Connect with us

Green

10 Manfaat Terbesar Pepohonan Bagi Manusia dan Lingkungan Sekitar

sweater-rajut-pria

Pepohonan tumbuh dengan berbagai bentuk, dari berbatang tunggal hingga bercabang-cabang. Pada dasarnya terdapat empat bagian utama pohon yaitu, batang, akar, daun dan ranting. Hal yang membedakan pohon dengan tumbuhan lainnya yakni tumbuhan ini memiliki ukuran batang super besar yang disebabkan adanya jaringan kambium.

Data terakhir, diperkirakan jumlah pepohonan yang ada di permukaan bumi sebanyak 3,04 triliun pohon, dimana 46% berada di daerah tropis dan subtropis, 20% berada di daerah bersuhu tinggi, serta 24% di daerah dingin dan lainnya.

Perkiraan ini berdasarkan perhitungan kerapatan pohon dari 400 ribu plot permukaan bumi. Dari data tersebut, ternyata 15 miliar pohon di tebang setiap tahunnya, namun baru 5 miliar yang baru ditanam kembali.

Faktanya, manusia menanam pohon hanya untuk mempercantik dan sebagai tempat berteduh, namun sebenarnya manfaat pepohonan lebih besar daripada itu. Rimbunnya pepohonan dapat menolong kita rileks dan memberi asupan oksigen yang sangat dibutuhkan sel-sel tubuh. Selain itu, warna hijaunya daun sangat baik sekali untuk mengurangi ketegangan otot mata secara instan.

Maka tak heran manusialah yang membutuhkan alam termasuk pepohonan, bukan sebaliknya. Seperti yang dijelaskan pada video dari Conservation International berikut ini.

Inilah 10 manfaat terbesar pepohonan bagi manusia dan lingkungan sekitar.

1. Mengurangi Polusi Udara, khususnya Karbon dioksida

Inilah manfaat utama dari pepohonan bagi kesehatan ataupun lingkungan, yang sering muncul pada setiap artikel. Yup, mengurangi polusi udara. Polusi udara yang menghantui kesehatan planet bumi kita yakni pemanasan global atau global warming.

Pemanasan global terjadi karena adanyanya gas-gas rumah kaca yang mampu memerangkap panas matahari, sehingga terus berada di permukaan bumi. Gas kaca yang dimaksud seperti karbondioksida (CO2), dan karbon monoksida (CO).

Nyatanya satu pohon dewasa mampu menyerap 21,6 kg gas CO2 setiap tahunnya. Sebagai gambaran, pohon pada 0,4 Hektar lahan, mampu menyerap kendaraan yang bergerak sejauh 41.842,8 km.

Di samping itu, pohon juga mampu menyerap gas-gas berbahaya seperti amonia, SO2, NOx, debu, asap, dan partikel berbahaya lainnya.

2. Mendinginkan Suhu Permukaan Bumi Pada Siang Hari

Saat ini jumlah pohon yang memayungi bumi berkurang, namun jumlah bangunan meningkat, maka panas matahari akan langsung diserap oleh permukaan bumi, jika dibiarkan hal ini akan menyebabkan naiknya temperatur rata-rata di bumi.

Pepohonan memiliki andil besar mendinginkan permukaan bumi, memblok sinar matahari dan mencegah kenaikan suhu ekstrim yang sangat berbahaya bagi manusia.

Dari penelitian, suhu wilayah yang masih banyak ditumbuhi pohon memiliki suhu 9 derajat lebih rendah dari wilayah yang jauh dari pepohonan. Dengan menanam banyak pohon di kota-kota besar akan mengurangi efek dari bangunan tinggi, dan hasilnya suhu pun tetap dingin.

3. Menyelamatkan Air Bersih Serta Mengurangi Bencana Erosi

Pepohonan dapat memperlambat proses penguapan air. Pohon yang baru ditanam membutuhkan setidaknya 57 liter air dalam seminggu. Mereka dapat membuat atmosfir lebih lembab saat mereka bertranspirasi atau bernapas. Selain itu, pepohonan juga dapat melindungi sumber-sumber air bumi dari polusi.

Pohon juga memperlambat jatuhnya air hujan sebelum jatuh ke tanah, melalui dedaunan, ranting serta batang pohon. Air hujan tak langsung mengalir, namun masuk ke dalam sela-sela akar akhirnya pada lapisan tanah paling dalam. Hal ini sangat menolong mencegah terjadinya erosi dan banjir bandang di sepanjang daerah aliran sungai (DAS).

Bahkan di beberapa tempat, seperti hutan, pepohonan dapat mengurangi dampak buruk dari badai.

4. Menghemat Energi

Menghemat penggunaan energi merupakan salah satu manfaat pohon. Berdasarkan penelitian, jika setiap rumah memiliki setidaknya tiga pohon, kebutuhan energi listrik untuk pendingin ruangan akan berkurang sebanyak 50%. Hal itu dikarenakan, pohon dapat menjadi pendingin alami di kala musim panas datang.

Sebuah pohon dapat mendinginkan setidaknya sepuluh ruangan dan ini sebanding dengan pengoprasian air conditioner selama 20 jam sehari. Keuntungan lainnya, pada musim panas, pohon melindungi kita dari panas, namun saat musim dingin, pohon turut menghangatkan rumah.

5. Melindungi Kehidupan Di Permukaan Bumi Dari Sinar Ultraviolet

Salah satu manfaat yang sangat penting dari pohon, yakni mampu memblok sinar ultraviolet yang membahayakan kesehatan manusia, terutama kulit.

Kanker kulit merupakan satu dari penyakit modern yang menyerang manusia baru-baru ini. Pohon memiliki kemampuan mereduksi intensitas UV-B sampai 50%, melindungi kita dari dampak negatif dari sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari.

Keberadaan pohon bagi kesehatan kulit manusia 90% lebih bermanfaat ketimbang penggunaan produk-produk kulit, seperti SPF 10 Sunscreen.

6. Sumber Utama Oksigen Makhluk Hidup

Pohon ditakdirkan untuk selalu ada disamping manusia. Kenapa? Hal itu karena manusia membutuhkan oksigen untuk hidup. Jika di tempat tinggal manusia tidak ada satu pohon pun, maka kualitas hidup di sana dipastikan buruk dan berpenyakit.

Berdasarkan penelitian, kandungan oksigen yang terkandung pada udara yang kita hisap rata-rata hanya 23%. Sisanya terdiri dari gas-gas lain yang tidak dibutuhkan tubuh. Oksigen makin menebal di daerah yang banyak pepohonan tumbuh, yang dikarenakan pohon menghasilkan oksigen dalam proses metabolismenya.

Sebuah pohon mengeluarkan oksigen yang cukup untuk dihisap oleh 2 orang dewasa selama setahun penuh. Setiap tahun nya sebuah pohon menghasilkan oksigen sekitar 130 kilogram.

Penelitan lain pun menunjukan, seorang pasien dalam masa tahap penyembuhan, yang selalu jalan-jalan sambil melihat pohon di halaman rumah sakit, memiliki kecenderungan lebih cepat sembuh, mengembalikan mental positif, dan terhindar dari berbagai komplikasi penyakit.

Melihat pohon sambil menghirup udara di samping pohon selama 10 menit setiap harinya, membantu meringankan otot yang menegang, menurunkan tekanan darah, dan merubah aktivitas elektrik di otak lebih rileks.

7. Menciptakan Sumber Ekonomi

Tidak dipungkiri, pohon adalah salah satu sumber untuk menghasilkan uang. Sebuah pohon dapat diambil batangnya untuk dijadikan berbagai produk, seperti kertas, kursi, lemari, tempat tidur, dan furniture lainnya. Bahkan bahan untuk membuat pakaian berasal dari pohon kapas.

Pohon pun menghasilkan bahan pangan utama bagi sebagian masyarakat dunia, misalnya pohon sagu. Lalu, pohon juga menyediakan berbagai buah-buahan enak dan nikmat, seperti pohon nangka, manggis, alpukat, duren, dan lain lain.

8. Sebagai Habitat Asli Hewan Liar

Ini juga manfaat penting menjaga kelestarian pohon, karena beberapa pohon merupakan habitat asli hewan-hewan. Misalnya, panda, koala, monyet, orang utan, burung dan lainnya.

Beberapa hewan menggunakan pohon sebagai tempat berlindung, sarang atau tempat kawin. Habitat yang dihasilkan pohon menghasilkan keragaman biosfer di planet bumi.

Melindungi hutan adalah jalan terbaik untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan dengan cara menanam pohon baru serta mengurangi penebangan liar. Karena para hewan liar pun merupakan penduduk bumi yang harus kita lindungi.

9. Mengurangi Kebisingan

Hidup di kota besar pastinya selalu dihadapkan pada bunyi dari berbagai kendaaraan. Tingkat bunyi yang kuat atau kebisingan jika terlalu lama menerpa manusia akan menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol, darah tinggi, gampang marah dan perilaku agresif lainnya.

Daun dan ranting pada pohon dapat menyerap dan memblok gelombang suara kendaraan bermotor. Sebuah pohon besar dengan tinggi 13,7 m yang berjejer sepanjang 30 meter di jalan raya dapat mengurangi kebisingan hingga 50%.

10. Menyatukan Umat Manusia

Secara tidak langsung, pepohonan mendorong stabilitas ekonomi dan berdampak positif terhadap komunitas manusia dan mengurangi masalah kriminal. Alasannya, lahan hijau memberikan efek tenang dan nyaman, secara terus menerus kepada kita, dan merangsang kita untuk berlama-lama menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau tetangga di bawah rindangnya pepohonan.

Pohon memperlancar hubungan sosial antar manusia, misalnya orang-orang akan merasa nyaman berjalan sambil ngobrol pada jalanan yang ditumbuhi pohon daripada jalanan gersang yang tidak ada satu pohon pun. Pohon juga menyatukan manusia dari berbagai negara, ras hingga agama, dalam satu komunitas besar, seperti green peace, dan World Wilde Fund for Nature (WWF).

sweater-rajut-pria

Demikian sepuluh manfaat pepohonan bagi kelangsungan lingkungan hidup manusia di bumi, semoga ulasan ini menyadarkan kita akan pentingnya menjaga dan memelihara hidup teman hijau kita yakni pohon.

Referensi:
http://www.earthshare.org/2013/07/treebenefits.html
http://www.mnn.com/earth-matters/wilderness-resources/blogs/21-reasons-why-forests-are-important
lovelybogor.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top