Tahu Gak

Inilah Lima Warna Mata Yang Sangat Jarang Ditemukan dan Selebriti Hollywood Yang Memilikinya

Berdasarkan hasil penelitian Eiberg dan kawan-kawan di tahun 2008 yang dipublikasikan di ‘Human Genetics’ menyebutkan bahwa semua yang bermata biru mempunyai leluhur yang sama. Mereka hidup sekitar 6.000 hingga 10.000 tahun yang lalu, dan ternyata mutasi genetis lah yang menyebabkan perbedaan warna mata manusia dari yang awalnya berwana coklat.

Yap, berdasarkan hasil penelitian di atas, mata manusia pada awalnya sama, berwarna coklat. Tapi karena terjadi mutasi genetis, maka warna mata manusia jadi bermacam-macam. Konon, mata kita yang sekarang dipengaruhi oleh 16 gen yang berbeda.

Utamanya ada dua faktor yang menyebabkan perbedaan warna mata manusia :

  1. Tingkat pigmentasi pada iris
  2. Hamburan cahaya di stroma pada iris

Bagian-bagian Mata (hrexach.wordpress.com dengan editan)

Mata yang berwarna gelap mempunyai konsentrasi melanin pada stroma yang lebih tinggi daripada mata yang berwarna cerah. Melanin adalah zat protein atau pigmen yang berperan menentukan warna pada kulit, rambut, dan mata.

Iris pada mata (en.wikipedia.org dengan editan)

Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian, warna mata pada manusia yang paling banyak adalah coklat, diikuti biru dan abu-abu. Menariknya warna biru pada mata bukan dihasilkan dari pigmentasi warna biru di dalam mata. Faktanya warna biru pada mata adalah hasil dari pigmentasi warna hitam kecoklatan pada epithelium (lapisan-lapisan pigmen pada iris / pigmentary layers of iris) dan sedikit tingkat melanin pada stroma yang ada di depan epithelium. Oleh karena itu panjang gelombang cahaya yang lebih pendek cenderung memantul pada stroma, menghasilkan hamburan Rayleigh, membuat mata terlihat berwarna biru. Hal ini juga berlaku untuk mata berwarna hijau.

Hamburan Rayleigh merupakan fenomena yang awalnya digunakan untuk menjelaskan kenapa langit berwarna biru. Fenomena ini ditemukan oleh Lord Rayleigh atau John William Strutt, Baron Rayleigh ketiga, seorang ahli fisika dari Inggris.

Berikut ini adalah warna-warna mata yang langka dimiliki manusia di dunia beserta selebriti Hollywood yang memilikinya.

1. Warna Mata Hijau

Hanya sekitar dua persen dari jumlah manusia di dunia ini yang bermata hijau. Selain jarang, warna mata ini konon adalah warna yang memikat. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa banyak bintang Hollywood yang bangga memilik warna mata ini.

Mata hijau Channing Tatum, gambar: pinterest.com

Sama seperti warna biru pada mata, warna mata hijau adalah hasil dari hamburan cahaya Rayleigh yang memantul dari warna kekuningan pada stroma.

Para peneliti menemukan warna mata ini lazim ditemukan pada wanita dewasa Islandia dan Belanda. Orang-orang yang bermata hijau biasanya dilahirkan dengan mata berwarna biru atau abu-abu. Seiring berjalannya waktu, melanosit yang memproduksi melanin pada iris berubah warna menjadi hijau.

Saat ini mata hijau sering ditemukan di Eropa Utara, Tengah, dan Selatan, juga di Asia Tengah, Barat, dan Selatan. Orang Eropa-Amerika yang bermata hijau biasanya mempunyai darah Jerman dan Celtic. Salah satu selebriti Hollywood yang bermata hijau adalah Channing Tatum.

2. Warna Mata Amber

Mata berwarna amber dikenal juga dengan sebutan “mata serigala” karena umumnya serigala mempunyai mata berwarna amber. Warna amber merupakan warna coklat kekuningan atau keemasan dengan semburat warna tembaga. Pigmen yang bertanggung jawab akan warna ini adalah lipochrome.

Mata Nicole Richie, gambar: cdni.condenast.co.uk

Konsentrasi lipochrome yang sangat tinggi berpadu dengan konsetrasi melanin yang rendah menghasilkan warna cantik ini yang sangat jarang ditemukan pada mata manusia. Warna mata ini umumnya ditemukan di wilayah Asia dan Amerika Selatan. Selebriti Hollywood yang mempunyai warna mata ini adalah Nicole Richie.

3. Warna Mata Violet

Warna violet atau keunguan pada mata merupakan warna yang jarang sekali didapati pada manusia. Konon, berdasarkan mitos dari Mesir kuno, warna mata ini merupakan hasil dari mutasi genetis yang disebut “Alexandria Genesis”. Dikatakan bahwa manusia yang mengalami mutasi ini cenderung berkulit pucat dan bermata ungu. Dikatakan pula bahwa mereka kebal dari berbagai penyakit dan cenderung awet muda. Kulit mereka tahan dari penuaan, terbakar, dan menjadi kecoklatan. Penglihatan mereka pun selalu normal dan sempurna di sepanjang hidupnya.

Warna mata Elizabeth Taylor, gambar: bodyodd.nbcnews.com

Warna mata violet dihasilkan dari komposisi melanin dan pigmentasi yang sangat jarang terjadi. Dari segi keilmuan, dipercaya bahwa warna mata biru gelap kadang-kadang terlihat ungu, dan mata yang benar-benar ungu terdapat pada kasus albino sama seperti mata berwarna merah.

Selebriti Hollywood yang konon mempunyai mata violet hingga dibuat parfumnya 9 bulan sebelum kematiannya adalah artis legendaris Elizabeth Taylor, yang sebenarnya bermata biru.

4. Warna Mata Hitam

Warna mata hitam sering diidentikan dengan kegiatan paranormal, lebih tepatnya setan atau kerasukan setan. Tapi apakah memang benar di dunia ini ada yang berwarna hitam selain dari efek lensa kontak yang sering dipakai pada film-film horor?

Warna mata Eva Longoria nyaris hitam, gambar: pinterest.com

Mata coklat gelap biasanya tampak menjadi hitam dalam keadaan normal. Tapi ketika disorot cahaya atau mendapat cahaya terang, mata hitam tersebut aslinya adalah berwarna coklat gelap. Selebriti Hollywood yang mempunyai warna mata coklat tua alias ‘nyaris’ hitam dapat kita lihat pada mata Eva Longoria yang cantik.

5. Warna Mata Heterochromia

Heterochromia merupakan hasil dari mutasi genetis, dimana keadaan warna iris pada sebuah mata berbeda dari iris mata di sebelahnya, atau sebagian iris di satu mata berbeda warna dengan bagian iris yang lainnya. Jika iris berbeda warna pada sepasang mata disebut Heterochromia Sempurna. Jika iris berbeda warna di satu mata maka namanya Heterochromia Sebagian/Parsial/Sektoral.

Warna mata Josh Henderson, kanan biru, kiri hijau, gambar: magazine.foxnews.com

Penyebab keadaan ini dihubungkan dengan bermacam-macam faktor, mulai dari kelainan genetik hingga traumatis. Hal ini juga dapat terjadi karena penyakit yang menyebabkan ekses atau kekurangan pigmen pada iris secara keseluruhan atau sebagian.

warna mata Henry Cavill, gambar: henrycavill.org

Kondisi ini memang tidak umum dan jarang terjadi. Josh Henderson merupakan bintang Hollywood dengan kondisi heterochromia sempurna. Dan Henry “Man of Steel” Cavill mempunyai mata dengan kondisi heterochromia parsial.

4 Comments

4 Comments

  1. Rid

    March 17, 2016 at 16:11

    Ada lagi. Warna sangat biru laut, saya cuma pernah tau dimiliki grav3yardgirl, youtuber dari Amerika.

  2. Pingback: Ragam Bentuk Alis Mata Pria dan Wanita serta Selebritis Pemiliknya - 4muda.com

  3. dane

    August 5, 2016 at 05:10

    Troye sivan, warna matanya deep blue. Sama kaya cavil, tpi troye lebih biru keabu abuan

  4. miqueltort

    August 11, 2016 at 23:09

    tambah sempurna aja manusia ,dengan warna2 mata yg sangat indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top