Connect with us

Daftar Buah Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

buah manis

Life Smart

Daftar Buah Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Banyak orang beranggapan bahwa penderita diabetes harus menghindari makanan yang manis-manis, termasuk buah bercita rasa manis. Anggapan itu sebenarnya agak sedikit keliru, karena ada juga buah berasa manis yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun.

Buah menyediakan berbagai mineral penting, vitamin, phytochemicals dan serat yang penting bagi tubuh. Walaupun bercita rasa manis, jika kandungan karbohidratnya rendah, buah seperti ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes yakni tingkat glycemic index (GI), kecenderungan karbohidrat berubah menjadi glukosa di dalam darah. Menurut penelitian, glysemic index yang aman bagi penderita diabetes, nilainya harus berada di bawah 55.

Berikut adalah beberapa buah manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes.

15. Blueberry (GI=53 untuk 150 gr)

Di dalam blueberry terkandung serat terlarut dan tak terlarut, yang kedua-duanya sangat dibutuhkan tubuh. Dari penelitan, dengan mengkonsumsi setengah gelas jus blueberry/hari selama 12 minggu, sangat membantu mengurangi kadar glukosa dalam darah, menurunkan depresi, dan meningkatkan daya ingat.

Keampuhan ini dikarenakan, anthocyanins pada blueberry mampu mengurangi sel-sel obesitas, dan mendorong pelepasan adiponectin, yaitu hormon yang berfungsi mengontrol kadar glukosa di dalam darah.

14. Kiwi (GI=53 untuk 150 gr)

Kiwi termasuk jajaran buah super. Di dalam kiwi terkandung vitamin A, C, E, flavonoids, potasium, beta karoten dan berbagai macam mineral. Berdasarkan penelitian, kiwi dapat menolong seseorang menurunkan resiko obesitas, serangan jantung, kanker usus, asma dan melindungi DNA manusia dari mutasi.

Dikarenakan banyaknya manfaat yang dimiliki kiwi, walaupun GI nya sekitar 53, buah ini diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes, asalkan tidak berlebihan.

13. Mangga (GI=51 untuk 120 gr)

Mangga merupakan salah satu buah yang sekarang digunakan sebagai obat diabetes. Walaupun tingkat GInya sekitar 51, namun kandungan karbohidratnya rendah, sehingga aman dikonsumsi. Hampir sama dengan jeruk, mangga kaya akan vitamin C dan serat, yang baik untuk menormalkan kadar gula dalam darah.

sweater-rajut-pria

12. Jambul Fruit (GI=50 untuk 100 gr)

Buah ini asli dari India, dan sekarang telah tersebar keseluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri sering disebut buah jamblang. Dari penelitian, jambul fruit dapat mendorong pasien diabetes terbebas dari penyakitnya.

Faktanya, saat jambul fruit dimakan, zat pada buah berfungsi mengontrol konversi karbohidrat (di dalam pankreas ) menjadi gula. Khasiat ini telah digunaka masyarakat India secara turun termurun, guna mengontrol kadar gula darah mereka. Hampir semua bagian pohon, mulai dari daun, bunga dan kulit, dapat dijadikan obat diabetes.

11. Anggur (GI=46 untuk 150 gr)

Walaupun anggur kaya akan gula, namun kadar karbohidratnya rendah, jadi masih aman dikonsumsi penderita diabetes dalam takaran tertentu. Anggur membawa banyak manfaat bagi tubuh, termasuk pasien diabetes. Serat pada anggur dapat memperlambat proses pencernaan tubuh, sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

Umumnya pada semua jenis anggur terkandung super anti-oksidan dan resveratrol kuat, yang berperan memperlancar saluran pembuluh darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Selain itu, anggur juga mengandung asam ellagic, salah satu anti-kanker kuat.

10. Jeruk (GI=42 untuk 150 gr)

Jeruk memiliki tingkat glycemic index sekita 42, kaya akan vitamin C dan serat, membuat jeruk mampu menormalkan kadar gula di dalam darah. Lalu, jeruk juga tinggi zat anti-oksidan yang mendorong menyeimbangkan GI dan insulin di dalam darah.

9. Peaches (GI=42 untuk 120gr)

Peaches atau persik termasuk salah satu buah manis, namun rendah kandungan karbohidranya. Di dalam peaches, terkandung sejumlah vitamin C, A, serat dan potasium. Buah ini sangat nikmat jika dikonsumsi bersama air teh.

Perlu diketahui, satu peaches ukuran sedang, terkandung 4 gr karbohidrat, dan 17 kalori. Artinya, empat peache menyediakan 70% kebutuhan vitamin A tubuh per harinya. Buah ini juga mengandung serat yang baik untuk sistem metabolisme tubuh.

8. Strawberi (GI= 40 untuk 150 gr)

Strawberi dan semua jenis berry-berryan, merupakan buah yang aman dikonsumsi oleh penderita dibetes. Buah jenis ini kaya akan vitamin C, phytochemicals, serat dan folat. Berry juga rendah kandungan karbohidrat, sehingga mampu menurunkan tingkat GI, mengurangi gangguan pencernaan, dan memelihara kadar gula di dalam darah.

Lalu, berry juga kaya akan anti-oksidan, yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Prem (GI=39 untuk 150 gr)

Prem atau plum dikenal sebagai buah penyembuh sakit perut dan meningkatkan sistem pencernaan. Disamping itu, prem kaya akan phytonutrients dan anti-oksidan. Faktanya, satu prem ukuran sedang, kandungan nutrisinya sebanding dengan segenggam berry.

Prem juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fluoride, zat besi, potasium, dan vitamin C, A dan E. Perlu diketahui, kulit plum mengandung zat anti-oksidan lebih banyak dari dagingnya.

6. Apel (GI=38 untuk 120 gr)

Apel kaya akan vitamin C, anti-oksidan dan serat. Daging maupun kulit apel, sama-sama mengandung pectin yang mendorong pengeluaran zat sisa dan zat berbahaya di dalam tubuh. Pectin juga sumber asam galakturnik, yang menolong penderita diabetes menaikan kadar insulin secara bertahap hingga 30%.

5. Pir (GI=38 untuk 165 gr)

Disamping kaya akan kandungan serat, pir kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, E, vitamin B1, B2, vitamin A, niacin, tembaga, asam folat, potasium, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Hal yang terpenting, kandungan GI nya rendah, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

4. Prunes (GI=29 untuk 100 gr)

Kandungan serat yang mudah larut, mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, vitamin A dan anti-oksdian, membuat prunes termasuk salah satu buah rekomendasi bagi penderita diabetes. Serat pada prunes membantu menormalkan kadar gula dalam tubuh, dan mengurangi gangguan pencernaan. Prunes juga mencegah seseorang kehilangan berat badan.

3. GrapeFruits (GI=25 untuk 120 gr)

Grapefruit merupakan buah-buahan sejenis jeruk atau citrus, namun berukuran besar, misalnya jeruk Bali. Dengan nilai GI sekitar 25, grapefruits aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Grapefruits mengandung flavonoid naringenin yang berfungsi mendorong pasien diabet untuk menyeimbangkan nilai GI dan insulin di dalam darah. Dari penelitian, menunjukan bahwa memakan satu atau dua grapefruits tiap hari, mampu menurunkan resiko timbulnya penyakit diabetes.

2. Ceri (GI=22 untuk 150 gr)

Ceri dikenal sebagai buah rendah glycemic, yaitu sekitar 22. Ceri kaya sumber vitamin C, anti-oksdian, potasium, beta karoten, zat besi, magnesium dan serat. Ceri juga kaya zat anthocyanins yang mendorong meningkatkan produksi insulin sekitar 50%, dan baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

1. Jambu Biji (GI=20 untuk 77 gr)

Mengkonsumsi jambu biji merupakan pilihan tepat, karena sangat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena GI nya sangat rendah, lebih rendah dari buah ceri. Jambu biji kaya anti-oksidan, serat dan vitamin C.

Demikian kelima belas buah bercita rasa manis yang aman dikonsumsi penderita diabetes, semoga informasi kali bermanfaat bagi kita semua.

Referensi:
http://www.madaboutberries.com/articles/glycemic-index-and-glycemic-load.html http://www.healthline.com/health/diabetes/low-glycemic-fruits-for-diabetes
http://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top