10 Permainan Papan (Board Game) Terpopuler Di Dunia Sepanjang Masa

permainan papan catur
permainan papan catur, gambar huffpost.com

Adakah yang tahu apa itu permainan papan atau board game? Permainan papan merupakan suatu game yang dimainkan di atas “papan khas” yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, dengan memindahkan bagian/bidak/pion (pieces) di atas papan, melalui sebuah peraturan yang berkaitan dengan permainan tersebut.

Terdapat puluhan permainan papan yang tersebar di dunia ini. Beberapa game diantaranya termasuk jenis permainan strategi murni, sehingga perlu skill atau keterampilan khusus agar dapat memainkan game tersebut, misalnya catur dan shogi.

Namun, ada juga game papan yang tak serumit catur, kita hanya memindahkan bidak seperti pada monopoli, bahkan beberapa game lainnya tidak memerlukan skill khusus untuk memainkannya, seperti tic-tac-toe.

Menilik ke belakang, board game telah dimainkan jauh sebelum manusia membuat kertas tebal/ karton atau plastik (untuk papan), yakni pada zaman Mesir kuno, sekitar abad ke 3300 – 2700 sebelum Masehi.

Saat itu, permainannya disebut Senet. Selain itu, ada game Mehen (dari Mesir, zaman Predynastic), Go (ditemukan di Tiongkok sekitar 2500 tahun yang lalu), Liubo (Tiongkok), Patolli (Permainan Suku Aztec), Royal Fame of Ur (Mesopotamia), Pachisi dan Chaupar (India).

Berikut adalah sepuluh permainan papan terpopuler di dunia sepanjang masa.

10. Draughts

Draughts, gambar wikimedia.org
Draughts, gambar wikimedia.org

Permainan papan terpopuler pertama kita awali dengan salah satu game board paling tua di dunia, Draughts atau Chekers. Permainan ini telah ada sejak 3000 sebelum Masehi pada masa kerajaan Mesir kuno. Game ini berjenis strategi yang membutuhkan taktik untuk menang.

Draughts dimainkan oleh dua orang, dimana pemain memilih warna bidak, hitam atau putih; setiap pemain memiliki 12 bidak. Kemudian semua bidak disusun pada kotak-kotak yang berwarna sama. Untuk meraih kemenangan, pemain harus memakan bidak lawan dengan cara melompati bidak tersebut dengan bidak kita. Pemain yang kehabisan bidak lebih dulu dinyatakan kalah.

Untuk aturan main, jelasnya simak video berikut ini:

Draughts memiliki banyak jenis, tergantung dari jumlah kotak yang ada di gambar pada papan, mulai dari standar (8×8) untuk American chekers, English, Russian, sampai Chekers untuk Canadian (12×12).

9. Shogi

Shogi, gambar abstractstrategygames.blogspot.co.id
Shogi, gambar abstractstrategygames.blogspot.co.id

Shogi merupakan permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Permainan ini disebut juga catur Jepang, karena dipengaruhi permainan caturangga, dari India kuno.

Ciri khas yang membedakan shogi dengan catur kala itu yakni sistem memainkan kembali bidak lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, bidak yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Catur modern pun sekarang meniru aturan ini, namun dengan aturan yang berbeda.

Beberapa aturan permainan papan ini, yakni:

  1. Dimainkan oleh dua orang pemain, pertama yang menjadi sente (hitam) dan dan kedua yang menjadi gote (putih), yang dimainkan pada papan satu warna.
  2. Setiap pemain diberi satu set buah shogi, yang berjumlah 20 buah bidak, terdiri dari: satu raja, satu benteng, satu gajah/kuncung, dua jenderal emas, dua jenderal perak, dua kuda, dua tombak dan sembilan prajurit.
  3. Semua bidak diletakan dalam 3 baris wilayah, baris pertama paling belakang berisi tombak-kuda-jenderal perak-jenderal emas-raja-jenderal emas-jenderal perak-kuda-tombak. Baris kedua, tengah, berisi gajah sejalur dengan kuda kiri, dan berisi benteng sejalur dengan kuda kanan. Baris paling depan, berisi sembilan prajurit.

Kemudian, pemain sente melakukan langkah pertama. Lengkapnya, lihat aturan main shogi berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=Pkz0LVBg0W4

Seiring perkembangan zaman, permainan papan ini mengalami banyak variasi, mulai dari ukuran papan, jumlah bidak shogi dan pangkat yang berbeda. Misalnya: microshogi (4×5), kyoto shogi (5×5), sho shogi (9×9), cannon shogi (9×9), chu shogi (12×12), sannin shogi (dimainkan oleh tiga orang), yonin shogi (dimainkan oleh empat orang) dan lain-lain.

8. Othello

Othello, gambar amazon.com
Othello, gambar amazon.com

Othello atau dikenal juga dengan riversi, merupakan salah satu permainan papan berjenis strategi yang dimainkan oleh dua orang pemain, pada papan yang memiliki ukuran 8×8 dengan warna kotak serba sama dan bidak yang memiliki dua sisi warna yang berbeda, putih dan hitam.

Riversi ditemukan sekitar tahun 1883 oleh dua orang berkebangsaan Inggris, Lewis Waterman dan Fraud. Namun, Othello modern mulai diperkenalkan di Jepang oleh Goro Hasegawa sekitar tahun 1971. Perbedaanya yakni:

  • Di awal permainan, tempatkan empat bidak; 2 hitam dan 2 putih di tengah-tengah papan dengan posisi menyilang.
  • Setiap pemain hanya boleh memiliki 32 bidak, berarti total 64 bidak yang diletakan diatas papan.

Tujuan permainan ini adalah sebisa mungkin para pemain harus mengubah warna bidak lawan menjadi warna pilihannya. Untuk jelasnya, tonton video berikut ini:

7. Mancala

Mancala, gambar dadsgamingaddiction.com
Mancala, gambar dadsgamingaddiction.com

Mancala merupakan permainan papan yang dimainkan oleh dua orang pemain, dimana peralatan utamanya adalah papan/ sebongkah kayu yang memiliki sejumlah cekungan, yang nantinya diisi oleh biji, bisa berupa batu-batu kecil/biji kacang. Di Indonesia sendiri, board game ini disebut Congkak atau Congklak.

Sebelum adanya penggunaan papan sebagai media, dulu orang menggunakan tanah liat yang dibentuk, sehingga mempunyai sejumlah lubang. Mancala pertama kali berkembang di Benua Afrika, khususnya daerah Ethiopia sekitar abad ke-6.

Aturan permainannya cukup sederhana, yakni dengan mulai mengisi seluruh lubang dengan sejumlah biji sama besar. Lalu, menentukan pemain yang akan melangkah pertama, dengan membagi biji yang diambil dari lubang dan menyebarkannya hingga ke area lawan, hingga biji berhenti pada lubang yang kosong.

Jika biji berhenti pada lubang yang kosong di area sendiri, maka biji tersebut artinya memakan seluruh biji yang ada di depannya (area lawan).

Saat ini, permainan papan ini telah menyebar ke seluruh dunia, dengan berbagai varian lubang dan nama berbeda, lebih dari 800 jenis permainan. Bahkan, di beberapa tempat, permainan papan ini termasuk permainan para bangsawan.

Beberapa mancala yang ada didunia, diantaranya:

  • Abangah (Sudan)
  • Agsinnoninka (Filipina)
  • Ali Guli Mane (India)
  • Anywoli, Gabata (Ethiopia)
  • Congkak, Dakon, Dara-dara, Galaatjang, Bajangkaq dll (Indonesia)
  • Chanka (Sri langka)
  • Bohnenspiel (Jerman)
  • dan lain-ain

6. Scrabble

Scrabble, gambar abovewhispers
Scrabble, gambar abovewhispers

Scrabble merupakan salah satu permainan papan berjenis strategi susun kata yang dapat dimainkan oleh dua sampai empat orang. Tujuan permainan ini yakni mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15×15).

Mulanya, scrabble diciptakan dengan nama awal “Criss-Crossword” oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts pada 1938. Permainan ini sebenarnya penyempurnaan dari Lexiko yang lebih dulu ia ciptakan. Alfred memproduksi mainan ini tetapi tidak laku.

Pada 1948, pengacara James Brunot, membeli hak memproduksi Criss-Crossword ini dengan memberi royalti kepada Butts untuk setiap unit yang terjual. Sebagai pemilik, James merubah nama permainan ini menjadi “Scrabble”. Ditangan James, aturan permainan papan ini disederhanakan dan ternyata laku terjual.

Awal permainan, setiap pemain mengambil tujuh buah biji kata secara acak di dalam kantong, lalu dari biji kata tersebut harus disusun menjadi sebuah kalimat, baik dalam arah horizontal atau vertikal pada titik awal permainan (tanda bintang). Kalimat yang dibentuk harus sesuai standar kamus bahasa.

Untuk jelasnya, ikuti video beriktu ini:

5. Backgammon

Backgammon, gambar wikipedia.org
Backgammon, gambar wikipedia.org

Pernah mendengar backgammon? Permainan papan ini merupakan salah satu permainan paling tua yang masih bertahan saat ini. Berasal dari kebudayaan Persia (Iran) ditemukan sekitar 3000 sebelum Masehi.

Kemudian, permainan ini sampai ke Asia timur hingga Eropa masa kerajaan Romawi kuno dan Bizantium. Lalu, mendekati abad ke-19, permainan ini populer di Britania dengan nama Back-gammon, dan dikenal hingga kini.

Pada dasarnya backgammon dimainkan oleh dua orang. Setiap pemain memiliki lima belas biji/checkers yang disusun di atas papan pada tiang berbentuk segitiga, berjumlah dua puluh empat buah, melalui lemparan dadu. Tujuan permainan ini adalah menjadi pemain pertama yang menempatkan semua checkers di luar papan permainan (pada tempat semula).

Untuk jelasnya, ikuti video berikut ini:

Cara memasang checkers di awal permainan

Aturan memindahkan checkers

Hitting and Re-Entering

4. Go atau IGO

Igo, gambar jurnalotaku.com
Igo, gambar jurnalotaku.com

Permainan papan terpopuler selanjutnya, Go berasal dari Tiongkok, ditemukan sekitar abad ke-4 sebelum Masehi, berdasarkan catatan Zuo Zhuan. Lalu, sekitar abad ke-15 Masehi, permainan ini masuk ke Jepang, dikenal dengan nama Igo.

Secara garis besar, permainan ini dimainkan oleh dua orang, dengan memilih terlebih dahulu warna batu/biji yang akan digunakan. Tujuan akhir dari permainan ini yakni mengumpulkan titik wilayah (liberti) sebanyak-banyaknya. Selain itu, poin juga diperoleh dari banyaknya batu musuh yang tertangkap.

Bagi sebagian orang, Igo merupakan permainan olah otak yang melibatkan strategi halus namun kompleks. Bahkan beberapa pemain Igo tingkat tinggi harus mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan strategi asli miliknya.

Berikut aturan umum permainan Igo:

  1. Dimainkan oleh dua orang pemain, memilih warna batu, kemudian meletakan batu pada titik-titik dari papan berukuran 19×19. Batu hitam mulai terlebih dahulu.
  2. Tiap batu harus memiliki liberti (titik sebelah batu yang kosong), agar bisa tetap berada di papan. Batu-batu berwarna sama yang berhubung oleh garis disebut rantai, dan saling berbagi liberti.
  3. Ketika sebuah batu atau rantai dikelilingi oleh batu-batu musuh, sehingga tidak mempunyai liberti lagi, maka batu atau rantai tersebut tertangkap dan dikeluarkan dari papan.
  4. Jika sebuah batu tidak memiliki liberti sesaat setelah dimainkan, namun secara bersamaan menghilangkan liberti terakhir lawan, maka yang tertangkap adalah rantai lawan.
  5. Sebuah batu tidak boleh dimainkan di titik tertentu, jika langkah tersebut mengulang posisi papan pada langkah sebelumnya (aturan ko).
  6. Pemain dapat melakukan pass, sebagai alternatif dari meletakan batu. Saat kedua pemain pass berturut-turut, permainan berakhir lalu nilai dihitung. Nilai pemain adalah jumlah titik kosong (liberti) ditambah jumlah batu musuh yang ditangkap.

Permainan papan ini mungkin mudah dipahami, namun dalam pelaksanaanya, dibutuhkan strategi permainan yang matang, agar pemain dapat memenangkannya. Konon, Igo dulunya merupakan permainan papan kegemaran para jenderal perang Tiongkok dulu kala.

3. Ular Tangga

Ular tangga, gambar macleans.ca
Ular tangga, gambar macleans.ca

Sewaktu masih kecil, pastinya kita pernah memainkan permainan papan satu ini, ular tangga. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua atau lebih pemain. Papan ular tangga biasanya terbuat dari kertas karton yang telah dibagi dalam kotak-kotak kecil.

Kotak-kotak tersebut memiliki angka mulai dari satu hingga seratus, dan beberapa kotak terhubung satu sama lain dengan tangga dan ular. Permainan dimulai dengan melempar dadu, dan bidak pemain bergerak mulai dari angka satu sesuai angka dadu yang keluar.

Apabila bidak pemain berhenti pada kotak berisi tangga, maka pemain tersebut naik ke kotak di atasnya, namun jika pemain berhenti pada kotak berisi ular, maka pemain tersebut harus turun ke kotak di bawahnya. Pemain dinyatakan menang, jika berhasil berhenti di kotak ke-100.

Permainan papan ini aslinya berasal dari India, tercipta sekitar abad ke-19, sebagai permainan para bangsawan. Setelah Inggris datang ke India, beberapa industri mainan Inggris menjual permainan ini dengan nama “Snakes and Ladders”.

2. Monopoli

Monopoli, gambar americanhistory.si.edu
Monopoli, gambar americanhistory.si.edu

Monopoli merupakan salah satu permainan papan paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini yakni untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Sejarahnya, permainan ini telah dikembangkan sejak tahun 1903, saat itu seorang kebangsaan Amerika anti-monopoli, Elizabeth (Lizzie) J.Magie Philips, menciptakan The Landlord’s Game, yang mengilustrasikan dampak negatif dari sistem monopoli, berdasarkan teori Henry George.

Satu set monopoli modern, memiliki kelengkapan:

  1. Bidak-bidak untuk mewakili pemain, jumlahnya ada sepuluh buah.
  2. Dua buah dadu bersisi enam.
  3. Kartu, meliputi kartu properti, kartu dana umum dan kartu kesempatan.
  4. Uang rekaan khas monopoli.
  5. 32 buah rumah dan 12 hotel.
  6. Terakhir, tentunya papan permainan dengan petak-petak wilayah.

Permainan papan ini cukup gampang untuk dimainkan oleh orang yang belum pernah bermain sekalipun. Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya. Apabila, pemain tersebut mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak sesuai harga yang tertera.

Bila pemain mendarat pada petak yang sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar sebesar uang sewa yang jumlahnya sudah ditetapkan pada kartu properti. Pemain yang telah melewati petak start, akan memperoleh gaji bulanan. Permainan ini akan berakhir, di saat semua pemain tidak mempunyai uang dan menyisakan satu pemain dengan kekayaan paling melimpah.

1. Catur

Catur, gambar huffpost.com
Permainan Papan Catur, gambar huffpost.com

Siapapun pasti setuju jika catur (chess) menjadi permainan papan paling populer di seluruh dunia. Catur merupakan salah satu board game yang dimainkan pada papan persegi yang terbagi menjadi beberapa kotak. Untuk catur modern terdapat 64 kotak (8×8), dengan 32 buah pion.

Catur dimainkan oleh dua orang, sebelum bermain, pemain harus mengetahui peraturan catur terlebih dahulu, kemudian masing-masing pemain memilih warna pion yang akan dimainkan.

Masing-masing pemain, memiliki 16 buah pion dengan bentuk dan nama yang berbeda untuk dimainkan, yakni satu raja, satu menteri/patih, dua benteng, dua kuda, dua gajah/kuncung dan delapan bidak/prajurit. Setiap nama pion memiliki aturan pergerakan yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui pergerakan setiap pion, ikuti video berikut ini:

Melalui undian, pemegang catur warna putih memulai langkah pertama, dan selanjutnya diikuti pemegang warna hitam secara bergantian, sampai pergerakan salah satu pion raja terhentikan (skakmat), tanda permainan selesai, dan pemain yang memakan raja itulah pemenangnya.

Nama catur sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya empat. Konon, permainan papan ini berasal dari India sekitar abad ke-7, bermula dari suatu permainan yang disebut chaturangga, yang berarti empat sudut, karena memang permainan catur saat itu dimainkan oleh empat peserta, berbeda dengan catur modern yang hanya dimainkan oleh dua peserta saja.

Beberapa jenis catur modern, diantaranya:

  1. Catur 960, merupakan catur modern yang telah disebut diatas, ditemukan oleh Robert James Fisher atau dikenal sebagai Bobby Fischer (pecatur legendaris dunia), pertama kali diperkenalkan pada 19 Juni 1996.
  2. Grand Chess, merupakan catur modern yang memiliki 100 kotak (10×10) dengan jumlah pion sebanyak 40 (masing-masing pemain 20). Ditemukan oleh Christian Freeling pada 1984.
  3. Hexagonal Chess, catur modern yang populer di Eropa timur, ditemukan oleh Wladyslaw Glinski sekitar tahun 1936.
  4. Double Chess, catur modern yang dimainkan pada papan dengan 192 kotak (12×16), dengan pion sebanyak 64 buah, ditemukan oleh Julian S Grant Hayward pada 1916.
  5. Masonic Chess, merupakan catur modern yang ditemukan oleh George R Dekle, Sr pada 1983, catur ini memiliki jumlah kolom dan pion sama dengan catur 960, namun bentuk kolomnya zig-zag.
  6. dan masih banyak lagi.

Permainan papan ini masuk dalam olahraga dunia, secara resmi disebut Olimpiade Catur yang diselengarakan oleh FIDE (Federasi Catur Dunia) sejak 1927 dan berlangsung pada tahun-tahun genap (walaupun sebelum PD II, sesekali diadakan setiap tahun). Dikabarkan catur berpeluang masuk dalam Olimpiade 2020 mendatang.

Pecatur terbaik dunia saat ini berasal dari Norwegia, bernama Magnus Carlsen, dengan rating FIDE 2832 (per-May 2017). Sedangkan pecatur terbaik Indonesia masih dipegang ole Utut Adianto, dengan rating FIDE 2566 (per-may 2017). Saking begitu menariknya permainan catur ini, terdapat film yang mengisahkan biografi pecatur kenamaan dunia Bobby Fischer yakni Pawn Sacrifice.

Demikian sepuluh permainan papan terpopuler di dunia sepanjang masa, semoga informasi kali ini menambah wawasan kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Board_game
https://www.youtube.com/