Connect with us

10 Brand Olahraga Terbaik Di Dunia

nike-football

Top 10

10 Brand Olahraga Terbaik Di Dunia

Bisa dibilang tahun 2018 merupakan tahun olahraga bagi bangsa Indonesia, kenapa? Kerena selain piala dunia yang sedang digelar di Rusia, pada tahun ini Indonesia terpilih untuk menjadi tuan rumah olahraga akbar se Asia, yakni Asian Games. Rencananya perhelatan akbar ini akan di selenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Berbicara olahraga, kita tidak akan lepas dari berbagai macam alat pendukung, baju seragam hingga sepatu para pemain. Brand olahraga yang melekat pada sebuah alat olahraga atau baju seorang atlet menyimbolkan keunggulan dan kejayaan brand tersebut di mata masyarakat dunia.

Gomuda - Sweater Rajut Pria

Nah, pada kesempatan kali ini 4muda akan membahas sepuluh brand olahraga terbaik yang ada dunia saat ini.

10. Umbro

Umbro

Kaos olahraga Umbro, gambar: urbanpitch.com

Umbro merupakan brands olahraga yang berasal dari daratan Inggris, tepatnya kota Manchester. Umbro dikenal sebagai salah satu penyedia pakaian jersey untuk beberapa tim kenamaan seperti Manchester city, Everton, dan PSV Eindhoven. Tidak hanya jersey, Umbro pun memproduksi bola, sarung tangan kiper, sepatu bola dan hingga T-shirt.

Sejak didirikan pada 94 tahun yang lalu oleh duo Humphrey, Harold dan Wallace Humphreys, Produk umbro telah berhasil terjual di lebih 90 negara di dunia. Sebelumnya, Umbro sempat dimiliki perusahaan raksasa Nike, hingga akhirnya di akusisi oleh Iconix Brands Group, yakni perusahaan Brand olahraga asal Amerika.

9. Converse

Converse

Converse, gambar: bustle.com

Sekitar 110 tahun yang lalu, Marquis Mills Converse mendirikan perusahaan yang khusus memproduksi baju dan aksesoris olahraga di Massachusetts, Amerika. Insting bisnis dia memang benar, karena waktu itu masih sedikit perusahan yang mau memproduksi pakaian olahraga di Amerika. Saat ini converse dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga masyarakat.

Saking lakunya barang produksi Converse di pasaran dunia, maka banyak para penjiplak yang memakai logo converse pada sepatu yang mereka produksi. Logo khas converse yakni gambar bintang dan lingkaran di sisi luarnya. Sekarang, brand olahraga ini dimiliki perusahaan rakasasa Nike setelah pada tahun 2003 di beli dengan mahar 305 juta dollar Amerika.

8. Asics

Asics

Asics, gambar: howmendress.com

Selain di benua Eropa dan Amerika, brand olahraga terbaik di dunia juga terdapat di Asia, tepatnya di kota Kobe, Jepang. Asics didirikan oleh Kihachiro Onitsuka pada tanggal 1 september 1949 atau empat tahun setelah Jepang kalah dalam perang dunia ke-II.

Nama ASICS sendiri merupakan singkatan dalam bahasa latin, anima sana in corpore sano, yang artinya “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Produk utama asics sendiri adalah sepatu atletik yang laris manis di pasaran Jepang dan dunia. Selain sepatu, asics juga memproduksi pakaian olahraga (apparel) dan peralatan olahraga.

Salah satu prestasi asics di dunia yakni menjadi penyedia kostum resmi baru untuk tim kriket Nasional Australia, menggantikan pabrikan asal Jerman, Adidas.

7. DKS

brand-olahraga-dks

DKS, gambar: marketwatch.com

Brand olahraga selanjutnya berasal dari Amerika, Dicks Sporting Goods atau sering disebut DKS. Walaupun tidak familiar seperti brand lainnya, DKS di Amerika sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai macam peralatan olahraga terlengkap, mulai dari apparel, sepatu, peralatan fitnes, ateltik, berbagai macam bola dan alat olahraga lainnya.

Sejarahnya, DKS didirikan oleh Richard Stack, seorang pekerja di toko milik militer angkatan laut Amerika di New York. Melalui tabungan yang ia miliki kala itu ($300), ia mendirikan toko sendiri bernama awal “bait & tackle” yang menyediakan peralatan pancing. Barulah, melalu keturunannya Edward Stack, perusahaan ayahnya ini di perluas dengan menyediakan peralatan olahraga.

6. The North face

The-North-Face

The North Face, gambar: jdsports.ie

The North face merupakan brand olahraga asal Amerika yang khusus memproduksi berbagai macam peralatan olahraga, seperti jaket outbound, sepatu, baju, backpacks, tenda, dan sleeping bag. Produk Nort face sangat dikenal di kalangan para pecinta alam, mahasiswa, dan para atlet snowboarder, skiers, climbers dan hikers.

Didirikan oleh Douglas Tompkins dan istrinya Susie, brand olahraga ini perlahan tapi pasti dikenal sebagai penyedia alat-alat pendakian gunung dan olahraga outbond lainnya. Nama Nort face sendiri berasal dari kota brand ini berasal, yakni Almeda yang berada di daerah pegunungan dan lingkaran kutub utara sehingga rata-rata cuacanya dingin.

5. Under Armor

Under-armour

Under armour, gambar: pinterest.com

Masih dari perusahaan Amerika, brand olahraga satu ini termasuk paling muda didirkan yakni sekitar 22 tahun yang lalu (1996) oleh Kevin Plank. Walaupun tergolong pemain baru, Under armour telah membuktikan diri sebagai perusahaan berkelas dengan penggunaan teknologi terkini di dalam produknya.

Semua itu berkat Kevin Plank, jebolan Universitas Maryland ini mampu mengembangkan bahan ciptaan nya yang dibuat dari microfibers yang membuat baju atau sepatu tetap nyaman, kering dan bersih saat di pakai di lapangan.

Perlahan tapi pasti, racikan aparel yang dimiliki Plank mulai dipakai oleh berbagai tim nasional Amerika, seperti New York State, Arizona state dan beberapa tim divisi satu lainnya.

Bahkan saat ini, Under armor telah memiliki cabang internasional seperti di Amterdam, Austin, Guangzhou, Hongkong, Jakarta, London, Mexico, Munich, Panama, Paris, Pittsburgh, Portland, Sao Paulo, Santiago, Seoul, Shanghai dan Toronto.

4. Puma

puma

Puma, gambar: gadgetsandwearables.com

Sekarang kita beralih ke brand olahraga asal Jerman, Puma. Didirikan oleh Rudolf Dassler (kakanya Adolf Dassler-pendiri Adidas), sekitar tahun 1924. Perusahaan ini dikenal penghasil sepatu sepak bola dan sepatu bola basket kulit pada tahun 1968an.

Perusahaan ini dikenal dalam dunia sepak bola karena telah banyak mensponsori beberapa bintang dunia, seperti Pele, Euseblo, Diego Maradono dan Robert Pires. Sepatu dan baju olahraga buatan puma di racik dari bahan yang berkualitas baik dan didisain oleh perancang terbaik, seperti Lamine kouyate dan Amy Garbers.

3. Reebok

sepatu-reebok

Sepatu Reebok, gambar: reebok.com

Awalnya reebok didirikan dengan nama JW Foster and Son oleh Joseph Wiliam Foster (1895), saat dia mendisain sepatu yang cocok, nyaman dan kuat saat dipakai berlari, dan ternyata sepatu racikan Foster banyak disukai atlet lari di Inggris. Sepatu buatan foster semakin terkenal saat Harold Abraham menggunakannya dan memenangkan olimpiade untuk kategori lari 100 meter di Paris (1924).

Pada tahun 1958, penerus perusahaan ini, yakni cucu Foster, Joe dan Jeff merubah nama perusahaan menjadi Reebok (ejaan dari bahasa afrika), yang berarti kemenangan saat berlari. Lalu pada 1979, pebisnis Amerika, Paul Fireman, merasa tertarik dengan brand olahraga ini dan bernegosiasi untuk dapat mendistribusikan brand tersebut di Amerika serikat.

Mendekati tahun 90an, Reebok mulai memproduksi sepatu sepak bola dan sepatu aerobik, selain itu Reebok pun mulai mengenalkan baju dan aksesoris olahraga. Salah satu bintang sepak bola tahun 90an yang pernah mengenakan sepatu buatan ini yakni Ryan Gigs.

2. Adidas

adidas

Adidas, gambar: youtube

Brand olahraga yang memiliki lambang strip hitam tiga ini awalnya merupakan perusahaan sepatu dari Jerman. Didirikan oleh Adolf Dassler, perlahan tapi pasti, Adidas selalu memproduksi sepatu olahraga yang beragam dan bernilai seni pada setiap produknya. Selain sepatu, saat ini adidas memproduksi jersey dan apparel bagi tim-tim liga Eropa, menjadikan adidas perusahaan terbesar kedua di dunia setelah Nike.

Pada tahun 2005, adidas mengakusi Reebok, dalam upaya memperketat persaingan dengan Nike. Sekarang goup Adidas telah mengglobalisasi dan menguasai apparel, sepatu dan aksesoris olahraga di seluruh dunia. Semua ini berkat strategi petinggi adidas dalam memperkuat brand olahraga secara terus menerus dan mengimprovisasi produk serta keuangan perusahaan secara terpadu di kantor pusat mereka, Herzogenaurach, Jerman.

1. Nike

nike

Nike, gambar: r-gol.com

Siapa yang tidak kenal brand olahraga satu ini, Nike. Nike merupakan salah satu perusahaan sepatu, apparel dan alat-alat olahraga terbaik di dunia saat ini. Nike didirikan oleh Philp H Knight setelah dia berkunjung ke Jepang pada tahun 1963 tepat sebelum dia lulus dari Universitas Stanford.

Awalnya, Knight terkesan dengan sepatu buatan Onitsuka (pendiri asics), karena sepatu tersebut dinilai memiliki kualitas tinggi namun memiliki harga yang terjangkau. Setelah itu, segera dia mendekati insinyur-insinyur dari Onitsuka untuk membuat sepatu pada perusahaan yang baru dia dirikan, Nike.

Melalui strategi penjualan yang mainstream, yakni langsung mendatangi para atlet terkenal, dalam hitungan tahun, brand olahraga ini langsung menempati hati masyarakat dunia. Saat ini, Nike telah banyak memiliki perjanjian apparel dengan berbagai tim sepakbola di dunia, seperti FC Barcelona dan beberapa tim NBA seperti Washington wizard.

Demikian kesepuluh brand olahraga terbaik saat ini, semoga informasi kali ini menambah hazanah keilmuan kita semua.

Referensi:
https://www.wikpedia.com
https://www.ranker.com/crowdranked-list/best-sport-brands
https://www.forbes.com/pictures/mlm45jemm/1-nike/#78b20879314e
http://textilefocus.com/
http://sport.10terbaik.com/2015/03/10-merek-olahraga-terbaik-di-dunia.html
http://cybercorps007.blogspot.com/2016/02/10-brand-atau-merek-produk-olahraga.html

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top