Connect with us

Life Smart

Pemanfaatan 10 Tren Teknologi Informasi untuk Generasi Cerdas

sweater-rajut-pria

Modern ini, teknologi informasi mampu menggeser beberapa teknologi lampau, seperti media online yang lebih banyak diminati dibanding media cetak dikarenakan pengaruh fleksibel dan efisien. Tak hanya itu saja telepon genggam atau yang kita kenal dengan ponsel terus berkembang hingga menjadi ponsel cerdas yang makin menggeser komunikasi telpon rumah hingga komunikasi secara langsung.

Teknologi Informasi atau disingkat TI yang dalam bahasa inggris IT (Information Technology) merupakan istilah bagi teknologi apapun yang dapat membantu dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan atau menyebarluaskan informasi. TI juga menyatukan komputasi dan komunikasi dalam bentuk data, visual, suara dan video. Tidak terbatas hanya pada komputer pribadi namun juga dapat berupa telepon, televisi hingga ponsel.

Tak bisa kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat memiliki sisi positif dan negatif terutama bagi generasi muda, termasuk perkembangan teknologi informasi yang dapat mengubah cara hidup, cara pandang serta cara berkomunikasi dengan orang lain.

Namun demikian, sebagai generasi muda cerdas, selain harus melek teknologi juga tetap membentengi diri dari pengaruh negatif dengan berpikir dan bertindak positif dari beragam kemudahan yang dijanjikan teknologi masa kini terutama dalam informasi dan komunikasi.

Indonesia merupakan negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunia dengan jumlah generasi muda atau usia produktif yang dapat dikatakan menguntungkan bagi negara. Sebagaimana yang dipaparkan oleh Ida Bagus Permana, Plh Deputi Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN, bahwasanya tahun 2020 hingga 2030, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi berupa 70% usia produktif dan 30% usia tidak produktif.

Keuntungan tersebut merupakan kesempatan yang semestinya dapat memberikan kemajuan bagi pembangunan bangsa Indonesia yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi oleh generasi muda untuk memperoleh pengetahuan, skill dan lapangan pekerjaan, serta peluang usaha yang didukung penuh oleh pemerintah dalam kegiatannya.

Berikut adalah 10 tren teknologi informasi dan komunikasi masa kini yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan positif sekaligus menguntungkan bagi penggunannya.

1. Televisi

Televisi, gambar: Koleksi 4muda.com

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Televisi, gambar: Koleksi 4muda.com

Televisi merupakan media telekomunikasi untuk menerima siaran gambar dan suara lewat jarak jauh yang didalamnya terdapat seperangkat komponen elektronika. Televisi atau yang dikenal TV ini pertama kali dikomersilkan pada tahun 1920.

Seiring perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi, TV yang tadinya berbentuk tabung kini, berbentuk flat hingga melengkung. Awalnya monokrom menjadi LCD dan LED dan tadinya hanya untuk menonton siaran berita dan film, kini sudah bisa menambahkan perangkat keras lainnya seperti DVD, USB bahkan TV kabel serta TV Internet.

Televisi yang awalnya dianggap biasa-biasa saja, lama kelamaan menjadi elektronik yang sangat populer di dunia. Keberadaannya telah mengubah gaya hidup manusia, memberikan nilai positif serta negatif bagi penggunanya.

Televisi menggeser kepopuleran radio, hingga hampir setiap rumah dan kantor di penjuru dunia terdapat minimal 1 buah televisi yang menemani keseharian kita. Bahkan di Indonesia sendiri sepertinya televisi jadi teman setia bagi penggemar sinetron.

TV juga memberikan kemudahan informasi mengenai seputar dunia, mulai dari cuaca, kondisi sebuah negara, hingga berita politik dan program-program reality show serta serial film. Namun kenyataannya kini televisi menjadi salah satu media yang mampu menggeser peradaban manusia bukan hanya dari segi memperoleh informasi namun juga dari perubahan sosial hingga gaya hidup.

Peran dalam sebuah sinetron ataupun film serta iklan -iklan komersial menjadikan manusia umumnya lebih konsumtif serta mengikuti gaya hidup yang ditampilkan dalam sebuah sinteron ataupun film. Ada yang baik ada pula yang buruk. Imbas terbesar adalah anak-anak dan remaja, sifat mereka yang masih labil dan mengikuti apa yang dilihat, menjadikan beberapa diantaranya melabrak norma-norma yang berlaku.

Sehingga, saat ini dunia mulai sadar untuk mulai mengurangi menonton televisi terutama acara-acara yang kurang baik khususnya pada anak-anak dan remaja. Tak hanya itu, menonton televisi secara berlebihan hingga berjam-jam dan dalam jarak yang dekat akan mengurangi kekuatan mata dalam melihat, sehingga penglihatan makin kabur dan mengalami kelainan mata seperti rabun jauh. Data riset pun menyatakan saat kelamaan menonton televisi tiap hari dapat meningkatkan obesitas.

Untuk itu, agar TV dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, semua pihak mulai dari anak-anak, orang tua hingga pemerintah ikut andil dalam menayangkan dan memilih acara televisi yang positif. Salah satunya program berita yang terpercaya, reality show yang mendidik, sinetron yang memberikan edukasi bagi anak muda, serta games televisi yang dapat mengasah otak dan mengembangkan skill harus dipertahankan dan dibuat lebih banyak di setiap stasiun televisi nasional maupun swasta.

Orang tua pun sangat berpengaruh bagi kebiasaan anak dalam menonton televisi sehingga harus lebih bijak, salah satunya dengan mendampingi dan memilihkan acara yang sesuai umur. Jangan sampai anak ternyata menuruti kebiasaan orang tua menonton televisi hingga berjam-jam dan mempengaruhi pemikiran polos anak menjadi kurang baik, seperti apa yang diutarakan dalam nyanyian sindiran murid Sekolah Dasar berikut ini.

Mencerdaskan anak bangsa lewat televisi sekiranya dapat dilakukan jika program-programnya sesuai budaya bangsa dan memberikan edukasi serta wawasan positif.

2. Komputer

Komputer awalnya didefinisikan sebagai alat yang digunakan oleh orang dalam hubungannya dengan perhitungan aritmateika atau matematika. Namun kemudian berkembang menjadi sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk segala jenis kegiatan berupa menyimpan, membuat dan memproses atau menyebarkan data berupa tulisan, gambar hingga video.

Dekstop All In One, gambar: koleksi 4muda.com

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Dekstop All In One, gambar: koleksi 4muda.com

Komputer yang tadinya berbentuk tabung, kini berkembang menjadi komputer LCD dan LED, bahkan dengan merek berbeda bentuknya pun berbeda-beda. Komputer, kini dikenal dengan beragam nama sesuai dengan fungsi dan bentuknya, seperti Personal Comuputer yang disingkat PC, notebook atau laptop, netbook, hingga desktop all in one.

Jaman globalisasi dan metropolitan seperti sekarang ini, komputer digunakan oleh siapa saja apakah ia seorang karyawan, guru, direktur, atau pelajar hingga anak-anak sekalipun. Keberadaanya mengubah kehidupan manusia terutama membantu mempermudah dalam beraktivitas yang ada hubungannya dengan data-data. Komputer mampu menggeser menulis di kertas untuk menuliskan catatan penting yang dapat disimpan dan diakses kapanpun dimanapun dengan mudah.

Bahkan laptop saat ini mampu menggeser fungsi dari komputer bentuk desktop, karena lebih fleksibel serta dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan dimana saja. Berbeda dengan desktop yang hanya bisa disimpan di rumah, ataupun kantor-kantor, laboratorium, di sekolah sebagai media pembelajaran interaktif.

Dengan laptop, komputer yang tersambung internet saat ini memberikan efek yang jauh lebih besar bagi kehidupan manusia, bukan hanya untuk mengerjakan tugas namun juga memampu menghasilkan uang dan bisnis.

Komputer maupun laptop selain memberikan skill bagi penggunanya dalam mengolah data, juga dapat dimanfaatkan bagi generasi muda dalam memanfaakan peluang usaha. Komputer kini menjadi perangkat elektronik wajib bagi setiap wirausaha online atau yang memiliki usaha online. Pengolahan data gambar, video, serta tulisan memudahkan kita dalam jual beli secara online.

Tak hanya berhenti disitu, komputer selain memudahkan kita sebagai teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan edukasi berupa keterampilan pengolahan data seperti data entri, editing gambar dan video melalui software photoshop, corel dan sejenisnya.

Hal ini tentu saja berdampak besar bagi kemajuan bangsa, dengan adanya komputer, keterampilan pengolahan data dikuasai, lapangan pekerjaan pun sangat membutuhkan individu yang mampu mengoperasikan komputer, bahkan kita bisa membuka usaha sendiri dengan adanya komputer.

Hal inipun saya alami sendiri, mulai dari belajar mengetik dalam Microsoft Word, Excel sedari sekolah menengah hingga tingkat kuliah berpengaruh pada keingintahuan dengan pengolahan data lainnya seperti desain grafis berupa Corel, Photoshop hingga mengelola blog dan website melalui jaringan internet.

Dengan melalui proses panjang hingga akhirnya di tahun 2012 sampai saat ini, memanfaatkan teknologi komputer memberikan kehidupan yang lebih baik bagi saya sendiri. Salah satu pengaruh terbesar komputer bagi saya, adalah menjadi bagian sejarah usaha online yang saya miliki dan juga telah memberikan kesempatan anak muda untuk bekerja di gomuda.co serta 4muda.com.

sweater-rajut-pria

3. Internet

Internet yang merupakan kependekan dari interconnection-networking merupakan jaringan seluruh komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP), sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna diseluruh dunia.

gambar: ec.europa.eu

Internet yang tujuan awalnya diperuntukan untuk keperluan militer, kini menjadi sebuah teknologi yang dapat digunakan setiap orang untuk berkomunikasi dengan siapapun dari yang kita kenal hingga orang yang tidak kenal sama sekali lewat aplikasi yang ada di internet.

Jumlah pengguna internet makin banyak terlebih dengan adanya smartphone yang memungkinkan setiap orang terhubung dengan internet hingga 24 jam. Tak hanya itu internet menjadi sebuah fasilitas yang dipergunakan perorangan ataupun sekelompok orang untuk mendirikan basis usahanya secara online. Sebut saja facebook, google, yahoo dan banyak lainnya.

Jika internet tak ada, maka tak akan ada website, tak akan ada informasi super cepat lewat google serta tak akan ada orang yang berjualan serta mendirikan usaha secara gratis lewat online seperti sekarang ini. Internet telah mengubah dunia dan kebutuhan dunia dalam berbisnis, menyebarkan informasi hingga mempermudah komunikasi dengan siapapun.

Jaringan internet cepat pun terus dikembangkan dan disebarluaskan di seluruh dunia termasuk Indonesia yang tadinya hanya berupa 2G, 3G, HSPA kini menjadi 4G atau LTE (Long-Term Evolution) dan sedang dikembangkan pula 5D. Internet semakin cepat maka informasi dan komunikasi pun makin mudah. Hal inipula yang menjadi lahan menggiurkan bagi provider telekomunikasi di Indonesia seperti XL, Telkomsel, Indosat dan lainnya.

Internet cepat memungkinkan penggunanya mampu memanfaatkan sebaik mungkin keuntungan besar yang akan diperolehnya, untuk wawasan dunia, ilmu pengetahuan, jualan online, hingga berdiskusi dengan orang lain di luar negeri sekalipun, serta bertransaksi dengan sangat mudah dengan adanya mobile banking dan internet banking.

4. Laman Pencarian

Search Engine atau yang dikenal dengan laman pencarian adalah salah satu produk dan tren paling cerdas yang pernah ada selama ini. Sebut saja Google Search, Yahoo, hingga Bing. Saat kita mencari informasi, berita, materi pelajaran, dan lainnya maka dengan cepat sederet data akan muncul, dibawa ke link-link website yang sesuai dengan kata kunci yang dituliskan.

Google Search, gambar: Koleksi 4muda.com

Google Search, gambar: Koleksi 4muda.com

Google search selama ini menjadi yang terpopuler dan terbaik, pencariannya seolah menjadikannya dewa informasi di dunia. Bagaimana tidak, setiap kita menanyakan sesuatu dan kita tidak mengetahuinya, maka kita akan langsung menuju google untuk menemukan apa yang ingin diketahui.

Tepatnya perpustakaan terlengkap di dunia, bukan gedung perpustakaan namun lewat search engine. Fleksibel, efisien dan efektif. Meskipun memang reabilitas nya masih kurang dibandingkan dengan terbitan artikel dalam bentuk buku.

Om Google atau Mbah Google sering menjadi guyonan yang menandakan google tahu segalanya, ia akan memberikan informasi dengan cepat dengan beragam pilihan yang berkaitan baik berupa artikel, jurnal, gambar hingga video.

Tak hanya itu, bagi seorang yang kegiatannya mengoptimasi web atau blog, menjadikan pencarian google sebagai salah satu patokan cara meningkatkan ranking dan kepopuleran website atau blognya.

Saat artikel kita berada dihalaman awal pencarian dan nomor satu maka disanalah kebanggaan memiliki web dan blog, yang tentunya berpengaruh pada pendapatan saat website tersebut menjadi lahan bisnis.

Tak ingin kalah dari Google, bahkan Tiongkok meresmikan laman pencarian baru yaitu Baidu.com dikarenakan google dilarang masuk ke negaranya. Usaha itupun berhasil dan telah menempati posisi ke-dua dalam daftar website terbanyak pengunjung bersanding dengan Google. Hal itupun dilakukan oleh Rusia dengan laman pencariannya yang disebut Yandex.

Mungkinkah Indonesia akan memiliki laman pencarian sendiri tanpa mengandalkan google? Semoga generasi muda cerdas kita dapat mewujudkannya dengan dukungan dari pemerintah dalam merealisasikannya.

5. Android

Android merupakan OS (Operating System) berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh, seperti ponsel cerdas (smartphone) serta komputer tablet.

Playstore Android, gambar: Koleksi 4muda.com

Playstore Android, gambar: Koleksi 4muda.com

Adalah Andy Rubin, pada tahun 2003 yang membuat dan mengembangkan Android hingga sepopuler saat ini. Sayang Andy Rubin sekarang keluar dari Google dan mendirikan perusahaan inkubator yang bergerak dibidang teknologi hardware.

Kepopuleran Android dengan beragam nama jenis makanan manis (ice cream, jellybean, kitkat, lolipop, Marshmallow,) tersebut mengalahkan iOS dari Apple, symbian dan windows. Sehingga tak heran kemunculan android mempopulerkan nama ponsel cerdas atau smartphone.

Dengan adanya Android sebagai andalan produk google, menjadikan manusia lebih mudah mengakses perangkat google dan aplikasi bermanfaat dan menarik hingga games di ponsel, serta memungkinkan terhubung dengan internet lebih cepat.

Saat Android muncul, saat itu pula ponsel cerdas menjamur diseluruh dunia dengan beragam jenis merek yang menawarkan ponsel OS android dari harga termurah hingga harga termahal sebanding dengan harga motor. Maka tak heran android sudah menjadi bagian dari kemudahan beraktivitas bagi manusia dikesehariannya, terutama dalam berkomunikasi lewat social media dan aplikasi lainnya yang bisa diakses pada smartphone.

Android pun telah membuka lahan bisnis bagi generasi muda Indonesia dalam menciptakan sebuah aplikasi yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk beragam keperluan, mulai dari games, pengetahuan, hingga jual beli online dan aplikasi jasa. Salah satu aplikasi terpopuler di Indonesia saat ini adalah Go-Jek. Meskipun aplikasi ini masih mendapatkan kontra, nyatanya memberikan peluang pekerjaan yang luas dan menguntungkan bagi masayarakat Indonesia.

Hal itupula yang menjadikan Android sebagai tren teknologi informasi dan komunikasi yang sayang sekali jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kepopuleran Startup Go-Jek dan aplikasinya telah memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda kini untuk mengikuti jejaknya dengan membentuk beragam jenis startup.

6. Smartphone

Smartphone merupakan ponsel cerdas yang dikaitkan dengan layarnya yang dapat disentuh, serta memberikan kemudahan bagi kita dalam berkomunikasi dengan orang lain ataupun mengerjakan tugas kantor lewat seperangkat ponsel dengan OS cerdas seperti Android, iOS apple hingga Windows.

Smartphone, gambar: Koleksi 4muda.com

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Smartphone, gambar: Koleksi 4muda.com

Smartphone terasa sangat berguna saat tersambung dengan internet yang menghubungkan aplikasi OS yang dipakai ponsel tersebut kemudian dipakai setiap orang dengan kegiatan hampir sama baik untuk chating di WA, BBM, Line, Main games, menggunakannya sebagai media mencatat kegiatan sehari-hari, ataupun untuk mendokumentasikan foto dan terpopuler saat ini yaitu selfi.

Setiap orang jika kita perhatikan, tak akan lepas dari smartphone yang dimilikinya, sebentar sebentar membuka hape hanya untuk membalas chat teman, keluarga, atau sekedar update status di twitter dan fb berupa tulisan kegiatan atau foto. Saat makan bareng temen, saat menunggu antrian atau sendirian, hampir 24 jam menggunakan smartphone dikeseharian.

Maka tak heran autis dalam arti menyendiri dengan ponselnya, hingga saat berjalan menduduk mengotak-atik dan bahkan sampai kamar mandi sudah bukan hal yang tabu lagi. Sehingga adanya smartphone yang tersambung jaringan internet sebaiknya dimanfaatkan lebih luas lagi baik untuk kegiatan kantor, edukasi, serta berbisnis online melalui aplikasi yang ada pada android mengingat hari ini adalah jamannya ponsel cerdas. Hal ini dikarenakan, orang sudah banyak menggunakan ponsel cerdas dibanding laptop dalam mencari informasi dan berkomunikasi karena kemudahannya.

Terlebih saat ini merek dagang teknologi informasi dan komunikasi berupa ponsel cerdas terpopuler seperti Apple, Samsung, LG, menawarkan produk yang selalu baru mulai dari layar sentuhnya, hingga desain dan bahan dari ponsel itu sendiri. Menambah menarik setiap orang untuk mengganti ponselnya setiap tahun atau setiap ada model terbaru. Terkadang harga menjadi nomor dua bagi sebagain orang yang kecanduan teknologi cerdas ponsel masa kini.

Namun terdapat satu keprihatinan, bahwa jumlah ponsel akan melebihi jumlah penduduk saat ini. Wajar saja, karena setiap orang kadang memiliki ponsel lebih dari satu mungkin lebih dari lima. Hal ini membuat sampah elektronik juga makin menumpuk selain sampah plastik.

7. Youtube

Jika ada sebutan televisi internet, maka youtube menjadi kandidat pertama. Pasalnya saat ini, banyak video yang diupload di youtube. Bukan hanya berita yang ditayangkan di televisi kemudian di upload di akun youtube, namun juga video musik menjadi salah satu paling trend saat ini.

Teknologi Informasi - Youtube pada smartphone, gambar: koleksi 4muda.com

Teknologi Informasi dan Teknologi – Youtube, gambar: koleksi 4muda.com

Fenomena Justin Bieber yang menjadi populer karena youtube, merambah kesemua negara hingga kebebasan berekspresi dalam mengcover lagu populer telah menjamur begitu cepat. Ada yang memang menginginkan populer dan membuat rekaman, ada pula yang memang menyalurkan hobi bernyanyi dan membuat video.

Karya kreatif dan luar biasa berceceran di youtube, video film amatir, video musik cover lagu, hingga channel pendidikan dan ekonomi serta perusahaan non porfit yang menyebarkan ilmu serta kebaikan.

Youtube pun telah menjadi media baru bagi kita membagi informasi lebih real lewat rekaman video, lebih interaktif dengan beragam jenis konsep serta menghasilkan uang dengan adsense dari google untuk youtube.

Mereka yang mengupload video di youtube sering disebut Vlogger (Video Blogger) dan kegiatannya disebut Vlog (Video Blog) yang makin tren saat ini, selain memberikan beragam jenis informasi menarik dengan kreativitas yang dimilikinya juga membuat dirinya populer dan meraup dollar.

Terkadang kita tidak perlu membeli CD atau DVD album penyanyi favorit, cukup dengan mengunjungi youtube, video musiknya bisa kita nikmati. Tak hanya itu saja, youtube pun menjadi salah satu media marketing dunia entertainment, katakanlah trailer film bisa disaksikan lewat youtube dan saat ini mulai menggeser iklan komersil trailer di televisi.

Namun, kadang penggunaan situs video terbesar dan terpopuler ini, disalah gunakan oleh pengguna, sehingga banyak hal yang harus diperhatikan, terlebih jika sudah menyangkut anak-anak. Oleh karena itu peran orang tua dalam memandu anak-anak menggunakan youtube sangat diperlukan.

8. Media Sosial

Sosialisasi dan komunikasi secara langsung mulai tergeser dengan media sosial yang sangat berkembang pesat, seiring makin lengkapnya teknologi yang mendukung pada smartphone yang terhubung internet.

Media Sosial, gambar: Koleksi 4muda.com

Teknologi Informasi dan Komunikasi – Media Sosial, gambar: Koleksi 4muda.com

Facebook, twitter adalah dua aplikasi media sosial yang terpopuler saat ini dalam melakukan komunikasi lewat dunia maya, serta instagram yang kemudian muncul sebagai pilihan dalam berkicau lewat foto-foto unik dan menarik yang kita ambil kapan pun dimanapun berada.

Banyak pula social media lainnya yang terus bermunculan dan mengubah peradaban manusia dalam berkomunikasi, terutama berkomunikasi langsung tatap muka. Namun hal tersebut memiliki dampak positif bukan hanya untuk sekedar chat tetapi juga untuk berbisnis online sebagai media dalam pelayanan antara penjual dan pembeli, mendirikan komunitas, membuat group yang kemudian bertemu secara langsung di Indonesia dan seluruh dunia. Hal ini, diterapkan pada akun media sosial usaha saya gomuda.co di instagram, twitter ataupun facebook selain sebagai tempat promosi juga untuk shar wawasan dari artikel blog saya 4muda.com

Jika tak ada social media, nampaknya smartphone bukan lagi ponsel cerdas, karena keberadaan media sosial umumnya diakses lewat ponsel cerdas. Dengan makin banyaknya orang mengunakan media sosial, tentu saja memerlukan koneksi internet yang mendukungnya, sehingga provider pun makin banyak meraup keuntungan.

Dampak buruk pun tak terhindarkan dikala anak-anak dan remaja kurang hati-hati, karena kejahatan lewat media sosial mudah terjadi. Sehingga peran orang tua serta nilai-nilai agama dan moral pun penting pada setiap orang dijaman modern ini.

9. Web/Blog

Website dan blog sudah menjadi bagian dari jurnalistik penting saat ini. Bukan hanya perusahaan populer saja yang mampu membuat website untuk profil perusahaan namun juga perorangan saat ini bertaburan dimana-mana.

Blog 4muda.com, gambar: Koleksi 4muda.com

Blog 4muda.com, gambar: Koleksi 4muda.com

Website umumnya digunakan oleh perusahaan profesional baik sebagai profil perusahaan, ataupun portal berita dan informasi yang saat ini banyak bermunculan. Namun demikian perorangan pun bisa mempergunakan website ini, bukan hanya untuk personal namun juga hingga berbisnis online lewat E-Commerce.

Puluhan juta website ditambah blog menjadikan internet makin ragam penggunaanya. Salah satu paling tren saat ini adalah blogger dunia yang makin bertambah hingga di Indonesia sendiri telah menetapkan hari Blogger nasional yang jatuh tanggal 27 Oktober.

Apresiasi tinggi bagi blogger, menjadikan makin pesatnya pertumbuhan blogger dunia, karena selain gratis, blog merupakan media untuk menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan, gambar hingga video. Berbagi informasi menarik dari artikel basa basi, populer, hingga pendidikan sekalipun.

Bahkan bukan hal yang aneh lagi, blog menjadi sebuah ajang memperoleh kepopuleran serta menghasilkan pendapatan tambahan atau utama bagi penyuka dunia teknologi informasi salah lewat kaya tulisan. Adanya adsense google membuat jutaan blogger meraup untung hingga ratusan bahkan ribuan dollar perbulannya. Termasuk pula saat diadakannya lomba blog, antusiasme blogger meningkat sebagai tantangan untuk memperoleh pengakuan atas karya tulisnya serta mendapatkan hadiah utama.

Setiap kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, mahahasiswa, karyawan, entrepeneur, hingga ibu rumah tangga pun banyak melakukan aktivitas blogging ini sambil menghabiskan waktu senggang atau memang menjadi hobi utama.

Bukan hanya blogger dan pemilik website yang memperoleh keuntungan dari aktivitasnya, penyedia hosting web, domain hingga web designer, web development, dan sejenisnya pun memperoleh keuntungan yang sudah dipastikan omsetnya makin besar. Sebut saja Hostgator, bluehost, godaddy, atau di Indonesia ada masterweb memperoleh keuntungan dari setiap pembelian hosting dan domain.

Bahkan pekerjaan sebagai web designer dan development atau bidang IT umumnya, mendapat rata-rata gaji lebih besar dibandingkan pekerjaan lain sebagai karyawan PNS atau sejenisnya.

Pengalaman pribadi sebagai blogger sekaligus usaha online, banyak hal yang bermanfaat dari memiliki dan mengelola blog 4muda.com dan website gomuda.co. Banyak tantangannya, bukan perjuangan mudah dalam mengelola blog hingga sebesar sampai saat ini, bukan pula perjuangan mudah dalam memulai usaha online dan mengelola website serta akun julan di beberapa marketplace populer Indonesia.

Halaman depan 4muda.com

Halaman depan 4muda.com

Hal paling utama dari mengelola blog adalah konten yang kita publikasikan haruslah bermanfaat sesuai dengan tagline dari 4muda.com yaitu “Share Smartly” dengan 4 prinsip utama: Smart, Share, Usefull, Doing Good.

Awalnya 4muda.com menggunakan platform blog gratis dan menjadi platform berbayar dengan self hosting yang memerlukan biaya dan waktu lebih dalam pengelolaanya. Kurang lebih tiga tahun menggunakan blogger.com untuk ngeblog gratis, dikarenakan ingin lebih profesional 4muda.com mendaftar di wordpress.org dengan membeli hosting di Indonesia, namun ternyata sering down, hingga akhirnya memutuskan untuk migrasi hosting ke luar negeri, dan lebih stabil.

Semoga kedepan penyedia hosting web di Indonesia bisa lebih baik dalam pelayannya. Karena jika menggunakan hosting di Indonesia akan lebih mudah berkomunikasi dan ikut serta membangun Indonesia yang maju dalam dunia teknologi informasi khsusunya website, blog dan hosting maupun server.

10. E-Commerce

Internet, media sosial, website telah mengubah peradaban manusia dalam dunia teknologi informasi. Hingga cara berbelanja online pun sangat dimudahkan dengan adanya online shop. Sejak Amazon lahir tahun 1994, sebagai web e-commerce yang menyediakan beragam jenis produk dari buku, elektronik, fashion makin banyak bermunculan retail online besar lainnya seperti ebay, alibaba.

E-Commerce Tokopedia, gambar: Koleksi 4muda.com

E-Commerce Tokopedia, gambar: Koleksi 4muda.com

Di Indonesia sendiri ada Olx yang dulunya tokobagus, hingga tokopedia, elevenia, lazada dan mataharimall yang baru-baru ini makin populer sebagai media perdagangan produk lokal maupun internasional yang dijajakan secara online.

Hal ini mengubah kebiasaan konsumen umumnya yang berbelanja langsung ke toko atau pasar, berubah haluan membeli lewat internet yang kita kenal online shop. Begitupun penjual makin banyak menjual produknya lewat internet karena selain murah bahkan gratis, juga lebih efisien terlebih yang didukung jaringan internet yang tersebar luar luas.

Bukan hanya pemilik website e-commerce, penjual atau pun pembeli yang memperoleh keuntungan, jasa pengirimanpun memperoleh imbas positif salah satunya JNE yang menjadi jasa pengiriman paling populer saat ini. Pasalanya penjualan online tentu memerlukan jasa pengiriman yang bisa mengantarkan paket pembelian ke tangan konsumen. Datapun membuktikan omset jasa pengiriman naik jauh dengan maraknya online shop.

E-Commerce sepertinya akan terus berkembang beriringan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia baik berupa sandang, pangan, ataupun papan. Hal ini terbukti dengan banyaknya bermuncul online shop ataupun penjual makanan, pakaian, hingga furniture salah satunya Qlapa.com ataupun Dekoruma.com. Hal ini pun memberikan kesempatan bagi penjual furniture dari kalangan usaha kecil menengah untuk ikut serta meramaikan jual beli online dari hasil karya tangannya.

E-commerce berkembang pesat di Indonesia dan terbukti memberikan peluang usaha bagi para pengusaha ataupun yang baru akan menjual produknya. Beriringan dengan berkembangnya marketplace seperti Tokopedia dan Lazada, Olx, saya sebagai penjual online untuk produk sweater rajut ikut terkena imbasnya. Selama empat tahun berjualan online yang awalnya kecil-kecilan, sekarang sudah memproduksi barang jauh lebih banyak serta memperoleh omset yang lebih baik.

Tampilan halaman depan Gomuda.co, gambar: Koleksi: 4muda.com

Tampilan halaman depan Gomuda.co, gambar: Koleksi: 4muda.com

Berkembangnya usaha online saya dengan merk jual dan alamat website gomuda.co, berkesempatan pula menjadi salah satu inspiring seller story marketplace Tokopedia. Penghargaan yang membuat saya sebagai penjual termotivasi untuk berbuat lebih baik serta memberikan pelayanan lebih baik pada pembeli.

Video di atas diambil pada akhir tahun 2014 pada tahun ketiga kiprah gomuda.co, saat itu tim gomuda masih tiga orang dan menyewa ruko dengan biaya puluhan juta pertahun belum termasuk dengan sampah, satpam dan listrik. Tahun 2015, saya memutuskan untuk pindah kembali ke kontrakan kecil yang berbiaya 350.000 rupiah perbulan sudah termasuk listrik dan sampah, hal ini dikarenakan untuk menghemat biaya operasional mengingat penjualan terjadi kebanyakan secara online.

Pengalaman dalam setahun menyewa ruko memberikan hikmah bahwa berjualan online diawal-awal tahun, tidak perlu menyewa ruko besar asal terdapat ruang untuk menyimpan stok barang dan ruang untuk karyawan bekerja. Tahun 2016, dengan mengontrak dua kamar kos pun jadi dan mampu menampung enam orang tim gomuda di tahun 2016 merajut kisah sukses bersama. Hal ini sangat saya syukuri selain dapat memberikan kesempatan bekerja bagi yang membutuhkan juga memberikan saya belajar menjadi seorang pemimpin dan terus berjuang mengembangkan usaha.

E-Commerce begitu terasa berpengaruh pada kemajuan ekonomi masyarakat sekaligus memberikan kemudahan bagi pembeli dalam membeli barang. Kerjasama antara marketplace dan penjual kecil menengah tentu akan mempengaruhi ekonomi negara, mengingat kita ketahui bersama bahwa usaha kecil menengah merupakan salah satu penopang utama ekonomi negara.

Semoga E-Commerce lain makin memperhatikan ikatan yang kuat dengan penjual seperti yang saya rasakan bersama Tokopedia, serta memberikan kepercayaan diri dan motivasi pada masyarakat yang ingin memulai usaha. Sehingga jumlah persentase pengusaha di Indonesia yang hanya 1,65% di tahun 2015 menjadi lebih banyak melebihi Singapura yang mencapai 7% dari total penduduknya.

Kita tahu negara Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Bahkan tahun 2020 – 2030 mendatang mendapatkan bonus demografi hingga 70% usia produktif. Hal tersebut adalah potensi besar yang sangat menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi dan kemajuan bangsa. Untuk itu, semoga kita mampu melakukan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, sahabat, masyarakat sekitar, bangsa dan agama.

Kesepuluh tren teknologi informasi dan komunikasi di atas, memberikan begitu banyak kesempatan bagi kita sebagai generasi muda dalam memanfaatkannya sesuai dengan keterampilan dan kemauan untuk maju serta berpikir dan bertindak cerdas dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Pengetahuan, keterampilan serta wawasan dan sikap bisa kita peroleh melalui teknologi informasi dan komunikasi, maka dari itu selayaknya kita mampu mengikuti perkembangan jaman dengan melek teknologi serta memanfaatkannya bukan hanya untuk mempermudah kehidupan pribadi namun pula memberikan manfaat bagi orang lain.

Sebagai blogger, saya berharap teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia makin maju dan tersebar luas bagi masyarakat Indonesia hingga pelosok desa. Karena hingga saat ini, jaringan internet di desa-desa banyak yang belum merasakan internet cepat. Saat teknologi makin maju, maka tugas besar ada pada individu masing-masing terutama generasi muda untuk bersikap cerdas dan bijak dalam memanfaatkannya.

Penulis: Abdurrahim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top