Connect with us

Musik

10 Mantan Boyband Sukses Berkarir Solo

sweater-rajut-pria

Kepopuleran sebuah boyband tidak berarti langgeng selamanya, kadang diwarnai keluarnya salah satu atau beberapa anggota atau malah bubar jalan. Seperti yang ramai diperbincangkan saat ini dengan kehadiran Zayn Malik berkarir solo dan sukses meraih perhatian pecinta musik dunia.

Bahkan di tahun 80 dan 90-an beberapa penyanyi mantan boyband seperti Robbie Williams dan Michael Jackson termasuk dalam penyanyi dengan lagu long lasting alias terkenang sepanjang masa dan sukses besar sebagai penyanyi solo bahkan menjadi legenda musik pop.

Mulai dari yang termuda hingga tertua inilah 10 mantan anggota boyband populer yang sukses berkarir solo:

1. Zayn Malik – One Direction

Siapa yang tak mengenal boyband One Direction, boyband kumpulan anak muda yang terpopuler saat ini dengan salah satu mantan anggotanya adalah Zayn Malik. Zain Javadd “Zayn” Malik, lahir di Rumah Sakit St Luke, Bradford, Inggris, 12 Januari 1993, kini berusia 23 tahun. Ayahnya bernama Yasser yang berdarah Inggris-Pakistan sedangkan Ibunya, Tricia Malik berdarah Inggris.

Zayn keluar dari Boyband tahun 2015 di bulan Maret yang lalu, dan kembali di tahun 2016 dengan debut solonya dan sukses di pasaran dengan lagunya yang berjudul Pillowtalk. Alih-alih sukses, ternyata tidak sedikit dari fans yang kurang setuju dengan video musik dan genre musik yang ia bawakan, mengingat dirinya seorang muslim.

2. Nathan Sykes – The Wanted

Nathan Sykes, merupakan mantan anggota boyband The Wanted asal Britania Raya-Irlandia. Boyband ini adalah hasil audisi besar-besaran pada tahun 2009 oleh Jayne Collins, orang yang sudah menyukseskan The Saturdays. Dari pengalaman tersebut, terkumpul Jay McGuiness, Nathan Sykes, Siva Kaneswaran, Max George, dan Tom Parker. Usia mereka antara 18 hingga 22 tahun. Masing-masing sudah mempunyai latar belakang tentang seni musik.

Tidak hanya dalam vokal, tapi juga dalam nari/dance, modelling, dan akting. Tak heran, banyak penikmat musik yang menyukai karya mereka hingga menjadikan debut single All Time Low menjadi lagu nomor 1 di UK. Kemiripan lagu tersebut dengan hit milik Coldplay membuat lagu mereka tidak lama untuk menikmatinya. Ketika single keduanya Heart Vacancy dirilis, penggemar The Wanted makin banyak dari berbagai negara.

Nathan James Sykes (lahir 18 April 1993) adalah seorang penyanyi Inggris dan penulis lagu. Ia terkenal karena menjadi anggota termuda dari boyband Inggris The Wanted. Setelah bubarnya The Wanted pada tahun 2014, Sykes memulai karir solo. Debut single “Kiss Me Quick” dirilis pada bulan Juli 2015. Lagu tersebut mencapai nomor satu di chart US untuk Lagu Club Dance.

Suaranya sedikit mirip dengan suara yang kebanyakan dihasilkan penyanyi kulit hitam, dan mirip dengan suara John Legend dengan lagunya yang berjudul “Over and Over Again”. Meskipun tak sepopuler Zayn Malik, Nathan termasuk mantan penyanyi boyband dengan suara terbaik yang pernah ada.

3. Nick Jonas – Jonas Brother

Nicholas Jerry “Nick” Jonas lahir di Dallas, Texas, Amerika Serikat, 16 September 1992, kini berusia 24 tahun adalah aktor, penyanyi dan musisi asal Amerika Serikat. Nick merupakan salah satu anggota boyband Jonas Brothers, bersama kedua saudaranya Joe Jonas dan Kevin Jonas. Ia bermain dalam film Camp Rock dan Camp Rock 2: The Final Jam sebagai Nate. Nick juga pernah Bekerja Sama dengan Demi Lovato di album pertama Lovato, Don’t Forget.

Nick mulai bersolo karir di tahun 2010 hingga 2012 dengan single berjudul Who I Am, namun kembali reuni bersama Jonas Brother hingga 2013 silam. Tahun 2014 Nick kembali berkarir solo hingga saat ini dengan lagunya yang ngebeat dan suara uniknya sukses dipasaran, termasuk single berjudul “Jealous”.

4. Justin Timberlake – N’Sync

Siapa yang tak mengenal Justin Timberlake, yang disebut-sebt sebagai Prince Musik Pop. Justin merupakan mantan anggota boyband paling populer dimasanya yaitu N’Sync.

Justin Timberlake (lahir di Memphis, Tennessee, 31 Januari 1981; umur 35 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Timberlake mengawali karier cemerlangnya dengan mengikuti acara Star Search dan The New Mickey Mouse Club, dengan Britney Spears dan Christina Aguilera.

Namanya mulai dikenal sejak menjadi anggota boyband ‘N Sync. Namun Timberlake ingin menjajahi dunia solo yang selama ini dia impikan. Tahun 2002 ia memulai karier solo dengan mengeluarkan album berjudul Justified yang berhasil terjual melebihi 8 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2004 Timberlake memenangi Penghargaan Grammy dalam kategori Album Terbaik (untuk Justified) dan Lagu Terbaik (Penyanyi Pria) untuk lagu Cry Me A River yang featuring dengan Timbaland.

Lagu lainnya yang populer dari Justin adalah Suit & Tie serta Mirror yang dirilis athun 2013 dan telah ditonton lebih dari 300 juta kali. Selain sebagai penyanyi solo, Justin juga sering bermain film sebagai aktor seperti salah satunya dalam film “In Time” di tahun 2011 serta “Inside Llewyn Davis” di tahun 2013.

5. Nick Carter – Backstreet Boys

Nick Carter, lahir dengan nama Nickolas Gene Carter di Jamestown, New York, Amerika Serikat, 28 Januari 1980, kini berusia 36 tahun, adalah anggota kelompok musik Backstreet Boys termuda. Ia adalah kakak dari Aaron Carter dan Angel Carter. Pada 2002, ia mengeluarkan album solo berjudul “Now or Never” dan “I’m Taking Off” yang dirilis tahun 2011.

Nick memang tak sepopuler penyanyi solo lainnya atau saat dia bergabung dalam Backstreet Boys, mengingat dirinya termasuk vocal leader untuk nada tinggi. Nick juga merilis lagu terbarunya berjudul 19 in 99 di bulan februari 2016.

6. Brian McFadden – Westlife

Brian Nicholas McFadden lahir di Artane, Dublin, Irlandia, 12 April 1980, kini berusia 36 tahun adalah penyanyi pria Irlandia. Ia mantan salah satu anggota boyband asal Irlandia yaitu Westlife. Ia keluar pada Maret 2004 karena berkosentrasi untuk keluarga dan berkarier sebagai penyanyi solo.

Salah satu lagu solonya paling populer berjudul “Almost Here” yang berkolaborasi dengan Delta Goodrem. Suaranya yang halus memang sangat unik dan termasuk yang terbaik dari anggota boyband Westlife.

7. Ronan Keating – Boyzone

Ronan Keating, bernama lengkap Ronan Patrick John Keating, lahir di Dublin, Republik Irlandia, 3 Maret 1977 dan kini berusia 39 tahun adalah seorang penyanyi kelahiran Irlandia yang pernah menjadi vocal leader sebuah boyband Boyzone.

Karir solonya dimulai pada tahun 1999 dan telah menelurkan sembilan album. Dia mendapat perhatian di seluruh dunia ketika single “When You Say Nothing at All” menjadi soundtrack lagu dalam film Notting Hill dan memuncak di nomor satu tangga lagu di beberapa negara. Sebagai artis solo, ia telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia di samping 25 juta bersama dengan Boyzone.

Keating aktif dalam kegiatan amal dan telah menjadi juru kampanye amal untuk Marie Keating Foundation, yang bertujuan meningkatkan kesadaran kanker payudara dan dinamai ibunya, yang meninggal akibat penyakit ini pada tahun 1998. Kabar terbaru, Ronan merilis single berjudul “Let Me Love You” bulan Februari 2016.

8. Joey McIntyre – New Kids on the Block

Anggota termuda boyband New Kids on the Block, keluar dengan karir solo dan menelurkan album tahun 1999 “Stay The Same”, yang termasuk 10 hit tangga lagu teratas, dan melaklukan tur dengan Britney Spears di tahun yang sama.

McIntyre terus merilis materi solo dan berkecimpung di dunia film / TV sebelum bergabung kembali dengan NKOTB pada tahun 2008; ia juga secara acak muncul sebagai aktor dalam film aksi-komedi The Heat.

9. Robbie Williams – Take That

Robbie Williams adalah salah satu kisah sukses mantan boyband Take That yang berkarir solo dan memiliki nama besar di Inggris. Ia seorang superstar yang tidak akan terlupakan dengan karyanya. Dia mencetak rekor dengan menduduki puncak Official Albums Chart sebelas kali. Salah satu lagu terbaiknya adalah “Angels” dan “Feel”.

sweater-rajut-pria

Bernama lengkap Robert Peter Maximillian Williams (lahir di Stoke-on-Trent, England, 13 Februari 1974 dan kini berusia 42 tahun) merupakan penyanyi berkebangsaan Inggris. Setelah banyak perbedaan pendapat dengan manajemen dan anggota kelompok tertentu, Williams meninggalkan grup pada tahun 1995 untuk memulai karier solonya. Pada tanggal 15 Juli 2010, ia mengumumkan telah bergabung kembali Take That dan merilis album baru pada bulan November 2010.

Williams telah menjual lebih dari 55 juta album di seluruh dunia. Dia adalah artis solo terlaris di Inggris dan artis terlaris non-Latin di Amerika Latin. Enam dari album nya adalah salah satu top 100 album paling laris di Inggris. Dia juga telah mendapat penghargaan dengan lima belas Brit Awards yang menerima lebih dari artis lainnya serta tujuh Awards ECHO. Pada tahun 2004, ia dilantik dalam Inggris Music Hall of Fame setelah terpilih sebagai “Artis Terbesar 1990-an.”

10. Michael Jackson – Jackson 5

Namanya begitu populer sebagai legenda musik pop yang dinobatkan sebagai King of Pop dan memopulerkan gerakan dansa “Moonwalk” yang telah menjadi ciri khasnya. Michael Jackson merupakan mantan anggota boyband terpopuler dimasanya bernama Jackson 5.

Bernama lengkap Michael Joseph Jackson (lahir di Gary, Indiana, Amerika Serikat, 29 Agustus 1958 – meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 25 Juni 2009 pada umur 50 tahun) adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Albumnya yang dirilis pada tahun 1982 “Thriller”, adalah album terlaris di dunia, dengan penjualan melebihi 104 juta kopi di seluruh dunia. Ia memulai karier bernyanyi pada usia lima tahun sebagai anggota kelompok vokal keluarga Jackson (kelak menjadi the Jackson 5) sebelum meluncurkan album solo pertamanya Got to Be There pada tahun 1971.

Penghargaan-penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia— 13 Grammy Awards, 13 buah single nomor 1 dalam solo kariernya dari musisi pria lainnya dalam Hot 100 era—dan penjualan 750 juta unit di seluruh dunia. Hidup Jackson sangat terkenal di seluruh dunia, didampingi dengan kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dalam beberapa tahun dia sering disebut-sebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Bahkan setelah kematian Michael pada tahun 2009, banyak lagu hits-nya kembali ke Top 40. Menjadi legenda yang terkenang sepanjang masa sebagai raja musik pop dunia yang menginspirasi musisi lainnya.

Selain nama 10 mantan boyband populer di atas, masih terdapat banyak nama lainnya, kalian bisa menyebutkannya dikolom komentar!

Referensi:
wikipedia.org
http://www.officialcharts.com/chart-news/10-boyband-stars-who-went-solo__8703/

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top