Tahu Gak

20 Manfaat Biji Waluh yang Belum Banyak Diketahui Orang

biji waluh, (thenurturingroot.com)

Waluh atau “pumpkin” merupakan salah satu jenis labu-labuan (Cucurbitaceae), dengan ciri utama buah berukuran besar dan berbentuk bulat atau memanjang.

Tumbuhannya sendiri sering dianggap hama, karena merambat liar di tempat-tempat yang tak semestinya, seperti di pinggir jalan atau di tempat pembuangan sampah. Namun setelah berbunga, tumbuhan ini menghasilkan buah yang lezat jika diolah dengan benar.

Tumbuhan ini berasal dari benua Amerika, namun sekarang telah menyebar di banyak tempat yang memiliki iklim hangat seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri, waluh atau labu parang atau labu kuning sering digunakan sebagai bahan utama memasak dan membuat kue.

Tekstur daging waluh yang lembut, renyah dengan rasa sedikit manis dan agak asam ini sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai bahan makanan lainnya.

Buah waluh berwarna oranye karena mengandung beta-karoten, yaitu salah satu provitamin A dan juga sebagai zat anti-oksidan. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang mirip bintang, berbiji besar dan berwarna coklat atau putih. Waluh yang paling populer di Indonesia yakni dari jenis Cucurbita moschata dan Cucurbita pepo.

Selain dagingnya lezat untuk masakan, ternyata biji waluh mengandung sejumlah nutrisi penting, diantaranya:

  • Mineral: zinc, magnesium, tembaga, mangan dan phosphorus
  • Anti-Oksidan: Vitamin A, vitamin E, vitamin K dan vitamin B
  • Asam lemak Essensial: Oleic, stearic, palmitic, dan linoleic

Berikut 4muda akan mengulas beberapa manfaat biji waluh bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

1. Melembapkan Kulit

Biji waluh mengandung sejumlah asam lemak tak jenuh, seperti omega-3. Asam lemak ini sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk melembapkan kulit. Selain itu, biji ini juga mampu mengobati kulit dari serangan alergi.

2. Mengobati Jerawat

Mencegah dan mengobati jerawat adalah salah satu manfaat terbaik dari biji waluh. Biji buah ini kaya akan zinc, yaitu mineral yang bersifat mengeringkan dan menyembuhkan bintik-bintik merah pada kulit, misalnya jerawat. Selain itu, zinc juga bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri sehingga kuman penyebab jerawat tidak kembali lagi.

3. Mempercepat Kesembuhan Luka

Perlu diketahui, dunia medis telah menggunakan ekstrak biji waluh sebagai bahan campuran untuk mempercepat proses pemulihan luka. Keampuhan ini berasal dari gabungan vitamin A dan zinc.

4. Mencegah Penuaan Dini

Terpaan sinar matahari berlebih, khususnya sinar ultraviolet yang diterima kulit merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya kerusakan oksidatif tubuh. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan kulit prematur, meningkatkan timbulnya pigmentasi kulit, keriput hingga kanker kulit. Untuk itu diperlukan vitamin A dan E, misalnya pada biji labu ini, yang berfungsi melawan radikal bebas, yang nantinya mencegah proses penuaan dini.

5. Melindungi Resiko Terserangnya Kanker Kulit

Omega-3 yang terkandung pada biji tumbuhan ini sangat efektif melawan serangan radikal bebas pada kulit, yakni pemicu timbulnya sel-sel abnormal (kanker).

6. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Mendorong tumbuh lebatnya rambut adalah salah satu manfaat utama biji ini. Biji tumbuhan ini mengandung L-lysine cukup tinggi dan zat besi, kedua nutrisi ini dapat meningkatkan intensitas volume rambut. Selain lebat, kesehatan rambut pun meningkat.

7. Mencegah Timbulnya Ketombe

Keberadaan zinc pada biji ini sangat berperan dalam mencegah dan mengobati kerusakan rambut yang disebabkan ketombe, seperti rambut bercabang, lengket dan kering. Selain itu, biji ini juga bersifat anti-fungal.

8. Memelihara Kesehatan Rambut

Biji waluh memiliki nutrisi penting seperti omega-6, zat besi, zinc dan protein, dimana semuanya merupakan zat vital untuk mempertahankan kesehatan rambut.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Karena biji tumbuhan ini kaya akan zinc, maka dapat menurunkan proses peradangan cytokines dan tekanan oksidatif, dimana keduanya biang keladi turunnya sistem kekebalan tubuh.

10. Sumber Terbaik Vitamin K

Faktanya, biji waluh merupakan sumber terbaik vitamin K bagi tubuh. Vitamin K ini mempunyai fungsi vital dalam proses pembekuan darah saat kulit terluka dan berdarah. Dari penelitian, satu ons biji setara dengan 2 mg vitamin K. Selain itu, vitamin K juga berperan menguatkan tulang.

11. Sumber Terbaik Vitamin E

Umumnya, semua vitamin E berfungsi sebagai zat anti-oksidan yang melindungi jaringan tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kerusakan liver, kanker, stroke dan kepikunan. Begitu pun vitamin E pada waluh, biji nya telah dipakai dalam berbagai produk kecantikan kulit dan kesehatan.

12. Mendorong Terciptanya Kualitas Tidur

Dari penelitian, biji waluh mentah yang diolah menjadi serbuk dapat melepaskan tingkat stress atau merilekskan tubuh saat memulai aktivitas tidur. Hal itu karena biji ini kaya akan magnesium plus asam amino tryptophan, lalu keberadaan zinc mempengaruhi otak untuk mengubah trytophan menjadi serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon kebahagiaan/kenyamanan.

13. Bersifat Anti-inflamasi

Umumnya, biji waluh telah digunakan untuk mengobati berbagai keluhan penyakit yang berkaitan dengan peradangan, seperti reumatik.

14. Bersifat Anti-Parasit

Dewasa ini, serangan cacing pita dan bakteri usus telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia karena mereka menyerap nutrisi tubuh dari dalam, membuat lemah dan sakit hingga kematian. Parasit ini biasanya masuk ke tubuh melalui air, makanan yang terkontaminasi dan lingkungan hidup yang kurang sehat.

Jika tubuh telah terjangkit, cobalah konsumsi bubuk biji waluh, karena di dalamnya terkandung laksative dan anthelmintic, dimana kedua zat ini meracuni parasit agar tidak betah hidup di usus dan mengeluarkannya.

15. Menurunkan Tingkat Depresi

Salah satu manfaat berikutnya dari biji ini yakni mampu mengurangi perasaan depresi. Biji labu mengandung lemak menyehatkan, dimana lemak ini sangat dibutuhkan untuk mengurangi inflamasi di dalam sel-sel otak. Seperti telah disinggung sebelumnya, biji ini mengandung trytophan yaitu asam amino yang dapat melawan depresi dengan cara melepaskan hormon melatonin, serotonin, dan hormon mood agar neurotransmitter otak bekerja optimal.

16. Menurunkan Kadar LDL Kolesterol Tubuh

Berbicara kolesterol, maka kita harus memperhatikan kadar LDL yaitu nilai toleransi aman kolesterol di dalam darah. Biji labu merupakan obat alami penurun kadar LDL karena adanya zat omega-3.

17. Bersifat Anti-Viral

Biji waluh mentah, minyak ataupun serbuk, semuanya bermanfaat untuk mencegah datangnya virus dan mikroba yang berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya melawan mikro-organisme jahat, biji ini juga mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal, cikal bakal timbulnya kanker. Keampuhan ini berkat protein unik yang dimiliki biji berbentuk pipih lonjong ini.

18. Menyehatkan Sistem Reproduksi

Minyak biji labu dan biji mentahnya sangat bermanfaat untuk menyehatkan kesehatan reproduksi manusia, khususnya mencegah gangguan prostat pada pria. Dari penelitian, terindikasi bahwa minyak biji labu dapat mengurangi terjadinya BPH (benign prostatic hypertrophy), yaitu kasus dimana kelenjar prostat membesar.

19. Menyehatkan Organ Liver dan Jantung

Biji waluh sangat berguna bagi orang-orang yang rentan atau pernah mengalami gangguan organ liver dan jantung. Karena bersifat memelihara LDL, maka menyehatkan sistem kardiovaskular.

20. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Terakhir, manfaat paling utama dari biji waluh yakni mencegah terbentuknya batu di dalam organ ginjal, atau sering disebut batu ginjal. Dari penelitian, terungkap dengan mengkonsumsi biji labu sebagai makanan ringan dapat mengobati penderita batu ginjal.

Demikian kedua puluh manfaat biji waluh, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Waluh
https://id.wikipedia.org/wiki/Labu
https://www.organicfacts.net

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top