Connect with us

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Life Smart

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Buah delima (pomegranate) merupakan buah dengan bentuk bulat, berbiji kecil, dengan warna biji merah cerah. Nama pomegranate sendiri berasal dari kata prancis, yang artinya bauh apel berbiji.

Dipercaya buah ini berasal dari negara Iran dan dibawa ke mesir sekitar tahun 1600 sebelum masehi, kemudian menyebar ke daratan eropa sewaktu invasi kerajaan Roma ke Alexandria. Kejernihan bentuk biji buah delima telah banyak meninspirasi beberapa simbol kultur kebudayaan, berikut tim 4muda akan mengulas beberapa manfaat dari buah berbiji indah ini.

Manfaat kesehatan dari Buah Delima

Buah delima telah lama dilirik oleh dunia kesehatan sebagai obat di timur tengah dan timur jauh selama ratusan tahun. Diantaranya digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan dan masalah kulit. Buah delima kaya akan antioksidan seperti ellagic acid anthocyanin, gallic acids, dan flavonoids quercetin yang banyak berguna mengobati penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes, osteoartihritis dan beberapa penyakit kanker.

1. Mencegah Serangan Jantung

Dalam segelas jus delima terkandung banyak polyphenols dan antioksidan yang lebih tinggi daripada teh hijau ataupun red wine. Lalu, delima juga merupakan sumber serat terbaik karena mengandung punicalagins, serat yang hanya dimiliki buah sejenis delima. Kandungan tersebut membuat buah delima baik dalam mengurangi kolesterol sehingga mampu mencegah serangan jantung lebih dini.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Buah delima dapat menolong meringankan kerja sistem pencernaan. Buah ini mampu memancing nafsu makan dan mengontrol tubuh dari kehilangan cairan, sehingga baik dikonsumsi saat cuaca panas. Lalu delima juga dapat mengobati infeksi saluran kencing. Kandungan serat yang tinggi, termasuk insoluble dan soluble sangat menolong meningkatkan sistem pencernaan agar bekerja lebih baik.

3. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buahnya langsung atau dibuat jus secara rutin sangat bagus dalam memelihara sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah menolong tubuh terhindar dari ancaman berbagai penyakit.

4. Mengurangi Stress

Manfaat selanjutnya dari buah delima yakni mampu mengurangi tingkat stress secara alami. Berdasarkan penelitian dair Universitas Queen Margaret, jus delima menolong pasien dari stress, dengan menurunnya level kortisol (pemicu stress). Faktanya, kortisol merupakan hormon stress.

5. Mencegah Kanker

Dari berbagai penelitian lainnya, ditemukan bahwa polyphenols dan antioksidan yang terdapat pada delima mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Kanker jika telat ditangani akan sulit diobati, lebih baik mencegah sebelum mengobati.

6. Mengurangi Resiko Alzheimer

Diantara manfaat terbaik dari buah delima yakni buah ini mampu mengurangi resiko terkena Alzheimer atau kepikunan. Berdasarkan penelitian dari Universitas Loma Linda, dengan mengkonsumsi secara rutin jus delima dapat menolong kerusakan pada protein di sel-sel penyebab Alzheimer.

7. Memelihara Kadar Gula Dalam Darah

Buah delima mengandung fruktosa, yang tidak menyebabkan kadar gula dalam darah naik sebagaimana buah yang lain. Dari penelitian, tidak ditemukan indikasi kenaikan gula penyebab diabetes dalam buah delima, malahan baik untuk memelihara kadar gula dalam darah.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Karena buah delima mampu memelihara kadar gula, maka efek turunannya yakni buah ini mampu mengontrol tekanan darah. Faktanya, buah ini mampu menurunkan tekanan darah, dan mereduksi pembengkakan saluran darah.

9. Meningkatakan Libido

Rutin mengkonsumsi buah delima bermanfaat meningkatkan kadar hormon testoteron pada pria. Dengan kata lain, delima adalah obat pembangkit gairah seksual alami untuk meningkatkan libido.

sweater-rajut-pria

10. Mengobati Diare

Yup, jika kita mempunyai masalah dengan pencernaan seperti sakit perut, diare atau disentri, cobalah mencampur bauh delima dengan madu lalu dibuat jus. Obat alami ini mampu menghilangkan rasa sakit dan mengobati masalah pencernaan lainnya secara efektif.

11. Mencegah Anemia

Manfaat selanjutnya dari buah delima yakni mencegah anemia. Seperti kita ketahui, anemia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah dibandingkan dengan jumlah sel darah putih. Buah delima mengandung zat besi terbaik, yang mampu merangsang pembentukan sel darah merah.

12. Mempercepat/memprbaiki Regenerasi Tulang

Jika sedang menderita peradangan tulang, maka meminum jus buah delima sangat dianjurkan. Bahkan di rumah sakit khusus pasien yang menderita tulang patah, mereka setiap harinya meminum jus buah delima.

Berikut manfaat buah delima bagi kecantikan tubuh kita.

1. Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi buah delima secara rutin dapat menolong menurunkan proses penuaan pada kulit, mereduksi garis-garis halus dan keriput. Delima juga mampu meregenerasi sel-sel kulit dan mencegah timbulnya noda hitam pada kulit.

Kemampuan ini diperoleh karena adanya zat ellagic acid di dalam buah. Zat ini menolong kulit dari paparan sinar ultraviolet, serangan radikal bebas dan merangsang pembentukan kolagen.

2. Cocok Untuk Berbagai Tipe Kulit

Keampuhan buah delima bermanfaat bagi semua tipe kulit, khususnya kulit kering. Bekerja dari dalam, nutirisi delima diserap sel-sel kulit hingga ke tingkat molekul. Kandungan punicic acid dan omega 3 pada buah menolong kulit dari kekurangan air secara kosntan. Delima pun bermanfaat mencegah dan mengobati jerawat dan kulit berminyak.

3. Menyamarkan Bekas Luka

Buah delima membantu meregenerasi sel-sel kulit pada jaringan dermis dan erpidermis. Kemampuan ini sangat bermanfaat dalam penyembuhan kulit paska luka. Lalu, minyak dari biji delima juga sangat bernutrisi bagi kulit yang manfaatnya menguatkan dan meremajakan epidermis.

4. Meningkatkan Kejernihan Kulit

Jus buah delima dapat merangsang produksi kolagen dan elastin yang bermanfaat mengencangkan kulit dan mencegah terbentuknya keriput pada kulit. Elastin dan kolagen seperti yang kita kenal merupakan substansi penting untuk memperkuat dan mempercantik kulit. Kekurangan kedua zat ini menyebabkan pertumbuhan kulit terganggu dan menyebabkan banyak permasalah kulit, seperti kekeringan, keriput hingga jerawat.

5. Mencegah Kanker Kulit

Untuk mencegah kanker kulit, dianjurkan minum jus buah delima secara rutin setiap hari. Buah ini mengandung hydrosable tannins dan anthocyanins yang mempunyai kemampuan antitumor dan antioksidan kuat. Ketika zat ini diserap oleh jaringan kulit, secara tidak langsung memperlambat pertumbuhan sel kanker kulit. Jadi, konsumsilah delima secara rutin untuk memperoleh kulit yang sehat dan cantik.

Sekian dua belas manfaat kesehatan dan lima manfaat kecantikan dari buah delima, semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
http://livelovefruit.com
http://www.beautyandtips.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top