Tahu Gak

Seberapa Buruk Menahan Kencing dan Apa Akibatnya?

menahan-kencing

Manusia harus kencing atau buang air kecil setidaknya empat sampai delapan kali sehari, tapi kadang-kadang, tekanan kehidupan modern memaksa kita untuk menahannya terutama saat asyik menonton film di bioskop, berada diperjalanan saat berkendara dan kegiatan lainnya. Seberapa buruk kebiasaan ini, dan berapa lama tubuh kita dapat bertahan?

Heba Shaheed, seorang ahli kesehatan menyatakan bahwa, kebiasaan kandung kemih yang sehat sangat penting untuk fungsi sistem saluran kemih dan untuk kesehatan secara keseluruhan. Kebiasaan kencing yang baik untuk mengosongkan kandung kemih sekitar 4-8 kali per hari dan tidak lebih dari dua kali setiap malam.

Kandung kemih orang dewasa dapat menyimpan sebanyak setengah liter (2 cangkir) air kencing. Disaat kita menahannya maka kandung kemih akan meregang dan mampu menyimpan air kencing lebih dari setengah liter.

Alex Shteynshlyuger, seorang spesialis urolog di New York Urology menjelaskan bahwa “Kandung kemih sangat mudah beradaptasi. Kandung kemih dirancang untuk menahan banyak air kencing, sehingga menahannya untuk sedikit waktu tidak akan menimbulkan masalah.” Namun sangat buruk jika dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan. Karena kebiasaan menahan kencing akan berakibat fatal dan menyiksa dirinya.

Kandung kemih terbuat dari jaringan otot yang elastis, semakin penuh kandung kemih, semakin meregang elastis jaringan otot nya. Ketika akhirnya sudah penuh dan waktunya buang air kecil, otak memberi sinyal dari reseptor kecil pada kandung kemih ke saraf otak untuk mengosongkan kandung kemih dan seketika merasa lega sesaat setelah kencing.

Jika menahan kencing menjadi kebiasaan, dalam kasus-kasus jangka panjang, jaringan elastis bisa menjadi rusak (otot-otot kandung kemih melemah) dan akhirnya digantikan oleh jaringan parut. Dan hingga kini tidak dapat diperbaiki, yang memungkinkan komplikasi lebih lanjut seperti retensi urin, kerusakan ginjal, dan peningkatan risiko infeksi saluran kemih.

Berikut merupakan beberapa penyakit yang dialami saat menahan kencing menjadi kebiasaan buruk.

1. Retensi Urin

retensi-urin

Retensi Urin, gambar: samsu.ng

Retensi urin menurut video di atas adalah “ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya”. Menahan kencing dapat benar-benar melemahkan otot-otot di kandung kemih, yang pada akhirnya menyebabkan resiko penyakit retensi urin saat usia bertambah. Selain itu retensi urin juga dapat menyebabkan sistitis.

2. Batu ginjal (Kidney Stones)

batu-ginjal

Ilustrasi Batu Ginjal, gambar: samsu.ng

Orang-orang rentan terhadap penyakit batu ginjal karena sering menahan buang air kecil. Batu ginjal terbentuk di ginjal karena kelebihan mineral berupa natrium atau kalsium, dan jika jumlah mineral ini tidak teratur atau menumpuk pada bagian ginjal akan menggumpal dan mengalami pengerasan. Saat batu keluar tubuh melalui saluran kemih maka akan terasa sakit tak tertahankan.

Batu ginjal akan menimbulkan:

  • Infeksi pada ginjal
  • Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
  • Sulit melakukan buang air kecil
  • Rasa nyeri pada bagian ulu hati

Untuk mengatasi batu ginjal, maka harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan batu ginjal tersebut.

3. Cystitis

Ini adalah masalah yang terutama mempengaruhi perempuan, dan hubungannya dengan peradangan pada dinding kandung kemih, sering disebut sistitis. Gejala utamanya adalah:

  • Nyeri di panggul
  • Terbakar dan nyeri saat buang air kecil

Seseorang yang mengalami masalah ini akan membuang air bahkan lebih dari 10 kali sehari dan dan terjadi kebocoran jika menahannya.

Rata-rata kandung kemih dapat menyimpan hingga 15 ons cairan. Jika kita minum delapan gelas air atau sekitar 64 ons sehari, bisa dikatakan kandung kemih rata-rata dapat menyimpan hingga sekitar seperempat dari air yang kita minum setiap hari.

Sehingga tidak benar-benar membantu meskipun orang secara teratur mengkonsumsi cairan untuk menjaga tubuh jika melakukan kebiasaan buruk menahan kencing.

4. Urinary Tract Infection (UTI)

urinary tract infection

Urinary Tract Infection (UTI), gambar: samsu.ng

Menahan urin dalam jumlah besar untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan potensi bakteri berbahaya, yang dapat meningkatkan resiko infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi kandung kemih. Gejala yang dialami diantaranya:

  • Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah
  • Muncul rasa nyeri saat buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit
  • Buang air kecil dengan disertai pendarahan

Menahan kencing dapat berpengaruh pada infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal. Karena infeksi tersebut, bakteri dan kuman dapat memperparah infeksi yang dapat berkembang menjadi sel kanker. Beberapa kanker berikut dapat terbentuk karena infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan :

  • Kanker Prostat
  • Kanker Serviks
  • Kanker Rahim
  • Kanker Kelenjar Getah Bening

Melihat dampak buruk dari kebiasaan menahan kencing, tentu membuat kita berpikir ulang untuk menahan kencing dan menyegerakan buang air kecil dalam kondisi dan kegiatan apapun. Saat ingin kencing, maka kencing lah.

Referensi:
http://greatist.com/grow/is-it-bad-to-hold-pee
http://www.sciencealert.com/watch-what-happens-when-you-hold-in-your-pee
https://steptohealth.com
http://samsu.ng
http://halosehat.com

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top