Tech

15 Produk Google Paling Bermanfaat dan Populer

Kita tahu bahwa Google merupakan perusahaan raksasa yang sukses dengan beragam jenis produknya yang memberikan manfaat bagi penggunanya. Bahkan Produk google mampu mengalahkan beberapa produk dari microsoft hingga tercatat menjadi nomor wahid/satu menurut ranking alexa yang disusul oleh facebook.

Terdapat beberapa produk google yang paling populer atau banyak digunakan orang serta memberikan manfaat besar diantaranya sebagai berikut:

1. Android

Siapa yang tak kenal dengan OS Android yang menjadi andalan produk google ini. Android berada dipuncak popularitas sebagai OS samartphone paling banyak dipakai hingga saat ini.

Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian dibeli pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007. Android menguasai pangsa pasar telepon pintar global, yang dipimpin oleh produk-produk Samsung, dengan persentase 64% pada bulan Maret 2013.

Android memberikan pengaruh besar dalam segala bidang mulai dari pendidikan, ekonomi dan bisnis masyarakat, termasuk memberikan peluang usaha bagi startup dunia melalui aplikasi yang bisa di download lewat Android.

2. Youtube

Youtube yang merupakan video web terbesar di dunia ini, bisa dibilang telah berhasil mempengaruhi kehidupan umat manusia, termasuk membuat anak muda lebih kreatif dengan VLOG (Video Blog), musik, maupun dalam bidang ekonomi hingga edukasi.

3. Penelusuran Google (Search Engine Google)

Sejak kemunculannya google search sudah menarik banyak perhatian pengguna internet di dunia. Hingga akhirnya mampu mengalahkan searh engine lain seperti yahoo dan bing (pencarian dari microsoft). Google Search pada awalnya merupakan tulang punggung perusahan raksasa ini yang dimulai dari garasi dengan kerja keras dan usaha yang membuahkan hasil hingga memperkenalkan produk dan fitur baru yang juga menarik banyak perhatian pengguna internet seperti gmail dan lainnya.

Google Search terus mengalami perubahan demi kenyamanan penggunanya dalam mencari data dan informasi baik berupa artikel maupun gambar dengan cepat dan beragam referensi. Jika dibandingkan dengan search engine lainnya memang saat ini google search yang terbaik dengan kualitas data serta keragaman informasi yang cepat dan banyak.

4. Google Chrome

Sebuah web browser yang dengan keunggulannya sebagai browser tercepat ini diperkenalkan tahun 2008. Chrome bersaing ketat dengan pendahulunya seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer maupun Opera.

Chrome kini menjadi salah satu pilihan browser utama bagi pengguna internet diseluruh dunia, pasalnya selain kecepatannya, juga memiliki banyak fitur yang bisa diterapkan pada browser ini. Selain itu, chrome kini jadi alternatif utama dalam mobile browser terutama bagi pengguna android.

5. Gmail (Google E-Mail)

Saat ini Gmail menjadi salah satu pilihan dalam mengirim dan menerima surat elektronik selain hotmail, yahoo mail maupun aol mail. Bahkan Gmail menjadi syarat utama untuk pengguna android dan pecinta youtube. Hanya dengan akun gmail lah kita bisa memiliki akun Youtube serta mendownload aplikasi-aplikasi android.

Pada tahun 2004, Google mengungkapkan bahwa perusahaan tidak puas dengan hanya mendominasi pencarian internet. Google ingin mengatasi layanan online terbesar di Internet melalui e-mail. Untuk itu, Google mengumumkan untuk menguji Web-host layanan e-mail yang disebut Gmail.

Gmail mulai keluar sebagai internal layanan Google e-mail. Pada awalnya, satu-satunya cara untuk mendapatkan akun Gmail adalah untuk menerima undangan dari orang lain. Hampir tiga tahun setelah mengumumkan Gmail, Google membuka akses ke masyarakat luas. Sekarang siapa pun dapat membuat akun Gmail.

Gmail mengatur pesan ke dalam “percakapan.” Jika seseorang mengirim pesan dan kita merespon, Gmail akan menyajikan dua pesan bersama-sama dalam tumpukan. E-mail asli akan berada di atas dan jawaban Anda akan muncul di bawahnya. Pesan terbaru akan muncul di bawah aslinya, sehingga pesan tidak mengambil ruang terlalu banyak pada layar. Dengan mengelompokkan pesan dan tanggapan bersama-sama, Gmail memudahkan pengguna untuk melacak beberapa diskusi sekaligus.

6. Google Drive

Google Docs mencakup pengolah kata seperti word, editor spreadsheet dan aplikasi presentasi. Singkatnya, ia memiliki aplikasi perangkat lunak dasar yang banyak perusahaan butuhkan. Google memberikan solusinya dalam menyimpan dan membuat file perushaan atau pribadi dalam Google Doc. Namun saat ini Google Doc telah berubah nama menjadi Google Drive yang sebagian besar aplikasinya sama dengan Google Doc namun menambahkan beberapa fitur lainnya.

Fitur dari Google Drive adalah kemampuan untuk berbagi dokumen dan kemampuan mengedit dengan pengguna Google lainnya. Beberapa orang dapat mengedit dokumen yang sama pada waktu yang sama. Dengan Google Drive, setiap orang dapat membuat perubahan nya langsung ke file yang disimpan di server Google.

Google Drive menjadi solusi penyimpanan data secara besar-besaran di server google, sehingga hard disk tidak lagi diperlukan. Namun demikian keamanan data harus tetap diperhatikan bagi penggunanya.

7. Google Map

Google Map diperkenalkan pada tahun 2005, dan pada tahun 2008 google memberikan fitur yang menarik yakni orang dapat mencari suatu daerah atau tempat bahkan gang menuju suatu rumah  hanya dengan google map, terlebih google map mampu menunjukkan jalan mana saja yang dapat dilalui menuju tempat yang diinginkan.

Tak hanya itu, google map mampu menujukkan lokasi dimana kita berada sehingga orang dengan mudah mengetahui tempat kita. Aplikasi google map telah merajai aplikasi dalam melihat dunia secara mudah. Kita bisa melihat bagian-bagian dari dunia di berbagai negara dengan cukup menakjubkan.

8. Blogger (Blogspot)

Aplikasi ini menjadi nomor wahid dalam dunia blogging. Bahkan akhir-akhir ini pengguna blog telah menjamur dan jadi aplikasi yang mampu mendongkrak popularitas sebuah perusahaan dengan menggunakan tenanga blogger dalam mempromosikan perusahaan atau produk melalui lomba blog.

Blogger saat ini bersaing dengan wrodpress. masing-masing memiliki keunggulan, namun dengan kemudahan dan beragam aplikasi yang diberikan dalam blogger menjadikan blogger sebagai tempat ngblog paling populer. Bahkan seorang blogger pengguna blogspot menjadi juara blogger terbaik versi majalah TIME.

9. Google Plus

Seiring makin kencarnya dunia social network seperti facebook dan twitter. Google tak ingin kalah dengan mengeluarkan produk yang disebut Google Plus. Produk google kali ini pun meraih sukses dengan memberikan kemudahan sesorang sebagai penulis untuk menyebarkannya kepada orang-orang diseluruh dunia.

Google plus saat ini memang masih belum mengalahkan facebook, namun google plus diprediksi dapat meruntuhkan kejayaan facebook karena google plus memiliki fitur yang menarik perhatian banyak orang. Di Indonesia sedniri google plus belum begitu terkenal namun orang-orang sudah menyadari keberadaannya.

10. Google Earth

Aplikasi google earth menjadi salah satu yang terbaik dalam melihat kondisi bumi diseluruh negara. Bahkan saat ini google earth dapat menampilkan dunia bawah laut. seperti hal nya Google map. Google menyebutnya Geotagging yakni cara menghubungkan informasi ke lokasi dunia nyata. Anda melihat informasi geotag pada peta.

Google Earth memberikan pengguna pilihan, dari melihat citra satelit dari planet ke peta overlay, tiga dimensi dan fitur medan cityscapes.

Google Earth juga memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi untuk menghubungkan informasi ke lokasi tertentu di dunia. Pengguna dapat memilih untuk melihat informasi geotag mulai dari laporan berita umum dengan data yang disesuaikan. Google Earth memungkinkan untuk menggambarkan berita dengan cara yang baru. Sebagai contoh, sebuah kantor berita bisa menggambarkan cerita tentang kebakaran hutan dengan memplot daerah kerusakan pada Google Earth.

11. Google Adsense

Google adsense merupakan fitur yang sangat menarik karena ia memberikan solusi bagi pengguna internet untuk meraih dollar melalui iklan yang disediakan google yang bisa dipasang didalam website maupun blog. Telah banyak orang yang sudah memanfaatkannya sebagai usaha utama atau sampingan selain mengelola website.

12. Google Adwords

Google adwords adalah tempat kita bisa menempelkan iklan produk yang dimiliki utnuk disebarluaskan ke seluruh pengguna internet di dunia. Lebih terkenal dan tentu memberikan keuntungan lebih saat orang-orang melihat produk kita kemudian membelinya. Setiap orang boleh beriklan di google melakui google adwords dengan membayar beberapa dollar sesuai dengan keinginan kita.

13 & 14. Google Webmaster & Google Analytics

Salah satu hal yang menjadi dasar dari SEO (Search Engine Optimation) adalah dengan memiliki webmaster dan aplikasi analisis website atau blog. Seseorang dapat melihat kinerja website atau blog yang dimiliki untuk lebih mengembangkan dan memperbaiki kualitas dan segala hal melalui catatan dan analis yang diterapkan oleh google.

15. Google Trends

Google Trends, sangat penting bagi SEO para webmaster, pemilik website dan blogger. Kehadirannya memberikan informasi penting seuptar artikel dan berita paling populer di setiap negara yang menjadi patokan bagi sebagain banyak blogger, jurnalis.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Blog Terpopuler dan Berpendapatan Tertinggi di Dunia - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top