Connect with us

Awesome

Sribulancer, Website Berkumpulnya Freelancer Indonesia

sweater-rajut-pria

Para ‘freelancer’ atau pekerja paruh waktu di Indonesia kini menjadi semakin luas kesempatannya untuk memperoleh pekerjaan lewat kehadiran Sribulancer. Hanya bermodal gadget dengan akses internet, para pencari kerja tinggal memantau, memilih lalu melamar pekerjaan paruh waktu apa yang kira-kira cocok untuk mereka, dan menunggu apakah mereka dipakai tenaganya atau tidak.

Website atau situs penyedia lapangan pekerjaan bagi para pekerja paruh waktu sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu, seperti contohnya Freelancer.com yang didirikan pada tahun 2009 di Sydney, Australia, oleh Matt Barie. Bahkan Freelancer pun sudah memiliki versi Indonesianya yaitu Freelancer.co.id. Meskipun begitu, Sribulancer patut kita apresiasi sebagai buah karya asli anak Indonesia.

Pada pertengahan November 2014, Sribulancer.com resmi dirilis ke tengah-tengah masyarakat Indonesia oleh CEO dari Sribu.com yaitu Ryan Gondokusumo. Apabila sebelumnya Sribu mempertemukan para pemberi pekerjaan dan pekerja paruh waktu di bidang desain, Sribulancer menjadi marketplace atau pasar online yang mempertemukan para pemberi kerja dan pekerja paruh waktu serta pekerja penuh waktu (fulltime) dari berbagai bidang. Tentu ini berita yang cukup menggembirakan bagi para pencari kerja.

Ryan Gondokusumo, Founder sribulancer, gambar: poster.co.id

Ryan Gondokusumo, Founder sribulancer, gambar: poster.co.id

Berada di bawah bendera PT Sribu Digital Kreatif, peluncuran Sribulancer dilatarbelakangi oleh dua hal utama. Pertama, banyaknya tenaga kerja produktif di Indonesia yang tidak memiliki akses informasi mengenai pekerjaan yang sesuai dengan minatnya. Kedua, banyak perusahaan yang masih kesulitan dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka. Situs pencari kerja ini diharapkan bisa menjembatani kedua permasalahan tersebut.

Perbedaan Sribulancer dengan situs-situs pencari kerja lainnya antara lain tersedianya fasilitas penyaringan untuk memastikan kualitas anggota yang mendaftar sebagai pencari kerja, fasilitas “cari jasa” bagi para pencari kerja atau penjual jasa untuk dapat mempromosikan dirinya, adanya “review” yang membuat pemberi pekerjaan melihat rekam jejak para freelancer yang melamar pekerjaan di situs ini, dan fasilitas “chat room” dimana seluruh proses rekrut dilakukan di dalam situs ini.

Sistem pembayarannya dikelola oleh manajemen situs ini yang dikenal dengan istilah Safepay. Pada sistem ini, uang yang dibayarkan oleh pemberi pekerjaan ditahan terlebih dahulu oleh manajemen situs dan baru menyalurkan kepada freelancer di saat tugas sudah selesai dikerjakan olehnya. Dengan begitu, pihak Klien merasa aman apabila Pekerja ternyata mangkir dari janji atau deadline yang telah ditentukan.

Jenis-jenis pekerjaan yang disediakan oleh Sribulancer sangat beragam mulai dari Website & Pengembangan, Pengembangan Aplikasi Mobile, Penulisan, Desain & Multimedia, Bisnis & Pemasaran Online, Entri Data, serta Penerjemahan dengan masing-masing bidang memiliki spesifikasinya sendiri-sendiri. Para pemberi pekerjaan tinggal menentukan skill yang dibutuhkan dan situs ini akan mencocokan dengan data para pencari kerja. Bagi pencari kerja yang memiliki skill sesuai dengan yang dibutuhkan akan segera diberitahu oleh situs ini lewat email.

Seiring dengan makin berkembangnya jiwa wira usaha di kalangan anak muda Indonesia dewasa ini, tren freelancer pun semakin banyak dilirik untuk dimanfaatkan sebagai batu loncatan bagi mereka yang ingin berdiri sendiri dan merintis bisnis sesuai dengan keahliannya. Tren tersebut ternyata berpengaruh pada Sribulancer. Sebelum dirilis resmi, situs ini telah melakukan proyek percobaan dua bulan sebelumnya. Dan hasilnya cukup positif. Tercatat selama dua bulan tersebut, situs ini memiliki sekitar 6.000 freelancer, 500 klien, dan 200 job posting dengan total nilai transaksi mencapai 300 juta rupiah.

Tertarik untuk bergabung dengan situs pencari kerja ini? Berikut adalah langkah-langkah untuk dapat bergabung dengan Sribulancer.

1. Membuka situs resmi https://www.sribulancer.com.

2. Klik gambar bendera di sudut kanan atas untuk memilih bahasa yang diinginkan, English atau Indonesia.

Halaman depan sribulancer.com

Halaman depan sribulancer.com

3. Klik tombol Register di sudut kanan paling atas.

4. Pilih akun yang ingin Anda buat, apakah sebagai Klien yang memberi pekerjaan atau sebagai Pekerja yang mencari pekerjaan.

SRIBULANCER_2

Cara daftar akun sribulancer

5. Isilah akun Pekerja, apabila telah diisi semua lalu klik tombol Daftar sebagai Pekerja

Memilih sebagai pekerja alias freelancer di sribulancer

Memilih sebagai pekerja alias freelancer di sribulancer

6. Aktifkan Akun anda dengan meng-klik link konfirmasi yang dikirim ke alamat email saat mengisi akun Pekerja.

Mengaktifkan akun di sribulancer

Mengaktifkan akun di sribulancer

7. Setelah akun anda dikonfirmasi atau divalidasi.

Validasi data akun

Validasi data akun

Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman profil untuk melengkapi data diri yang nantinya berguna sebagai Resume atau Curriculum Vitae singkat. Isilah dengan data yang sebenarnya.

8. Jangan lupa untuk mengisi dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas namun menarik agar para Klien mau melirik profil kita.

SRIBULANCER_6

isi profil dalam akun sribulancer

Cantumkan juga skill yang dikuasai dan kemampuan serta job yang diinginkan pada kolom Tentang Kami dalam bentuk kalimat yang menarik. Lengkapi juga profil anda dengan foto close-up agar Klien lebih yakin untuk merekrut setelah melihat wajah anda.

9. Pada kolom Informasi Keahlian, jangan lupa untuk mengisi skill minimal tiga keahlian.

mengisi informasi keahlian yang ingin anda gunakan sebagai jasa freelancer di sribulancer

mengisi informasi keahlian yang ingin anda gunakan sebagai jasa freelancer di sribulancer

Hal ini berguna untuk pencocokan data pemberi kerja (klien) dan pencari kerja. Apabila ada kecocokan, maka Anda akan segera diberitahu oleh Sribulancer lewat email.

10. Setelah semua terisi dengan benar dan sesuai, jangan lupa untuk klik Simpan Profil.

sweater-rajut-pria
Simpan data anda

Simpan data anda

Lalu, bagaimana dengan cara mencari job di situs ini? Caranya sangat mudah. Tinggal membuka situs lalu klik tombol Browse dan lanjutkan dengan meng-klik Lowongan Kerja. Apabila menemukan lowongan kerja yang kira-kira sesuai dengan keahlian Anda, langsung saja buka lowongan tersebut lalu ajukan diri kepada Klien dengan mendaftarnya terlebih dahulu. Lalu, tunggulah hingga penawaran Anda disetujui atau pahitnya, ditolak. Apabila ternyata Anda ditolak, jangan patah semangat. Ada banyak lowongan di situs ini yang bisa anda ikuti.

Selain Sribulancer, sebenarnya masih ada situs lokal yang bermain di ranah pekerja lepas. Seperti contohnya Gobann dan Serba50ribu. Kedua situs ini menitikberatkan para pencari kerja (disebut Kangtao pada Gobann) yang mempromosikan dirinya untuk melakukan pekerjaan apa saja untuk upah sebesar 50 ribu. Jenis pekerjaannya beragam, ada yang membutuhkan ilmu pengetahuan hingga pekerjaan kasar. Mulai dari pekerjaan biasa seperti menulis atau membuat gambar desain, hingga yang unik seperti berkeliling kota untuk belanja, memberikan santunan sebesar 5 juta bagi penderita demam berdarah, mendengarkan curhat dan membantu menemukan solusi, hingga mengambil hati si dia.

Pekerjaan ternyata banyak jenisnya apabila kita mau sedikit berkreatifitas. Bagi yang menginginkan pekerjaan serius, Anda dapat memilih Sribulancer. Bagi yang berani malu dan mau mempromosikannya, Anda bisa memilih Gobann atau Serba50ribu.

Sumber:
http://teknojurnal.com/
http://startupbisnis.com/
https://www.buatusaha.com/

1 Comment

1 Comment

  1. Ahmad R. Bakri

    July 2, 2016 at 14:09

    Browsing-browsing cari informasi tentang dunia freelance, ketemu artikel ini.

    Artikel yang bagus gan. Klo projects.co.id gimana ya gan, ane browsing-browsing selain sribulancer juga muncul projects.co.id sepertinya bagus karena ane coba sekilas loading webnya cepat banget.

    Mohon informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top