Connect with us
sandal jepit (birchbox.com)

Fashion

Sekilas Fakta dan Jenis Sandal Pria

sweater-rajut-pria

Sandal atau kadang disebut sendal, merupakan alas kaki yang tidak asing apalagi di Indonesia. Alas kaki ini sesuai dengan kegunaannya tidak hanya dipakai oleh orang ‘berada’ saja namun juga sangat lazim dipakai di kalangan yang tidak mampu. Barangkali sandal adalah alas kaki yang tidak mengenal tingkatan sosial di masyarakat luas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sandal merupakan sebuah kata benda yang memiliki arti yakni alas kaki yang dibuat dari kulit, karet, dan sebagainya; disebut juga sebagai terompah. Sementara menurut Wikipedia, sendal merupakan salah satu jenis alas kaki yang terbuka; meskipun bukan sepatu namun alas kaki ini memiliki bagian-bagian seperti sol dan tali atau pengikat di sepanjang punggung kaki maupun pergelangan kaki. Terkadang, sendal memiliki hak.

Pemilihan sandal sebagai alas kaki muncul dengan beragam alasan, apakah karena nyaman dipakai saat cuaca hanngat atau panas, ekonomis (murah), atau hanya alasan mode belaka. Biasanya alas kaki ini dipakai untuk menjaga kaki tetap sejuk dan kering.

Pelindung kaki yang sangat sederhana ini dapat dibeli mulai dari pasar tradisional dan pedagang kaki lima, hingga butik kelas dunia seperti hasil rancangan dari Manolo Blahnik. Sandal dapat dibuat dari beragam material mulai dari kayu, kulit, tekstil, jerami, logam, dan bahkan batu. Alas kaki ini di beberapa budaya di dunia bahkan mendapat penghormatan.

Sandal tertua yang pernah ditemukan berusia sekitar 10.000 tahun dan diperkirakan berasal dari Neolitikum atau Zaman Batu Muda. Ditemukan pada 1983 di Fort Rock Cave, Oregon, Amerika Serikat; sendal ini terbuat dari anyaman kulit pohon semak-semak.

Kata sandal sendiri berasal dari bahasa Yunani . Pada zamana Yunani Kuno, alas kaki ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu “baxea” dan “cothurnus”. Baxea adalah sendal yang terbuat dari daun willow, ranting, atau serat yang biasanya dipakai oleh aktor komik dan filsuf.

Sementara cothurnus merupakan sendal boot setengah kaki, biasanya dipakai oleh aktor drama tragedi, penunggang kuda, pemburu, dan orang-orang berpangkat serta berkuasa.

Di kemudian hari, sol yang dibuat lebih tebal dari sebelumnya dengan memasukan sehelai gabus yang berguna untuk menambah tinggi si pengguna. Kini, sandal digunakan tak hanya untuk kalangan tertentu saja, semua orang dapat memakainya.

Dan, sendal juga ternyata memiliki banyak jenis atau tipe seperti halnya sepatu yang memiliki banyak jenis sesuai dengan aktifitas.

Berikut adalah beberapa jenis sandal yang dapat dipakai oleh pria.

1. Sandal Jepit

sandal jepit (birchbox.com)

sandal jepit (birchbox.com)

Salah satu jenis sendal yang dalam bahasa Inggris nya disebut “flip-flop” atau “thong” ini merupakan alas kaki yang paling umum dan paling banyak digunakan di dunia. Di Indonesia sendiri sendal jenis ini biasa dipakai oleh siapa saja, mulai dari pemulung hingga jutawan. Tentu harga sendal jepit yang dipakai pemulung dan jutawan harganya berbeda, ya.

Sendal yang sudah dipakai oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu ini biasa dipakai pada kesempatan santai atau kasual. Sendal jepit modern menjadi populer ketika pasukan Amerika Serikat pulang dari Perang Dunia II membawa sendal jepit Jepang, “zori.”

Apabila zaman dulu sendal ini dibuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam seperti daun papirus, daun palem, kayu, jerami, kulit binatang, dan sebagainya; kini sendal jepit dibuat dari beragam bahan hasil industri seperti karet, plastik, busa, suede, dan bahkan kain.

2. Sandal Gunung

sandal gunung (commons.wikimedia.org)

sandal gunung (commons.wikimedia.org)

Sendal ini sebenarnya adalah hiking atau trekking sendal, karena sebenarnya naik gunung seharusnya menggunakan sepatu khusus bukan sendal. Alas kaki ini didesain untuk iklim panas dan tropis, biasanya memakai sol luar karet yang kuat dan cocok untuk segala medan, serta menggunakan busa dalam sol EVA atau super EVA yang lebih lembut.

Tali pengikatnya biasanya terbuat dari poliester atau anyaman nilon agar cepat kering atau meminimalisasi penguapan.

Bentuk alasnya biasanya mengikuti ukuran kontur telapak kaki. Sendal ini cocok untuk banyak kegiatan dan olahraga petualangan dimana pengeringan yang cepat dan penguapan sesedikit mungkin dibutuhkan, termasuk rafting, traveling, paragliding, dan skydiving.

3. Sendal Sepatu

sepatu sandal (trendglobe.com)

sepatu sandal (trendglobe.com)

Sebenarnya, dalam bahasa Inggris tidak ada istilah sepatu sendal atau sendal sepatu. Barangkali sebutan ini hanya berlaku di Indonesia untuk membedakan sendal yang terbuat dari kulit, memiliki tali pengaman, dan menutupi sebagian besar permukaan kaki.

Sendal ini cocok untuk dipakai dalam kesempatan jalan-jalan santai namun ingin terlihat rapi.

4. Sandal Clog

sandal clog (tessaclogs.blogspot.com)

sandal clog (tessaclogs.blogspot.com)

Merupakan alas kaki yang terbuat dari kayu baik itu sebagian atau keseluruhan. Di Indonesia disebut juga sebagai bakiak atau kelom apabila di daerah Sunda. Clog tradisional biasanya dipakai oleh petani ketika sedang bercocok tanam, dan oleh pekerja di pabrik atau pertambangan.

Ciri utama dari clog adalah sol nya yang terbuat dari kayu dan berukuran tebal.

5. Sandal Teva

sandal teva (en.wikipedia.org)

sandal teva (en.wikipedia.org)

sweater-rajut-pria

Teva merupakan sebuah merek alas kaki dan aksesoris yang berasal dari Amerika Serikat. Adalah Mark Thatcher yang menciptakannya. Pada 1982, ketika ia bekerja sebagai pemandu rafting, ia menyadari bahwa kegiatan di sungai memerlukan sepatu khusus.

Apabila dipakai di sungai, sneaker akan basah dan berat, sementara sendal jepit akan mudah lepas dan hanyut. Maka ia pun menciptakan sebuah sendal, yang merupakan sendal olahraga pertama di dunia; seperti sendal jepit namun memiliki tali pengikat di pergelangan kaki.

6. Sandal Birkenstock

sandal birkenstock (pinterest.com)

sandal birkenstock (pinterest.com)

Birkenstock sebenarnya merupakan nama sebuah merek sepatu asal Jerman yang didirikan pada 1774. Sementara sendalnya diciptakan oleh Karl Birkenstock pada 1964.

Pada 1967, sendal ini mulai diperjual belikan di Amerika Serikat dan populer di kalangan pria muda dan anak-anak kecil. Namun demikian, sejak 1990, pemakai sendal ini menjadi bertambah dari berbagai kalangan usia.

7. Shower Slipper

shower slipper (buzzfeed.com)

shower slipper (buzzfeed.com)

Sendal jenis ini sebenarnya merupakan sendal untuk berjalan dari kamar tidur menuju dan dari kamar mandi di asrama. Namun, kini, seringkali sendal ini digunakan untuk berjalan-jalan di luar ruangan bahkan pergi ke mall. Hal ini barangkali disebabkan oleh beberapa merek pakaian olahraga terkenal mengeluarkan sendal jenis ini.

8. Sandal Yoga

sandal yoga (en.wikipedia.org)

sandal yoga (en.wikipedia.org)

Belakangan ini kegiatan yoga cukup digandrungi terutama di kalangan menengah ke atas Indonesia. Para artis pun turut meramaikan olah tubuh yang telah dipraktikan di India sejak 5000 tahun yang lalu ini.

Selain pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, ternyata sendal yoga pun kini sudah tersedia di pasaran. Sendal ini sekilas mirip dengan sendal jepit namun memiliki beberapa perbedaan, yaitu tali pemisah jarinya berjumlah empat bukan satu. Selain itu, sendal ini lebih elastis dibanding sendal pada umumnya. Terkadang, produsen sendal menggunakan bahan kulit vegan agar terlihat berbeda.

9. Sandal Yukon Crocs

Penulis belum mendapat sumber pasti mengapa sendal ini bernama Yukon. Namun, hasil penelusuran membuat penulis menyimpulkan bahwa sendal ini kemungkinan besar terinspirasi dari alas kaki yang digunakan oleh orang Indian di Amerika Utara, tepatnya di daerah Yukon, Kanada.

Adalah merek Crocs yang terkenal mengeluarkan sendal jenis ini yang terdiri dari empat varian yaitu clog, slide, strap, dan flip. Crocs merupakan perusahaan sepatu yang memproduksi dan mendistribusikan clog busa dari sebuah perusahaan di Quebec, Kanada, bernama Foam Creations.

Itulah sekilas fakta dan ragam sandal pria. Semoga dapat menambah wawasan dan menjadi inspirasi.

Panca Purnamasari / IG: punchcha

Sumber:
http://kbbi.web.id/sandal
https://en.wikipedia.org/wiki/Sandal
http://fashion-history.lovetoknow.com/fashion-accessories/history-sandals
http://allaboutshoes-toeslayer.blogspot.co.id/2012/04/brief-history-of-sandals.html
https://www.maskoolin.com/jurnal/fashion/footwears/7-model-sandal-pria-terfavorit/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top