Connect with us

Inilah 10 Mesin Pencari Terpopuler

Tech

Inilah 10 Mesin Pencari Terpopuler

Manusia modern masa kini yang menginginkan segala sesuatu serba cepat dan instan serta ketergantungan internet, tidak dipungkiri membuat mesin pencari menjadi salah satu andalan dalam hidup mereka. Pencarian mulai dari nomor telepon rumah sakit, review barang yang akan dibeli, hingga mencari keterangan orang yang disuka pun dilakukan tak jarang menggunakan mesin pencari atau kita kenal “Search Engine”.

Mesin pencari atau lengkapnya mesin pencari web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen (server) dalam suatu jaringan. Mesin ini merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.

Hasil dari mesin pencari pada umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Menurut sejarahnya, mesin pencari berawal dari Tim Berners-Lee yang membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web yang ada di internet melalui peladen web CERN. Namun, banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk dikelola oleh manusia.

Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch; mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat; kemudian membuat Archie di tahun 1990. Archie menjadi utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk melakukan pencarian di internet. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.

Setelah itu munculah berbagai mensin pencari hingga munculnya Yahoo! di tahun 1995 dan menjadi mesin pencari utama di internet selama beberapa tahun yang mencapai puncaknya sekitar tahun 2000. Google kemudian muncul di akhir tahun 1997 dan menjadi pesaing utama mesin-mesin pencari yang sudah ada sebelumnya. Hingga akhirnya Google mencapai puncak kepopulerannya di tahun 2013, meraih peringkat pertama di Alexa hingga saat ini.

Lalu, bagaimana dengan mesin-mesin pencari lainnya? Berikut adalah daftar 10 mesin pencari terpopuler dunia.

1. Google

Meraih peringkat pertama pada Alexa rank, diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 1.100.000.000 setiap bulannya.

Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. yang awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata, yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga.

2. Baidu

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.

sweater-rajut-pria

Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif.

Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet dan ranking 4 pada tahun 2016 dan menjadi ranking 1 di China. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.

Pada Januari 2014, kapitalisasi pasar Baidu berdiri pada nilai $55 billion. Merupakan satu dari perusahaan yang didirikan dari nol tersukses sepanjang sejarah bila dilihat dari kapitalisasi pasar, pendapatan, pertumbuhan, dan pengaruh budaya.

3. Yahoo! Search

Yahoo search diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 300.000.000 setiap bulannya. Saat ini berdasarkan ranking alexa berada diperingkat 5 dunia berada diposisi setelah Baidu.com.

Yahoo! Search adalah mesin pencari web, yang dimiliki oleh Yahoo! Inc yang diluncurkan pada tanggal 1 Maret 1995. Yahoo! Search yang awalnya disebut sebagai Yahoo! menyediakan antarmuka pencarian, akan mengirimkan pertanyaan ke indeks pencarian halaman yang dilengkapi dengan direktori situs. Hasilnya disajikan kepada pengguna di bawah merek Yahoo!.

Pada tahun 2001, indeks pencarian ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, ketika Yahoo! Search menjadi independen. Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan perjanjian di mana Bing mendukung Yahoo! Search.

4. Bing

Meraih peringkat ke 19 di dunia berdasarkan Alexa, diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 350.000.000 setiap bulannya.

Bing merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni untuk menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Mesin ini diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.

5. Yandex

Yandex adalah sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60% dan sekitar 1,7% di dunia. Yandex merupakan mesin pencari terbesar keempat di dunia berdasarkan Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya.

Selain di Rusia, Yandex juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus dan Kazakhstan. Yandex saat ini berada diposisi ranking pertama di rusia serta ranking 20 di dunia.

6. Ask

Ask.com mendapatkan peringkat ke 55 pada Alexa , diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 245.000.000 setiap bulannya.

Ask.com (awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves) merupakan situs tanya jawab yang fokus kepada e-bisnis dan mesin pencari web yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California. Ask.com sempat dikritisi untuk toolbar browser nya karena berperilaku seperti malware terutama Oracle yang tidak mudah untuk dihapus sekalinya diinstall.

7. Aol Search

Meraih peringkat 152 pada alexa rank dan diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 125.000.000 setiap bulannya. Merupakan mesin pencari web yang dimiliki oleh AOL (American Online) yang diluncurkan pada tahun 2005.

Aol Adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York City yang berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web. Bisnis perusahaan meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan.

8. DuckDuckGo

Meraih peringkat 735 pada Alexa rank, diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 100.000.000 setiap bulannya.

DuckDuckGo adalah mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yandex, Yahoo, Bing dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasilnya. Kebijakan mesin pencari ini melindungi privasi, dan tidak merekam informasi pengguna. Karena pengguna tidak diprofilkan pada “Filter gelembung”, dengan semua pengguna yang menunjukkan hasil pencarian yang sama untuk istilah pencarian tertentu.

Perusahaan ini berbasis di Paoli, Pennsylvania, Amerika Serikat di Philadelphia Raya didirikan oleh Gabriel Weinberg pada tahun 2006 dan resmi diluncurkan September 2008. Nama perusahaan ini berasal dari permainan anak-anak bebek, bebek, angsa atau duck, duck, goose.

9. WebCrawler

Meraih peringkat 1.807 pada Alexa rank di tahun 2016, diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 65.000.000 setiap bulannya.

WebCrawler merupakan mesin pencarimeta yang memadukan pencarian tertinggi hasil dari Google Search dan Yahoo! Search. WebCrawler juga menyediakan bagi para pengguna pilihan untuk memilih gambar, audio, video, berita, yellow pages (nomor telepon dan alamat bisnis) dan white pages (nomor telepon serta alamat biasa) . WebCrawler merupakan sebuah merek dagang terdaftar dari InfoSpace, Inc. Mesin ini mulai beroperasi pada tanggal 20 April 1994 dan diciptakan oleh Brian Pinkerton di Universitas Washington.

10. Infospace

Meraih peringkat ke 4.028 pada Alexa rank, diperkirakan meraih pengunjung unik sebanyak 24.000.000 setiap bulannya.

Selain ke 10 mesin pencari terpopuler di dunia, ada juga mesin-mesin pencari lain yang populer di beberapa wilayah seperti Soso.com di Cina dan Korea Selatan, Naver.com di Korea Selatan, dan Seznam.cz di Republik Ceko.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web
http://www.ebizmba.com/articles/search-engines
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_search_engine

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top