Connect with us

Potret Dunia

Potret Menakjubkan Letusan Gunung Sinabung, Indonesia

sweater-rajut-pria

Di provinsi Sumatera Utara Indonesia, Gunung Sinabung dengan ketinggian 2.600 meter (8.530 kaki) merupakan gunung berapi yang tinggi, telah meletus beberapa kali selama beberapa hari terakhir, memuntahkan awan besar dengan letusan gas dan abu ke langit, lahar mematikan mengalir.

Sinabung sebelumnya sudah tidak aktif, namun aktif kembali pada tahun 2010, setelah lebih dari 400 tahun dormansi. November 2013 menjadi saksi betapa dahsyatnya letusan gunung Sinabung hingga ribuan penduduk desa dan petani yang tinggal di dekatnya telah dievakuasi, berharap untuk dapat kembali ke rumah segera.

Berikut adalah Potret betapa menakjubkannya sebuah letusan Gunung Sinabung, memuntahkan abu vulkanik dan gas ke angkasa dalam balutan fotografi asal Indonesia yang dirilis di website TheAtlantic.com:

Gambar diatas, memperlihatkan potret seorang wanita beridiri melihat Gunung Sinabung memuntahkan abu, dilihat dari desa Sibintun di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera utara Indonesia, pada 18 November 2013. Gunung Sinabung terus memuntahkan abu vulkanik  hingga 8.000 meter ke atmosfer pada Senin dan ribuan warga tetap di tempat penampungan sementara karena takut letusan terjadi lagi.

(Sutanta Aditya / AFP / Getty Images)

Petani Indonesia terburu-buru untuk memanen tanaman di Kabupaten Karo karena abu vulkanik naik ke awan selama letusan segar gunung berapi Gunung Sinabung, pada tanggal 17 September 2013. Ribuan penduduk desa melarikan diri setelah Gunung Sinabung meletus, memuntahkan bebatuan dan abu merah-panas ke desa-desa sekitarnya.

(Kharisma Tarigan / AFP / Getty Images)

Pohon dan vegetasi ditutupi dengan abu vulkanik di distrik Karo pulau Sumatera Indonesia, pada tanggal 5 November 2013, setelah letusan Gunung Sinabung gunung berapi.

(AP Photo / Binsar Bakkara)

Seekor kucing duduk di atas atap rumah yang ditutupi dengan abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung di Mardinding, Sumatera Utara, pada tanggal 6 November 2013.

(AP Photo / Binsar Bakkara)

Gambar ini dibuat dengan kecepatan lambat menunjukkan Gunung Sinabung memuntahkan abu vulkanik terlihat dari Tiga Pancur, Sumatera Utara, pada tanggal 5 November 2013.

(Atar / AFP / Getty Images)

Sinabung meletus dan melemparkan gas panas ke udara, di Karo, Sumatera Utara, pada tanggal 6 November 2013. Ratusan warga telah dievakuasi ke daerah yang lebih aman karena gunung berapi meletus lagi setelah letusan September.

(AP Photo / Dedy Zulkifli)

Piroklastik alias Awan panas mengalir menuruni lereng Gunung Sinabung seperti material vulkanik, dilihat dari Beras Tiga Pancur, Sumatera Utara, pada tanggal 11 November 2013.

(Reuters / Roni Bintang)

Siswa Sekolah Dasar berjalan melalui jalan yang dilingkupi oleh abu dari Sinabung, saat mereka kembali ke rumah di Desa Kuta Rakyat di Kabupaten Karo, pada tanggal 8 November 2013.

(AP Photo / Binsar Bakkara)

Sekuntum bunga mekar dari vegetasi tertutup abu vulkanik setelah letusan Gunung Sinabung di Mardinding, Sumatera Utara, pada tanggal 6 November 2013.

(Sutanta Aditya / AFP / Getty Images)

Seorang pria menggunakan ponsel dekat Gunung Sinabung yang terus meletus, dengan memuntahkan gas panas dari gunung berapi, di Kabupaten Karo, pada 18 November 2013.

(Ulet Ifansasti / Getty Images)

Gunung Sinabung meletuskan gas panas dan abu ke langit, seperti yang terlihat dari desa Tigapancur di Kabupaten Karo, pada tanggal 14 November 2013.

(Reuters / YT Haryono)

Sambaran petir sebagai Gunung Sinabung gunung berapi memuntahkan abu dan lava panas, di Desa Simpang Empat di Kabupaten Karo, pada tanggal 18 September 2013.
Dibalik fenomena alam letusan gunung berapi, tampak sebuah keindahan yang menakjubkan dalam potret fotografi. Maka dengan melihat gambar tersebut patutlah kita bersyukur akan keindahan bumi beserta isinya yang telah diciptakan Tuhan Yang Maha Pencipta.

Semoga warga sekitar yang terkena efek dari letusan Gunung Sinabung dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala dan dalam keadaan sehat.

Sumber: TheAtlantic.com

Continue Reading
You may also like...
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: 10 Gunung Api Paling Aktif di Indonesia - 4muda.com

  2. Pingback: 10 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Sepanjang Sejarah - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top