Connect with us

Life Smart

Inilah 10 Makanan Tersehat di Bumi dan Tips Mudah Menyajikannya

sweater-rajut-pria

Berbicara tentang makanan tentu tidak akan ada habisnya, namun akan berbeda apabila membicarakan mengenai makanan tersehat. Ada kalanya kita malas memakan makanan sehat karena tidak tahu cara memasaknya, namun ternyata ada tips mudah untuk menyajikan dan memakannya.

1. Spinach / Horenso

Sumber: healthcarekingdom.com

Sumber: healthcarekingdom.com

Orang Indonesia sering mengartikan ‘spinach’ sebagai bayam (Amaranthus), diperkirakan akibat dari film kartun Popeye di televisi. Namun, ternyata, ‘spinach’ yang dimaksud bukan bayam yang sering kita makan melainkan ‘horenso’ atau ‘horinso’ dari genus Spinacia.

Horenso tidak lazim di Indonesia karena biasanya tanaman ini tidak cocok untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena cepat berbunga sehingga tidak menumbuhkan banyak daun. Kesalahan penafsiran tersebut secara ilmu gizi tidak begitu salah karena keduanya sama-sama kaya akan zat besi.

Makanan tersehat di bumi ini sering ditemukan dalam bentuk sayuran segar, beku, atau kalengan. Horenso mengandung energi dengan kalori rendah namun kaya akan Vitamin A, Vitamin K, dan asam esensial folat.

Horenso dapat ditumis dengan bawang Bombay dan ditambahkan ke dalam omelet.

2. Kacang / Kedelai Hitam

Sumber: yukhidupsehat.com

Sumber: yukhidupsehat.com

Dalam Bahasa Inggris kacang ini disebut juga ‘black turtle bean’ atau sering disingkat menjadi ‘black bean’. Dilihat dari botani dan nutrisi, kedelai hitam memiliki banyak kesamaan dengan kedelai kuning namun pemanfaatannya lebih spesifik karena warnanya yang hitam dan sering diolah menjadi kecap. Di Jepang, kacang ini disebut juga ‘koramame’ atau ‘kuromame’.

Selain mengandung antioksidan yang tinggi hingga disebut superfood, makanan tersehat ini dicerna secara perlahan-lahan sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama. Kacang hitam juga mengandung banyak kalsium, protein, dan serat.

Kacang hitam dapat ditemui pada makanan Meksiko seperti burrito, nacho, dan taco.

3. Kacang Kenari / Walnut

Sumber: infokecantikan.co

Sumber: infokecantikan.co

Ada dua jenis kacang ini yang ditanam untuk diambil bijinya, yaitu kacang kenari Persia atau Inggris yang berasal dari Persia dan kacang kenari hitam yang berasal dari bagian timur Amerika Utara. Kacang yang kaya akan protein dan asam lemak esensial ini tersedia di pasaran dalam dua bentuk yaitu yang masih terbungkus kulit dan yang telah dibuka kulitnya.

Masuk ke dalam makanan tersehat di bumi karena kacang ini kaya akan antioksidan, lebih banyak daripada kacang-kacang lainnya. Kacang kenari juga mengandung Vitamin E, kaya akan serum tanaman, minyak omega 3, dan lemak sehat.

Kacang ini cukup disangrai atau dipanggang dan dapat dibawa kemana-mana sebagai makanan ringan atau cemilan.

4. Buah Bit

Sumber: homefarmer.com

Sumber: homefarmer.com

Makanan tersehat di bumi selanjutnya ini sebenarnya adalah umbi yang memiliki nama lengkap ubi bit merah. Ubi ini memiliki warna merah keunguan kuat sehingga sering juga digunakan sebagai pewarna dan pengobatan.

Pada abad pertengahan, bit digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan darah. Bit juga ternyata baik untuk otak dan berfungsi untuk meringankan tekanan darah tinggi. Warnanya yang cerah mengandung folat, magnesium, dan Vitamin C.

Cara menikmati bit adalah dengan membuatnya menjadi salad, jus, atau acar.

5. Avokad

Sumber: californiaavocado.com

Sumber: californiaavocado.com

Merupakan kata baku (KBBI) dari alpukat, buah ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, serta menjadi tanaman pekarangan di negara-negara tropis.

Tanaman ini diperkenalkan ke Eropa oleh Martín Fernández de Enciso pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah asalnya pada tahun 1519. Sementara itu, avokad masuk ke Indonesia setelah diperkenalkan oleh Belanda pada abad ke-19.

Memakan salah satu makanan tersehat di bumi ini satu hingga dua buah diyakini dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan dari lemak tak jenuh tunggal, Vitamin B6, dan folat. Sayangnya kita tidak bisa menikmati buah ini setiap saat karena avokad tumbuh hanya saat musimnya saja.

Avokad dapat dinikmati dengan beragam cara, mulai dari dimakan langsung hingga menjadi tambahan roti panggang dengan garam dan merica atau seiris keju.

6. Cokelat Hitam

Sumber: janethull.com

Sumber: janethull.com

sweater-rajut-pria

Cokelat hitam batangan merupakan hasil olahan dari biji kakao (Theobroma cacao). Tanaman kakao diperkirakan tumbuh pada awalnya di daerah Amazon utara hingga ke Amerika Tengah. Penduduk asli memanfaatkannya sebagai minuman dan sumber gula bagi minuman beralkohol. Bubuk cokelat atau kokoa sendiri berasal dari fermentasi bijinya yang terkenal sangat pahit.

Diperkirakan cokelat dibawa ke Eropa pada tahun 1544 oleh delegasi Maya Kekchi dari Guatemala yang mengunjungi istana Spanyol dan membawa hadiah salah satunya adalah minuman cokelat. Hingga pada awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman penyegar yang digemari di istana Spanyol dan kemudian meluas penikmatnya mulai dari kaum elit hingga kelas pedagang.

Berdasarkan penelitian terkini, cokelat mengandung antioksidan yang lebih banyak daripada jus buah-buahan. Tentu berita ini sangat baik dan menggembirakan bagi para pecinta cokelat. Tidak hanya melindungi tubuh dari penyakit dan membantu menjaga kondisi jantung, cokelat hitam secara alami merupakan pendorong mood atau perasaan baik.

Meskipun cokelat baik bagi tubuh dan masuk ke dalam daftar makanan tersehat, namun jangan berlebihan memakannya. Cukup memakannya satu hingga dua potong kotak/segi empat saja setiap harinya.

7. Rasberi

sumber: quit-it.co.uk

sumber: quit-it.co.uk

Buah dari genus Rubus ini memiliki beberapa varian warna seperti merah, ungu, hitam, dan kuning keemasan. Biasanya buah kecil ini diolah menjadi selai atau dibekukan.

Seperti halnya kebanyakan buah beri lainnya, rasberi juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan dan bebas dari penyakit. Segar maupun sudah dibekukan, buah ini tetap mengandung Vitamin C, kalsium, dan besi.

Cara menikmati makanan tersehat ini cukup dengan menaburkannya di atas yogurt atau bubur di pagi hari untuk memulai harimu dengan cara yang manis dan enak.

8. Bawang Putih

Sumber: sastafruits.com

Sumber: sastafruits.com

Sejenis bawang yang dalam bahasa Inggrisnya disebut ‘garlic’ ini merupakan nama umbi dan tanaman dari genus Allium. Bawang putih sudah digunakan oleh manusia sudah lebih dari 7.000 tahun sebagai bumbu maupun obat-obatan.

Makanan tersehat ini mengandung antibiotik yang tinggi sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, serta memiliki kekuatan anti radang.

Cara menyajikannya cukup hancurkan dan campurkan ke dalam masakan seperti kari dan sup.

9. Sitrun

Sumber: brambleberry.com

Sumber: brambleberry.com

Salah satu jenis jeruk yang namanya diserap dari bahasa Belanda yaitu ‘citroen’ ini dalam bahasa Inggrisnya disebut ‘lemon’. Terkenal akan rasanya yang lebih asam dan segar serta bentuknya yang lebih lonjong daripada jeruk pada umumnya ini banyak digunakan sebagai penyedap dan penyegar pada masakan-masakan di dunia.

Sitrun mengandung banyak Vitamin C sehingga sering disebut sebagai makanan tersehat di bumi karena memiliki kualitas anti radang yang sangat kuat dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
Cara menikmatinya mudah saja, tambahkan seiris sitrun ke dalam teh atau air botol untuk mendapatkan kesehatan dan cairan dalam waktu yang sama.

10. Kacang Lentil

sumber: tipsdiet.net

sumber: tipsdiet.net

Disebut juga kacang merah kecil, merupakan sejenis kacang atau biji berbentuk lensa yang dihasilkan dari tanaman berbentuk semak dari familia Legume. Warnanya bervariasi mulai dari kuning, jingga-kemerahan, hijau, cokelat, dan hitam. Ukurannya pun bervariasi dan dijual dengan atau tanpa kulit, baik berbentuk kacang utuh atau terbelah.

Kacang lentil berada di peringkat ketiga dalam kadar protein menurut beratnya dari semua jenis kacang-kacangan di dunia setelah kedelai dan hemp. Kacang ini disebut-sebut merupakan sumber protein esensial yang murah karena mengandung asam amino esensiel isoleucine dan lisin.

Selain mengandung serat dan protein yang tinggi, kacang lentil apabila ditambahkan pada makanan lain dapat meningkatkan rasa dan tekstur yang baik. Para vegan dan vegetarian sering menggunakan kacang ini sebagai pengganti daging pada makanan mereka.

Makanan tersehat di bumi ini dapat kita tambahkan pada salad, sup, dan semur agar lebih menarik.

Sumber:
https://en.wikipedia.org/
https://id.wikipedia.org/
http://www.goodnet.org/articles/top-10-healthiest-foods-on-earth-how-to-eat-them

1 Comment

1 Comment

  1. Sersan Tips

    August 30, 2016 at 14:05

    pisang juga bisa menjadi salah satu makanan paling sehat, kaya serat dan banyak manfaat buah lainnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top