Connect with us
tanaman jamur

Top 10

10 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

sweater-rajut-pria

Jamur merupakan makanan kaya nutrisi yang belakangan ini banyak dibudidayakan. Kenapa? Karena, selain bercita rasa ‘seperti daging ayam’, jamur juga rendah kalori, bebas kolesterol, bebas lemak, zero-gluten dan rendah sodium. Selain itu, makanan ini mengandung vitamin D, niacin, riboflavin, potasium, selenium dan nutrisi penting lainnya.

Berdasarkan jurnal nutrisi dunia, jamur memiliki kontribusi besar terhadap kesehatan tubuh manusia, khususnya yang sedang melakukan diet. Jika kita menginginkan tubuh ideal dan sehat, para ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi jamur setidaknya seminggu sekali.

Berikut adalah sepuluh manfaat jamur yang mungkin belum kita ketahui:

10. Menyeimbangkan tingkat kolesterol tubuh

Kandungan protein di dalam jamur tidak begitu banyak, namun makanan ini bebas lemak, bebas kolesterol dan rendah karbohidrat. Jamur juga mengandung enzim dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mampu mengurangi kadar kolesterol serta menyeimbangkan lemak jenuh dan tak jenuh di dalam tubuh.

Di internet atau di toko buku telah banyak resep mengolah jamur sampai menjadi masakan lezat yang patut untuk dicoba. Tidak hanya menurunkan kolesterol, jamur juga dapat mencegah beberapa penyakit turunannya, seperti stroke, atheroscleosis, sampai serangan jantung.

9. Menyembuhkan anemia

Jika diantara kita ada yang sedang mengidap anemia, itu artinya zat besi yang terkandung di dalam sel darah rendah, dan hal ini dapat menyebabkan tubuh sering mengalami sakit kepala, cepat lelah dan rentan terkena penyakit ‘perut’. Mengobati melalui makanan bergizi adalah solusi terbaik, salah satunya dengan mengkonsumsi jamur.

Jamur kaya akan zat besi yang mudah diserap tubuh serta dapat mendorong pembentukan sel-sel darah baru. Artinya, ketika tubuh merasa cepat lelah, lemah, dan lemas, ada baiknya makan jamur sebagai cemilan pendongkrak semangat tubuh.

8. Mencegah kanker prostat

Baru-baru ini kanker prostat telah menjadi momok bagi sejumlah laki-laki di seluruh dunia. Gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok serta minum alkohol, jadi pemicu tumbuhnya penyakit ini.

Perlu diketahui, kanker jenis ini tumbuh secara perlahan dan hampir tidak dapat dideteksi secara kasat mata. Gejala awal tumbuhnya kanker ini pada laki-laki yakni ditandai dengan meningkatnya buang air kecil, terasa tegang dan rasa sakit di kandung kemih.

Jika gejala awal ini muncul, maka makanlah jamur sebagai langkah awal pencegahan kanker prostat karena makanan ini mengandung asam linoleic, beta-glucan, yakni zat aktif yang berguna mengusir kanker prostat. Terlebih, jika kita memakannya dengan tomat dan sayuran hijau lainnya.

7. Mencegah kanker payudara

Diperkirakan 16% kaum hawa mengidap kanker ini di seluruh dunia, dan diantaranya menyebabkan kematian. Sebagai contoh, di negara Amerika, terdapat 2.240 laki-laki dan 232.340 perempuan pengidap kanker payudara dan setiap tahunnya 39.620 pasien meninggal karena penyakit ini.

Para ahli melihat hubungan erat antara gaya hidup (seperti makanan) dengan tumbuh suburnya kanker ini di dunia. Mereka menyarankan, makanan kaya asam linoleik, seperti jamur, dapat menurunkan hormon estrogen dan mencegah tumbuhnya kanker ini secara efektif.

6. Mengobati Diabetes

Karena jamur bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah karbohidrat, semua ini sangat baik jika di konsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, makanan ini merupakan sumber protein, mineral, vitamin, serat dan air. Lalu, yang paling penting, didalam jamur terkandung suatu enzim yang mendorong kinerja insulin di dalam tubuh dalam menguraikan gula atau zat tepung.

Makanan ini juga mendorong kinerja liver, kelenjar endokrin dan pankreas serta meningkatkan pembentukan hormon insulin. Penderita diabetes rentan terhadap berbagai infeksi dan lama sembuhnya, namun makanan ini mengandung antibiotik yang dapat melindungi tubuh dari dalam.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Seperti yang telah disinggung diatas, di dalam jamur terkandung kalsium yang sangat diperlukan tubuh bagi pertumbuhan tulang. Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis dan dapat menurunkna resiko sakit pada tulang.

Seperti kita ketahui, makanan tinggi kalsium terdapat pada keju, yougurt, susu, sarden dll. Namun, kalsium pada makanan ini jangan dianggap sepele, karena merupakan salah satu kalsium nabati tebaik.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Zat Ergothioneine pada jamur sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, utamanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zat anti-oksidan pada makanan ini dapat meningkatkan sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh, ergothioneine juga bersifat anti-biotik alami yang sifat kerjanya seperti penisilin, yakni mencegah pertumbuhan mikroba. Selain itu, makanan ini juga kandungan vitamin A, B dan C.

3.Mengobati gejala darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan resiko dementia, penyakit ginjal, serangan mendadak dan jantung. Sebagai contohnya, terdapat 5 juta penderita tekanan darah tinggi di Inggris saja. Para dokter menyarankan, para penderita harus senantiasa mengecek darah secara rutin dan memakan makanan bernutrisi seperti jamur.

Potasium pada makanan ini dapat meringankan beban kerja sistem kardio dan mengurangi tekanan darah secara baik. Tekanan darah tinggi memiliki hubungan erat dengan stroke dan serangan jantung, sehingga sangat bijak jika kita memperhatikan asupan makanan harian yang kaya potasium.

2. Kaya zat tembaga

Mineral sangat penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya zat tembaga yang terdapat pada jamur. Zat ini dapat mencegah peradangan, menyehatkan mata dan rambut, meningkatkan kesehatan otak, menstimulasi kinerja enzyimatik, menurunkan proses penuaan, mengurangi kolesterol, dan meningkatkan sistem immune.

sweater-rajut-pria

Jamur adalah salah satu makanan tinggi zat tembaga. Zat ini juga dapat ditemukan pada seafood, biji-bijian, kacang tanah, kacang hijau, alpukat, kedelai dll.

1. Memelihara berat badan

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan merupakan proses yang sulit dicapai. Telah banyak program penurunan lemak yang beredar di internet, mulai dari olahraga hingga pemberlakuan jam makan. Namun, semuanya tidak akan berhasil tanpa asupan makanan yang tepat.

Makanan rendah protein namun bebas kolesterol, bebas lemak, rendah kalori seperti jamur, dapat menjadi salah satu makanan baik untuk menurunkan berat badan.

Referensi:
https://www.organicfacts.net
http://eblogfa.com

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Jenis Jamur Tersehat yang Ada Di Bumi - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top