Connect with us

10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler

Tech

10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler

Situs jejaring sosial dewasa ini sudah mulai ditinggalkan oleh para netizen karena dinilai memiliki dampak negatif. Selain itu, salah satu bentuk media sosial ini pun kini sudah mulai berubah fungsinya. Apabila dulu fungsinya lebih ke memperpanjang tali silaturahim, kini mulai bergeser menjadi alat marketing.

Media sosial tidak dipungkiri saat ini menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Media sosial adalah suatu media interaksi yang bersifat online, media yang menghubungkan antara satu sama lain tanpa batas jarak dan waktu. Dengan fungsi tersebut media sosial bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi. Bentuk media sosial bermacam-macam mulai dari blog, situs berbagi konten, situs jejaring sosial, aplikasi chatting, hingga virtual game world.

Salah satu bentuk media sosial yang banyak digunakan orang adalah situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial merupakan media yang lebih mengacu pada website atau situs yang hanya digunakan sebagai tempat berinteraksi atau berkumpul banyak orang dalam dunia maya tanpa pembatas baik tempat maupun waktu. Contoh situs jejaring sosial adalah Facebook, Twitter, Path, Tumblr, Instagram, Pinterest dan website sejenisnya.

Berikut adalah 10 situs jejaring sosial yang paling populer hingga saat ini.

1. Facebook

Memiliki sekitar 1.100.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 2 Alexa, Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Situs jejaring sosial ini didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Awalnya keanggotaan situs ini terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.

2. Twitter

Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006, situs jejaring sosialnya kemudian diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet dan dijuluki dengan “pesan singkat dari Internet.”Twitter memiliki sekitar 310.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 8 Alexa.

3. LinkedIn

Merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan professional, didirikan oleh Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly, dan Jean-Luc Vaillant di Santa Monica, California tahun 2003. LinkedIn tercatat memiliki sekitar 255.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 9 Alexa. Hingga September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

4. Pinterest

sweater-rajut-pria

Merupakan virtual pinboard di mana pengguna bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori (semacam album atau folder) yang bisa di customize namanya. Pengguna juga bisa mengikuti akun lain dan re-pin pin milik akun lain (seperti retweet pada Twitter) tanpa harus mengikuti pemilik pinboard. Pinterest tercatat memiliki sekitar 250.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 26 Alexa.

Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp dan diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini dikelola oleh Cold Brew Labs dan didanai oleh sekelompok kecil entrepreneur dan investor. Alih-alih sebagai jejaring sosial, CEO Pinterest, Ben Silbermann, menyimpulkan perusahaannya sebagai “katalog dari berbagai ide” yang menginspirasi para pengguna untuk “pergi keluar dan melakukan hal itu.”

5. Google Plus+

Google+ atau Google Plus merupakan jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. dan diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba sebagai pengganti Google Buzz. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak. Kabarnya jejaring sosial ini didirikan untuk menyaingi Facebook. Kini Google Plus tercatat memiliki sekitar 120.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dengan pengguna aktif sekitar 418.000.000.

6. Instagram

Dirancang oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger dari Burbn, Inc., Instagram dirilis untuk pertama kalinya pada tanggal 6 Oktober 2010. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar. Kini situs jejaring sosial ini memiliki sekitar 100.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan memiliki sekitar 150.000.000 pengguna aktif serta menempati ranking ke 23 Alexa.

7. Tumblr

Merupakan platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan Tumblr, Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Pengguna dapat mengikuti blog pengguna lain atau mengatur privasi blog sendiri. Kebanyakan fitur webnya diakses dari antarmuka “dasbor”; di sana terdapat opsi untuk mengirimkan konten dan melihat pos dari blog yang diikuti.

Tumblr didirikan oleh David Karp pada Februari 2007. Pada tanggal 21 Mei 2013, Tumblr diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai $1,1 miliar. Kini Tumblr tercatat memiliki sekitar 110.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan memiliki pengguna aktif sekitar 108.000.000 serta menempati ranking ke 45 Alexa.

8. VK

VK atau VKontakte merupakan sebuah situs jejaring sosial terbesar di Rusia yang diluncurkan pada tahun 2006, dimiliki dan dioperasikan oleh Mail.Ru Group. Hingga bulan November 2014, VK memiliki lebih dari 280.000.000 pengguna aktif. Seperti jaringan sosial lainnya, VK memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan satu sama lain, umum atau pribadi; untuk membuat grup, halaman publik dan peristiwa, berbagi dan tag gambar, audio dan video, dan permainan game berbasis browser. VK tercatat memiliki sekitar 80.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 21 Alexa.

9. Flickr

Flickr diluncurkan pada February 2004 oleh Ludicorp, sebuah perusahaan yang berbasis di Vancouver, Kanada, didirikan oleh Stewart Butterfield dan Caterina Fake. Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto.

Awalnya Flickr difokuskan sebagai chat room dengan banyak pengguna dengan nama FlickrLive dengan kemampuan berbagi foto secara langsung (real time). Ternyata yang lebih banyak terjadi adalah membagi foto atau gambar yang ditemukan di web daripada foto yang dibuat oleh para pengguna sendiri. Evolusi berikutnya lebih ditekankan untuk uploading gambar dan chat room menghilang dari peta situsnya. Ludicorp dan Flickr kemudian diambil alih oleh Yahoo! Inc. pada tahun 2005. Kini Flickr tercatat memiliki sekitar 65.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 91 Alexa.

10. Vine

Vine merupakan aplikasi layanan berbagi video berdurasi pendek yang dibuat oleh Dom Hofmann, Rus Yusupov, dan Colin Kroll pada Juni 2012. Vine kemudian diakuisisi oleh Jack Dorsey, CEO Twitter pada Oktober 2012 dengan penjualan sekitar 30 juta dolar. Aplikasi ini kemudian diluncurkan secara resmi pada tanggal 24 Januari 2013 sebagai aplikasi gratis untuk perangkat iOS. Pada tanggal 2 Juni 2013, Vine merilis aplikasinya untuk sistem operasi Android.

Beberapa bulan kemudian, Vine menjadi aplikasi berbagi video yang paling banyak digunakan dan paling banyak diunduh di iOS App Store. Pada tanggal 1 Mei 2014, Vine meluncurkan layanan versi web untuk jelajah video. Vine kini tercatat memiliki sekitar 42.000.000 pengunjung unik setiap bulannya dan menempati ranking ke 1.172 Alexa.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
https://id.wikipedia.org/wiki/Jejaring_sosial
http://www.ebizmba.com/articles/social-networking-websites

1 Comment

1 Comment

  1. Kenji

    April 12, 2016 at 09:10

    Coming soon kepopuleran feslim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top