Connect with us

10 Laba-laba Paling Mematikan dan Fakta Menariknya

Laba-laba Sydney Funnel Web, gambar (jimstermitepestcontrol.com.au)

Top 10

10 Laba-laba Paling Mematikan dan Fakta Menariknya

Laba-laba atau spider merupakan hewan yang telah lama dikenal manusia sebagai binatang yang cukup unik sekaligus menakutkan. Walaupun terlihat menakutkan, hewan ini telah menginspirasi manusia, baik itu dijadikan hewan peliharaan, bahan penelitian, bahan novel hingga dunia hiburan melalui kisahnya dalam film spiderman.

Sejatinya, laba-laba merupakan hewan yang mudah beradaptasi dengan habitat tempat tinggalnya, sehingga mereka dapat kita jumpai hampir diseluruh belahan dunia, kecuali antartika.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Saking banyaknya hewan ini, para arachnologis (orang yang ahli mengenai spiders) setiap tahunnya pasti menemukan spesies baru. Sampai tulisan ini dibuat, saat ini telah ditemukan 47.817 spesies dan digolongkan kedalam 118 family.

Sekilas Karakteristik Tentang Laba-laba

Anatomi laba-laba, gambar colourbox.dk

Anatomi laba-laba, gambar colourbox.dk

Tubuh, kaki hingga perut laba-laba memiliki bentuk ruas-ruas atau segmen-segmen, sehingga hewan ini tergolong hewan berbuku-buku (arthropoda). Secara umum, terdapat dua segmen utama, yakni

  1. Segmen bagian depan disebut cephalothorax atau prosoma,
  2. Segmen bagian belakang disebut abdomen (perut) atau opisthosoma.

Pada bagian cephalothorax sebetulnya merupakan gabungan dari organ kepala dan dada (toraks). Lalu, antara cephalothorax dan abdomen terdapat organ penghubung tipis yang dinamai pedicle atau pedicellus.

Pada cephalothorax melekat empat pasang kaki dan satu sampai empat pasang mata. Selain itu, pada bagian ini juga terdapat sepasang rahang bertaring besar yang disebut chelicera, sepasang atau beberapa alat bantu mulut serupa tangan yang disebut pedipalpus.

Pada beberapa jenis laba-laba, pedipalpus pada hewan jantan dewasa dapat membesar dan berubah fungsi sebagai alat bantu dalam perkawinan. Kemudian, hewan ini tidak memiliki sistem mulut-gigi untuk mengunyah, sehingga sebagai gantinya, mulut laba-laba berupa alat pengisap untuk menyedot cairan tubuh mangsanya.

Untuk menangkap mangsa, tidak semua laba-laba membuat jaring, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang halus yakni helaian serat protein yang tipis namun kuat yang dihasilkan dari kelenjar yang letaknya pada bagian abdomen, yang disebut spinneret.

Serat protein ini amat berguna untuk membantu pergerakan mereka, mulai dari berayun dari satu tempat ke tempat yang lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur hingga melindungi lubang sarang mereka. Walaupun serat ini tipis, benang ini mampu menahan bobot tubuh pemiliknya berkali-kali lipat.

Lalu, laba-laba juga merupakan hewan pemangsa (karnivora) yang kadang-kadang bersifat kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba mampu menginjeksikan bisa melalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya. Meskipun demikian, dari puluhan ribu spesies yang ada, hanya sekitar 200 jenis saja yang gigitannya dapat membahayakan manusia.

Berdasarkan ada tidaknya racun yang dikandung serta ukuran tubuh, maka laba-laba terbagi dalam tiga golongan besar:

  • Mesothelae, yaitu jenis laba-laba primitif yang tidak menghasilkan racun, dengan ruas-ruas tubuh yang tampak jelas. Jenis ini memiliki kekerabatan paling dekat dengan leluhurnya, arthropoda.
  • Mygalomorphae, yakni jenis laba-laba yang suka membuat lubang persembunyian di tanah atau semak-semak. Jenis ini memiliki ukuran cukup besar dan beberapa jenis memiliki zat kitin atau tanduk lebih banyak dibandingkan jenis lainnya, seperti tarantula.
  • Araneomorphae, merupakan jenis laba-laba yang tergolong modern. Artinya golongan ini telah mengalami evolusi dari dua golongan diatas, dan di dunia golongan ini paling banyak, hampir 94% dari jumlah spesies yang ada.

Berikut 10 Laba-laba Paling Mematikan Di Dunia

10. Camel Spider

Camel spider, gambar nationalgeographic.com

Camel spider, gambar nationalgeographic.com

Dengan penampakan cukup ganas, spider ini dapat tumbuh hingga panjangnya sampai 15 cm. Camel spider memiliki habitat asli di utara benua Afrika dan biasa bersembunyi di balik batuan atau dibawah lubang menghindari teriknya sinar matahari.

Camel spider sering disebut juga sun spider karena warnanya menyerupai matahari saat terbenam. Nama lainnya wind scorpions, karena warna kuning kemerah-merahan menyerupai kalajengking.

Selain bentuknya yang garang dan ukuranya yang cukup besar, hewan ini juga mampu berlari sejauh 10 mph. Walaupun racunnya tak terlalu mematikan, camel memiliki capitan yang dapat memasukan racun hingga masuk kedalam organ yang dimangsanya.

9. Hobo Spider

Hobo Spider, gambar danmarks-edderkopper.dk

Hobo Spider, gambar danmarks-edderkopper.dk

Spider pertama yang mematikan dikenal sebagai laba-laba paling agresif yang bernama Hobo Spider. Hewan bernama latin Eratigena agrestis memiliki gigitan dan racun yang tidak hanya membahayakan nyawa namun menyakitkan. Selain itu, jikapun telah menerima anti-racun, perlu waktu berminggu-minggu untuk pulih.

Dikatakan paling agresif karena saat merasa terganggu hewan ini tanpa kompromi akan menyerang walaupun musuhnya berukuran besar, misalnya manusia. Leluhur hobo spider aslinya berasal dari Eropa, namun sekarang populasi paling banyak mendiami Amerika utara.

8. Yellow Sac Spider

Yellow Sac Spider, gambar flickr.com

Yellow Sac Spider, gambar flickr.com

Dikenal juga sebagai Black footed Yellow Sac Spider atau laba-laba kantung kuning berkaki hitam. Spider ini termasuk jenis berbisa dan mampu mengeluarkan sejumlah toxin yang membuat mangsanya kesakitan.

Bekas gigitan yang tinggalkan yellow sac biasanya menyebabkan kelepuhan atau kerusakan hebat. Pada dasarnya spider ini pasif, namun karena ukurannya yang begitu kecil, seringkali orang tidak tahu menginjak atau mengganggunya sehingga mereka menyerang dengan tiba-tiba.

Satu hal yang menarik tentang yellow sac yakni mereka menyukai bau bensin. Pada 2011 silam, hewan ini membuat pabrik mobil Mazda kerepotan, karena segerombolan yellow sac membangun markas dalam sistem emisi 52 ribu mobil yang terparkir.

7. Fringed Ornamental Tarantula

Fringed Ornamental Tarantula, gambar wikimedia.org

Fringed Ornamental Tarantula, gambar wikimedia.org

Memiliki nama latin Poecilotheria ornata merupakan salah satu jenis tarantula terbesar yang mendiami Sri Langka. Panjang tubuh dewasa bisa mencapai 25 cm atau terbesar kedua setelah red slate ornamental tarantula.

Sesuai dengan namanya, Fringed, yang artinya berdansa dalam bahasa spanyol, jika seseorang tak sengaja tergigit tarantula ini, maka orang tersebut akan merasa kesakitan hingga sampai melompat tinggi layaknya orang berdansa.

Dengan ukuran yang besar, berbulu dan memiliki racun yang dapat menyebabkan otot kram dan rasa sakit, membuat hewan ini wajib di waspadai, walaupun belum ada catatan yang mengabarkan adanya korban meninggal karena tarantula ini.

6. Mause Spider

Mause Spider, gambar wikimedia.org

Mause Spider, gambar wikimedia.org

Berkerabat dengan tarantula, spider ini satu dari sebelas spesies yang banyak ditemukan di kawasan Australia. Dengan panjang tubuh sekitar 1 sampai 3 cm, dengan bentuk kepala agak lebar serta bagian cephalothorax dilindungi sejenis zat kitin yang cukup tebal.

Sesuai namanya, habitat mause spider berada di dalam lubang tanah dengan kedalaman bervariasi, sekitar 0,3 meter. Walaupun tidak seagresif sepupunya tarantula, gigitan hewan ini cukup mematikan karena racunnya berpotensi membunuh manusia.

5. Six Eyed Sand Spider

Six Eyed Sand Spider, gambar wikimedia.org

Six Eyed Sand Spider, gambar wikimedia.org

Laba-laba mematikan selanjutnya berasal dari daerah gurun berpasir, tepatnya menempati benua afrika bagian selatan, seperti pesisir kalahari, namib dan karoo. Mereka suka bersembunyi didalam pasir, sambil menghindari sinar matahari dan menyergap mangsa yang melintas diatasnya.

Mereka adalah jenis spider berukuran sedang, dengan ciri tubuhnya ditutupi rambut-rambut kecil yang disebut setae. Rambut-rambut ini digunakan untuk mengubur diri di pasir dan berkamuflase. Dengan taktik inilah, mereka menyerang secara tiba-tiba ketika mangsa mendekatinya.

Mereka mendeteksi mangsa melalui getaran tanah dan serangan six eyed sangatlah mematikan, karena mangsa naas bisa siapa saja, seperti kelinci, kadal bahkan manusia. Racun yang dikeluarkan six eyed dapat menyebabkan luka nekrotik (rusaknya pembuluh darah) dan hemolitik (terganggunya sel darah merah).

Penelitian di laboratorium menunjukan bahwa racun six eyed sangat berbahaya karena bersifat Cyrotoxin, artinya begitu masuk tubuh, racun dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan sehat, menggerogoti daging, menciptakan lesi, yang akhirnya menyebar ke organ penting seperti ginjal dan hati, dan jika tidak ditangani segera mungkin dapat mengakibatkan kematian.

4. Black Widow Spider

Black Widow Spider, gambar livescience.com

Black Widow Spider, gambar livescience.com

Nama black widow melekat pada sosok super hero marvel, yang memiliki kemampuan untuk membunuh para musuh secara efektif. Begitu juga dengan black widow spider, hewan ini mamiliki racun yang dapat menyebabkan seseorang kesaktian seperti terbakar, merasa mual, otot kram hingga kesulitan bernapas.

Spider dengan nama ilmiah Latrodectus mactans ini memiliki ciri utama, panjang tubuh rata-rata 2,5 cm, berwarna hitam gelap dengan warna merah terang pada daerah perut (abdomen). Habitat aslinya meliputi Amerika utara hingga amerika selatan.

Betinanya memiliki ciri khas tersendiri, pertama, dari ukurannya duak kali lebih besar dari pejantan dengan panjangnya sekitar 3,8 cm. Kedua, mereka memiliki tubuh menyerupai jam pasir yang mengkilap dengan warna hitam gelap dengan warna merah di tengah perutnya.

Ketiga, setelah masa kawin selesai, betina akan membunuh pejantannya. Mungkin karena alasan terakhir ini di Indonesia, hewan ini dinamakan laba-laba janda hitam.

3. Sydney Funnel Web

Sydney Funnel Web, gambar reptilepark.com.au

Sydney Funnel Web, gambar reptilepark.com.au

Terbilang paling mematikan, karena setiap tahunnya pasti ada saja laporan korban karena gigitan racun oleh funnel web spider ini. Mungkin dikarenakan habitat aslinya terganggu saat Sydney menjelma menjadi sebuah kota besar.

Dengan panjang tubuh 1 hingga 5 cm, dan warna hitam berkilau tanpa bulu, menyebabkannya cukup eksotis sekaligus mematikan. Spider ini biasanya membuat rumah di bawah tanah atau bersembunyi diatas gundukan tanah yang sebelumnya telah digali dan dianyam dengan serat protein.

Untungnya pada tahun 1981, anti racun untuk funnel web telah ditemukan. Laba-laba ini cukup agresif dan memiliki persedian toxin yang cukup menewaskan satu RT. Walaupun begitu, kita harus berhati-hati saat menemukan funnel web, karena gigitannya mampu merobek kulit sepatu.

2. Brown Recluse Spider

Brown Recluse Spider, gambar ces.ncsu.edu

Brown Recluse Spider, gambar ces.ncsu.edu

Sesuai dengan namanya, brown recluse spider atau laba-laba coklat pertapa ini bersifat pemalu dan pasif, manjauhi keramaian manusia. Brown recluse dapat ditemukan diseluruh dunia, khususnya daerah beriklim hangat.

Dibalik ukuran tubuhnya yang kecil yaitu 8 sampai 40 mm dan berwarna coklat ini ternyata menyimpan bisa racun yang sangat mematikan. Hal itu dikarenakan hanya dengan sekali gigitan saja, racunnya bisa menyebabkan cedera hebat hingga kematian.

Lebih jauh, dalam sebuah riset dinyatakan bahwa racun brown recluse mengandung dermonecrotic, enzim sphingomyelinase D yang dapat menyebabkan iskemia dan nekrosis. Enzim ini menghambat sintesis DNA dan menyebabkan kematian sel alias pembusukan. Karena racunnya dapat menyebabkan pembusukan, sehingga jalan satu-satunya agar racunnya tidak menyebar, tiada lain dengan amputasi.

1. Brazilian Wandering Spider

Brazilian Wandering Spider, gambar sciencesource.com

Brazilian Wandering Spider, gambar sciencesource.com

Daftar pertama laba-laba paling mematikan di dunia dipegang oleh Brazilian Wandering Spider. Secara ilmiah hewan ini memiliki nama Phoneutria nigriventer, yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Pembunuh”.

Sesuai namanya, hewan ini sangat ahli dalam melumpuhkan mangsa atau hewan lain yang mengganggunya, karena hanya dengan satu gigitan saja, dapat membunuh mereka. Walaupun begitu, apabila manusia terkena gigitannya, maka harus segera mungkin menerima anti racun.

Berdasarkan penelitian, racun phoneutria bersifat neurotoxic atau meracuni sistem saraf, dengan kekuatan 20x dari racun yang dihasilkan Black widow. Jika seseorang terkena racun ini dan tidak segera menerima anti racun, maka orang tersebut akan kehilangan kendali otot-otot tubuhnya yang menjurus pada berhentinya sistem pernapasan.

Selain pernapasan, racun phoneutria juga menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa, dan dalam hitungan menit dapat menyebabkan kematian. Habitat asli laba-laba ini berada di hutan hujan tropis, khususnya di benua amerika selatan, seperti Brazil, Uruguay, Paraguay dan Argentina.

Fakta Menarik Seputar Laba-laba

1. Benang yang dihasilkan lebih kuat dari kevlar

Telah disinggung diatas, pada bagian perut terdapat kelenjar spinneret yang dapat mengeluarkan serat tipis namun kuat. Menurut ahli zoologi dari Denmark, Fritz vollrath, jaring laba-laba lebih tahan lama dan elastis dibanding fiber terkuat buatan manusia (kevlar) yang digunakan untuk membuat rompi antipeluru.

Para ilmuan dunia pun telah mengakui bahwa kekuatan jaring yang dibuat hewan berkaki empat ini. Benangnya saja lima kali lebih kuat dari serat baja dengan ketebalan yang sama. Hal itu karena benang ini memiliki gaya tegang 150 ribu kilogram per meter perseginya, dan mampu meregang 140% tanpa rusak.

Dari kekuatan benang yang dihasilkan laba-laba inilah manusia mulai terinpirasi untuk membuat serat protein serupa dengan yang dihasilkan laba-laba.

2. Mempunyai Kemampuan Kamuflase

Walaupun tidak semua jenis laba-laba dianugerahi kemampuan ini, beberapa jenis Crab spider, memiliki warna transparan, sehingga sulit ditemukan di sela-sela dedaunan atau ranting.

3. Memiliki 48 lutut

Ko bisa? Perlu diketahui pada satu kaki saja, hewan ini memiliki 6 persendian, karena jumlah kaki ada 8 buah, maka jika dikalikan sebanyak 48 buah persendian.

4. Menyehatkan Ekosistem

Walaupun sebagian ada yang mematikan, hewan ini sangat penting bagi terjaganya keseimbangan ekosistem. Mereka memakan serangga yang berbahaya, membantu penyerbukan tanaman serta menyuburkan tanah.

5. Laba-laba terbesar dan terkecil

Laba-laba terbesar dan terkecil, gambar mamamia.com dan flickr.com

Laba-laba terbesar dan terkecil, gambar mamamia.com dan flickr.com

Dari besarnya ukuran tubuh masih dipegang oleh Goliath birdeater dengan panjang 28 cm, sedangkan jika melihat ukuran panjang kaki tanpa melihat besarnya tubuh, maka Giant huntsman spider masih memegang rekor dengan rentang kaki30 cm. Lalu untuk ukuran paling kecil dipegang oleh Patu digua, dengan panjang hanya 0,37 mm.

6. Tak Semua Spider Dapat Memintal Jaring atau web.
7. Bagheera kiplingi merupakan satu-satunya laba-laba yang bersifat herbivora.
8. Umumnya hewan berkaki delapan ini memiliki darah biru.
9. Jaring yang dibangun hewan ini mengandung vitamin K
10. Hewan ini tidak memiliki tulang, dan sebagai gantinya, mereka memiliki eksoskeleton, terbuat dari zat kitin.
11. Siklus hidup hewan ini terbilang pendek yakni 1 tahun, paling lama dipegang jenis Tarantula hingga 20 tahun.
12. Umumnya laba-laba betina lebih besar dibandingkan jantan.
13. Hewan ini termasuk bintang yang baik, jarang mengigit dan menyengat kecuali jika mengganggunya, mereka akan membalasnya.
14. Musuh utama hewan ini yakni tawon betina, karena sengatannya dapat membuat lumpuh.
15. Anyaman jaring semua spider selalu dibuat dari arah luar kearah dalam.
16. Jenis Arabella dan Anita (jenis spider dari Eropa) merupakan laba-laba pertama yang pertama kali terbang ke luar angkasa pada tahun 1973. Tujuan penelitian ini yakni untuk menguji jaring yang dihasilkan apakah sama atau tidak, namun sayangnya mereka meninggal dalam misi

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Spider
https://id.wikipedia.org/wiki/Laba-laba
https://wsc.nmbe.ch/statistics/
https://www.kaskus.co.id/thread/50b4931de774b41c3b00011e/berbagi-pengetahuan-serat-laba—laba-lebih-kuat-dari-serat-baja/
https://www.britannica.com/list/9-of-the-worlds-deadliest-spiders

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top