Connect with us

10 Puncak Gunung “Seperti Meja” Terpopuler Di Dunia

Canyonlands, gambar hdlatestwallpapers

Top 10

10 Puncak Gunung “Seperti Meja” Terpopuler Di Dunia

Umumnya puncak sebuah gunung berbentuk runcing atau memiliki kaldera (semacam kawah akibat letusan). Namun, bagaimana jika puncak sebuah gunung memiliki bentuk tak lazim, yakni datar seperti meja? Mungkin kita akan terkagum-kagum bila melihatnya.

Puncak gunung berbentuk meja merupakan hasil geologis formasi bumi selama ratusan juta tahun. Alhasil, mereka terisolasi dari tanah, seakan menjadi “sebuah pulau diatas hutan” yang memiliki sejumlah tumbuhan unik dan hewan langka yang tidak ditemui di belahan bumi manapun.

Misalnya, di kedalaman hutan Venezuela yang belum terjamah, terdapat sebuah gunung yang puncaknya hampir datar seperti meja yang disebut tepuis. Selain di Venezuela, puncak berbentuk datar juga ditemukan di beberapa tempat lain di bumi dengan sebutan bermacam-macam mulai dari mesa, tuya, butte, amba atau table mountain.

Kali ini 4muda akan mengulas sepuluh puncak gunung “seperti meja” terpopuler di dunia.

10. Mount Conner, Australia

Mount Conner, gambar panormio

Mount Conner, gambar panormio

Mount Conner merupakan puncak gunung meja pertama, dimana puncaknya datar sempurna seperti tutup toples menutupi wadah makanan. Jika dilihat dari atas-samping, bentuknya seperti tapal kaki kuda.

Mount Conner bukanlah gunung Uluru yang diperkirakan banyak orang. Suku Aborigin disana menyebutnya gunung Artilla, mereka mempercayai diatas nya tinggal “iceman” atau manusia salju, yakni manusia yang mendatangkan musim dingin.

9. Brown Bluff, Antartika

Brown Bluff, gambar komar.org

Brown Bluff, gambar komar.org

Terletak di utara Tanjung Peninsula, Antartika; Brown Bluff merupakan puncak gunung api non-aktif setinggi 745 meter dengan puncak berbentuk datar dan ditutupi es. Uniknya, tebing berwarna coklat kemerahan, membuat panorama disekeliling tebing jadi lebih menarik.

Tepat di bawah tebingnya, terdapat pantai yang telah menjadi rumah bagi ribuan pinguin Gentoo dan Adelie.

sweater-rajut-pria

8. Mount Asgard, Kanada

Mount Asgard, gambar thousandwonders.net

Mount Asgard, gambar thousandwonders.net

Puncak Asgard terdiri dari dua buah puncak yang dipisahkan oleh “jembatan batu”, dimana kedua puncaknya datar dan gunungnya berbentuk seperti menara batu silinder. Terletak di taman nasional Auyuittuq, pulau Baffin dan merupakan salah satu puncak paling terkenal pada rangkaian pegunungan Baffin.

Nama puncaknya sendiri diambil dari mitologi dewa Norse. Pada 1976, seorang stuntman atau pemeran pengganti bernama Ricky Sylvester, beraksi dengan terjun dari puncak ini dalam syuting film James Bond “The Spy Who Loved Me”, walaupun setting film keseluruhannya mengambil panorama pegunungan Alpen.

7. Kukenan, Venezuela

Kukenan, gambar wikimedia.org

Kukenan memiliki tinggi sekitar 2.680 meter dari permukaan laut, serta panjang tepui-nya sekitar 3km. Tepui atau tepuy merupakan puncak gunung berbentuk meja. Letak Kukenan berdekatan dengan pegunungan Roraima yang terkenal memiliki puncak-puncak indah. Kukenan sendiri dikalangan para climber sangat sulit untuk ditaklukan dibandingkan puncak Roraima.

Selain puncaknya yang indah, disini terdapat Cuquenan, yaitu salah satu air terjun tertinggi di dunia yang letaknya di ujung selatan tepui.

6. Herðubreið, Islandia

Herðubreið, gambar mbl.is

Herðubreið, gambar mbl.is

Berlokasi di dataran tinggi Islandia, Herðubreið merupakan puncak gunung datar dengan sisi tebing sangat curam dan diisi oleh sejumlah gletser. Kawah lingkaran sempurna puncak ini hasil dari letusan magma jutaan tahun lalu. Sebutan puncak datar bagi Herðubreið adalah tuya.

Puncak gunung datar dengan lereng curam serta di tutupi gletser ini pertama kali ditemukan sekitar 1908, dan penemuan ini menambah khazanah ilmu pengetahuan geologis dan geografi saat itu.

5. Debre Damo, Ethiopia

Debre Damo, gambar wikimedia.org

Debre Damo terletak di utara Ethiopia, puncak gunung ini memiliki bentuk datar sempurna. Ditemukan sekitar abad ke-6 M oleh seorang biarawan. Setelah ditemukan, biarawan tersebut memanjat puncak Debre dengan menggunakan tali di sisi tebing, dengan tujuan mencari dan mengumpulkan manuskrip kitab yang hilang.

Konon, para biarawan membangun sebuah gereja di atas puncak gunung ini, dan sekarang masih dapat ditemui sisa-sisa bangunannya. Ada yang menyebutkan, orang yang menemukan dan mengusulkan pemanjatan puncak Debre adalah biarawan dari Syiria.

4. Auyantepui, Venezuela

Auyantepui, gambar complotmagazine.com

Auyantepui berarti “gunung para setan”, yang diambil dari bahasa suku Pemon. Gunung ini merupakan salah satu tepui paling ramai dikunjungi di Venezuela. Di sini pun terdapat air terjun paling tinggi di dunia, Angel Falls, dimana airnya keluar jatuh dari celah batuan di puncak Auyan.

Nama air terjun sendiri diambil dari nama seorang pilot Jimmie Angel yang tak sengaja pada 1933 terbang di sekitar Auyuntepui, dan melihat ada air terjun di sana. Naasnya pada 1937, saat Angel terbang kembali dengan pesawat kecilnya membawa 11 penumpang, ia mengalami kecelakaan saat melintasi puncak gunung ini.

3. Canyonlands, USA

Canyonlands, gambar hdlatestwallpapers

Canyonlands, gambar hdlatestwallpapers

Canyonlands terletak di timur Amerika, tepatnya di dalam taman nasional Utah. Dari kejauhan, Canyonlands terlihat mencolok dan indah, karena memiliki sederetan puncak gunung yang datar serta tebingnya berwarna coklat kemerahan kontras dibandingkan birunya langit.

Canyonlands juga menjadi pemisah wilayah di Colorado. Bersama-sama sungai Green, mereka membagi daratan Colorado menjadi beberapa distrik. Penduduk setempat menamai Canyonlands sebagai “the island in the sky” atau pulau di atas awan. Di atas puncak Canyonlands kita akan menemui deformasi bebatuan unik dan panorama mengagumkan saat pandangan mata melihat sekeliling area Utah.

2. Mount Roraima, Venezuela

Mount Roraima, gambar unbelievableinfo.com

Mount Roraima, gambar unbelievableinfo.com

Puncak Roraima memiliki tinggi 2.772 meter, dan ini merupakan tepui paling terkenal dan tinggi di Venezuela. Disamping tingginya, puncak roraima terisolasi sempurna dari hutan yang ada di bawahnya. Hal ini menyebabkan satu sampai tiga spesies tumbuhan yang hidup di atas Roraima tumbuh unik dan berbeda.

Terkenalnya puncak Roraima tidak terlepas dari peran Sir Arthur Conan Doyle. Pada 1912 ia menulis sebuah novel fiksi berjudul “The Lost World. Novel tersebut menggambarkan ekspedisi seorang ilmuan untuk meneliti tumbuhan yang ada di sebuah puncak gunung datar, dimana di sana diprediksi masih terdapat tumbuhan kuno dan dinosaurus. Puncak gunung datar ini secara eksplisit merujuk puncak Roraima.

1. Table Mountain, Afrika Selatan

Table Mountain dan Cape Town, gambar youtube.com (COVER)

Table Mountain dan Cape Town, gambar youtube.com (COVER)

Dari namanya sudah kelihatan, puncak gunung satu ini pastinya datar. Table Mountain merupakan salah satu puncak datar paling terkenal di dunia yang dapat dilihat secara jelas di Cape Town, Afrika Selatan. Sesungguhnya, Table Mountain merupakan dataran tinggi yang memiliki panjang 3 km dari sisi ke sisi satunya lagi dan dikelilingi oleh tebing curam.

Walaupun tingginya kalah dibandingkan Mount Roraima, yakni hanya 1.086 meter, namun pemandangan puncak yang berpadu dengan indahnya kota Cape Town di utara dan lautan Atlantik di sisi barat hingga selatan, membuat Table Mountain banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Bahkan para pengunjung tidak perlu memanjat untuk mencapai puncak gunung ini, disini sudah tersedia kereta gantung yang siap membawa kita ke puncak. Konon orang yang pertama kali mencapai puncak ialah orang Eropa bernama Antonio de Saldanha, ia memanjat sekitar tahun 1503.

Sekian kesepuluh puncak gunung datar “seperti meja”, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Table_Mountain
http://www.greendiary.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top