Fashion

Inspirasi Tren Warna Fesyen Pria 2017: Hijau

tren warna 2017 hijau

Tren warna pada fesyen dunia ternyata tidak berlaku bagi wanita saja, namun berpengaruh pada pria juga. Greenery atau hijau tumbuhan atau hijau pada umumnya, diumumkan sebagai “Color of The Year 2017” di akhir tahun 2016 kemarin. Warna ini diprediksi akan muncul pada awal musim semi 2017.

Penentuan tren warna setiap tahunnya ternyata tidak hanya asal pilih saja, apakah sesuai mood atau ramalan cuaca, namun ada institusi yang melakukan riset mendalam berdasarkan informasi dan percobaan-percobaan warna.

Diantara sekian banyak institusi, ada dua yang terkenal dan berpengaruh dalam menentukan tren warna dunia yaitu Akzo Nobel Global Aesthetic Center (Dulux) dan Pantone Color Institute.

Dulux dan Akzo Nobel Global Aesthetic Center merilis makalah riset setiap tahunnya dengan judul “Colour Futures” yang memperkirakan tren warna untuk 12 bulan yang akan datang. Riset ini menyatukan sekelompok ahli internasional dan pengamat tren dari seluruh penjuru dunia, dan dari berbagai jurusan desain.

Proses ini memungkinkan Azko Nobel untuk menominasikan sejumlah tren dan lalu mempertimbangkan bagaimana tren ini akan mempengaruhi konsumen.

Sebagai merek terkemuka di bidang pewarnaan dinding, Dulux mengumumkan Denim Drift sebagai Colour of the Year 2017. Warna biru denim yang menenangkan ini dapat diaplikasikan tidak hanya pada dinding namun juga pada dekorasi interior rumah.

Sementara itu, Pantone Color Institute merupakan organisasi yang dinilai paling ahli dalam hal warna. Semua bidang atau industri yang berhubungan dengan warna menggunakan palet warna mereka yang terdiri dari ratusan pilihan warna.

Pantone juga tidak hanya memberi nomor dan memberi nama pada warna-warna tersebut, namun juga disertai dengan analisis. Setiap tahun, melihat dari tren dan sentimen yang terjadi di seluruh dunia, organisasi ini memilih warna utama dan beberapa nuansa untuk setiap musimnya.

Pantone Color Institute merupakan bagian dari perusahaan Pantone. Organisasi ini merupakan grup yang sangat kuat ikatannya, yang terdiri dari para ahli dan sejumlah besar koresponden yang berkedudukan di seluruh dunia.

Koresponden tersebut tidak hanya fokus pada fesyen di catwalk namun segala aspek kehidupan yang berhubungan dan mempengaruhi warna. Informasi dari para koresponden ditampung di pusat dan para ahli lah yang pada akhirnya memutuskan warna kunci untuk tahun yang akan datang.

pantone_greenery

Pantone Greenery

Untuk tren warna 2017, Pantone mengumumkan greenery sebagai Color of The Year 2017. Warna greenery digambarkan sebagai nuansa hijau kekuningan yang segar dan penuh semangat menyambut musim semi.

Biasanya warna dengan kode PANTONE 15-0343 ini lebih sering dipakai pada fesyen olahraga dibanding busana siap pakai. Salah satu pertimbangan pemilihan warna ini adalah dampak suasana politik skala global.

Warna ini diharapkan dapat menghidupkan, memulihkan, dan dan memperbarui harapan di tengah kondisi sosial politik yang kompleks.

Tren warna hijau di panggung catwalk dunia sudah terlihat seperti pada koleksi musim semi 2017 dari Balenciaga, Marjan, Kenzo, Gucci, dan Cynthia Rowley. Sisanya, diprediksi akan terlihat pada awal Februari 2017 karena beberapa merek fesyen dunia akan membawakan warna ini pada koleksi musim gugur mereka.

Berikut adalah beberapa koleksi pakaian pria yang sudah memakai hijau greenery pada pertunjukan fesyen mereka.

Robert Gellar Spring-Summer 2017, New York Fashion Week

Robert Gellar Spring-Summer 2017, New York Fashion Week (sumber: pinterest.com)

Greenery-in-mens-fashion

Koleksi musim semi 2016; dari kiri ke kanan, Jeremy Scott, Richard James, Issey Miyake, dan Moncler (sumber: printmag.com)

Tertarik untuk mengikuti tren warna hijau tumbuhan ini?

Mungkin bagi sebagian pria warna ini terlalu ‘ngejreng’ untuk dipakai. Dan, bisa jadi malah membuat tidak percaya diri ketika memakainya. Namun, anda tidak perlu khawatir, tren warna greenery ini tidak harus diikuti 100% agar menjadi kekinian.

Berikut adalah inspirasi warna hijau lainnya yang bisa menjadi alternatif.

Tren warna Fesyen Pria - Hijau, Teal Green

Tren warna Fesyen Pria – Hijau, Teal Green, gambar: fabricato.com

Tren warna Fesyen Pria - Hijau, Olive Green

Tren warna Fesyen Pria – Hijau, Olive Green, gambar: fabricato.com

Warna hijau lumut atau hijau zaitun (Olive Green), diprediksi sebagai warna tren fesyen pria 2017 untuk beberapa fesyen kenamaan dari Inggris, seperti yang dibahas dalam beberapa artikel fashionbeans, hijau adalah warna terhangat yang dipamerkan dalam London Fashion Week Men’s (LFWM) 2017.

Tren warna fesyen pria: Hijau, Emerald Green

Tren warna fesyen pria: Hijau, Emerald Green, gambar: pinterest.com

Tren warna greenery maupun warna hijau lainnya, dapat diaplikasikan pada berbagai jenis pakaian baik itu atasan dan bawahan. Tak ketinggalan, sweater. Berikut koleksi www.gomuda.co yang dapat anda pilih untuk dijadikan koleksi pada tahun ini.

Gomuda sweater rajut pria, twist green

Gomuda sweater rajut pria, twist green

Gomuda sweater rajut pria, twist greenta

Gomuda sweater rajut pria, twist greenta

Gomuda sweater rajut pria, Zebra Young

Gomuda sweater rajut pria, Zebra Young

Tren warna greenery pada 2017 seperti yang diungkapkan sebelumnya diharapkan dapat menjadi pemulih dan pemberi harapan baru baik bagi para pemakai maupun yang melihatnya. Sebagaimana arti warna hijau sendiri dalam psikologi yaitu merupakan representasi warna alam, dedaunan, kesegaran, relaksasi, harmoni, alami, sejuk, dan bersifat menenangkan.

Warna hijau juga memiliki sifat yaitu menyegarkan, membangkitkan energi, memberikan efek menenangkan, menyejukkan, menyeimbangkan emosi, memberikan rasa bahagia, dan percaya diri. Keindahannya diyakini dapat mengurangi rasa stres, memberikan rasa aman dan perlindungan.

Semoga ulasan 4muda kali ini dapat memberi pengetahuan tambahan dan menjadi inspirasi, ya. Pakai hijau, siapa takut!

Penulis Panca Purnamasari / IG: @punchcha

Referensi:
https://cantik.tempo.co/read/news/2016/12/13/339827510/greenery-warna-tren-2017
http://www.houzz.com/ideabooks/65580285/list/world-of-design-where-color-trends-begin
https://www.dulux.co.uk/en/articles/colour-of-the-year-2017
https://www.pantone.com/fashion-color-report-spring-2017
http://www.hermanbagus.com/2015/09/arti-warna-hijau-dan-keistimewaannya.html

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top