Connect with us

Dibalik Manfaatnya Yang Besar, Aluminium Beresiko Terhadap Alzheimer

Tahu Gak

Dibalik Manfaatnya Yang Besar, Aluminium Beresiko Terhadap Alzheimer

Aluminium adalah logam berwarna putih keperakan yang memiliki beragam kegunaan. Aluminium merupakan logam yang paling banyak didistribusikan di planet ini dan digunakan dalam produksi banyak setiap harinya.

Bayangkan saja, mulai dari kaleng minuman bersoda, aluminium foil yang dijadikan peralatan dapur hingga obat-obatan yang sering disebut antasid, aspirin dan banyak lainnya. Hal ini memang sebuah fakta yang menarik karena aluminium termasuk logam yang terhampar luas di alam dan dapat di daur ulang dan digunakan kembali untuk fungsi yang lain.

Tahukah kamu bahwa selain manfaatnya yang sangat besar, aluminium ternyata memiliki efek atau bahaya yang harus diwaspadai. Mari kita cari tahu apa manfaat dan bahaya dari aluminium si logam keperakan ini.

Manfaat Besar Aluminium:

  • Aluminium digunakan untuk bingkai jendela, gagang pintu, dan untuk membuat berbagai peralatan di dapur.
  • Logam ini juga digunakan sebagai peralatan makan serta pembungkus makanan terutama dalam bentuk aluminium foil.
  • Bahkan aluminium juga digunakan sebagai penghilang kerut pakaian, berbagai barang-barang dekorasi rumah, hingga pagar.
  • Aluminium digunakan pula untuk membuat tongkat golf, furniture indoor dan outdoor, lemari es, pemanggang roti, panci, ceret, dll.
  • Kapal induk militer juga mengandung aluminium karena sifatnya yang ringan.
  • Terdapat berbagai bagian mobil yang juga menggunakan logam ini, begitu pula alat transportasi lain seperti gerbong kereta api.
  • Tidak ketinggalan, aluminium juga banyak terkandung pada badan pesawat terbang.
  • Bagian-bagian mobil seperti pelek, blok mesin, komponen suspensi, dan transmisi terbuat dari aluminium.
  • Bagian lain seperti dudukan karburator, gagang pintu, ornamen, dan logo mobil adalah bagian lain yang menggunakan aluminium.
  • Kemasan adalah salah satu penggunaan paling umum dari aluminium. Minuman kaleng, tutup botol, foil, nampan, dll semuanya terbuat dari logam ini.
  • Atap, casting, fabrikasi, pipa, tangki, batang aluminium, kawat, bingkai jendela, pagar, pegangan tangga merupakan bagian penting konstruksi yang menggunakan aluminium .
  • Bahkan untuk memelihara alat-alat lain seperti mempertajam gunting, memelihara alat pemanggang, merawat sabut baja, mengilapkan perak, menghilangkan karat, dan banyak lainnya.

Begitu besarnya manfaat aluminium bagi kehidupan kita, namun kita perlu waspada terhadap penggunaan aluminium yang memiliki bahaya besar bagi penggunanya.
Resiko Bahaya dari Aluminium

Resiko penggunaan aluminium berlebihan dapat menimbulkan beberapa hal. Aluminium bukan lah zat yang diperlukan oleh tubuh seperti mineral, vitamin dan lainnya. Apa yang terjadi saat paparan alumnium terhadap makanan dan tubuh kita dalam kehidupan sehari-hari?Aluminium terakumulasi di ginjal, otak, paru-paru, hati dan tiroid dimana ia bersaing dengan kalsium untuk penyerapan dan dapat mempengaruhi mineralisasi tulang. Pada bayi, hal ini dapat memperlambat pertumbuhan. Aluminium juga ternyata dapat menyebabkan gangguan mental.

Mengapa Penggunaan Berlebih Aluminium Berbahaya?

Sama seperti asap rokok yang membuat kerusakan fungsi paru maupun seperti paparan terhadap sinar UV yang akan meradiasi kulit. Aluminium menyerang dan menjadikan sistem saraf pusat sebagai target utama.

Studi menunjukkan bahwa logam berat berkontribusi terhadap penyakit otak dengan penggunaan bahan oksidatif dan aluminium merupakan salah satunya yang terburuk. Penelitian yang berlaku di seluruh dunia menemukan bahwa aluminium berhubungan dengan penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Aluminium: Buruk untuk Otak

Menurut Washington DC’s Department of the Planet Earth, United States dan Canadian Regulatory Agencies tertarik dalam meneliti aluminium sebagai faktor risiko potensial dalam penurunan kognitif lansia.

Hal ini masuk akal, karena penelitian menunjukkan aluminium dapat menghasilkan racun, bahan oksidatif di otak dan hasil otopsi otak terhadap studi orang tua menemukan mereka memiliki kadar aluminium 20 kali lebih tinggi daripada kelompok setengah baya. Badan Zat Beracun dan Penyakit Registry, bagian dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mengakui aluminium sebagai salah satu dari beberapa logam diketahui mempengaruhi sistem saraf.

sweater-rajut-pria

Sejauh ini, peneliti menyimpulkan pengaruh terbesarnya bahwa alumnium merupakan salah satu faktor utama terhadap penyakit Alzheimer.

Aluminium dan Alzheimer

Departemen Neurologi dan Psikiatri di Saint Louis University mengemukakan aluminium dapat menyebabkan toksisitas hati dan menyebabkan gejala degeneratif, termasuk Alzheimer.

Para peneliti di The School of Studies in Zoologi di Universitas Jiwaji di India menggambarkan aluminium sebagai neurotoxin kuat terkait dengan penyakit Alzheimer.

The University of California, Irvine Departemen of Medicine melaporkan bahwa aluminium menyebabkan peradangan di otak. Tidak mengherankan, penyakit Alzheimer sering dikaitkan dengan peradangan tinggi.

University School of Medicine di Belgrade menerbitkan informasi menunjukkan bahwa minum air dengan aluminium tinggi dan konsentrasi fluoride yang rendah dikaitkan dengan risiko Alzheimer. Sayangnya, hal ini terbukti di New Guinea menunjukkan dimana air minum yang mengandung ion aluminium berhubungan dengan penyakit Parkinson.

So, Bagaimana Solusinya? Kurangi Paparan Aluminium

Aluminium adalah salah satu logam yang paling berlimpah di bumi dan telah menjadi produk utama dan hampir mustahil untuk benar-benar menghindari paparan Aluminium. Namun, kita dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk mengurangi penggunaan berlebihannya.

Gunakan peralatan masak kaca bukan dari aluminium. Hindari produk-produk kesehatan (antasida, deodoran) dengan aluminium hidroksida, pengganti alami yang tersedia. Hindari makanan olahan dan beku, wadah yang mengandung aluminium. Memilih makanan segar, buah-buahan organik dan sayuranyang dibungkus dengan kemasan yang bertanggung jawab.

Jika paparan aluminium menjadi perhatian penting, pertimbangkan melakukan membersihkan logam berat. Ini merupakan proses yang mudah yang dapat membantu menghilangkan racun dari logam berat yang menejadikan tubuh kita menjadi buruk.

Sumber: 
globalhealingcenter.com
bumbata.co
kompas.com
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Mengapa Tidak Ada yang Menempel pada Teflon? - 4muda.com

  2. Pingback: 10 Unsur Logam Serbaguna, Penopang Teknologi Masa Depan - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top