Connect with us

Tahu Gak

Ini 5 Fakta Mengejutkan Tentang Sanitasi di India

sweater-rajut-pria

Sanitasi adalah sebuah sistem kebersihan lingkungan, mulai dari MCK (Mandi Cuci Kakus), Sistem selokan, pengairan, toilet, serta banyak lainnya yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan.

Saat ini permasalahan sanitasi dunia masih belum dapat terselesaikan. Masih banyak negara-negara dengan penduduk padat di negara maju atau berkembang yang belum mendapatkan sanitasi yang baik, atau belum sadar memperhatikan kebersihan lingkungan.

Seperti halnya dibeberapa bagian kota di Indonesia, bahkan di pinggiran Ibu kota Jakarta yang masih kental dengan air kotor. Padahal air adalah sumber utama kesehatan lingkungan. Saat air kotor dikonsumsi maka akan mempengaruhi kesehatan tubuh serta berdampak pada ekonomi dan pendidikan lingkungan sekitar.

Bukan hanya di negara kita Indonesia, namun juga India memliki fakta-fakta mengejutkan mengenai sanitasi yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya.

#1. Toilet Yang Sangat Minim

Setengah dari 1,2 miliar orang India tidak memiliki akses ke toilet. Ini berarti lebih dari 600 juta orang melakukan buang air besar sembarangan seperti diselokan jalan-jalan dan ladang.

#2. Tangan Kotor

Seperti kebanyakan anak TK yang sedang belajar mencuci tangan, bahwa mencuci tangan dengan sabun mencegah penyebaran kuman. Tapi karena kekurangan kesadaran masyarakat India, hanya 53 persen yang mencuci tangan mereka setelah buang air besar dan 38 persen mencuci sebelum makan, dan 30 persen mencuci sebelum menyiapkan makanan.

#3. Sungai Gangga Yang Kotor

Setiap 60 detik, 1,1 juta liter limbah mentah terdampar di Sungai Gangga sejauh 1.560 mil yang merupakan jalur air yang dianggap suci oleh umat Hindu. Sungai memainkan bagian penting dalam kehidupan penduduk setempat. Anak-anak bermain-main di lumpur, 400 juta orang dewasa mendapatkan penghasilan melalui sungai untuk mencuci pakaian dari sungai yang juga sebagai tempat membuang abu manusia di dalamnya.

#4. Diare

Banyak orang berpikir diare hanya sebagai gangguan yang tidak menyenangkan, tapi secara global, penyakit tersebut adalah pembunuh terbesar kedua pada anak-anak balita. Di India sendiri, penyakit ini membunuh 1.600 warga per hari.

#5. Ketidakadilan Gender

Akses Toilet telah menjadi isu sipil di negara Asia Selatan. Sebuah studi 2009 menemukan bahwa di ibukota nasional, New Delhi, sebanyak 1.534 toilet umum melayani laki-laki. Bagaimana dengan wanita? Hanya 132. The New York Times melaporkan bahwa wanita yang tinggal di desa-desa sering pergi dalam kelompok saat fajar untuk menghindari ejekan dan pelecehan seksual.

Wow!!! Sangat mengkhawatirkan, semoga masalah tersebut dapat segera terselesaikan, mengingat penyakit saat ini snagat mudah menyebar. Begitupun dengan kita sebagai warga negara Indonesia semoga menjaga kesadaran kebersihan lingkungan agar menjadi negara sehat dan bersih.

Sumber: takepart.com

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Keren! Kertas Kardus Jadi Tas Portable Bagi Siswa Tidak Mampu Di India - 4muda.com

  2. Pingback: Inilah 10 Masalah Paling Klasik yang Dihadapi Dunia - 4muda.com

  3. Pingback: 10 Negara Kuat Dengan Anggaran Pertahanan Terbesar Di Dunia - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top