Connect with us

Movies

Headshot, Film Laga Paling Ditunggu di Akhir Tahun 2016

sweater-rajut-pria

Setelah beberapa waktu yang lalu pecinta film aksi dunia dihebohkan dengan The Raid yang dibintangi Iko Uwais, Headshot barangkali adalah film laga paling ditunggu selanjutnya. Mendapuk Chelsea Islan sebagai aktris utamanya, film ini digadang-gadang menyajikan drama yang lebih banyak daripada The Raid.

Film laga yang rencananya akan tayang pada 8 Desember 2016 mendatang ini merupakan film yang disutradarai oleh Mo Brothers; nama panggung dari duet sutradara Indonesia, Timothy ‘Timo’ Tjahjanto dan Muhammad ‘Kimo’ Stamboel. Dengan begitu, Headshot menjadi film pertama Iko Uwais yang disutradarai oleh sutradara Indonesia.

Sebelumnya, aktor yang memiliki nama asli Uwais Qorny ini selalu bermain dalam film yang disutradarai oleh orang asing diantaranya Gareth Evans dalam Merantau (2009), The Raid (2012), dan The Raid 2: Berandal (2014); Keanu Reeves dalam Man of Taichi (2013), J. J. Abrams dalam Star Wars: The Force Awakens (2015), serta dalam film yang akan datang yaitu Beyond Skyline dengan sutradara Liam O’Donnell dan Mile 22 dengan produser asal Amerika, Peter Berg.

Sementara itu, Headshot merupakan film layar lebar pertama Mo Brothers yang menyajikan laga atau aksi dengan porsi cukup banyak. Sebelumnya, mereka lebih banyak membuat film dengan tema horor klasik yang brutal ala Hollywood atau yang disebut dengan horror-slasher.

Film karya mereka diantaranya yaitu Sendiri (2003) sebuah film horor indie, Takut: Faces of Fear (2008), Rumah Dara atau Macabre (2010) dan Killers (2013). Hal tersebut tidaklah mengherankan karena duet sutradara ini sempat menempuh pendidikan tinggi di School of Visual Arts di Sydney, Australia.

Headshot merupakan film pertama dari rumah produksi Screenplay Infinite Films yang merupakan joint venture atau kerjasama dalam jangka waktu tertentu dari Screenplay Productions dan Infinite Frameworks Studios. Screenplay Productions sendiri merupakan rumah produksi yang berdiri pada bulan Agustus 2010, di bawah bendera Grup EMTEK yang merupakan rumah dari beberapa saluran televisi seperti SCTV, Indosiar dan O Channel.

Sementara Infinite Frameworks Studios tercatat merupakan studio film terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di Pulau Batam. Berdiri pada tahun 2005 dengan fokus ranah animasi, pada 2011 Infinite Studios pindah lokasi masih di pulau yang sama untuk merambah ranah yang lebih luas yaitu film-film dan live-action. Film Hollywood seperti Blackhat dan Beyond Skyline pun pernah mengambil lokasi di tempat ini.

Dalam film ini, Iko Uwais kembali menjadi aktor utama dan berperan sebagai Ishmael. Sementara Chelsea Islan menjadi aktris utamanya dan berperan sebagai Ailin. Selain mereka berdua, ada Sunny Pang yang berperan sebagai Lee, Julie Estelle sebagai Rika, Zack Lee sebagai Tano, David Hendrawan sebagai Tejo, Epy Kusnandar sebagai Romli, Very Tri Yulisman sebagai Besi, dan ada juga Ganindra Bimo serta Joe Taslim.

Seperti halnya pendahulunya, yaitu The Raid, film dengan proses syuting selama 45 hari ini sebelum tayang serentak di bioskop tanah air telah mengikuti sekitar 22 festival film dunia baik luar maupun dalam negeri, baik kompetisi maupun screening atau showcase. Karena rajin mengikuti festival film, Headshot disebut-sebut sebagai film Indonesia paling partisipatif.

Dari ajang festival internasional tersebut, film laga Indonesia terbaru ini berhasil menyabet penghargaan Grand Prix Nouveau Genre Award 2016 dari L’Etrange Festival Paris dan pada 18 September 2016, Headshot juga meraih penghargaan kategori International Feature Film Competion bersama film They Call Me Jeeg Robot karya Gabriele Manietti (Italia).

Dan, tidak hanya di luar negeri, pada Festival Film Indonesia 2016 film ini memperoleh dua penghargaan dari juri Festival Film Indonesia (FFI) 2016. Pertama, untuk kategori Penata Efek Visual Terbaik atas nama Andi Novianto dan kedua untuk kategori Penata Suara Terbaik, atas nama Fajar Yuskemal, Aria Prayogi dan M Ichsan Rachmaditta.

Selain meraih penghargaan, dari festival lah, tepatnya Toronto International Film Festival (TIFF) 2016, Headshot mendapat respon positif dari para distributor global.

Apabila sebelumnya hanya Vertical dan XYZ Films serta Nikkatsu menjadi partner Screenplay Infinite Films untuk mengedarkan film ini di wilayah Amerika Utara dan Asia, setelah penayangan Headshot di TIFF beberapa distributor wilayah Eropa langsung menyusul untuk mengedarkannya di wilayah mereka.

Untuk wilayah peredaran di Inggris Raya, Arrow Films menjadi distributornya. Sementara itu, peredaran Jerman dan Italia ditangani Koch Media, dan untuk hak distribusi wilayah Perancis akan dilakukan oleh AB Groupe. Adapun wilayah edar di negara-negara Skandinavia seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia akan ditangani oleh Star Media Entertainment.

Headshot dibuka dengan kisah seorang pria yang terbaring koma akibat luka tembakan di kepala selama berbulan-bulan dan dirawat oleh seorang mahasiswi kedokteran bernama Ailin. Sadar dari koma, pria ini sama sekali tidak ingat siapa dirinya. Ia kemudian diberi nama Ishmael.

Ishmael dan Ailin kemudian menjadi dekat tanpa tahu siapa Ishmael sebenarnya. Ternyata, masa lalu Ishmael berhubungan dengan dunia kejahatan setelah tiba-tiba ia didatangi geng kriminal berbahaya yang dipimpin Lee.

Lee kemudian menculik Ailin. Ishmael yang sudah jatuh hati pada Ailin tidak tinggal diam. Dalam usaha penyelamatan Ailin, secara perlahan-lahan Ishmael pun sadar bahwa masa lalunya ternyata sangat kelam dan pribadinya cukup berbahaya. Lalu, mampukah Ishmael menyelamatkan Ailin? Apa sajakah bahaya yang harus dihadapinya? Berikut merupakan video behind the scene film Headshot.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Headshot_(film_2016)
https://id.wikipedia.org/wiki/The_Mo_Brothers
http://www.muvila.com/entertainment/kenal-lebih-jauh-infinite-studios-batam-studio-terbesar-di-asia-151211f.html
https://movie.co.id
http://www.depokpos.com
http://lifestyle.sindonews.com/read/1154714/158/ikuti-banyak-festival-headshot-jadi-film-global-1478873142

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top