Connect with us
raket-badminton-wilson

Top 10

10 Merek Raket Badminton Terpopuler di Dunia

sweater-rajut-pria

Bulutangkis telah menjadi salah satu cabang olahraga olimpiade sejak tahun 1992, semenjak saat itu pula makin dikenal banyak orang diseluruh dunia. Bulutangkis sendiri menjadi olahraga terpopuler kedua setelah sepakbola di Indonesia, dan banyak atlet Indonesia yang mengharumkan nama bangsa sebagai juara. Termasuk Taufik Hidayat yang merupakan salah satu atlet badminton terbaik sepanjang sejarah.

Peralatan permainan bulutangkis terdiri dari raket dan shuttlecock. Setiap pemain profesional memiliki pandangan tersendiri terhadap raket yang nyaman dan terbaik bagi dirinya, namun seiring kepopuleran badminton telah bermunculan beragam jenis merek raket yang banyak dipakai atlet dunia maupun kaum awam untuk berolahraga di lapangan dekat rumah.

Raket Badminton Wilson, gambar: training.sportsxfitness.com

Raket Wilson, gambar: training.sportsxfitness.com

Jenis raket memiliki karakteristik masing-masing, tergantung dari ketegangan string, berat raket, fleksibilitas, keseimbangan dan ukuran genggaman tangan. Raket yang berbeda juga cocok untuk gaya bermain tertentu.

Untuk menambah kekuatan smash, mungkin lebih tepat raket yang lebih kaku. Jika ingin kemahiran, mungkin lebih cocok raket ringan yang memungkinkan untuk membuat pemutaran pergelangan tangan cepat di depan net.

Tidak mudah memang memilih raket badminton yang cocok dan nyaman bagi setiap pemain, namun bagi pemula alangkah lebih baik jika membeli yang tidak terlalu mahal, baru kemudian setelah mahir menggunakan raket dengan harga yang lebih mahal. Karena sebenarnya kualitas raket membantu potensi setiap pemain, namun tidak dapat menggantikan kemampuan dan waktu latihan.

Setiap raket memiliki atribut khusus yang bekerja terbaik berdasarkan gaya bermain masing-masing pemain, pengalaman, kekuatan dan keseimbangan. Kebanyakan raket saat ini diproduksi menggunakan serat karbon atau grafit. Berkat kemajuan teknologi, raket terbaru saat ini tersedia dengan pilihan titanium, kevlar atau nanocarbon.

Berikut daftar 10 raket badminton terpopuler yang banyak digunakan diseluruh dunia:

1. Yonex

yonex

Yonex

Yonex didirikan oleh Minoru Yoneyama pada tahun 1957. Awalnya Minoru Yoneyama memproduksi raket badminton untuk merk lain. Baru pada tahun 1961 ia memproduksi raket badminton dengan merk sendiri yaitu Yoneyama.

Yonex merupakan produsen terkemuka dan inovator peralatan bulutangkis di seluruh dunia. Yonex digadang sebagai sponsor utama dari perhelatan bergengi All England Badminton Championship dan juga mitra utama dari Badminton World Federation (BWF). Federasi Bulutangkis Dunia bertanggung jawab pada keberhasilan pelaksanaan kejuaraan dunia. Sekitar 80% dari pemain yang bersaing di dunia menggunakan raket Yonex.

Sebagai pemimpin pasar dalam raket terbaik, Yonex telah menciptakan klasifikasi untuk berat raket mereka dengan 2U, 3U dan 4U dimana semua raket tersebut menunjukkan berat tertentu. 2U raket yang paling berat yang memungkinkan kecepatan smash bertenaga, 4U raket ringan, yang berarti dapat menghasilkan kecepatan yang baik tetapi tidak terasa berat. Kisaran 3U adalah salah satu yang paling populer.

Yonex memproduksi enam seri raket yang berbeda diantaranya: Yonex Carbonex, Yonex Muscle Power, Yonex Voltric, Yonex Arcsaber, Yonex nanoray, Yonex Nanospeed. Selengkapnya mengenai keenam seri raket tersebut dapat Anda lihat pada: http://www.khelmart.com/Compare_price/Badminton-Rackets-Comparison.aspx

Brand Ambassador untuk Yonex saat ini adalah Lee Chong Wei, dan Lin Dan, Jorgensen, Saina Nehwal, Carolina Marine juga sebelumnya Taufik Hidayat. Beberapa raket bulutangkis premium Yonex diantaranya; Yonex Voltric Z-Force II, Nanoray Z-Speed, Arcsaber Flash Boost and the Voltric 70 E-Tune.

2. Li Ning

li-ning

Li-Ning

Lin Ning merupakan raket badminton asal China yang didirikan oleh mantan atlet senam yang pernah mengharumkan negaranya di pentas dunia berama Li Ning. Didirikan pada tahun 1990 di kota Beijing, saat ini Li Ning menjadi salah satu raksasa produsen peralatan badminton dan cabang olahraga lainnya. Li Ning menjadi pemasok resmi perlengkapan badminton bagi Tim Nasional dan para pemain badminton China.

Seiring dengan prestasi para atlet badminton asal China seperti Chen Long, dan banyak lainnya ikut meningkatkan pamor raket Li Ning di pasar dunia. Raket badminton produksi Li Ning ini memiliki rangkaian tipe dan harga yang berbeda-beda mulai dari kelas pemula sampai level papan atas dunia. Untuk level pemain profesional, raket Li Ning memiliki beberapa seri signature pemain terbaik seperti Lin Dan.

3. Victor

victor

Victor

Bagi sebagain kita mungkin tidak begitu mengenal merek raket bernama Victor, namun jangan salah merek raket ini telah menjadikan pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sebagai brand ambassadornya. Seiring dengan prestasi mereka yang berulang kali menjuara berbagai ajang bergengsi seperti All England Dan Kejuaraan Dunia, semakin populer pula raket Victor sebagai salah satu raket terbaik yang bisa jadi pilihan para pemain top dunia maupun masyarakat awam.

Tim Bulutangkis Korea Selatan pun menggunakan raket Victor sebagai Senjata andalan mereka. Raket bulutangkis Victor dikenal memiliki karakteristik agresif. Sehingga raket merek ini digunakan oleh para Pemain bulutangkis dengan tipe Menyerang. Raket ini pun diproduksi bukan semata untuk pemain profesional namun juga bagi pemula ataupun masayarat umum.

4. Ashaway

ashaway

Ashaway

Ashaway adalah merek bulutangkis yang inovatif asal inggris, memproduksi raket premium dan mendorong batas-batas dalam teknologi raket. Ashaway telah meluncurkan seri baru mereka raket Superlight untuk manuver dan akurasi yang lebih baik.

The X-Treme teknologi frame memungkinkan ketegangan string yang lebih tinggi. Raket yang paling populer dari Ashaway diantaranya; Ashaway Viper XT 1000, Ashaway Superlight 6 Hex dan Ashaway Superlight 99 SQ.

5. Yehlex

yehlex

Yehlex

Yehlex adalah merek bulutangkis yang terbilang sangat populer, memproduksi raket kelas atas dengan harga yang sangat kompetitif! Teknologi raket yang membuat nya dan mengayun sangat ringan dan memungkinkan pertahanan yang lebih baik. Kualitas yang sangat baik dengan harga murah tentusaja banyak menarik perhatian pecinta bulutangkis. Mereka juga memproduksi raket latihan yang ideal untuk meningkatkan kekuatan smash! Yehlex adalah pilihan yang fantastis bagi pemula untuk pemain bulu tangkis dengan kemahiran tingkat menangah.

6. Carlton

carlton

Carlton

Didirikan tahun 1964 Carlton merupakan salah Satu produsen raket bulutangkis dan shuttlecock ternama di dunia. Carlton Sports sendiri adalah anak perusahaan dari Dunlop Slazenger Internasional yang berlokasi di kota Greenville, Carolina Selatan, Yang kini dimiliki dinamakan Sports Direct. Sebagian Penelitian dan Pengembangan raket dilakukan di Kantor Pusat Carlton di kota Camberley, Inggris.

Sepanjang sejarahnya perusahaan ini banyak inovasi yang dilakukan dalam memproduksi peralatan bulutangkis, diantaranya menjadi yang pertama merancang dan membuat raket yang seluruhnya berbahan logam, serta menjadi merk pertama yang membuat raket stainless steel, dan sebagai produsen pertama yang membuat raket one-piece.

7. Adidas

adidas

Adidas

Siapa yang tak kenal dengan merek olahraga adidas, seiring perkembangan dunia bulutangkis, adidas nampaknya ikut latah memproduksi raket badminton dengan kualitas super. Raket bulutangkis adalah salah satu jenis raket berkualitas dengan harga dibanderol mahal untuk para pemain tingkat lanjut atau profesional. Dua seri terpopuler adalah adiPower bertujuan untuk meningkatkan kekuatan sementara raket adiZero memberikan pertahanan yang lebih baik dan memungkinkan bertahan di permainan tengah lapangan.

8. Wilson

wilson

Wilson

Raket bulutangkis Wilson diproduksi untuk memenuhi semua tingkat pemain dan bermain dengan gaya yang berbeda. Seri BLX Wilson akan menarik bagi pemain yang lebih berpengalaman sedangkan Comp Micro dan Zone range akan menarik bagi pemula dan pemain mid-range.

Beberapa raket bulutangkis Wilson paling populer meliputi; Wilson BLX Vertex, Wilson Klub Hybrid dan Wilson Comp Micro C83.

9. Babolat

babolat

Babolat

Babolat yang berasal dari Perancis ini awalnya memproduksi senar raket sejak tahun 1875. Kemudian Babolat yang didirikan oleh Pierre Babolat di kota Lyon mulai memproduksi raket pada tahun 1994. Dan semenjak itu, Babolat termasuk salah satu produsen raket populer di dunia baik untuk raket tenis maupun raket badminton.

Kualitas raket asal Eropa dikenal sangat baik kualitasnya, maka tak heran raket badminton Babolat dipakai para pemain badminton profesional asal negara-negara Eropas seperti Perancis, Denmark, Rusia dan Jerman. Atlet-atlet badminton Eropa yang menjadi ambassador diantaranya Joachim Fischer Nielsen, dan juga dipergunakan oleh Valeriy Atrashchenkov, Michael Lahnsteiner, Juliane Schenk, Tine Baun dan Emilie Lennartsson.

10. APACS

apacs

Apacs

Apacs berdiri sejak tahun 2002 asal negeri jiran Malaysia. Produsen raket badminton, squash, tenis dan tenis meja ini memiliki semboyan Aggressive, Power, Accurate, Control dan Speed. Apacs telah berhasil meluaskan pemasaran produknya ke berbagai negara diseluruh dunia

Dalam memproduksi raket badminton, Apacs terkenal dengan mengaplikasikan teknologi yang digunakan oleh merk raket ternama namun dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak raket yang dibuatnya memiliki desain, bahan, seperti raket produksi Yonex. Salah satu raket badminton Apacs yang paling terkenal adalah Ti-10 yang merupakan replika raket badminton produksi Yonex, Ti-10.

Referensi:
[1] http://www.directbadminton.co.uk/index.aspx
[2] http://www.livestrong.com/article/357544-top-10-badminton-rackets/
[3] http://bestbadmintonracket.com/the-ultimate-badminton-brands-what-is-the-best-badminton-racket-for-you/
[4] http://www.klubsepuluh.com/2014/04/top-10-raket-badminton.html
[5] http://www.leosrackets.com/

3 Comments

3 Comments

  1. Sulung

    August 16, 2015 at 04:44

    Raket-raket Top yang harganya mahal semua hehee

  2. sri wahyuni

    August 24, 2016 at 22:50

    kalo aku sih biasanya pake merek yonex, karena mudah ditemukan

  3. Pingback: 10 Tempat Jual Beli Online Terpopuler di Indonesia Untuk Berbisnis Online - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top