Potret Dunia

10 Potret Indah dari Tempat-tempat Yang Terlupakan

Kejelian mata seorang fotografer seringkali membuat kita berdecak kagum. Kepiawaian seorang fotografer dapat dilihat dari keberhasilannya menangkap sisi cantik berupa potret indah dari tempat-tempat yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya, seperti pabrik yang ditinggalkan atau reruntuhan dari sebuah pesawat.

David de Rueda, seorang penjelajah daerah perkotaan atau urban explorer, telah melakukan perjalanan keliling dunia, mengunjungi tempat-tempat yang ditinggalkan dan menciptakan gambar-gambar indah dengan kesan “menghantui”. Mulai dari pangkalan bekas NATO, reruntuhan pesawat US Navy, hingga hangar besar pesawat ulang alik yang telah ditinggalkan.

Berikut adalah 10 potret indah dari tempat-tempat yang terlupakan karya David de Rueda.

1. Frozen stars

Frozen Star, potret menawan karya David, gambar: davidderueda.com

Frozen Star, potret menawan karya David, gambar: davidderueda.com

Perhentian pertama adalah sebuah bekas pangkalan NATO yang terletak di Pegunungan Apennine di Italia. Dibangun selama Perang Dingin, tempat ini tidak pernah dipakai lagi sejak runtuhnya Tembok Berlin. Untuk mengambil potret indah ini tidaklah mudah. Ketika semakin dekat melewati pegunungan, salju tiba-tiba muncul dan memaksa rombongan bermalam di mobil. Sore hari berikutnya, rombongan naik ke pangkalan melewati salju dengan kedalaman 50 cm. fasilitas ini tampak sempurna di bawah sinar bulan dan piringan satelit tertutupi es. Bintang dan pegunungan mengelilinginya. Pemandangannya tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata dan menginspirasi pengambilan gambar seperti fiksi sains.

2. Night souls

Night Souls, gambar: davidderueda.com

Night Souls, gambar: davidderueda.com

Pada tahun 1973, sebuah pesawat milik US Navy, Douglas DC-3 terjatuh di pantai selatan Islandia. Krunya selamat dan reruntuhannya terletak di sana selama lebih dari 40 tahun. David tiba di tempat itu sekitar pukul 4 pagi tepat ketika cahaya Utara mulai menari di langit malam. Dengan menambahkan cahaya di dalam reruntuhan pesawat, potret indah ini diambil David.

3. The mothership

The Mothership, gambar: davidderueda.com

The Mothership, gambar: davidderueda.com

Potret indah berikutnya berlokasi di pelabuhan Kota Tua di Tallinn, Estonia, tepatnya di sebuah gedung besar aula konser bernama Linnahall. Gedung ini dibuka pada tahun 1980 untuk acara-acara pada Olimpiade Musim Panas Moskow. Tahun 2009 merupakan tahun terakhir diselenggarakannya konser di gedung ini, setelah itu 4.800 kursinya kosong karena masalah biaya pemeliharaan yang tinggi. Bagi David, aula ini seperti pesawat luar angkasa.

4. High frequency

High Frequency, gambar: davidderueda.com

High Frequency, gambar: davidderueda.com

Fasilitas penelitian percobaan ini dibangun pada tahun 1970an oleh Institut Teknologi Listrik Rusia untuk mengetes isulasi petir. Keindahannya yang unik membawa David ke tempat yang berlokasi di tengah hutan di pinggiran kota Moskow. Baginya, fasilitas ini bernuansa masa depan dengan penjagaan sebuah tim keamanan beserta anjing-anjingnya.

5. Suspicious path

Suspicious paths, gambar: davidderueda.com

Suspicious paths, gambar: davidderueda.com

Red triangle merupakan salah satu pabrik tertua di Saint Petersburg. Bangunan tempat potret indah berikutnya ini dibangun pada tahun 1860an, tempat ini menjadi pabrik industri terbesar Rusia dan produsen karet terdepan dunia. Tempat ini kini benar-benar sudah ditinggalkan, dengan beberapa bangunan saja yang masih digunakan. Bagi David berada di tempat itu seperti sedang berada di labirin dan mencoba mencari jalan keluar dari tempat itu melewati koridor, workshop yang tak berujung, dan tangga-tangganya.

6. Beyond time

Beyond Time, gambar: davidderueda.com

Beyond Time, gambar: davidderueda.com

Potret indah selanjutnya berlokasi di dekat Budapest, Hungaria, tepatnya di pembangkit listrik tenaga panas yang dibangun pada pertengahan abad ke-20 dan tidak digunakan selama hampir 20 tahun. David harus memasuki pabrik melewati sabuk konveyor, merangkak dan memanjat sepanjang 100 meter koridor berdebu. Tempat yang ideal untuk menciptakan “hantu” berdasarkan referensi cerita hantu dari bangunan warisan ini.

7. The one

The One, gambar: davidderueda.com

The One, gambar: davidderueda.com

Masih di tempat yang sama, yaitu di pembangkit listrik tenaga panas, David mengeksplorasi pabrik tersebut. Ia merasa seperti manusia pertama yang mengunjungi tempat itu selama bertahun-tahun. Semuanya masih tidak tersentuh, dengan mesin-mesin yang ditinggalkan menciptakan suasana menghantui dan fiksi sains. Potret indah ini diambil di salah satu aula mesin utama.

8. Time capsule

Time Capsule, gambar: davidderueda.com

Time Capsule, gambar: davidderueda.com

Budapest memiliki sebuah museum kereta api yang sangat penting dengan koleksi kereta tua dan lokomotif yang banyak. Beberapa dari mereka bahkan ada yang belum direstorasi dan dengan sabar menunggu untuk dibawa kembali ke kehidupan di dalam sebuah gudang yang ditinggalkan di pinggiran kota. Hal ini seperti memasuki dunia mimpi bagi orang-orang yang menyukai mesin-mesin tua. Bagi mereka ini seperti melarikan diri dari kenyataan selama beberapa jam, kembali ke masa kanak-kanak, dimana penuh dengan imajinasi monster besi.

9. The signal

The Signal, gambar: davidderueda.com

The Signal, gambar: davidderueda.com

Berlokasi di atas puncak pegunungan Balkan tengah, Buzludzha adalah markas besar dari Partai Komunis Bulgaria. Bangunan ini dibuka pada tahun 1981 setelah tujuh tahun pembangunan yang melibatkan ratusan pekerja, dan jatuh sejak tidak diperbaiki kembali. Potret indah ini diambil dengan cahaya yang terpusat di tengah, memunculkan bagian-bagian ruangan dari kegelapan. Berada di tempat ini seperti berada di bawah sebuah pesawat luar angkasa.

10. Lost in space

Lost in space, gambar: davidderueda.com

Lost in space, gambar: davidderueda.com

Potret indah yang terakhir berlokasi dimana program pesawat ulang alik Buran diluncurkan pada tahun 1970an dan dibatalkan akibat jatuhnya Uni Soviet. Hanya satu penerbangan saja yang berhasil diselesaikan. Tempat yang berlokasi di gurun pasir di Kazakhtan ini memiliki dua prototype perlombaan luar angkasa Soviet membuat pengalaman eksplorasi ini menjadi sangat luar biasa epik.

Itulah 10 potret indah karya David de Rueda yang dikutip dari BBC. Semoga memberi inspirasi untuk mengunjungi tempat-tempat yang mungkin tidak pernah kita pikirkan karena tempat tersebut sudah lama tidak dikunjungi orang atau sudah tidak digunakan. Siapa tahu kita pun dapat mengambil sisi-sisi indah dari tempat tersebut.

Sumber:
http://www.bbc.com/travel/story/20160515-the-places-the-world-forgot

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top