Review Buku

The Silmarillion Cerita Jauh Sebelum LOTR dan The Hobbit

THE SILMARILLION

Buku The Silmarillion, gambar: http://www.gramedia.com/silmarillion-the-silmarillion.html

Buku The Silmarillion, gambar: www.gramedia.com

Mungkin dari pembaca setia 4muda pernah menonton film trilogy the lord of the rings (lotr) dan the hobbit yang cerita aslinya di adopsi dari novel fantasi karangan JRR Tolkien. Perlu pembaca ketahui bahwa Tolkien merupakan novelis terkenal mendunia yang karangannya telah di alih bahasakan lebih dari 30 bahasa.

Sekilas LOTR dan The HOBBIT

Diantaranya karya karya Tolkien yang mendunia yaitu lotr dan the hobbit telah di adaptasi ke dalam sebuah film box office garapan Peter Jackson. Lord of the rings menceritakan perjalanan frodo dkk ke mordor untuk memusnahkan cincin sakti kepunyaan sauron (musuh bubuyutan bangsa elf, manusia dan dwarf), sedangkan the hobbit menceritakan perjalanan paman nya Frodo, Bilbo Baggins membantu para dwarf merebut kembali erebor dari naga dan tanpa sengaja menemukan cincin sakti sauron yang kemudian hari di berikan ke frodo untuk di hancurkan. Di kedua film dunia middle earth terlihat sangat imajinatif, indah dan menakjubkan. Pastinya para pencinta novel Tolkien dan penikmat film menantikan film film seperti ini lagi.

The Silmarillion cerita jauh sebelum lotr dan the hobbit

Bagi penikmat novel Tolkien, sudah tidak asing lagi mendengar kata silmarillion, tapi bagi penikmat film lotr atau hobbit (bukan membaca novelnya) pastinya asing mendengarnya. The silmarilliion itu sendiri adalah tiga batu permata nan indah. Ketiga silmaril adalah batu permata sempurna buatan Feanor, Elf yang paling cemerlang di antara seluruh rasnya. Ketika permata-permata itu dicuri Morgoth, Penguasa kegelapan pertama, untuk memenuhi maksud dan tujuannya sendiri, Feanor dan kaum kerabatnya mengangkat senjata dan mengobarkan perang dahsyat yang berlangsung lama, untuk merebut kembali ketiga silmaril. Inilah kisah tentang pemberontakan mereka melawan dewa-dewa dan sejarah panjang zaman pertama yang penuh kepahlawanan di Middle earth.

Ringkasan Cerita The Silmarillion

Dikisahkan sebelum terciptanya dunia beserta isinya, Eru menciptakan roh roh suci (Ainur) untuk melantunkan lagu penciptaan, diantara ainur tersebut ada Manwe, Ulmo, Aule, Mandos, Lorien, Orome, Tulkas, Melkor, Varda, Yavanna, Nienna, Vana, Vaire, Este, dan Nessa. Mereka diperintahkan melantunkan lagu sesuai tema yang diberi Eru. Semua Ainur melaksanakan perintah Eru tersebut, namun hanya satu ainur, Morgoth yang menyimpang dari tema yang telah di tentukan.

Singkat kata, hasil dari suara suara ainur tercipta lah arda (bumi). Arda pada awal pencipataan, belum berisi apapun, sehingga tugas ainur selanjutnya mengisi kekosongan arda. Manwe mengisi arda dengan udara, atmosfer dan angin. Ulmo mengisi arda dengan air, sungai sungai, laut, samudra dan hujan. Aule memberi bentuk permukaan arda berupa gunung gunung, lembah lembah, lapisan lapisan dengan berbagai bentuk. Mandos bertugas sebagai penjaga istana istana arwah. Lorien bertugas sebagai penguasa visi dan mimpi.

Orome bertugas menjaga hewan hewan buas di arda. Tulkas mengisi arda dengan kekuatan dan keberanian. Melkor merupakan ainur terkuat dari segi pengaruhnya, sombong sekaligus iri terhadap hal hal yang diciptakan ainur lainnya, melkor mengubah ciptaan para ainur menjadi versi miliknya. Varda adalah pasangannya Manwe, ialah yang menghiasi arda dengan bintang bintang. Yavanna adalah pasangannya Aule, ialah yang menumbuhkan tanaman hingga berbuah.

Nienna adalah saudari dari mandos dan lorien, ia hidup seorang diri, ia penguasa kesedihan dan duka arda. Vana adalah adik perempuan Yavanna dan pendamping Orome, ia mengisi arda dengan bunga bunga yang bermekaran, dan nyanyian burung burung. Vaire adalah pendamping mandos, ia bertugas menenun segala sesuatu yang pernah ada dalam perjalanan waktu. Este adalah pendamping lorien, penyembuh luka dan kepedihan arda. Nessa adalah saudari Orome dan pendamping Tulkas.

Setelah arda siap untuk dihuni anak anak Eru, Eru membangunkan jauh di timur middle earth anak pertamanya, yaitu bangsa Quendi atau Elf. Yang terkenal dari bangsa ini ada tiga klan, yakni Finwe, Ingwe dan Elwe. Kemudian berselang beberapa abad, dibangunkan juga anak Eru yang lain yakni bangsa Hildor atau manusia dan bangsa Dwarf atau kurcaci.

Peta middle earth jaman pertama dan kedua

Peta middle earth jaman pertama dan kedua

Pada zaman pertama, daratan middle earth mengalami perubahan demografi yang signifikan, karena peperangan antara bangsa Elf (dibantu ainur) dengan melkor untuk merebut kembali permata silmaril yang dicuri melkor. Pada zaman pertama juga diceritakan pembentukan kota kota kuno seperti menegroth, kota nagothrond dan kota tersembunyi, gondolin. Yang ketiga kota tersebut nantinya di hancurkan oleh melkor tak bersisa. Melkor sendiri setelah di kurung oleh valar di void, ia menaruh menunjuk panglima terkuatnya, sauron untuk melanjutkan rancangan rancangan jahatnya.

Peta middle earth jaman ketiga dan keempat

Peta middle earth jaman ketiga dan keempat

Di zaman ini juga diceritakan kisah kisah kepahlawanan bangsa manusia, di antaranya kisah Turin turambar, yang terkenal atas keberhasilannya membunuh Glaurung, father of dragon. Walapun prestasi turin sangat gemilang di mata para elf, manusia dan dwarf, kisah kehidupan turin sangatlah tragis.

Pada zaman ini pula terdapat kisah cinta beren dan lutien, kisah cinta beda ras, karena beren bangsa manusia sedangkan lutien dari bangsa elf. Perjalanan beda ras ini menjadi sebuah syair yang di nyanyikan oleh Aragon di film lotr fellowship of the rings.

Setelah mengetahui masih banyak cerita menarik selain lotr dan the hobbit, apakah the silmarillion akan masuk layar kaca???

Tentunya ini merupakan pertanyaan sulit, sebab dari berbagai literature yang dihimpun kru 4muda, ternyata produser Peter Jackson menyatakan tidak akan membuat karya Tolkien kembali setelah perjalanan panjang nya dari membuat lotr fellowship of the rings tahun 2001, terakhir the hobbit the battle five armies pada tahun 2014. Dan ini sungguh pekerjaan yang melelahkan bagi seorang produser untuk mengilustrasikan makna cerita dari novel Tolkien ke dalam suatu film. Dan hanya orang orang yang mencintai kedua nya (novel dan film) lah yang dapat mewujudkan nya.

Peter Jackson

Peter Jackson

Di samping kejenuhan sang produser, ada hambatan besar lainnya jika novel the silmarillion difilmkan, yakni hak cipta novel ini masih tidak dapat di jual dari tangan Tolkien estate. Tolkien estate yakni suatu lembaga pemegang semua hak cipta berbau JRR Tolkien yang di ketuai oleh anak bungsu Tolkien sendiri yakni Christopher Tolkien, ia mengungkapkan dalam suatu wawancara dengan Le Monde bahwa di masa mendatang tidak ada lagi karya karya Tolkien yang bisa di adaptasi menjadi film, karena ia tak akan melepaskan hak tersebut.

Tolkien

Tolkien

Wawancara ini termasuk langka karena Christopher terkenal tertutup dan tidak pernah berbicara di depan media sebelumnya, namun wawancara ini mengungkapkan banyak hal, termasuk motif di balik keputusannya tersebut.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/J.R.R._Tolkien
https://en.wikipedia.org/wiki/J._R._R._Tolkien
http://www.tolkiensociety.org
http://blog.yoshikanji.web.id/2015/12/tips-membaca-silmarillion-dari-tolkien.html
http://lotr.wikia.com/wiki/The_Silmarillion
https://putri2wotan.wordpress.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top