Connect with us

10 Pilihan Merek Furniture Untuk Rumah dan Ruang Kantor

merek-ikea-furniture-amazon

Top 10

10 Pilihan Merek Furniture Untuk Rumah dan Ruang Kantor

Memiliki sebuah rumah atau ruang usaha tentu memerlukan beragam jenis furniture untuk mengisinya. Mulai dari furniture ruang tamu, ruang dapur, kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang kerja hingga kantor.

Anda bingung memilih furniture yang ingin dibeli? Ulasan sekilas tentang 10 pilihan merek furniture ini semoga bisa membantu menentukan pilihan terbaik untuk Anda.

1. IKEA

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Pada November 2017, perusahaan furniture yang didirikan di Swedia pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad, yang saat itu masih berusia 17 tahun, tercatat memiliki 411 toko di 49 negara. Sehingga tidaklah mengherankan apabila IKEA merupakan salah satu merek furniture terpopuler di dunia.

Setelah hanya dikenal oleh segelintir masyarakat Indonesia yang memiliki akses untuk memiliki katalognya, kini nama IKEA kian ramah didengar telinga masyarakat Indonesia. Kehadiran IKEA di Indonesia yang pertama di Alam Sutera Tangerang pada Oktober 2014 yang lalu itu memang telah dinanti-nanti apalagi bagi para warga Indonesia yang sempat tinggal di luar negeri.

Bahan dan kualitas IKEA sudah terjamin, bahkan desain nya bisa jadi paling unik tapi simple dibandingkan dengan furniture yang biasa kita temukan di Indonesia. Tak hanya itu produk furniture asal Swedia ini dirancang untuk bisa dipasang secara mandiri dan memiliki fleksibilitas serta multifungsi untuk bisa dipadupadankan dengan produk-produk IKEA lainnya.

Mulai dari perabotan dapur, kamar mandi, ruang tamu, kamar tidur, dapur, ruang kerja hingga furniture bisnis bisa kita temukan di IKEA. Hal tersebut makin membuat IKEA banyak dipilih masyarakat kelas menengah ke atas sebagai furniture utama dalam mengisi perabot rumah dan ruang kantor.

Harganya sangat beragam dari mulai harga super murah, harga wajar hingga harga diluar akal, alias hanya kelas atas yang mampu membelinya.

ikea-meja-linnmon

IKEA MEJA LINNMON, gambar: ikea.com

Tercatat ada beberapa produk paling favorit di IKEA seperti meja LINNMON yang dihargai Rp469.000 serta Rak LERBERG dengan beberapa jenis ukuran mulai dari Rp214.000 hingga Rp310.000, tentu juga IKEA Gantungan Baju Mulig yang dihargai Rp169.000.

2. INFORMA

Pilihan terbaik selain IKEA dalam membeli furniture adalah merek lokal INFORMA.

Informa dapat kita temukan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia yang biasanya satu atap dengan merek perlengkapan rumah tangga dan industri “ACE Hardware”. Informa telah menyediakan lebih dari 60.000 produk-produk berkualitas yang memiliki desain minimalis dengan variasi harga beragam untuk aneka pilihan kategori furniture mulai dari kamar mandi, ruang tamu, dapur, kamar tidur, keperluan bisnis dan perabotan rumah tangga lainnya.

Salah satu furniture favorit adalah rak buku Kubos dengan dua tipe ukuran dan warna, dihargai Rp699.000 hingga Rp999.000

rak-kubos-informa-bersama meja-ikea

Rak Kubos Informa berwarna putih

Untuk beberapa produk Informa kini mulai mengikuti tren pemasangan secara mandiri, namun belum sepenuhnya bisa dipasang sendiri, seperti beberapa produk kamar tidur termasuk lemari pakaian dan dipan tempat tidur yang biasanya di import dari luar negeri seperti Brazil, Prancis, China dan lainnya.

Jika IKEA saat ini hanya bisa kita temukan di Alam Sutera, dan rencananya akan di bangun di Bekasi; berbeda dengan Informa yang bisa kita temukan di setiap kota besar dan lebih dari satu tempat, seperti halnya di Bandung terdapat di IBCC Ahmad Yani, Living Plaza Pasir Kaliki samping Istana Plaza, dan Dago Plaza Bandung.

3. ACE HARDWARE

ace-hardware-tangerang

Ace Hardware Tangerang, gambar: Tribunnews.com

ACE Hardware Corporation adalah pusat perlengkapan teknik dan industri terbesar di Amerika yang berdiri tahun 1924 dan didirikan oleh Richard Hesse, E. Gunnard Lindquis, Frank Burke, Oscar Fisher, William Stauber.

Di Indonesia sendiri satu-satunya pemegang lisensi ACE Hardware dipegang oleh PT. Ace Hardware Indonesia, Tbk yang merupakan anak perusahaan dari PT. Kawan Lama Sejahtera yang didirikan tahun 1995.

ACE merupakan pionir dan pusat perlengkapan rumah & gaya hidup terlengkap, dengan 99 toko di kota-kota besar di Indonesia. Toko ACE terbesar, yang sekaligus paling besar di dunia, terletak di Alam Sutera, Serpong – Tangerang. Sama halnya dengan IKEA Indonesia.

Tak heran saat membangun rumah atau ruang usaha beserta mengisinya dengan perabotan furniture, ACE Hardware merupakan tempat paling pas. Walaupun beberapa furniture berbahan kayu lebih jarang dibandingkan furniture yang terbuat dari besi, baja, ataupun stainless dan plastik.

Biasanya ACE Hardware hadir berdampingan dengan Informa, sehingga melihat-lihat produk ACE Hardware akan sekaligus membawa kita untuk melihat pula produk Informa.

Produknya benar-benar lengkap, dari perabotan dapur, taman, kantor, hingga kamar mandi dan segala jenis kebutuhan gaya hidup ada di Ace Hardware. Produknya bisa kita lihat via website acehardware.co.id.

Untuk kota Bandung, Ace Hardware bisa kita temukan di BEC, IBCC Ahmad Yani, Living Plaza Pasir Kaliki, Living Plaza Dago, Miko Mall, Festival Citylink Mall, Balubur Town Square, Taman Kopo Indah, hingga Baltos.

4. CHITOSE

kursi-chitose

gambar: www.chitose-indonesia.com

Berdiri pada tahun 1979, PT. Chitose Indonesia Manufacturing didirikan untuk memproduksi furniture berteknologi tinggi. Bermitra dengan Chitose Mfg. Col. Ltd asal Jepang, Chitose Indonesia tidak hanya memproduksi barang saja namun juga melakukan penelitian, pengujian, dan perbaikan agar dapat menyajikan produk yang berkualitas.

Di Indonesia sendiri Chitose terkenal akan kursi lipatnya. Hal ini terjadi karena kesuksesan direct selling atau penjualan langsung ke sekolah-sekolah.

Berawal dari sebuah kursi lipat, yang kemudian menjadi ikon merek ini, Chitose kini telah memproduksi lebih dari 200 varian mebel dan tempat tidur rumah sakit. Tingkat produksinya per tahun tercatat mencapai 1,2 juta unit pada tahun 2013.

Produk furniture untuk ruang kerja atau rumah yang banyak dibeli dari merek ini biasanya kursi yang sangat berkualitas. Membeli produk Chitose sangat mudah karena biasanya sudah ready atau order di toko furniture terdekat di sekitar rumah.

5. LIVIEN

Livien merupakan merek furnitur sekaligus portal web e-commerce yang khusus menjual produk-produk furnitur unik dan dengan dominasi tampilan Scandinavian dengan ciri khasnya berwarna putih.

Harganya terbilang lebih mahal dibanding furnitur asal luar seperti IKEA untuk beberapa tipe, namun ini terjadi karena kualitas lokal yang dapat bersaing dengan produk luar serta ciri khas keunikan tipe furnitur yang belum tentu dapat ditemukan pada merek lainnya.

Livien bisa dibeli secara online melalui website livien.co.id, atau dapat dibeli juga via marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Dekoruma dan lainnya.
Toko offline nya beralamat di Ngoro Mojokerto, Jawa Timur.

Merek Livien memproduksi berbagai model furniture untuk rumah tangga, seperti bed, kursi, meja, lemari, sofa, bangku, rak, dan lain-lain. Uniknya, Livien juga menerima pesanan baik dari pembeli untuk dijual kembali, pembeli rumahan ataupun instansi.

meja transformers livien

Meja Transformer Livien, gambar: livien.co.id

Salah satu produk unik dan favorit adalah Meja Makan Transformers Mayple Story yang dihargai sekitar Rp1.900.000, gambar desainnya seperti di atas.

6. JYSK

rak-buku-jysk

Gambar: jysk.com

Perusahaan asal Denmark ini tercatat memiliki lebih dari 2.500 toko di 50 negara. Didirikan dan dimiliki oleh Lars Larsen pada tahun 1979, JYSK merupakan perusahaan retail global Denmark terbesar.

Seperti halnya IKEA, JYSK menjual berbagai kebutuhan furniture mulai dari rumah tangga hingga kantor. JYSK Indonesia sendiri mulai beroperasi di tahun 2014 dengan membuka toko retailnya di Mall Taman Anggrek and Pejaten Village, Jakarta.

Untuk memesannya bisa melalui offline di toko furniture ataupun secara online di berebagai marketplace seperti Dekoruma, Shopee, Tokopedia dan lainnya.

7. PRO DESIGN

produk-furniture-prodesign-indonesia

gambar: prodesignfurniture.com

Merek furniture yang berpusat di Surabaya ini merupakan penghasil furniture panel kayu (knock down) bongkar pasang yang terbuat dari particle board dan MDF dengan finishing kertas dan PVC. Berdiri pada tahun 1989, Pro Design menyasar pangsa pasar luar negeri sebesar 60% dan sisanya untuk pasar dalam negeri.

Produk furniture Pro Design tidak hanya berfokus pada perabotan di rumah saja namun juga kantor dan hallway. Pro Design bisa didapatkan di seluruh Indonesia baik di toko resminya mau pun di partner store, juga di marketplace seperti di Dekoruma, Tokopedia dan Shopee.

8. MELODY

FARINA_1-melody-furniture

gambar: melody-id.com

Mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal produk furniture merek Melody. Hal ini dikarenakan produk Melody lebih banyak diekspor dibanding dijual di dalam negeri. Mengekspor ke 43 negara mencapai 75% penjualan, domestik mencapai 25% penjualan, sehingga produknya sudah pasti berkualitas.

Melody nama merek yang dimiliki PT Galangcitramitra Majumapan yang lebih akrab disebut PT Gatra Mapan, berdiri sejak tahun 1984.

Pada awal berdirinya, produk utama PT Gatra Mapan adalah TV rak/entertainment furniture dengan menggunakan bahan baku utama partikel board dan MDF (Medium Density Fiber) serta finishing laminasi PVC yang menggunakan metode knock down.

Seiring dengan perjalanan waktu, Gatra Mapan memproduksi produk-produk interior furniture seperti lemari pakaian, meja tulis, lemari hias, dan lain-lain.

Untuk membelinya termasuk mudah, merek ini bisa ditemukan di toko furniture untuk beragam merek yang juga menjual produk dari Melody. Biasanya barangnya termasuk limited edition.

9. OLYMPIC

olympic-furniture

Olympic, gambar: hanzfurniture-olympicfurniture.blogspot.co.id

Terinspirasi dari Olimpiade XXIII yang berlangsung di Los Angeles pada tahun 1984, Olympic Furniture diberi nama oleh Au Bintoro dengan harapan namanya bergaung luas seperti Olimpiade. Di kemudian hari nama ini ternyata menguntungkan karena para konsumen sempat mengira merek ini berasal dari luar negeri.

Awalnya Au berprofesi sebagai pembuat box speaker, namun suatu hari ia merasa bahwa toko furniture terlalu membebani konsumennya dengan ongkos kirim yang mahal karena beban kayu dan tidak bisa dibongkar pasang. Akhirnya, ia kemudian mencoba membuat meja dari bahan baku box speaker yang dimilikinya, dan ternyata sukses. Meja bongkar pasangnya laku di pasaran.

Kini tidak hanya meja saja yang menjadi produknya, furniture rumah hingga kantor pun ada. Salah satu produknya yang terkenal adalah meja belajar anak yang dihiasi gambar kartun kesukaan anak yang sedang populer.

10. CUSTOM/Buat Sendiri

Mengisi rumah dengan furniture berkualitas bisa juga dilakukan secara custom, alias memesan langsung ke pengrajin furniture dengan menyesuaikan desain hingga ukuran dan bentuk furniture yang kita inginkan.

Selain hasilnya lebih sesuai dengan kebutuhan, dapat juga meningkatkan kesejahteraan pengrajin lokal. Namun tetap kita harus memilih pengrajin berkualitas mulai dari pemilihan bahan hingga finishing nya.

Biasanya custom ini banyak dilakukan oleh orang-orang yang ingin rumahnya lebih antik seperti menggunakan kayu jati. Sudah pasti harganya lebih mahal tapi dari nilai seni dan kekuatan barang terjamin.

Era milenal kini, custom ke pengrajin lokal banyak dipesan untuk keperluan komersial seperti mengisi furnitur hotel, desain toko di mall, atau factory outlet hingga kantor dan ruang usaha serta gedung-gedung pemerintahan.

Bahan yang dipergunakan pun beragam mulai dari kayu pinus hingga kayu MDF dan jati dengan proses finishing beragam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top