Connect with us

10 Tanaman Pembersih Udara yang Dapat Mempercantik Ruangan Rumah

Green

10 Tanaman Pembersih Udara yang Dapat Mempercantik Ruangan Rumah

Salah satu ciri makhluk hidup yakni bernapas, termasuk manusia. Sedangkan salah satu faktor penunjang kesehatan manusia yakni udara bersih berisi oksigen. Karena darah hanya memerlukan oksigen, sedangkan gas lain dikeluarkan kembali melalui proses respirasi. Untuk itu kita membutuhkan tanaman pembersih udara, untuk membersihkan ruangan sekaligus memperindah tata ruang rumah.

Nah, bagaimana jika oksigen yang kita hirup bercampur dengan gas-gas yang buruk bagi kesehatan!

Kebanyakan kita berpikir udara berpolusi hanya berada di luar ruangan, sebenarnya anggapan itu salah, mungkin saja udara di dalam ruangan rumah juga terkontaminasi hal-hal yang mengganggu kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, ternyata kualitas udara di dalam rumah-rumah perkotaan memiliki kualitas jelek.

Kurangnya lahan hijau di pekarangan rumah karena mahalnya lahan di perkotaan, menjadi salah satu faktor tidak adanya tanaman yang mampu membersihkan udara. Udara yang kurang sehat di dalam rumah dapat menyebabkan berbagai dampak buruk  bagi kesehatan, seperti batuk-batuk, sakit tenggorokan, sakit dada, selalau pusing, mata perih, susah bernapas, hingga asma.

Polutan apa saja yang ada dalam ruangan?

  • Formaldehyde, ditemukan di karpet, taplak dan alas meja, lem, cat tembok/kayu, dan masih banyak lagi
  • Benzene, ditemukan di plastik, serat sintetik, pelumas (pengencer cat), karet, pestisida, dan lain-lain
  • Trichloroethylene, ditemukan di paint remover, pembersih karpet, adesif, dan lain-lain
  • Amonia, ditemukan di pembersih jendela, pelicin lantai kayu, pupuk kompos, zat sisa pembuangan, dan sebagainya

Berikut adalah sepuluh tanaman yang mampu membersihkan udara di dalam ruangan rumah, sekaligus mempercantik isi rumah.

1. Peace Lily

Tanaman Pembersih Udara, Peace lily, gambar: mooiwatplantendoen.nl

Tanaman Pembersih Udara, Peace Lily, gambar: mooiwatplantendoen.nl

Salah satu tanaman yang mampu membersihkan udara di dalam ruangan rumah yakni bunga lili. Tanaman ini mampu menetralisir dampak buruk dari gas-gas polutan seperti formaldehyde, benzene, xylene, trichloroethylene, karbon monoksida, dan amonia yang bercampur dengan udara ruangan.

Selain itu, bunga ini juga menyerap acetone dan alkohol yang berasal dari bahan perekat dari pembersih dan dari elektronik.

Untuk perawatannya pun cukup mudah, kita tinggal menaruh bunga lili pada ruangan rumah yang terkena langsung/tidak langsung sinar matahari, dan disiram secukupnya satu atau dua kali seminggu. Jangan lupa sesekali diberikan pupuk dan daunya dibersihkan dari debu agar kemampuan bunga lili sebagai pembersih udara tetap optimal.

2. Spider Plant

sweater-rajut-pria
Tanaman Pembersih Udara, Spider Plant, gambar: pocobuildingsupplies.com

Tanaman Pembersih Udara, Spider Plant, gambar: pocobuildingsupplies.com

Dinamakan Spider plant, karena daun tanaman ini menyerupai kumpulan kaki laba-laba. Tanaman asli dari Afrika ini, kini menyebar ke segala penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tanaman yang mampu mencapai tinggi 60 cm ini, sangat ampuh membersihkan udara dari gas polutan seperti formaldehyde, toluene, dan xilene.

Spider plant mudah untuk tumbuh dan bandel terhadap berbagai kondisi cuaca. Spider akan tumbuh optimal jika terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa siram secara rutin dan diberi pupuk agar kemampuan spider dalam membersihkan ruangan tetap terjaga.

3. Pakis Boston

Tanaman Pembersih Udara, Pakis Boston, gambar: indoorplantsexpert.com

Tanaman Pembersih Udara, Pakis Boston, gambar: indoorplantsexpert.com

Tanaman dengan daun unik memanjang ini sangat efektif membersihkan udara dari polutan. Ia mampu menemukan formaldehyde yang bercampur di udara, dari zat perekat pada furniture di dalam ruangan rumah. Lalu, tanaman ini juga mampu menghilangkan toluene dan xylene yang bercampur dengan udara.

Bahkan, tanaman ini mampu mereduksi kandungan racun di dalam tanah, seperti arsenik, dan merkuri.

Untuk perawatannya cukup mudah, letakanlah pakis boston dekat dengan sinar matahari, sambil rutin di siram, dan jangan lupa diberi pupuk secukupnya.

4. Bamboo palm

Bamboo Plant, gambar: jvanvliet.com

Bamboo Plant, gambar: jvanvliet.com

Tanaman berbatang panjang dengan daun runcing ini merupakan salah satu tanaman hias sekaligus pembersih udara efektif. Kemampuanya yakni memfilter udara dari trichloroethylene dan benzene. Tumbuhan ini sangat serasi diletakan dekat furniture, disamping mempercantik, juga mengurangi gas formaldehyde yang keluar dari cat/zat perekat dari furniture.

Bambo palm tidak membutuhkan ruang yang banyak, dan mudah untuk dirawat. Tumbuhan ini tidak teralalu banyak membutuhkan asupan air, cukup disiram seminggu sekali, itupun jika tanahnya kering. Yang penting, bersihkan daun-daunnya dari debu, agar fungsi sebagai pembersih udara tetap optimal.

5. Rubber Plant

Rubber Plant, gambar: 99roots.com

Rubber Plant, gambar: 99roots.com

Tanaman dengan daun mengkilap menyerupai plastik/karet ini adalah salah satu tumbuhan yang mampu membersihkan udara. Rubber plant sangat ampuh mensterilkan udara dan menghilangkan toxin yang bercampur dengan udara, misalnya formaldehyde dan karbon monoksida.

Rubber plant dikenal sebagai tumbuhan yang membutuhkan sedikit cahaya dan tahan terhadap suhu lebih rendah dari tumbuhan sejenis. Tumbuhan sangat praktis dam ekonomis untuk disimpan di dalam ruangan.

6. Bunga Chrysanthemum

Bunga Chrysanthemum, gambar: massonfarms.files.wordpress.com

Bunga Chrysanthemum, gambar: massonfarms.files.wordpress.com

Bunga Chrysanthemum atau aster florist’s merupakan tanaman yang sangat efektif membersihkan udara. Selain cantik dilihat, tanaman ini sangat bisa diandalkan dalam menghilangkan gas-gas polutan seperti benzene, trichloroethylene, amonia, formaldehyde dan beberapa jenis zat kimiawi.

Bunga krisantemum membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh, dan asupan air secara rutin dua atau tiga kali seminggu agar tanah nya tetap lembap. Lalu, secara berkala sebulan sekali berilah pupuk agar bunga tetap bekerja optimal. Ada beberapa jenis warna bunga krisan, dari warna orange, merah, putih, lavender dan kuning.

7. Weeping Fig

Weeping Fig, gambar: seedsforafrica.co.za

Weeping Fig, gambar: seedsforafrica.co.za

Tanaman berdaun kecil, dengan untaian ranting bekelok kelok, Yup, Weeping fig atau Beringin hias merupakan tanaman ampuh selanjutnya agar udara ruangan tetap bersih. Beringin mampu menghilangkan gas-gas berbahaya seperti formaldehyde,benzene dan xylene.

Beringin hias cepat tumbuh dalam kondisi cukup cahaya dan tanah lembap. Yang perlu diperhatikan, daun beringin harus rutin bersih dari debu yang menempel, karena mempengaruhi fungsi utamanya sebagai pembersih. Jangan lupa dikasih pupuk sebulan sekali dan hindari dari cuaca buruk.

8. Snake Plant

Snake Plant, gambar: houseplantscare.blogspot.co.id

Snake Plant, gambar: houseplantscare.blogspot.co.id

Lidah mertua atau snake plant merupakan salah satu tanaman terbaik untuk membersihkan udara di ruangan rumah atau di kantor. Tanaman ini dapat menetralisir formaldehyde, benzene, dan nitrogen oksida. Lalu, tumbuhan ini juga mampu menurunkan level karbon dioksida.

Snake plant dapat tumbuh dalam kondisi minim cahaya dan kurang air, kecuali saat musim kemarau. Kemampuan daunya menyerap uap air, menjadi salah satu kelebihan snake plant.

9. Red-Edged Dracaena

Red-Edged Dracaena, gambar: pinterest.com

Red-Edged Dracaena, gambar: pinterest.com

Tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan super pembersih udara. Yup, Dracaena, tumbuhan yang memiliki daun panjang dengan ujung runcing, serta memiliki tepian daun berwarna putih, merah, atau krem. Nah, Dracaena dengan daun bertepi merah lah yang memiliki kemampuan pemebersih diatas rata-rata tumbuhan sejenisnya.

Seperti halnya tanaman pembersih udara, Dracaena dengan mudah menghilangkan racun di udara seperti benzene, xylene, formaldehyde dan trichloroethylene.

Untuk merawatnya, cukup dengan menjaga tanah tetap lembap dan terkena sinar matahari. Yang perlu diperhatikan, jangan sampai hewan peliharaan kita, memakan daun tanaman ini, karena bersifat racun bagi mereka.

10. English Ivy

English Ivy, gambar: Atap.co

English Ivy, gambar: Atap.co

Sirih gading atau english ivy merupakan tanaman pembersih populer di daratan eropa dan inggris. Lihat saja, beberapa rumah disana, dinding dan atap ditumbuhi oleh tumbuhan ini. English ivy sungguh dapat diandalkan untuk mengurangi senyawa kimiawi berbahaya seperti karbon monoksida, benzene, trichloroethylene, formaldehyde, toluene, dan xylene. Lalu, tumbuhan ini juga mampu menetralisir bahaya asap rokok.

Tumbuhan ini mudah untuk dirawat, hanya perlu ruang kecil, minim cahaya, dan cukup air.

Demikian kesepuluh tanaman ampuh pembersih udara ruangan rumah, semoga ulasan kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
http://www.mnn.com/health/healthy-spaces/photos/15-houseplants-for-improving-indoor-air-quality/a-breath-of-fresh-air
www.undergroundhealth.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top