Awesome

5 Video Keren Perubahan Iklim Ini Harusnya Buat Kita Peduli Pada Bumi

Saat kita berbicara tentang perubahan iklim atau sering juga disebut pemanasan global, sebagian dari kita mungkin menolak untuk membicarakannya. Diakui atau tidak Bumi saat ini sudah lelah dengan aktivitas manusia yang berlebihan dalam mengeksploitasi alam dan merusaknya. Banyak pula di antara kita yang tidak peduli dengan perubahan iklim.

Tahun 2011 lalu para peneliti mengemukakan penemuan mencengangkan berkaitan perubahan iklim, bahwasanya jika saja temperatur bumi naik 2 derajat celicus maka, air laut akan meninggi dan menutupi daratan disekitarnya.

Perubahan Iklim hinga tahun 200 dan perkiraan kenaikan suhu global 100 tahun mendatang, gambar: vox.com

Perubahan Iklim hinga tahun 2000 dan perkiraan kenaikan suhu global 100 tahun mendatang, gambar: vox.com

Sebegitu mengerikannya perubahan iklim sudah tampak jelas dari permukaan air laut yang makin meninggi, yang salah satunya diakibatkan es di kutub utara mulai mencair dengan cepat. Tak hanya itu jadwal musim penghujan dan musim panas di Indonesia pun sudah tak lagi sesuai dengan jadwal biasanya, bahwa musim hujan terjadi pada bulan berakhiran “ber”, september, oktober, november, desember. Faktanya musim hujan pun masih terjadi di beberapa daerah hingga bulan ini.

Begitupun suhu di beberapa tempat sangat terasa perubahannya. Contohnya Jakarta, ibu kota Indonesia ini langitnya pun berubah abu, sengatan matahari begitu kentara dan keringat bercucuran, sehinga AC dan kipas angin menjadi andalan setiap rumah dan perkantoran, padahal bahan dari AC itu sendiri pun yang juga menyebabkan perubahan iklim. Sesuai dengan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi bahwa suhu udara di wilayah Jakarta dan Bekasi pada Sabtu (11/10/2014) memang hampir mencapai 40 derajat celsius. Persisnya antara 38 dan 39 derajat celsius. Dimana sebelumnya maksimal bersuhu 35-37 derajat celcius.

Bagiamana dengan Bandung? Kota sejuk bersuhu dingin pun tak lagi sedingin 10 atau 20 tahun yang lalu. Masih ingat saat pertama kali tinggal di Bandung tahun 2006, saat mandi di subuh hari air begitu dingin, namun sekarang tak lagi sama, terasa biasa saja. Itu pula yang dikatakan wisatawan saat berkunjung ke Bandung yang merasakan perbedaan suhu dahulu dengan saat ini.

Iklim memang sudah berubah, banyak hal yang menybebabkannya, namun sadarkah kita bahwa aktivitas manusia menjadi salah satu faktor terbesarnya. Mari kita melihat sejenak 5 video keren tentang perubahan iklim di bawah ini, yang mungkin bisa kita cermati perihal keadaan bumi sekarang, dengan kondisi iklimnya yang terus berubah dan mungkin sudah telat kita cegah, namun pula bukan berarti tidak ada yang bisa kita lakukan untuk meminimalisirnya.

1. Our Changing Climate

Video menarik ini dibuat dengan kualitas gambar yang menawan oleh dua anak kembar peduli lingkungan bernama Finn Harries dan Jack Harries. Film dokumentari pendek untuk meyaksikan efek langsung perubahan iklim di kutub utara yang tak lagi sama dengan puluhan tahun lalu, tampak jelas dalam video yang juga didukung WWF berikut ini:

Video yang direkam dalam waktu sebulan tersebut, sekligus memberikan gambaran kutub utara saat ini yang mengering, mencair dalam kawasan yang luas. Untuk melihat penjelasan lengkanya dari Finn Haries, cek di link jacksgap.com

2. Climate Change 101 with Bill Nye

Bill Nye menjelaskan pada kita apa yang akan terjadi dengan perubahan iklim bumi, dan siapa yang bertanggung jawab dengan semua itu. Video animasi keren ini setidaknya menarik perhatian kita untuk lebih tahu dan peduli dengan keadaan bumi saat ini.

Dalam video tersebut pun dijelaskan seberapa berpengaruhnya aktivitas manusia pada perubahan iklim, dan apa yang bisa kita lakukan saat ini dan seterusnya untuk bumi.

3. The Lost Winter: VICE Sports Climate Change Special

Dalam video ini dijelaskan betapa berpengaruhnya perubahan iklim pada salju yang hadir di area olahraga musim dingin seperti Ski. Salju yang turun semakin sedikit ternyata memberikan efek pada berkurangnya pengunjung area wisata dan berpengaruh pula pada pekerjaan yang semakin sedikit sehingga pendapatan pun berkurang.

Video ini sekaligus memaparkan pada kita bahwa perubahan iklim tidak saja hanya mempengaruhi cuaca dan es yang mencair namun pula seluruh sistem dari tumbuhan, laut, hutan, hewan hingga manusia itu sendiri seperti kesehatan dan ekonomi.

4. Climate Science: What You Need To Know

Ingin lebih tahu perubahan iklim, video ini akan memberikan wawasan penting tentang semua hal tersebut dalam 24 langkah.

Masih kurang dengan penjelasan di atas? Anda perlu melihat video yang ke-5.

5. Six degrees could change the world

Film dokumenter berikut mungkin seperti melebih-lebih kan, namun ada fakta di dalam nya. Suhu bumi saat ini sudah naik rata-rata 1 derajat celcius, banyak hal yang terjadi karena perubahan iklim, jika 2 derajat celcius terjadi maka daratan dekat lautan mulai tenggelam dna es terus mencair, kebakaran hutan dan banyak lainnya. Lalu bagaimana bila kenaikan temperatur bumi menjadi 6 derajat celcius? Mari kita lihat video berikut ini:

setuju atau tidak bumi sedang berubah, kita membutuhkan alam, namun alam tak membutuhkan manusia.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kevin Hendrawan, Vlogger Cerdas Juara L-Men 2014 dan Olimpiade Fisika - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top