Connect with us

Mengenal Ragam Model Celana Pendek Pria

Fashion

Mengenal Ragam Model Celana Pendek Pria

Model celana pendek terutama bagi pria ternyata beragam. Sekilas model-model tersebut tampak sama, namun ternyata berbeda namanya. Tidak hanya 3 model, namun ada 12 model celana.

Celana pendek atau shorts sebenarnya merupakan pakaian bawahan yang dipakai oleh pria maupun wanita dan merupakan versi pendek dari celana panjang. Sesuai dengan namanya, celana ini tidak menutup seluruh bagian kaki, namun hanya sebagian saja.

Ada model celana pendek yang menutup kaki mulai dari pinggang hingga di bawah lutut dan ada yang menutup hingga di atas lutut. Biasanya celana ini dipakai ketika udara sedang hangat atau panas, atau aliran udara lebih penting daripada melindungi kaki.

Bahannya terdiri dari bermacam-macam, mulai dari katun hingga linen, wol, dan sintetis. Semakin nyaman bahan pembuatnya, maka semakin mahal juga harga jenis celana ini.

Celana pendek meskipun sekarang digunakan juga oleh wanita, namun orang-orang kebanyakan berpandangan bahwa celana ini merupakan salah satu jenis pakaian pria.

Berikut adalah ragam model celana pendek pria yang dapat kita temukan saat ini.

1. Baggy

Celana Pendek Baggy, (sumber: pinterest.com)

Celana Pendek Baggy, (sumber: pinterest.com)

Celana longgar yang mencapai lutut ini diasosiasikan dengan sepak bola dan olahraga semacamnya sejak 1904 ketika Asosiasi Sepak Bola Inggris mengeluarkan aturan mengenai celana selutut. Dengan cepat celana ini menggantikan kedudukan ‘knickerbocker’. Nama ‘Baggies’ sendiri merupakan panggilan populer untuk sebuah klub sepak bola bernama West Bromwich Albion.

2. Bermuda

Celana Pendek Bermuda, (sumber: frugaltraveler.blogs.nytimes.com)

Celana Pendek Bermuda, (sumber: frugaltraveler.blogs.nytimes.com)

Celana yang panjangnya sekitar 3 hingga 4 inchi di atas lutut lutut ini biasanya dipakai oleh para pria di Bermuda, sebuah pulau di Samudera Atlantik Utara. Biasanya mereka memakai celana ini dengan kaus kaki selutut, blazer, dan dasi untuk kegiatan bisnis maupun pesta cocktail.

sweater-rajut-pria

Celana ini tersedia dalam bermacam-macam warna mulai dari yang konservatif seperti abu dan navy, hingga warna terang seperti orange, hijau, dan pink. Mungkin bisa dibilang celana Chino yang sedang populer saat ini termasuk pada jenis celana bermuda.

Celana ini sebenarnya bukan asli milik penduduk Bermuda, namun didesain sekitar tahun 1900 untuk seragam militer Inggris di negara-negara tropis. Lewat para turis lah celana ini menyebar hingga ke Perancis dan Amerika.

3. Boardshort

(sumber: ripcurl.com)

(sumber: ripcurl.com)

Celana ini didesain untuk pemakaian di pantai dan olahraga air. Sebagai perlengkapan berselancar, celana ini muncul di Hawai pada tahun 1950an. Awalnya boardshort terbuat dari bahan katun yang kini sudah digantikan dengan polyester yang kadang dicampur dengan serat lain seperti Lycra, elastane, atau spandex. Panjangnya dibuat sedemikian rupa menutupi lutut untuk melindungi kaki mereka dari lilin pada papan selancar.

4. Boxer short

Celana Pendek Boxer, (sumber: vk-enterprises.net)

Celana Pendek Boxer, (sumber: vk-enterprises.net)

Celana pendek berkaret pinggang yang biasa dipakai sebagai celana dalam ini awalnya didesain untuk dipakai oleh para petinju. Bentuk boxer saat ini diperkenalkan oleh Jacob Colomb, pendiri perusahaan perlengkapan olahraga dan pakaian merek Everlast, pada tahun 1925 sebagai alternatif celana berikat pinggang kulit yang biasanya para petinju pakai.

5. Cargo short

Celana Pendek Cargo, (sumber: styletimeless.com)

Celana Pendek Cargo, (sumber: styletimeless.com)

Cargo short merupakan versi pendek dari celana cargo dengan panjang hanya selutut dan memiliki ciri khas berupa kantung-kantung yang dijahit di sisi luar kaki. Pada 1980, celana ini dibuat sebagai celana yang ideal bagi para olahragawan dan nelayan, dengan dilengkapi tutup kantung yang berguna agar isinya aman dan tidak jatuh keluar.

Pada pertengahan hingga akhir 1990an, celana ini mengalami popularitasnya dalam fesyen pria kebanyakan. Pada 2012, Tim Gunn, seorang fesyen konsultan asal Amerika, mengamati bahwa sementara kantung-kantung pada celana cargo tidak diragukan lagi sangat berguna untuk membawa barang atau alat untuk kebutuhan sehari-hari, cargo short lebih praktis daripada elegan.

6. Cut-off

(sumber: thisnext.com)

(sumber: thisnext.com)

Disebut juga cutoff, merupakan istilah umum dimana celana panjang dipotong setengahnya. Konsep ini sudah ada sejak 1930an dimana celana pendek sudah dapat diterima dipakai di luar lapangan olahraga. Selama 1960an dan 1970an, pemotongan celana jeans menjadi sangat populer di kalangan anak muda. Cut-off dapat dibuat dari celana jeans yang dipotong sendiri maupun membeli yang sudah jadi.

7. Cycling short

(sumber: twistedpolygon.net)

(sumber: twistedpolygon.net)

Sesuai dengan namanya, celana yang menempel di kulit atau ketat ini didesain untuk para pengendara atau pembalap sepeda. Model celana pendek ini didesain pas dengan postur para pengendara sepeda, ringan saat dipakai dalam balapan, dan dibuat dari bahan yang elastis.

8. Denim short atau Jort

Celana Pendek Denim, (sumber: dmarge.com)

Celana Pendek Denim, (sumber: dmarge.com)

Model celana pendek berbahan denim ini disebut juga jort yang merupakan singkatan dari jeans dan short. Denim short merupakan istilah umum untuk berbagai model celana pendek yang terbuat dari jeans.

9. Gym short

(sumber: pinterest.com)

(sumber: pinterest.com)

Merupakan istilah umum bagi model celana pendek yang didesain untuk olehraga.

10. Lederhosen

(sumber: ipernity.com)

(sumber: ipernity.com)

Merupakan celana pendek yang terbuat dari kulit, sering dipakai dengan tali pengikat yang dihubungkan dengan pengikat dada. Merupakan pakaian tradisional orang Bavaria atau yang kini disebut Jerman dan beberapa negara yang dulunya bagian dari wilayah Tyrol dan Hungaria-Austria.

11. Running short

(sumber: higheredutah2020.org)

(sumber: higheredutah2020.org)

Merupakan salah satu bentuk dari model celana pendek gym yang ditujukan atau didesain untuk kegiatan berlari. Celana ini biasanya ringan, sangat pendek, dan ada belahan di sisinya untuk memudahkan atau membebaskan pergerakan kaki.

Bahan kain untuk membuatnya yang paling populer adalah nilon karena kain ini ringan, cepat kering, dan tahan lama. Running short dari bahan nilon pertama kali muncul pada 1970an dan sempat menjadi keraguan di kalangan para pria untuk memakai pakaian yang ringan dan lembut seperti dalaman wanita, celana pendek nilon dengan cepatnya menjadi populer.

Versi yang lebih pendek dari celana ini biasanya dipakai oleh peserta triathlon dan disebut tr-short. Celana pendek trail biasanya dibuat lebih longgar dan kain yang lebih kuat, yang tidak mudah sobek ketika terkena ranting pohon.

12. School short

(sumber: en.wikipedia.org)

(sumber: en.wikipedia.org)

Model celana pendek ini didesain khususnya untuk dipakai sebagai bagian dari seragam sekolah. Model ini biasanya dibuat sama seperti celana panjang yang dirancang khusus, dilengkapi dengan lubang untuk ikat pinggang, kantung, kancing pengencang, dan lining namun potongannya pendek.

Dulu, celana memakai kain dari bahan flannel wol, sekarang kebanyakan dibuaat dari kain sintetis campuran.
Itulah 12 model celana pendek pria yang masih dapat ditemukan hingga hari ini. Adakah yang menjadi favorit Anda?

Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Shorts
http://www.artofmanliness.com/2012/05/30/guide-to-shorts/

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 11 Jenis Topi Pria Paling Umum Dipergunakan - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top