Connect with us

10 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

Top 10

10 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

Era e-commerce atau perdagangan online dewasa ini mau tidak mau turut mengembangkan jasa pengiriman. Apabila dulu kita hanya mendengar POS Indonesia untuk jasa pengiriman lokal, kini beragam jasa pengiriman lokal, baik itu pemain lama atau baru, terangkat namanya dalam meramaikan pasar ini dan menjadi populer.

Berikut adalah 10 jasa pengiriman terpopuler di Indonesia beserta sekilas profil dan sejarahnya.

1. JNE

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Perusahaan yang memiliki nama resmi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE) ini didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Awalnya perusahaan ini didirikan sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional yang kegiatan usahanya terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Karena persaingan pasar domestik dilihat cukup menjanjikan, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. JNE mendapat keuntungan di jalur ini dan kemudian memperluas pelayanannya dengan logistik serta distribusi. Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing dan menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri dan membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

2. POS Indonesia

Merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos yang kini berbentuk perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia.

Didirikan pada era VOC, kantor pos pertama di Indonesia terletak di Batavia (Jakarta) dan didirikan pada tanggal 20 Agustus 1746. Dibuatnya Groote Postweg (Jalan Raya Pos) membuat lalu lintas Jawa Barat dan Jawa Timur semakin lancer dan cepat, yang akhirnya membuat pos pindah kantor pusatnya ke Bandung pada tahun 1923. Pendudukan berganti, begitu pun dengan pos. Beralihnya pos ke tangan Indonesia terjadi pada tanggal 27 September 1945 yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti PTT atau Hari Bakti Parpostel.

Secara umum, Pos Indonesia membagi lingkup bisnisnya menjadi dua, yakni Bisnis Surat Paket (BSP) dan Jasa Keuangan (Jaskug) yang terdiri dari jasa:

  • Filateli dan konsinyasi (prangko dan meterai)
  • AdmailPos
  • Express Mail Service (EMS) dan RLN internasional
  • Pos Ekspor
  • Paket Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres, Jumbo)
  • Surat Pos (Biasa, Kilat, Kilat Khusus, Ekspres)
  • Logistik
  • Kargo
  • Bank Channeling
  • Fund Distribution (Western Union dan PosPay)
  • Giro Pos
  • Wesel Pos
  • Gallery Pos
  • PostShop
  • Pos Niaga (ditiadakan)
  • Agen Pos

3. J&T

J&T atau J&T Express ini merupakan jasa pengiriman yang diawal kehadirannya banyak mendapat respon positif dari para pelaku bisnis online dalam mempercayakan pengiriman barangnya.

Dengan slogannya “Gratis Jemput Di Tempat” ini memang sangat menguntungkan penjual online yang akan mengirimkan barang tanpa harus mendatangi agen pengiriman. Dengan cukup mengontak pihak agen J&T terdekat, maka dengan segera barang dijemput dan dikirimkan.

Mengenai pengiriman barang, ada yang unik, tidak ada kategori pengiriman cepat atau kilat namun hanya tipe reguler saja atau disebut paket EZ pada J&T. Siapa sangka pengiriman barang ternyata menyamai bahkan melebihi paket kilat yang biasa diberlakukan pada jasa pengiriman lainnya.

Bahkan di hari minggu, yang kebanyakan paket pending karena hari libur, J&T tetap melakukan pengiriman.

Berdasarkan pengalaman dalam mengirimkan barang produk sweater Gomuda.co ke pembeli ternyata kirim sore hari besok siang sudah sampai ditangan pembeli dengan harga yang relatif sama dengan jasa pengiriman lainnya.

Kelebihan penting lainnya dari J&T adalah paket pengiriman yang realtime dengan mengunduh aplikasinya di playstore, kita bisa mengecek harga serta melacak pengiriman dengan mudah.

4. SiCepat

SiCepat termasuk salah satu dari yang diminati selain J&T maupun JNE, namun kehadirannya memberikan pilihan yang menarik. SiCepat termasuk yang memiliki pertumbuhan pelanggan terbanyak selain JNE dan J&T.

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang hadr sejak tahun 2004 yang meliputi transportasi udara dan darat.

Dengan motto ‘Your Delivery is Our Priority‘, SiCepat berkomitmen menjadi partner terpercaya khususnya bagi bisnis online dan e-commerce di seluruh Indonesia.

Pelanggannya bisa dibilang para pengusaha online yang memanfaatkan jasa SiCepat untuk mengantarkan barang ke alamat pembeli dengan harapan lebih cepat. SiCepat pun mengklaim, bahwa untuk jarak dalam kota yang sama hingga jabodetabek bisa diantarkan kurang dari 15 jam.

5. Ninja Express

NinjaXpress yang merupakan layanan logistik asal Singapura ini, turut hadir di Indonesia sebagai program perluasan pasar yang sebelumnya hadir di berbagai negara termasuk Asia, Afrika, Amerika, Timur Tengah dan Turki.

NinjaXpress mengklaim bahwa saat ini mereka mendukung hingga 3.000 klien dan mampu mengirimkan 15.000 paket setiap harinya.

Berdasarkan pengalan pribadi menggunakan jasa pengiriman NinjaXpress saat berbelanja di dekoruma.com, adalah cara pengiriman barangnya yang unik dan segar.

Meskipun terbilang bukan pengiriman yang cepat diluar Jakarta, yaitu waktu standar sekitar 4 – 7 hari kerja, pengiriman biasa tepat di hari ke-4 dengan pengantar atau disebut Ninja yang kemudian menyodorkan sebuah ponsel pintar untuk kita tanda tangani dan segera akan muncul laporan penerimaan barangnya melalui email penerima.

Sesuai dengan slogannya “Layanan Pengiriman Paket yang Mutakhir”, NinjaXpress memanfaatkan kecanggihan teknologi yang membuat kita merasa spesial dengan menandatangai penerimaan barang melalui smartphone dan laporan secara online melalui email. Sesuai dengan karakteristik customer saat ini yang sangat antusias dengan teknologi, termasuk dalam jasa pengiriman barang.

NinjaXpress atau disebut juga Ninja Van saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa marketplace kenamaan seperti Tokopedia, Dekoruma.com

Saat ini aplikasi NinjaXpress baru tersedia untuk Ninja Driver alias kurir NinjaXpress,

6. TiKi

Perusahaan jasa pengirimana yang memiliki nama lengkap PT. Citra Van Titipan kilat (TIKI) ini mengawali bisnisnya tahun 1970 di Jakarta. Perusahaan ini didirikan tepat pada tanggal 1 September 1970 oleh Soeprapto dan Ny. Nuraini Soeprapto yang juga berperan sebagai pemegang saham. Pada tahun 1972 TiKi melakukan perombakan manajemen dan memasukan Alm. Irawan Saputra, Gideon Wiraseputra, dan Raphael Rusmandi yang awalnya melakukan kerja sama menjadi pemegang saham. TiKi pun semakin maju.

Kini, TiKi telah memiliki 800 titik pelayanan yang mampu menjangkau pelosok di dalam dan luar negeri. TiKi pun kemudian berkembang menjadi TiKi Group yang terdiri dari beberapa anak perusahaan, yaitu:

  • TKS (Titipan Kilat Soeprapto), bergerak di bidang kargo
  • TIKITA (TIKI Wisata), bergerak di bidang travel dan wisata
  • TIKINDO (TIKI Logistik), bergerak di bidang layanan logistik

7. First Logistics

Berkontor pusat di Tangerang, PT Synergy First Logistik merupakan mitra resmi dari beberapa toko online terkemuka seperti Lazada, Zalora, Tokopedia, Blanja.com, Elevenia, Bilna, dan Blibli.com. Didirikan pada tahun 2007, perusahaan kurir lokal ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (one night services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).

8. Indah Logistik

Didirikan oleh Arizal Aziz pada awal tahun 2000 dengan nama CV Indah Travel yang berkembang pesat di daerah Sumatera. Karena titipan barang semangkin banyak, perusahaan ini mendapat teguran dari Dinas Perhubungan setempat karena membawa barang melebihi kapasitas dan disarankan agar membuka perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan izin khusus untuk Jasa titipan barang. Dan pada tahun 2007 PT. Indah Cargo pun lalu didirikan.

Akibat terjadi ketidakcocokan antara komisaris dan pediri perusahaan, terjadilah perpisahan dan pembagian asset perusahaan. PT Indah Cargo dihentikan kegiatannya dan diganti dengan didirikannya PT Indah Logistik pada tanggal 23 Desember 2011 yang juga bergerak di bidang jasa titipan.

9. Wahana Logistik

Memiliki nama lengkap PT. Wahana Prestasi Logistik atau lebih dikenal dengan nama Wahana Courier & Air Cargo Specialist merupakan perusahaan jasa pengiriman yang berdiri sejak bulan Juni 1998 dengan 5 orang pegawai dan hanya melayani jasa pengiriman dokumen dalam kota Jakarta.

Sejak tahun 2002, perusahaan ini mulai mengembangkan jasa pengirimannya, tidak hanya melayani pengiriman dokumen tetapi juga mulai melayani pengiriman paket/barang besar maupun kecil untuk tujuan kota-kota besar di seluruh Indonesia. Pada Juli 2005 pelayanan pengirimannya ditingkatkan dengan melayani pengiriman ekspor lewat udara dan membuka kantor cabang di Singapura. Kini Wahana Logistik telah memiliki 44 kantor cabang utama yang tersebar diseluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

10. Pandu Logistik

Perusahaan dengan nama lengkap PT Pandu Siwi Sentosa (PSS) ini didirikan pada tanggal 20 Agustus 1992 oleh DR HM Bhakty Kasry. Berawal dari sebuah ruko kecil di kawasan Jakarta Utara, perusahaan ini berhasil menunjukan eksistensinya di bidang jasa pengiriman ekspres domestik.

Awal tahun 2000, Pandu Siwi Group didirikan dengan brand markingnya bernama Pandu Logistik, yang merupakan sinergi dari tiga pilar kekuatan utama yaitu PT Pandu Siwi Sentosa, PT Indah Jaya Express dan PT Pandu Bella Transindo. Pandu Logistik kini telah memiliki cabang yang berjumlah 150 cabang dan karyawan lebih dari 2000 orang yang tersebar di Indonesia serta jaringan team work yang tersebar di sebagian besar negara di dunia.

11. RPX

PT. Republic Express yang disingkat menjadi RPX, merupakan perusahaan dalam bidang logistik yang didirikan oleh Harsha E Joesoef pada tahun 1985. Awalnya perusahaan ini didirikan dengan nama PT Repex Perdana yang menjadi mitra perusahaan logistik internasional asal Amerika Serikat FedEx. Sejak menjadi pemegang lisensi FedEx satu-satunya untuk Indonesia, RPX terus melakukan pengembangan bisnis.

Berawal dari garasi rumah di kawasan Jakarta Selatan, perusahaan ini kini menjelma menjadi RPX Group yang memiliki tujuh unit usaha sesuai dengan bidang yang semakin spesifik, yaitu:

  • PT Repex Perdana Internasional sebagai pemegang lisensi FedEx di Indonesia yang melayani jasa logistik internasional.
  • PT Antareja Prima Antara atau RPX Domestic Express yang menawarkan jasa distribusi ekspres domestik untuk seluruh kota di Indonesia.
  • PT Republic Express atau RPX Airlines yang memberikan layanan pesawat kargo domestik berjadwal.
  • PT Wahana Dirgantara atau RPX Warehouse untuk jasa pergudangan.
  • PT Sena Satwika atau RPX Clearance yang bergerak di bidang pelayanan administrasi ekspor-impor.
  • PT Senatrans Utama atau RPX Air Fortwarding untuk layanan pengiriman international freight ke Jepang bekerja sama dengan Sumitomo.
  • PT Pelangi Semesta atau RPX Sea Forwarding & Moving yang menawarkan pengiriman kargo internasional lewat angkutan udara maupun laut serta jasa pengepakan. Usaha ini bekerja sama dengan Eagle Global Logistic.

12. Cahaya Logistik

Berlokasi di Jakarta Selatan, PT. Cahaya Logistik adalah perusahaan yang bergerak di dalam bidang distribusi pengiriman barang yang didirikan pada tahun 2008. Perusahaan yang juga membuka sistem agen atau waralaba ini menawarkan jasa pengiriman dokumen & paket keseluruh wilayah Indonesia dengan biaya yang sangat murah dan tepat waktu. Cahaya Logistik memiliki tiga layanan, yaitu Dokumen & Paket, Logistic, serta Warehousing.

13. GO-SEND dari GO-JEK

GO-KILAT yang kini berganti nama GO-SEND, merupakan layanan baru dari GO-JEK bekerjasama dengan beberapa toko online yang memberlakukan tarif promo jauh dekat 15 ribu untuk wilayah Jakarta, dengan syarat jaraknya tidak boleh lebih dari 25 km dari toko yang menjual barang.

GO-SEND juga berlaku hanya untuk order yang masuk pukul 07.00 – 15.00 WIB (Senin – Jumat) dan ditiadakan pada hari libur nasional serta kondisi bencana alam (banjir, gempa dll).

Sebelum adanya layanan GO-KILAT, perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim dan diluncurkan pada tahun 2010 ini telah memiliki layanan lain selain jasa pengantaran penumpang oleh ojek, seperti GO-FOOD, GO-BOX, GO-CLEAN, GO-MASSAGE, GO-RIDE, GO-CAR, dan sebagainya.

Pada Intinya menggunakan GO-SEND, barang akan sampai dikirim dihari yang sama namun masih terbatas untuk jarak dekat atau dalam kota yang sama.

Selain ke-13 jasa pengiriman terpopuler di atas, masih banyak jasa pengiriman lainnya yang terus hadir memberikan kemudahan pengiriman barang yang mendukung kegiatan online shop yang makin menjamur.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/
http://library.upnvj.ac.id/pdf/3d3akpdf/205102023/bab3.pdf
http://indahlogistic.com/id/?page=about
http://wahanabekasi.blogspot.co.id/2013/11/sejarah-singkat-wahana-prestasi-logistik.html
http://www.bhaktykasry.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=4
http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/287-wiki-tokoh/3265–duta-besar-jasa-logistik
http://infowaralaba.com/franchise-95-cahaya-logistik.html
https://www.tokopedia.com/tokoradio/note/49818/kirim-gojek-go-kilat-tarif-promo-15rb-khusus-jakarta

7 Comments

7 Comments

  1. Smart Unggul Cargo

    September 26, 2016 at 18:55

    Jasa pengiriman barang genco, sparepart, material project, special cargo barang bertonase besar, berukuran besar, dangerous goods yaitu produk kimia yang bersifat membahayakan, baik berupa cairan, serbuk, dll.

  2. agen pengiriman

    January 6, 2017 at 14:22

    nice info gan…. ijin copas…. 😀

  3. Nchie

    January 13, 2017 at 19:36

    Nama nya siapa ini yang NG’Post
    mau dibikin Kutipan

    • 4muda

      4muda

      January 14, 2017 at 08:25

      Abdurrahim sebagai penulis nya

  4. Pingback: Tips Sukses Jualan Online di Tokopedia Bagi Pemula - 4muda.com

  5. Pingback: Bisnis Online Menggunakan Marketplace Vs Website Sendiri - 4muda.com

  6. Pingback: Mengenal dan Menerapkan Manajemen Bisnis dalam Usaha Online - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top