Connect with us

Rubrik

12 Hewan Peliharaan Lucu yang Cocok Dipelihara Di Rumah

sweater-rajut-pria

Pada umumnya orang beranggapan memelihara hewan peliharaan di rumah sungguh merepotkan dan menyita waktu. Tidak salah dengan pernyataan tersebut, namun bagi sebagian orang, khususnya pecinta binatang, kegiatan tersebut terasa menyenangkan untuk dilakukan.

Banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat dari memiliki hewan peliharaan. Dari penelitian, ternyata memelihara hewan peliharaan memberikan dampak positif bagi kehidupan, baik dari segi psikologi maupun kesehatan.

Diantaranya: mengurangi stres dan rasa jenuh, melatih tanggung jawab, membuat rajin, membuat betah di rumah, sampai dapat menambah pendapatan kita (banyak contoh dari hobi menjadi penernak hewan peliharaan).

Berikut adalah beberapa hewan lucu yang cocok di pelihara di rumah.

1. Hedgehog

Hedgehog, gambar: huffpost.com

Hedgehog, gambar: huffpost.com

Sekilas hedghog mirip seperti tikus yang memiliki bulu panjang seperti jarum, namun anggapan ini salah. Hedgehog atau landak mini tidak ada hubungannya dengan golongan tikus, landak mini merupakan salah satu jenis landak yang dapat dipelihara di rumah, makanannya serangga dan bersifat pemalu.

Duri landak mini sangatlah aman, tidak seperti duri landak hutan dan sangat cocok untuk dipelihara anak-anak, yang tidak akan sampai menyita waktu hingga berpuluh tahun, karena landak mini hidupnya paling lama antara 5- 7 tahunan. Selain memakan serangga kecil dan buah-buahan, hewan ini termasuk hewan nocturnal (aktif di malam hari).

2. Sugar Glider

Sugar Glider, gambar: petzlover.com

Sugar Glider, gambar: petzlover.com

Ukurannya yang kecil membuat hewan ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, bisa ditaruh dipundak, atau kantong baju. Sugar glider merupakan hewan peliharaan yang tergolong arboreal, marsupial, dan omnivora.

Hewan lucu ini berbentuk seperti tupai terbang. Dinamai sugar glider, karena hewan ini menyukai makanan yang manis-manis seperti Nectar bunga, serta dapat melayang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hewan yang memiliki habitat asli di Papua dan Australia ini sering ditemui di hutan yang banyak ditumbuhi pohon eucalyptus. Sugar glider juga sama seperti landak mini yang aktif di malam hari. Rata-rata sugar glider dapat bertahan hidup hingga umur 14 tahun.

3. Chipmunks

Chipmunks, gambar: wikimedia.org

Chipmunks, gambar: wikimedia.org

Chipmunks merupakan hewan peliharaan dari jenis tupai atau bajing, bentuk wajahnya lucu, apalagi saat makan, ia akan mengangkat kedua tangannya. Hewan ini sebenarnya aga agresif, namun jika sudah akrab nanti juga bakal jinak dengan sendirinya.

Untuk memeliharanya, dibutuhkan kandang yang tidak terlalu besar, seperti kandang burung. Makanan favorite nya buah kenari.

4. Hamsters

Hamsters, gambar: petscorner.co.uk

Hamsters, gambar: petscorner.co.uk

Hamsters termasuk hewan pengerat lucu yang aman untuk dipelihara. Ukurannya yang kecil, lucu, dan bersahabat, menjadikannya hewan populer untuk di pelihara saat ini. Sebenarnya hamsters telah dikenal sebagai hewan peliharaan sejak tahun 1930an.

Saat ini, hamsters yang paling banyak dicari berasal dari keturunan hamsters emas atau hamsters siria, yang memiliki panjang 7 inci, dan yang paling kecil hanya 2 inci.

Umur hamsters terbilang pendek, sekitar 2 atau 3 tahun, sehingga cocok sebagai hewan peliharaan anak usia 8 tahunan keatas. Hamsters tergolong hewan nocturnal dan makanan favoritenya sayuran dan buah-buahan serta keju.

5. Geckos

Geckos, gambar: reptileforums.co.uk

Geckos, gambar: reptileforums.co.uk

Jika kita mencari hewan peliharaan yang unik, eksotik dan lucu, cobalah untuk memelihara tokek atau geckos. Dikatakan unik, karena geckos dapat menempel hingga 90 derajat di dinding, suaranya khas dan ekor yang membesar ke belakang.

Geckos umumnya pemalu dan selalu menghindari manusia, namun jika bersabar, dengan sendirinya geckos akan akrab dengan majikannya. Salah satu jenis gecko yang banyak dicari yakni leopard gecko atau tokek macan tutul, dimana habitat aslinya dari asia selatan, seperti pakistan, iran dan india.

6. Kura-kura Mini

Kura-kura mini, gambar: pixabay.com

Kura-kura mini, gambar: pixabay.com

Kura-kura ini termasuk jenis kura-kura air dengan ukurannya paling kecil di dunia, dan kini telah menjadi hewan peliharaan populer di kalangan remaja pecinta hewan reptil. Hewan lucu dan unik ini sebagian besar dapat ditemukan hampir diseluruh perairan tropis dan subtropis.

Uniknya, kura-kura mini memiliki proses tidur dalam jangka panjang atau hibernasi. Proses tersebut adalah bentuk pertahanan diri terhadap cuaca ekstrim. Di alam kura-kura mini dalam melakukan hibernasi ialah dengan merendamkan diri di dalam lumpur sepanjang cuaca ekstrim terjadi (musim kemarau).

7. Kelinci

Kelinci, gambar: skim.gs

Kelinci, gambar: skim.gs

Telinganya yang panjang, matanya bulat dan mulutnya yang menggemaskan, membuat kelinci menjadi hewan populer untuk dipelihara. Kelinci cocok untuk dipelihara oleh anak usia 8 tahunan keatas.

Sampai saat ini total 60 jenis kelinci yang hidup di seluruh dunia dengan berbagai karakteristik unik, mulai dari warna, ukuran, berat badan hingga panjang telinga.

Rata-rata umur seekor kelinci berkisar 5 sampai 10 tahun. Makanan favoritenya yakni wortel dan sayuran segar serperti kangkung.

8. Ferrets

Ferrets, gambar: pinterest.com

Ferrets, gambar: pinterest.com

Lucu, unik, dan memiliki bulu yang lembut adalah karakteristik dari ferrets atau sejenis musang. Dulunya hewan in digunakan sebagai pemburu tikus, namun seiring berjalannya waktu, hewan ini cocok untuk di pelihara.

Pemeliharaanya pun cukup mudah, hewan ini suka menjelajah dan bersembunyi. Massa hidup sekitar 5 sampai 8 tahun dan makanannya pun hampir sama dengan kucing.

9. Bearded Dragon

Bearded Dragon, gambar: pinterest.com

Bearded Dragon, gambar: pinterest.com

Reptil ini memiliki kemiripan dengan iguana, bedanya hewan ini tidak dapat berkamuflase. Dinamai bearded dragon, karena bentuk kepala dan dagunya aga berjenggot seperti naga. Hewan ini berasal dari Australia selatan, dan hidup di ranting atau semak semak.

Jenis makanan pokok reptil ini ialah serangga seperti belalang dan jangkrik serta beberpa jenis buah-buahan dan sayuran. Hewan peliharaan ini hanya dapat bertahan hidup hingga 8 tahun saja.

10. Kucing

Kucing, gambar: newtopwallpapers.com

Kucing, gambar: newtopwallpapers.com

Berbulu, berkumis, telinga aga runcing, dan mudah bersahabat, membuat kucing menjadi hewan yang banyak dipelihara oleh anak-anak bahkan orang dewasa. Walaupun begitu, hewan ini aktif pada malam hari dan membutuhkan perawatan serta imunisasi yang rutin agar kesehatan kucing tetap terjaga.

Beberapa jenis kucing yang banyak dicari diantaranya Abyssinia (friendly & sociable), Burnese (affectionate & gentle), Birman (deemed easygoing), dan american shorthair (getting along with dogs).

11. Ikan Luohan

Ikan Luohan, gambar: kaskus.id

Ikan Luohan, gambar: kaskus.id

Selain dapat menghiasi akuarium di ruangan tamu agar terlihat cantik, memelihara ikan louhan juga bagi sebagian orang dapat mendatangkan hoki. Ciri utama ikan louhan dari ikan hias lain yakni benjolan dikepalanya, ibarat mahkota yang menempel. Semakin besar mahkota, umumnya harga louhan semakin mahal.

Soal harga, ikan louhan jenis golden red bisa dibilang paling mahal, yakni bisa mencapai 900 juta rupiah. Wuihh!!! Ikan louhan jenis ini berasal dari Thailand.

12. Burung

Burung, gambar: wonderwordz.com_

Burung, gambar: wonderwordz.com_

Hampir semua burung dapat dijadikan hewan peliharaan karena bentuk tubuh, suara , bulu dan keunikan lainnya. Namun tidak semua jenis burung indah dapat di pelihara, karena sebagian dilindungi oleh undang-undang tentang perlindungan satwa langka.

Beberapa jenis burung yang banyak dipelihara diantaranya murai batu, cucakrowo, kacer, pleci, cendet, anis merah dan lain sebagainya.

Referensi;
https://id.wikipedia.org
http://bisakali.com
http://vkool.com
http://www.majalahikan.com/2016/11/ikan-louhan-bonsai-bentuknya-lucu-tapi.html

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top