Connect with us
minyak eukaliptus

Tahu Gak

Manfaat Minyak Eukaliptus Bagi Kesehatan

sweater-rajut-pria

Minyak eukaliptus merupakan salah satu minyak essensial multi manfaat yang diperoleh dari pohon eukaliptus. Keistimewaan minyak ini yakni beraroma kuat, menyenangkan dan sangat menyegarkan, belum lagi khasiat lainnya. Karena keunggulannya, minyak ini telah diproduksi massal dan digunakan untuk berbagai macam tujuan kesehatan.

Manfaat kesehatan dari minyak eukaliptus sudah tidak diragukan lagi, mulai sebagai anti-spasmodik, anti-inflamasi, dekongestan, deodoran, anti-septik, stimulating, anti-bakteri dan manfaat pengobatan lainnya. Selain menyehatkan, minyak ini juga biasa digunakan untuk memelihara kecantikan kulit dan rambut.

Berikut beberapa manfaat minyak eukaliptus bagi kesehatan dan kecantikan yang telah dirangkum oleh tim 4muda, keep read!!

Manfaat Kesehatan Minyak eukaliptus:

1. Mencegah Dan Mengobati Gangguan Mulut

Minyak essensial ini dapat mengobati radang gusi, gigi berlubang, dan plak yang menempel pada gigi. Lalu, sifatnya yang anti-kuman sangat berguna dalam melawan berbagai gangguan gigi dan mulut. Apalagi dipadu dengan aroma wangi, menjadikan minyak eukaliptus sebagai obat herbal pilihan utama berbagai gangguan gigi.

2. Meringankan Batuk

Menyemprotkan minyak eukaliptus di ruangan dan mengoleskannya pada leher dan dada, sungguh dapat meringankan seseorang yang sedang menderita batuk. Keampuhan ini berkat sifat dekongestan yang dimiliki minyak essensial ini.

3. Meringankan Penderita Diabetes

Menggunakan minyak ini secara rutin setiap hari dapat melancarkan sirkulasi darah, dan ini dapat berdampak positif terhadap penderita diabetes. Karena dengan lancarnya aliran darah, proses sirkulasi energi tubuh terpelihara, dan tingkat glukosa pun jadi terkontrol.

4. Meringankan Rasa Sakit Di Perut

Mengoleskan minyak eukaliptus sambil dipijat di area perut dapat meringankan rasa sakit di perut akibat gangguan pencernaan, seperti peradangan usus, diare dan disentri.

5. Mengobati Peradangan Telinga

Minyak ini memiliki efek anti-inflamasi, sehingga baik untuk meredakan berbagai macam peradangan, termasuk gangguan telinga. Namun, tetap saja penggunaan minyak ini harus melalui resep dan pengawasan dokter, karena telinga adalah indera yang penting bagi manusia.

6. Meringankan Penderita Cacar Air/Campak

Semprotkan minyak eukaliptus di ruangan agar memberikan efek rileks dan segar pada penderita cacar atau campak.

7. Meringankan Asma

Bagi yang menderita asma ataupun pilek yang sangat mengganggu atau sering mengalami masalah dalam proses pernapasan, seperti merasa sesak pada bagian dada; maka minyak eukaliptus dapat membantu mengurangi rasa sesak akibat asma dan pilek yang melanda tubuh.

Keampuhan tersebut berasal dari sifatnya yang spasmodic (menenangkan) dan dekongestant (melegakan rongga tenggorokan), menyebabkan minyak ini sangat cocok menjadi obat herbal pereda di kala asma menyerang.

8. Mencegah Bronchitis

Mengoleskan minyak pada area dada lalu menghirup aromanya, langkah ini dipercaya mampu mencegah seseorang terhidar dari gangguan bronchitis. Hal itu dikarenakan minyak essensial ini bersfiat anti-kuman.

9. Mencegah Sinus

Selain dapat melegakan rongga pernapasan, minyak eukaliptus juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sinus dan gejala hidung mampet alias tersumbat yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

Caranya cukup simpel dan sederhana, yaitu hanya tinggal menghirup uap air hangat yang sudah diberi tetesan minyak eukaliptus. Uap ini akan membantu melonggarkan dan melegakan rongga hidung dan dapat menghilangkan gejala sinus dan hidung mampet.

10. Menyembuhkan Luka Bekas Gigitan Serangga

Minyak essensial ini bersifat anti-septik yang ampuh membunuh kuman yang coba memasuki tubuh lewat kulit dan udara. Sehingga minyak ini di beberapa tempat telah digunakan sebagai obat penyembuh luka memar, lecet, hingga bisulan. Lalu, minyak ini juga mampu menghilangkan rasa gatal dan sakit akibat gigiatan serangga.

11. Sebagai Zat Anti-Peradangan

Berdasarkan penelitian diketahui, adanya kandungan analgesik atau pereda nyeri pada minyak eukaliptus. Kombinasi minyak eukaliptus, minyak peppermint, minyak lavender dan beberapa bahan lain dapat mengurangi nyeri sekaligus depresi pada penderita arthritis atau nyeri sendi.

12. Sebagai Penghangat Tubuh

Penggunaan minyak eukaliptus yang dioleskan pada kulit juga diduga dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan suhu tubuh. Karena adanya efek ini, minyak essensial ini kerap digunakan oleh para atlet sebagai pemanasan tubuh secara pasif.

13. Mengobati Demam

Walaupun bersifat menghangatkan tubuh, namun efeknya malahan sebaliknya, yakni menurunkan suhu tubuh seseorang yang sedang demam. Khasiat nya akan lebih terasa jika digabung dengan minyak peppermint, caranya oleskan pada bagian tubuh yang sensitif.

14. Membantu Meringankan Sakit Kepala

Karena bersifat spasmodik dan stimulating, minyak ini tidak dapat membantu menyembuhkan sakit kepala, namun produk ini dapat membantu menenangkan, sehingga penderita dapat berpikir lebih baik.

15. Mencegah Pneumonia Dan Tuberkolosis

Di dalam minyak ini terkandung zat anti-septik dan anti-bakteri, yang sangat berguna menetralisir kuman penyakit dari luar tubuh. Rutin menggunakan minyak ini sebelum tidur pada area dada, dipercaya akan mencegah datangnya penyakit pneumonia dan tuberkolosis.

16. Sebagai Obat Kumur-Kumur

Minyak ini mengandung anti-bakteri, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh kuman. Selain itu, anti-septik dalam eucalyptus juga dapat mengurangi pembentukan plak dan gusi. Pilihlah produk obat kumur dan pasta gigi yang mengandung eukaliptus.

17. Sebagai Obat Terapi Dan Sauna

Kini di beberapa tempat sauna di dunia, eukaliptus telah digunakan sebagai ramuan relaksasi, penyegar dan aromaterapi. Menyebabkan kegiatan sauna lebih asik, menyenangkan dan tentunya menyehatkan.

Manfaat Kecantikan Minyak eukaliptus :

1. Sebagai Obat Anti-Septik Kulit

Minyak eukaliptus telah dikenal, digunakan oleh masyarakat dunia. Berkat sifatnya yang anti-septik, wangi, hangat dan menyegarkan, maka cocok dipakai oleh semua kalangan usia, mulai bayi, anak-anak hingga dewasa. Khusus untuk kulit, di pasaran telah banyak tersedia produk eukaliptus yang biasanya dikenal sebagai kayu putih.

2. Meremajakan Kulit

Eukaliptus dapat meremajakan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak essensial ini dengan minyak almond terapkan pada kulit. Setelah beberapa waktu bilas hingga bersih sambil menepuk lembut untuk mengeringkannya.

3. Mengobati Gatal di Kepala

Minyak ini bisa menjadi pendingin yang baik untuk mengurangi rasa gatal. Ambillah satu sendok makan minyak kelapa dan 2-3 tetes minyak eucalyptus. Terapkan campuran tersebut pada kulit kepala dan bilas hingga bersih.

4. Menghilangkan Ketombe

Minyak essensial ini memiliki sifat anti-jamur yang dapat membantu untuk menyingkirkan ketombe dan infeksi jamur lainnya. Oleskan campuran minyak kayu putih dengan minyak kelapa ke kulit kepala Anda. Pijat secara lembut pada kepala dan biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian cuci hingga bersih.

5. Melindungi kulit dari sinar matahari

Minyak ini dapat melindungi tubuh dari terpaan sinar ultraviolet. Selain menggunakan krim sun block alias tabir surya, kita dapat menambahkan minyak eukaliptus dengan cara mengoleskannya ke permukaan kulit anda.

6. Mencegah munculnya kutu rambut dan kutu kepala

Minyak eukaliptus juga berguna dalam perawatan kulit kepala dan rambut, lho. Caranya adalah dengan cara memijat – mijat bagian kepala anda dengan menggunakan minyak eukaliptus secara merata pada seluruh kulit kepala dan rambut. Hal ini akan membuat kulit kepala dan rambut anda menjadi bersih dan sehat, serta mencegah munculnya kutu.

Itulah ketujuh belas manfaat kesehatan dan enam manfaat kecantikan dari minyak eukaliptus, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

 

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Eukaliptus
http://www.alodokter.com/tidak-hanya-menghangatkan-ada-banyak-manfaat-eucalyptus
http://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-eucalyptus-oil-for-skin-hair-health/#gref

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top