Top 10

10 Merk Mobil Paling Populer Di Indonesia

Mobil mungkin bisa dikategorikan sebagai barang mewah, namun saat ini mulai semakin mudah dibeli masyarakat umum terutama menengah ke atas, karena harganya yang variatif dengan penawaran mobil murah dilengkapi cicilan yang cukup menggiurkan terutama diperuntukkan bagi anak muda, eksekutif muda, keluarga muda yang produktif dan dinamis.

Hakikatnya, mobil saat ini bukan sekedar sebagai status aja namun lebih pada fungsi dari setiap jenis mobil seperti kebutuhan untuk keluarga, untuk bisnis seperti mobil Pickup atau mobil truk bagi pemiliknya dalam menunjang usaha atau agar lebih aman dalam berkendara.

Berbicara tentang mobil, tentu tidak terlepas dari kemacetan, meskipun bukan hanya karena jumlah mobil yang makin banyak dijalanan, namun pula kendaran lainnya yang tidak tertib lalu lintas serta ruas jalan yang tidak bertambah sdan tidak mulus yang tidak mampu mengimbangi jumlah pengendara kendaraan bermotor.

Dari sekian banyak mobil yang ada, terdapat 10 merk mobil paling populer di Indonesia untuk segala jenis keperluan masing-masing konsumen, diantaranya:

1. Toyota

Toyota Motor Corporation (TMC) adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Perusahaan ini mampu memproduksi 1 mobil tiap 50 menit serta menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya.

Logo Toyota, gambar: www.slashgear.com

Logo Toyota, gambar: www.slashgear.com

Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga memjbuat robot. Tak hanya itu saja, Toyota memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino, serta memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.

Di Indonesia sendiri Toyota merupakan merk mobil terpopuler dan paling banyak dipergunakan termasuk untuk mobil murah Toyota Agya dan Avanza yang menjadi salah satu mobil terlaris di tahun 2015 mengalahkan rival nya dengan tipe kelas mobil yang sama. Mobil 123.com pun mencatat bahwa lebih dari 23.000 unit mobil merk Toyota terjual di lima bulan pertama tahun 2015.

2. Honda

Logo Mobil Honda, gambar: najhassan.com

Logo Mobil Honda, gambar: najhassan.com

Honda Motor Company, Ltd. merupakan produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan, dan peralatan taman.

Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Sekarang ini, Honda termasuk pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

Berdasarkan data yang dilansir mobil123.com, awal tahun hingga Mei 2015, tercatat penjualan mobil Honda terlaris ketiga setelah Daihatsu dengan 11.301 unit terjual. Di Indonesia sendiri yang paling ngetrend dari merk Honda saat ini termasuk diantaranya Honda Brio serta Honda Jazz yang sangat banyak peminatnya dari kalangan anak muda maupun kesekutif muda.

3. Daihatsu

Logo Mobil Daihatsu gambar: www.autobild.de

Logo Mobil Daihatsu gambar: www.autobild.de

Daihatsu Motor Co., Ltd. merupakan perusahaan mobil Jepang tertua, yang dikenal dengan produk mobil-mobilnya yang berukuran kecil/kompak. Di Indonesia sendiri slogannya yang terbaru mengklaim sebagai produsen mobil keluarga terbaik, hal ini memang terbukti dengan penjualan mobil-mobil keluarga seperti Xenia serta yang terbaru mobil murah Ayla laris manis dipasaran dan berada diurutan nomor dua setelah Toyota dnegan penjualan lebh dari 14000 unit.

Daihatsu berkantor pusat di Ikeda, Prefektur Osaka. Daihatsu dibentuk ulang pada tahun 1951 sebagai perusahaan penerus dari Hatsudoki dan pada tahun 1960-an, mereka mulai mengekspor mobil ke Eropa, meskipun penjualannya tidak begitu bagus. Sejak bulan Februari 1992, sudah menjadi kebiasaan bagi Toyota untuk memasarkan produk-produk Daihatsu di kawasan Amerika Utara.

Bulan Januari 2011, Daihatsu mengumumkan bahwa mereka akan keluar dari pasar Eropa tahun 2013, disebabkan karena terus menguatnya mata uang yen yang menyebabkan kerugian bagi Daihatsu.[1] Penjualan Daihatsu sendiri di Eropa semakin melorot, dari sebelumnya 58.000 unit pada tahun 2007, menjadi hanya 19.000 unit saja pada tahun 2010.

Tahun 2011, Daihatsu menginvestasikan sekitar 20 miliar yen ($238.9 juta dolar AS) di Indonesia untuk membangun pabrik yang nantinya digunakan untuk memproduksi mobil yang lebih kecil dari Toyota Etios, mobil yang sudah diluncurkan di India bulan Desember 2010. Konstruksi pembangunannya dilakukan di atas tanah seluas 70.000 meter persegi dan dimulai tanggal 27 Mei 2011. Pabrik ini mulai beroperasi akhir 2012 dan memproduksi 100.000 unit mobil per tahunnya.

4. Nissan

Logo Mobil Nissan, gambar: carweb.co

Logo Mobil Nissan, gambar: carweb.co

Nissan Motor Company Ltd. biasanya disingkat sebagai Nissan adalah sebuah produsen otomotif multinasional asal Jepang. Merek ini merupakan divisi utama dari Grup Nissan. Nissan dulunya dipasarkan dengan merek Datsun sampai tahun 1983. Kantor utamanya terletak di wilayah Ginza dari Chūō-ku, Tokyo, tetapi Nissan memindahkan kantor utama mereka ke Nishi-ku, Yokohama pada 2011, dimana konstruksinya sudah dimulai pada 2007.

Nissan adalah produsen mobil terbesar keenam di dunia, di belakang Toyota, General Motors, Volkswagen AG, Hyundai Motor Group, dan Ford pada tahun 2010. Pada tahun 1999, Nissan membentuk aliansi dengan Renault S.A. dari Perancis, dengan Renault memegang 43,4% saham Nissan sedangkan Nissan memegang 15% saham Renault pada tahun 2008. Bersama dengan jajaran produk biasanya, Nissan juga memasarkan merek mobil mewah yang dinamakan Infiniti.

Salah satu mesin Nissan, VQ, telah berada pada jajaran 10 mesin terbaik versi Ward’s untuk 14 tahun berturut-turut. Di Indonesia merk Nissan dikenal baik oleh masyarakat peminat mobil terutama karena suspensinya yang memang tidak diragukan lagi. Meskipun hanya terjual 2000 lebih unit mobil, Nissan masih jadi salah satu merk mobil paling diminati selain Honda dan Toyota. Terlebih dengan mobil murahnya yang saat laku keras di pasaran dengan Merk Datsun.

5. Suzuki

Logo Mobil Suzuki, gambar: www.autotribute.com

Logo Mobil Suzuki, gambar: www.autotribute.com

Suzuki Motor Corporation adalah perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan seperti mobil, mesin, ATV dan sepeda motor. Di Indonesia, PT. Suzuki Indomobil Sales adalah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan mobil, ATV dan sepeda motor merek Suzuki.

Suzuki masih menjadi salah satu merk mobil yang banyak diminati masyarakat Indonesia selain sepeda motornya. Salah satu paling laku adalah tipe LCGC Suzuki Wagon yang mampu meraih konsumen kelas menengah ke bawah karena harganya yang lebih murah serta irit bahan bakar. Tak hanya itu tipe mobil keluarga seperti Ertiga serta mobil stylish untuk kaula muda Suzuki Swift mampu bersaing dengan rivalnya seperti Honda dan Toyota.

6. KIA

Logo Mobil KIA, gambar: www.ancirakiasa.com

Logo Mobil KIA, gambar: www.ancirakiasa.com

Tak seperti Honda, Suzuki, Nissan, Toyota yang kesemuanya produk asal Jepang, KIA merupakan merk mobil asal Korea, yang bilang jadi merk mobil Korea satu-satunya yang paling dikenal masyarakat Indonesia.

Kia adalah singkatan dari “Korean International Automotive” atau “Korea Industrial Autocar”. atau dalam bahasa koreanya adalah Terbit di Asia”. Kia berdiri pada tahun 1944 di Seoul Korea Selatan. Awalnya, Kia memproduksi truk roda tiga. Pada tahun 1992, Kia memproduksi Truk kecil dengan nama Ceres. Pada tahun 1998, Saat krisis ekonomi, Kia motors mengalami kebangkrutan. Namun akhirnya bangkit kembali setelah sahamnya dibeli oleh Hyundai Motors. Sebelumnya, Nama Kia Motors sendiri bernama Asia Motors (tahun 1986 – 1990).

Fokus utama KIA Motors adalah industri manufaktur mobil dan truk. Pada tahun 2014, KIA Motors mendapatkan penjualan sebesar AS$43,5 miliar dengan total keuntungan AS$3,5 miliar. Di tahun yang sama, KIA Motors menempati peringkat ke-258 dalam daftar Global 2000, sebuah daftar perusahaan terbesar di dunia yang diperingkat oleh majalah bisnis Forbes, dengan total nilai pasar (market value) AS$22,8 miliar dan total aset sebesar AS$34,3 miliar.

Di Indonesia, KIA Picanto termasuk salah satu tipe mobil KIA yang paling banyak diminati anak muda, karena selain cukup irit, kecepatan Picanto melebihi rival sekelasnya seperti Nissan March maupun Mitsubishi Mirage. Namun syaang dari daftar 10 mobil terlaris di tahun 2015, KIA tidak termasuk salah satunya.

7. Mitsubishi

Logo Mobil Mitsubishi, gambar: flickr.com

Logo Mobil Mitsubishi, gambar: flickr.com

Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi terdiri dari dua kata: “Mitsu” yang berarti “tiga” dan “hishi” (yang menjadi “bishi” yang berarti di bawah “rendaku”), dan karenanya terdapat tiga buah belah ketupat, yang tecermin dalam logonya yang terkenal. Diartikan pula sebagai “tiga berlian”.

Mitsubishi telah didirikan pada tahun 1870, dua tahun setelah Restorasi Meiji, dengan jasa pengiriman sebagai bisnis utama. Hal ini ditandai dengan mulainya pertambangan untuk mendapatkan batu bara yang dibutuhkan untuk kapal, pembuatan kapal dari pemerintah untuk memperbaiki kapal yang digunakan, mendirikan sebuah pabrik besi untuk memasok besi ke pembuatan kapal, memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman, dan sebagainya. Kemudian, sumber daya manajerial dan kemampuan teknologi yang diperoleh melalui pengoperasian kapal yang digunakan untuk memperluas usaha lebih lanjut ke pembuatan pesawat dan peralatan. Demikian pula, pengalamannya dalam hal pelayaran luar negeri mengakibatkan perusahaan ini masuk ke bisnis perdagangan.

Perusahaan ini memulai pertambangan batu bara pada 1881 dengan membeli tambang Takashima dan Pulau Hashima pada tahun 1890, untuk produksi besar bahan bakar armada kapal uap. Perusahaan ini juga melakukan diversifikasi pada pembuatan kapal, perbankan, asuransi, pergudangan, dan perdagangan. Kemudian diversifikasi juga dilakukan ke dalam sektor-sektor seperti kertas, baja, kaca, peralatan listrik, pesawat, minyak, dan real estate. Mitsubishi sebagai perusahaan berbasis luas, memainkan peran penting dalam modernisasi industri Jepang.

Mitsubishi Motors Corporation adalah perusahaan Jepang yang memproduksi kendaraan terutama mobil. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 April 1970 dan merupakan salah satu perusahaan dibawah bendera Mitsubishi Group. Markas Mitsubhisi Motors berada di Tokyo, Jepang. Pemegang saham terbesar Mitsubhisi Motors sekarang adalah Takashi Nishioka. Pabrik mobil Mitsubishi berada di 7 negara; Jepang, Australia, Belanda, Filipina, Thailand, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Kini Mitsubishi Motors merupakan perusahaan otomotif Ke-4 di Jepang dan Ke-13 Dunia jika dilihat dari unit Penjualan pada tahun 2007.

8. BMW

Logo-bmw

Logo Mobil BMW, gambar: www.resimsi.com

BMW (singkatan untuk Bayerische Motoren Werke, atau dalam Bahasa Inggris, Bavarian Motor Works), adalah sebuah perusahaan otomotif Jerman yang memproduksi mobil dan sepeda motor. BMW didirikan pada tahun 1916 oleh Franz Josef Popp. BMW AG adalah perusahaan induk dari merk mobil MINI dan Rolls-Royce, yang dulunya Rover. BMW dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil mewah dengan performa tinggi, dan juga salah satu perusahaan mobil pertama yang menggunakan teknologi ABS.

BMW mempunyai sejarah sukses di Formula Satu. Mobil yang menggunakan mesin BMW telah memenangi 20 perlombaan. Tahun 2006, BMW mengambil alih tim Sauber dan menjadi konstruktor Formula Satu. Pada tahun 2007 dan 2008, tim ini menikmati beberapa kemenangan. Kemenangan terakhir yang diperoleh tim ini adalah di Grand Prix Kanada, tanggal 8 Juni 2008 dengan pengendara Robert Kubica.

DI Indonesia sendiri mungkin mobil merk BMW merupakan salah satu mobil mewah yang banyak dipergunakan kalangan atas masyarakat Indonesia selain Mercedes. Pada 2010 dan 2012, BMW menjuarai segmen otomotif dalam daftar BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands. Namun sayang Toyota mampu menyalip poisi BMW dan memimpin klasemen pada 2006-2009 serta 2011 dan 2013.

9. Isuzu

Logo mobil Isuzu, gambar: www.hp-f.com.au

Logo mobil Isuzu, gambar: www.hp-f.com.au

Isuzu Motors Ltd. merupakan sebuah perusahaan otomotif Jepang yang memproduksi berbagai macam kendaraan bermesin diesel. Isuzu kebanyakan memproduksi kendaraan komersial dan truk berat. Perusahaan ini berpusat di Tokyo, didirikan pada tahun 1937. Tahun 2005, Isuzu menjadi produsen truk medium dan truk besar yang terbesar di dunia. Perusahaan ini mempunyai pabrik di Fujisawa, prefektur Tochigi dan Hokkaido.

Perusahaan ini terkenal dengan mesin dieselnya, dengan memproduksi 16 juta mesin diesel tahun 2003, dan bisa ditemukan di seluruh dunia. Perusahaan ini mempekerjakan 7.371 pekerjanya pada tahun 2007.

Di Asia, Afrika, dan Eropa, Isuzu banyak dikenal truknya dengan segala ukuran, setelah mobil sedan dan mobil kompaknya mengalami penurunan penjualan sangat drastis akhir 1990-an, dan karena itu pula Isuzu menutupnya. Tahun 2006, Isuzu membuat aliansi dengan Toyota Motor Corporation dengan Toyota membeli 5.9% saham Isuzu.

10. Datsun

Logo Mobil Datsun, gambar: viva.co.id

Logo Mobil Datsun, gambar: viva.co.id

Datsun adalah merek mobil yang dimiliki oleh Nissan Motor Company. Datsun digunakan sebagai merek dari kendaraan Nissan yang diekspor tahun 1958 sampai 1986. Pada tahun 2013, Datsun diluncurkan kembali sebagai merek mobil murah Nissan.

Nama ini dibuat pada tahun 1931 oleh DAT Motorcar Co. untuk model baru mobil mereka dengan nama “Datson”. Pada tahun 1933, setelah Nissan Motor Co., Ltd. mengontrol DAT Motorcar Co., namanya kembali diganti menjadi “Datsun”. Merek Datsun cukup terkenal dengan mobil sport mereka misalnya mobil roadster Fairlady dan Koupe Fairlady (240Z). Datsun juga cukup terkenal di Indonesia pada zamannya dengan kendaraan pick-up Datsun 620 (Datsun 1500).

Tanggal 20 Maret 2012, Nissan mengumumkan bahwa mereka menghidupkan kembali merek ini untuk pasar Indonesia, Afrika Selatan, India dan Rusia. Sejak kemunculannya respon pasar terbilang sangat positif akan mobil yang dibanderol dengan tipe termurahnya kurang dari 100 juta. Mobil ini memiliki penjualan yang pesat jika dibandingkan dengan Nissan dengan harga jual lebih mahal meski memang kualitas lebih baik.

Datsun yang saat ini dipasarkan memiliki dua tipe LCGC yakni Dastun Go Panca dan Datsun Go+ Panca. Meskipun masih dengan kualitas material sederhana, Desainnya terbilang stylish dan memang dipasarkan bagi kalangan anak muda, keluarga muda serta eksekutif muda yang baru pertama kali membeli mobil. Hal tersebut sukses sebagai straetegi pemasaran Datsun dan tercatat mampu menjual 2.874 unit di dalam negeri, berada diurutan ke-6 setelah Mitsubishi.

Mana merk mobil pilihanmu? adakah salah satu diantara 10 merk mobil di atas?

Sumber:
Wikipedia.org
http://www.mobil123.com/berita/10-merek-mobil-terlaris-bulan-mei/14561
http://otomotif.tempo.co/read/news/2013/05/21/123481982/merek-mobil-terbaik-toyota-salip-bmw

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top