam website ini terbilang mudah, kita tinggal menulis judul jurnal, lalu memilih kriteria untuk mengerucutkan pencarian seperti “date range” untuk tahun terbit, “author” untuk nama pengarang, “affiliation” untuk sumber jurnal, dan “fileld of study” untuk subjek program studi yang anda pilih.

5. CiteSeerX (http://citeseerx.ist.psu.edu)

CiteSeer adalah sebuah situs yang menerbitkan sejumlah artikel ilmiah dan makalah, terutama jurnal ilmiah yang berkaitan dengan ilmu komputer dan informasi. CiteSeer pertama kali diluncurkan oleh Universitas Negeri Pennsylvania pada tahun 2007.

Walaupun begitu, keberadaan situs pencari ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1998, sehingga dianggap sebagai pendahulu alat pencari akademik seperti Google Sholar dan Microsoft Academic Search.

Tujuan dibuatnya CiteSeer tiada lain untuk meningkatkan penyebaran dan akses literatur ilmiah. Sebagai layanan nirlaba, jurnal ilmiah yang ada disini bersifat gratis. CiteSeer pun menyediakan metadata open archives initiative, sehingga pengunjung dimungkinkan untuk melihat asal dokumen yang ia baca.

6. IJEA (http://www.ijea.org)

International Journal of Education & the Arts atau disingkat IJEA merupakan salah satu situs penyedia jurnal ilmiah internasional yang khusus mempublikasikan tulisan berbau pendidikan dan seni sejak tahun 2000.

Sepertihalnya jurnal yang dikeluarkan UPI, jurnal-jurnal yang dimiliki IJEA dibawah naungan Universitas Negeri Pennsylvania, Amerika serikat. Pengunjung yang ingin melihat jurnal disini cukup mendonloadnya dalam format PDF.

7. Cambridge Journal (https://www.cambridge.org/core)

Diliat dari namanya mungkin tidak asing lagi ditelinga para akademisi dengan situs ini, yup cambridge journal merupakan salah fitur website yang dimiliki Universitas Cambridge, Inggris. Didalam website ini kita dapat mencari ratusan ribu jurnal internasional dari para ilmuan diseluruh dunia.

Tampilan muka website nya pun hampir sama dengan punya google, kita tinggal mengetik judul jurnal atau kata kunci yang diinginkan.

8. Oxford Journal (https://academic.oup.com/journals/)

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Oxford, perguruan tinggi paling tua di Eropa ini dapat menjadi referensi utama jika kita ingin mencari jurnal internasional dari tulisan para cendikiawan di Eropa.

Jurnal yang ada disini terbagi dalam lima kelompok besar, yakni jurnal seni dan humaniora, hukum, obat dan kesehatan, sains dan matematika dan jurnal ilmu sosial. Selain lengkap, tampilan websitenya pun oke punya dan responsife, sehingga enak untuk dijelajahi pada perangkat smarthphone.

9. DOAJ (https://doaj.org)

Directory of Open Access Journals (DOAJ) merupakan website yang menyediakan kumpulan jurnal gratis dari seluruh dunia. Situs ini dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

IS4OA didirikan pada tahun 2012 di Inggris sebagai perusahaan amal nirlaba oleh advokat terbuka, Caroline sutton dan Alma swan. Selain DOAJ, perusahaan ini juga mengelola Open Citations Corpus.

Tujuan DOAJ tiada lain untuk meningkatkan visibilitas dan kemudahan pengguna jurnal ilmiah di kalangan akademik dan masyarakat luas sehingga diharapkan dapat menigkatkan dampak positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan sains, teknologi dan sosial.

10. New Journal of Physics (https://iopscience.iop.org/1367-2630)

Dari namanya kita sudah mengetahui jurnal apa yang dapat diliat dari situs satu ini. New Journal of Physics merupakan website sejenis search engine yang berisi ratusan ribu jurnal fisika.

Website ini didirikan sekitar tahun 1998 oleh sebuah institusi di Belanda. Situs ini menerbitkan berbagai tema dan judul yang berkaitan dengan perkembangan fisika dari waktu ke waktu.

Demikian rekomendasi kedua puluh website penyedia jurnal ilmiah dari dalam maupun luar negeri yang bisa didapatkan secara gratis. Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Scientific_journal
https://www.emergingedtech.com/2013/12/top-11-trusted-and-free-search-engines-for-scientific-and-academic-research/
http://icampusindonesia.com/2016/10/14/inilah-berbagai-website-penyedia-jurnal-ilmiah-untuk-karya-tulis-kamu/
https://www.idntimes.com/life/education/santi-wulandari/11-situs-penyedia-jurnal-ini-akan-memudahkanmu-dalam-menyelesaikan-skripsi-tesis-hingga-lomba-ilmiah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top