Connect with us

10 Teknologi Canggih Yang Dulunya Dikira Khayalan Semata

produk-teknologi-canggih, gambar arvrjourney.com

Top 10

10 Teknologi Canggih Yang Dulunya Dikira Khayalan Semata

Manusia dianugerahi akal dan daya nalar lebih oleh Sang Pencipta, berbeda dibandingkan makhluk lainnya di Bumi ini. Dengan kemampuan ini, manusia mampu membuat barang-barang atau benda berteknologi canggih yang dapat mempermudah dan mempernyaman kelangsungan hidupnya.

Berbicara tentang teknologi, mulanya manusia berpikir untuk membuat benda-benda sederhana untuk keperluan bertahan hidup, seperti alat pembuat api, roda-roda, dan alat untuk bercocok tanama sederhana. Semua itu terjadi pada awal manusia mendiami Bumi.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Setelahnya, manusia mulai berpikir lebih jauh untuk membuat benda-benda yang dapat bergerak sendiri atau mesin. Mesin pertama yang dibuat manusia yakni untuk membuat pakaian, disebut mesin tenun. Selanjutnya manusia mulai membuat mesin jam tangan, mesin cetak, mesin kendaraan, telepon hingga yang paling canggih komputer dan internet.

Saat ini teknologi telah mempengaruhi masyarakat global dalam banyak cara, diantaranya dalam bertransportasi dengan adanya sepeda motor, mobil hingga pesawat terbang, mempermudah dalam berkomunikasi dengan adanya smartphone, hingga membantu penyandang disabilitas dengan adanya tangan robotik.

Namun tahukah, dari sekian banyak teknologi canggih yang telah terlahir di dunia ini, beberapa diantaranya dulunya berawal dari impian atau khayalan semata, nah berikut sepuluh teknologi yang dimaksud tersebut.

1. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality, gambar bgr.com

Virtual Reality, gambar bgr.com

Pernahkah kalian menonton animasi Sword Art Online (SAO). Bagi yang sudah menontonnya mungkin terbesit keinginan serupa untuk menjelajahi dunia imajinasi secara total melalui Nerve Gear (teknologi VR versi anime) masuk kedalam petualangan seru seperti tokoh Kirito dan Asuna di dalam anime SAO.

Virtual reality (VR) merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan komputer (computer-simulated environmet). Lingkungan yang diliat sebenarnya hanya ada dalam dunia imajinasi.

Lingkungan VR yang saat ini baru ditawarkan memang masih terbatas untuk menonton Film di rumah sambil tiduran sehingga berasa seperti di bioskop dan bermain game simulasi. Walaupun begitu seiring bertambahnya pemahaman manusia terhadap teknologi komputer, diharapkan kedepannya teknologi ini berkembang lebih baik lagi, menyerupai anime SAO, mungkin!!.

2. Smart Glasses

Smart glasses, gambar windowscentral.com

Smart glasses, gambar windowscentral.com

Zaman now, kacamata tidak hanya sebagai aksesoris wajah atau alat bantu penglihatan, namun kacamata bisa digunakan untuk merekam video hingga mengambil foto layaknya sebuah kamera.

Kacamata yang memiliki berbagai fitur teknologi canggih disebut smart glasses. Smart glasses sampai saat ini masih dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar seperti Google, Intel dan Microsoft.

Berikut beberapa smart glasses yang telah ada dipasaran atau sedang dikembangkan:

Google glass

Merupakan kacamata pintar pertama di dunia, diperkenalkan pertama kali pada tahun 2015. Google glass merupakan perangkat wearable yang dapat dikendalikan dengan perintah suara. Beberapa fungsinya antara lain: penunjuk lokasi berbasis GPS, mengirim pesan, mengambil gambar, merekam video, hingga berinteraksi dengan media sosial. Google glass dibandrol dengan harga sektiar 24 jutaan (tahun 2017).

Holo Lens

Merupakan kacamata pintar yang dirancang oleh Microsoft sekitar tahun 2016. Kacamata ini menggabungkan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) sehingga sering disebut juga alat berteknologi komputer visual.

Seperti halnya google glass, kacamata ini mampu menunjukan lokasi, berkirim pesan-gambar-video-suara. Kelebihan lainnya holo lens dilengkapi sensor cahaya sehingga mampu mengenali dan memetakan ruang, dan berinteraksi dengan objek virtual. Dengan sejumlah fitur canggih diatas, holo lens dibandrol dengan harga 40 jutaan.

Spectacles

Merupakan kacamata pintar besutan Snap Inc yang dirancang untuk kalangan menengah kebawah karena harganya jauh sangat murah dibandingkan google glass dan holo lens, yakni 1,6 jutaan. Walaupun begitu, kacamata ini memiliki fitur hampi sama dengan google glass yakni mengambil gambar dan merekam video.

Vaunt

Merupakan proyek kacamata pintar terbaru racikan perusahaan mikrochip terbesar didunia, Intel. Vaunt dirancang untuk membantu penggunanya melihat data-data yang dibutuhkan melalui penggunaan teknologi laser kelas satu (laser aman). Namun sayangnya, kabar kelanjutan proyek ini belum jelas.

Vuzix M100 & M300

Merupakan kacamata pintar yang dibuat oleh perusahaan yang didirikan pleh Paul Travers pada tahun 1997. Kacamata pintar pintar ini memiliki kemampuan seperti halnya google glass, mampu mengambil foto, video hingga resolusi 1280 x 720 pixel. Selain itu dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim sms/chat, hingga internet.

3. Flexible Display

Flexible display, gambar techno.okezone.com

Flexible display, gambar techno.okezone.com

Flexible display atau layar fleksibel merupakan layar visual elektronik yang bersifat lentur. Saat ini umumnya semua perangkat elektronik masih menggunakan layar elektronik datar kaku. Namun, beberapa tahun belakangan ini, tumbuh ketertarikan untuk mengaplikasikan layar visual yang bersifat lentur pada peralatan elektronik, seperti tv, pc dan smartphone.

Dilihat dari perkembangannya, layar fleksibel mulanya berasal dari konsep e-paper atau kertas elektronik. E-paper memiliki ukuran sangat tipis, namun dapat dilekukan beberapa derajat dari posisi semula.

Pada tahun 1974, untuk menciptakan layar fleksibel, perusahaan Xeroc PARC, peneliti jenius, NIcholas K Sheridon membuat terobosan dengan mengenalkan e-paper pertama di dunia, bernama Gyricon.

Lalu, pada tahun 2005, Arizona State University (ASU) mendedikasikan untuk membuka pusat penelitian teknologi layar fleksibel, dengan nama proyek ASU Flexible Display Center. ASU menerima suntikan dana sebanyak 43,7 juta dollar dari US Army Research Laboratory untuk mensukseskan penelitian ini.

Selain di Amerika, penelitian layar fleksibel juga dilakukan oleh Prof Roel Vertegaal di Universitas Queen’s dan The Human media lab di Kanada, dihasilkan e-paper bernama paper windows. Dari sini dikembangkan prototipe pertama e-paper yang dapat dilengkungkan dan Interface pertama layar fleksibel, Organic User Interface (OUI).

Kemudian, Human media lab dan ASU FDC bekerjasama menciptakan prototipe smartphone pertama dengan layar fleksibel, bernama PaperPhone.

Selain berbasis e-paper, layar fleksibel juga sedang dikembangkan pada display berbasis LED, bernama Organic-LED (OLED), pengembangnya adalah Nokia dan Sony. Sedangkan Samsung mengembangkan AMOLED atau Active Matrix Organic Ligth Emitting Diode.

Baik OLED dan AMOLED terdiri dari film-film tipis, dimana film tipis tersebut mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. Selain lentur, kedua layar ini dipercaya mampu menghasilkan ketajaman gambar lebih tinggi dan konsumsi daya relatif rendah.

Hampir semua handphone keluaran terbaru dari Samsung, sekarang menggunakan display AMOLED. Walaupun tidak dapat melengkung secara full, mungkin masih menunggu beberapa tahun lagi agar teknologi “layar fleksibel” dapat diaplikasikan secara sempurna.

4. Fly Car

Fly Car, gambar ibtimes.co.uk

Fly Car, gambar ibtimes.co.uk

Semakin bertambahnya manusia yang bepergian, maka semakin padat juga lalu lintas di jalanan. Untuk menanggulangi ini, maka beberapa manufaktur dunia seperti Airbus, Audi, AeroMobil dan VRCO sedang membangun mobil yang bisa terbang. Perkembangan mobil terbang ini digadang dalam tahap akhir atau masa percobaan.

Konsep terbang ini sejatinya telah ada sejak tahun 90an, namun dapat terealisasi saat teknologi drone berkembang pesat. Sejumlah perusahaan masih memproduksi berbagai prototipe, mulai dari penggunaan baling-baling dan sayap, aerodinamika atau bentuk mobil, hingga pemilihan bahan bakar dari fosil atau listrik.

Berikut beberapa prototipe yang telah dibuat oleh semua pabrikan dunia, diantaranya:

  • AeroMobil dibuat oleh perusahaan Slovakia AeroMobil, dengan harga sekitar Rp 22 miliar, dapat dipesan mulai tahun 2020
  • Pal-V Liberty dibuat oleh perusahaan Swiss, dengan harga sekitar Rp 8,5 miliar, dapat dipesan mulai tahun 2019
  • NeoXCraft dibuat oleh perusahaan Inggris VRCO, dengan harga sekitar Rp 28,7 miliar, dapat dipesan pada 2020
  • Terrafugia dibuat oleh perusahaan Amerika serikat, dengan harga sekitar Rp. 4 miliar, dapat dipesan mulai pada 2020
  • Pop Up dibuat oleh kolaborasi tiga perusahaan Airbus, Audi dan Italdesign, dengan harga belum diketahui, dapat dipesan pada 2024

5. Self-Jet Pack

Self-Jet Pack, gambar medium.com

Self-Jet Pack, gambar medium.com

Selain fly car, manusia juga sedang mengembangkan sebuah alat transportasi udara yang digunakan oleh satu orang pengguna, Self jet pack. Jet pack merupakan sebuah perangkat jet yang dikenakan dibelakang punggung, dimana alat ini mampu mengangkat beban seseorang dalam beberapa waktu. Jet pack ada yang berbahan cair dan gas.

Mimpi terciptanya alat ini dimulai pada tahun 1886, saat itu Verner Robur berkhayal bahwa di masa depan akan ada manusia yang dapat terbang dengan menggunkan alat menyerupai tas gendong. Pada saat itu ide Verner dianggap absurd.

Mendekati tahun 1960an, konsep yang dikira fiksi ini mulai diwujudkan seiring berkembangnya teknologi roket, propulsi dan fisika material, maka manusia mampu membuat bahan yang dapat mereduksi panasnya mesin jet sehingga dapat di gendong di belakang punggung.

Saat ini, para ilmuan jet pack diseluruh dunia sedang mengembangkan beberapa tantangan utama alat ini, diantaranya desain yang lebih aerodinamis sehingga memudahkan dalam bermanuver, meracik mesin agar lebih kecil namun memberikan daya angkut lebih besar serta mengembangkan material jet pack seaman mungkin dan bahan bakar lebih hemat.

Berikut beberapa jenis Jet Pack yang pernah diproduksi untuk kalangan tertentu:

  • Bell Rocket Belt, dibuat pada tahun 1959 oleh Bell Aeosystems, sistem mesin jet berbahan bakar Hidrogen peroksida, nitrogen dengan sistem superheated uap air, rekor terbang 20 detik dengan ketinggian 9 meter.
  • Go Fast Jet Pack, diluncurkan pada tahun 2003 oleh perusahaan Jet Pack International, sistem mesin jet berbahan bakar hidrogen peroksida(seri H202, H202-Z) atau avtur (seri T-73), rekor terbang masing-masing seri H202 (23 detik), H202-Z (33 detik) dan T-73 (9 menit).
  • The Rocketman, diluncurkan pada 2007 oleh perusahaan Powerhouse production merupakan penyempurnaan dari Rocket Belt, mesin masih berbahan bakar hidrogen peroksida, dengan disain lebih dinamis dan bermaterial lebih tahan panas. Rekor terbang 30 detik.
  • Martin Jet Pack, diluncurkan pada 2010 oleh Martin Aircraft Company, sistem mesin non-jet berbahan bakar gasoline bertekanan tinggi, dapat terbang selama 30 menit.
  • Jetlev, diracik oleh Raymond Li pada 2000an dan akhirinya pada 2009 Jetlev berhasil dibangun, sistem mesin hydro-jet pack berbahan bakar BBM yang memanfaatkan air sebagai propulsi utama, sehingga alat ini hanya dapat digunakan di atas laut. Rekor terbang sekitar 3 jam.
  • Yves Rossy’s Jet Wing Pack, dibuat oleh mantan tentara Swiss Yves Rossy pada 2000an dengan bantuan sponsor, akhirnya pada 2004, Yves berhasil menerbangkan jet pack racikannya. Sistem mesin Jetcat P400 berbahan bakar kerosin. Jet ini memiliki sayap berbahan serat karbon. Rekor jet pack buat Yves ini dapat melintasi selat Inggris sejauh 35 km selama 13 menti.

6. Maid Robot

Maid robot, gambar projetromeo.com

Maid robot, gambar projetromeo.com

Maid robot merupakan robot yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah semua urusan PRT (pekerjaan rumah tangga). Pekerjaan rumah yang dimaksud, mulai dari kegiatan bersih-bersih, mencuci, memasak hingga menjaga rumah.

Untuk mewujudkan sebuah maid robot yang otonom, maka dibuatlah beberapa prototipe robot oleh sejumlah perusahaan IT dan enginer di seluruh dunia. Namun Jepang adalah salah satu negara yang memberi perhatian terhadap perkembangan robot ini.

Mendekati tahun 2000, perusahaan raksasa Honda meluncurkan proyek robot humanoid pertama, ASIMO. Lalu diikuti pengembangan sistem robotik Hadaly oleh universitas Waseda, lalu Universitas tokyo pun mengembangkan Saika.

Berikut beberapa robot yang dapat mengerjakan pekerajaan rumah:

  • Roomba, berbentuk seperti baskom, bersifat otonom, berfungsi untuk menghisap debu.
  • Laundroid, berbentuk seperti kulkas besar, namun mampu mencuci, mengeringkan, menyortir, merapikan hingga siap pakai
  • Rotimatic, merupakan robot pembuat roti
  • Twendi One Robot, robot bersih-bersih
  • Knightscope, merupakan robot penjaga
  • Romeo, merupakan robot yang bertugas menemani pemiliknya di rumah, mulai dari mengambil barang, membawanya hingga membukakan pintu.

Saat ini, robot yang benar-benar otonom, menyerupai manusia (humanoid) dan bisa melakukan berbagai tugas rumah tangga belum ada. Mungkin butuh beberapa dekade lagi untuk mewujudkan impian ini.

7. Air Skateboard

Air Skateboard, gambar wired.com

Air Skateboard, gambar wired.com

Saat melihat film “Back to the future”, terdapat adegan dimana Marty McFly mengendarai skateboard melayang yang digerakan hanya dengan sedikit usaha, dan skateboard ini ternyata ada di dunia ini.

Lagi-lagi Jepang, melalui perusahaan Toyota, diciptkanlah prototipe “peluncur mengambang” pertama di dunia pada tahun 2015 silam. Teknologi ini hampir sama yang terdapat pada kereta maglev, namun dengan pengembangan lebih lanjut.

Prinsipnya, Skateboard ini menggunakan material: superkonduktor dan magnet. Lintasan yang harus dilalui skateboard ini pun harus yang mengandung salah satu material ini. Selain itu, agar superkonduktor dapat menolak magnet (mengambang), maka harus dalam keadaan super dingin, sehigga disimpan dalam nitrogen cair.

Apabila alat ini telah sempurna, diharapkan dapat mengganti kendaraan yang saat ini masih menggunakan fosil. Pengembangan air skateboard ini terus dilakukan, terutama pencarian material superkonduktor yang lebih efektif dan disain yang lebih efisien.

8. Bionik Eye

Bionik eye, gambar industryweek.com

Bionik eye, gambar industryweek.com

Bionik eye atau mata bionik merupakan sebuah organ tiruan yang digunakan untuk mengobati gangguan mata seseorang bahkan kebutaan. Teknologi ini dikembangkan oleh banyak ilmuan, diantaranya Greg Suaning, Nigel Lovell, Paul Sieving McAlpine dan masih banyak lagi.

Perkembangan teknologi ini hampir rata, pada tahun 2010 di Australia telah dibangun konsorsium Visual Prosthesis Group atau AVPG, sebuah wadah para ilmuan dalam meneliti perkembangan mata bionik.

Tidak ingin ketinggalan, Amerika pun meluncurkan projek Argus II, yang dikembangkan di Universitas California selatan, yang digadang mata bionik ciptaannya telah memiliki pengakuan masyarakat Eropa.

Teknologi mata bionik Argus II telah disahkan oleh BPOM nya AS yakni FDA sebagai barang yang aman pada 2013 silam. Harga Argus II diperkirakan sekitar 2 miliar rupiah lebih.

9. Interaktif Hologram

Hologram, gambar gizmodo.com

Hologram, gambar gizmodo.com

Salah satu adegan ikonik film Iron man yakni saat Tony Stark menggerakan kedua tangannya merubah-rubah formulasi desain reaktor mini nuklirnya melalui komputer canggih dengan layar hologramnya. Dan ternyata teknologi ini bukan hanya khayalan semata.

Hologram merupakan produk dari teknologi holografi, yakni sebuah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam.

Hologram terbentuk dari perpaduan beberapa sinar cahaya yang koheren dan dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram juga bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik tersebut kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, orang bahkan adegan.

Beberapa perusahaan IT dunia seperti Microsoft dan Asukanet sedang mengembangkan interaktif hologram. Salah satu demonstrasi nya yakni pada tahun 2013, Asukanet menciptakan sebuah alat yang bisa menampilkan hologram, bernama Aerial Imaging Plate.

Sedangkan Microsoft melalui kacamata pintarnya, Holo Lens, menyisipkan fitur “Holoportation”, dengan fitur ini pengguna kacamata ini mampu melihat proyeksi hologram lawan bicara saat sedang menelepon. Saat ini kedua teknologi canggih tersebut dalam tahap penyempurnaan.

10. Mind Controller

Mind Controller, gambar cnn.com

Mind Controller, gambar cnn.com

Bayangkan jika otak kita memiliki kemampuan seperti tangan, yang dapat menekan tombol star pada sebuah peralatan elektronik/komputer, pastinya semua pekerjaan akan semakin cepat, efisien dan tentunya futuristik.

Pengembangan teknologi “mind controller” atau mengontrol peralatan elektronik yang terhubung dengan komputer dengan otak, awalnya khayalan semata dan hanya terdapat pada novel-novel fiksi.

Namun, gagasan ambisius ini menarik sejumlah peneliti pada tahun 1970an, terutama Universitas California Los Angeles (UCLA), National Science Foundation dan DARPA. Ketiga institusi ini meneliti secara intesif tentang kemungkinan otak manusia bisa berinteraksi dengan komputer, disebut Brain-Computer Interface (BCI).

Salah satu aplikasi penerapan BCI, yakni manusia mampu menyalakan atau mematikan peralatan elektronik pintar yang terhubung dengan komputer. Selain itu, sejumlah developer game, sepeti Sony dan Square Enix, merasa tertarik untuk andil dalam pengembangan mind controler ini, karena dapat membuka dunia game kedalam tingkatan yang lebih tinggi.

Sedangkan penerapan BCI untuk medis telah diwujudkan oleh Diwakar Vaish, ia berhasil menemukan brain-controller wheelchair, yakni sebuah alat yang terhubung dengan komputer mini untuk menggerakan kursi roda bagi penyandang disabilitas.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
https://id.wikipedia.org/wiki/Holografi
https://en.wikipedia.org/wiki/Jet_pack
https://en.wikipedia.org/wiki/Vuzix
https://www.msn.com/id-id/otomotif/berita/6-teknologi-mobil-terbang-siap-dipasarkan-tahun-depan/ar-BBKlbqb
http://www.tahupedia.com/content/show/1440/10-Teknologi-Canggih-Yang-Siap-Hadir-Di-Masa-Depan
https://www.idntimes.com/tech/trend/muhamad-wijanarko/10-terobosan-teknologi-2018-kamu-harus-tahu-c1c2
https://en.wikipedia.org/wiki/Flexible_display
https://en.wikipedia.org/wiki/Domestic_robot
https://www.klikmania.net/robot-pembantu-rumah-tangga/
https://www.news18.com/news/tech/watch-toyota-has-created-a-skateboard-that-floats-in-the-air-1011685.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Mind_reading_computers

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top