Connect with us

Musik

10 Lagu dari Kelly Clarkson yang Bisa Menjadi Inspirasi

sweater-rajut-pria

Sebagai pemenang American Idol musim pertama dan cukup aktif berkarya, tentu Kelly Clarkson sudah banyak menelurkan lagu-lagu yang diantaranya dapat menginspirasi pendengar setianya. Tidak hanya menghibur, beberapa lagunya dapat kita ambil sedikit hikmah atau pelajarannya.

Kelly Brianne Clarkson merupakan seorang penyanyi wanita asal Amerika yang lahir pada 24 April 1982. Tidak hanya memiliki bakat di bidang tarik suara saja, ia juga merupakan pengarang lagu, penulis, dan sesekali menjadi aktris.

Ia meraih kepopulerannya saat memenangkan ajang pencarian bakat American Idol pada 4 September 2002 dengan peraihan suara 58%. Ia kemudian mengeluarkan dobel single perdananya “Before Your Love”/”A Moment Like This” pada 17 September 2002 dan meraih kesuksesan sebagai single dengan penjualan terbaik pada tahun yang sama.

Sepanjang karir menyanyi profesionalnya, Kelly Clarkson sudah mengeluarkan 7 buah album yaitu “Thankful” (2003), “Breakaway” (2004), “My December” (2007), “All I Ever Wanted” (2009), “Stronger” (2011), “Wrapped in Red” (2013), dan “Piece by Piece” (2015).

Berbekal pengalaman pribadi dan kerjasama dengan beberapa musisi kenamaan membuat lagu-lagunya cukup nikmat untuk didengar dan beberapa bahkan bisa menjadi inspirasi.

Berikut adalah 10 lagu dari Kelly Clarkson yang bisa menjadi inspirasi pilihan redaksi 4muda.

1. Breakaway

Merupakan lagu yang ada di album “Breakaway” (2004), berhasil menempati posisi ke-6 di tangga lagu Amerika dan posisi ke-22 di tangga lagu Inggris. Lagu yang diciptakan oleh Avril ‘Ramona’ Lavigne bekerjasama dengan Bridget Louise Benenate dan Matthew Gerrard ini juga digunakan dalam film “Princess Diaries 2”.

Awalnya lagu ini ditulis untuk digunakan sendiri oleh Avril Lavigne, namun karena tidak cocok dengan tema album keduanya yaitu “Under My Skin”, akhirnya lagu tersebut diberikan pada Kelly dan menjadi hit.

Kelly sendiri menyebut lagu ini sebagai lagu bagi siapa pun yang pergi keluar dari kota asalnya, seperti dirinya sendiri yang pindah dari kota kecil di Texas ke Los Angeles dan menjadi bintang.

“Breakaway” cukup inspiratif karena menggambarkan tentang harapan akan masa depan yang lebih baik dengan cara melepaskan diri dari masa lalu yang cukup traumatis dan menjadi seseorang yang baru. Lagu ini dapat juga diartikan meninggalkan kehidupan lama dan mencoba hal baru. Sementara itu, beberapa pendengar mengartikannya sebagai lagu tentang tumbuh dewasa.

2. Because of You

Masih di album “Breakaway” (2004), lagu ini merupakan buah karya Kelly Clarkson sendiri yang mulai ia tulis saat usianya masih 16 tahun ketika ia dan teman-temannya sedang membicarakan tentang pengaruh orang yang lebih tua kepada diri mereka. Lagu ini pun cukup sukses di pasaran dan meraih posisi ke-7 di tangga lagu Amerika dan Inggris.

Lagu ini bagi Kelly sangat berharga. Meskipun ditolak beberapa kali, namun ia tetap bersikeras untuk memasukannya ke dalam album.

Lagu ini berkisah tentang perceraian kedua orang tuanya saat Kelly berusia 6 tahun. Apabila dilihat dengan seksama, lagu ini lebih menjurus kepada ibunya yang saat itu, setelah perceraian, selalu sibuk hingga Kelly harus membuat sandwich sendiri untuk dimakan.

Di dalam lagu ini ia bernyanyi bagaimana untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti kedua orang tuanya. Sebagai anak korban perceraian, akibat dari peristiwa tersebut ia sempat merasa takut untuk jatuh cinta, takut melewati kesakitan yang sama dengan orang tuanya.

3. What Doesn’t Kill You (Stronger)

Lagu yang sempat menempati posisi pertama tangga lagu Amerika dan posisi ke-8 tangga lagu Inggris ini terdapat di album “Stronger” (2011). “What Doesn’t Kill You” ditulis oleh Jörgen Elofsson, Ali Tamposi dan David Gamson pada bulan September 2010.

Sebelumnya, salah satu penciptanya, Ali, merasa sangat dikecewakan oleh temannya dan mengadu pada ibunya. Ibunya lalu mengatakan “Ali, what doesn’t kill you is going to make you stronger and its not going to kill you.”

Ternyata, kata-kata ibunya tersebut terinspirasi sebuah quote dari seorang filsuf bernama Friedrich Nietzsche yaitu “That which does not kill us makes us stronger.” Lalu, Kelly Clarkson memilih lagu ini tidak hanya karena menyukainya saja namun juga sesuai dengan kehidupannya.

Lagu ini sangat menginspirasi karena membuat orang-orang yang sedang merasa sedih dan kecewa, apakah itu karena putus cinta atau sedang sakit kanker, menjadi bersemangat kembali dalam menjalani hidup karena toh semua hal itu tidak membunuhnya malah membuatnya menjadi pribadi yang lebih kuat.

4. Invincible

Sesuai dengan artinya dalam bahasa Indonesia yaitu tak terkalahkan, “Invincible” memberikan semangat dan keberanian pada para pendengarnya. Lagu ini berkisah tentang seorang gadis kecil yang tidak bisa menemukan jalannya hingga akhirnya ia menjadi seorang wanita dewasa dan menemukan harga dirinya.

Lagu yang terdapat pada album “Piece by Piece” (2015) ini diciptakan oleh Sia Furler bersama dengan Jesse Shatkin, Steve Mostyn, dan Warren Felder.

5. Piece by Piece

Merupakan lagu yang terdapat dalam album yang berjudul sama dan rilis di tahun 2015. Lagu ini adalah salah satu lagu paling pribadi bagi Kelly Clarkson.

Awalnya lagu ini berisi tentang kesedihan seorang gadis kecil yang ditinggal pergi oleh ayahnya hingga akhirnya ia beranjak besar dan belajar untuk mempercayai pria yang ia cintai, bahwa sang pria tersebut bisa saja baik dan bisa saja menjadi seorang ayah yang tidak akan pernah pergi dari keluarganya.

Pada akhirnya lagu ini merupakan surat terima kasih Kelly pada suaminya yang telah mencintainya dengan tulus, dan juga merupakan janji pada anak-anaknya kelak bahwa ia tidak akan pernah berhenti mencintai mereka dan akan selalu hadir untuk mereka. Agak sedih ya, namun cukup inspiratif bukan?

6. I Had A Dream

Lagu ini ditulis oleh Kelly Clarkson bersama produsernya Greg Kurstin untuk kemudian masuk dalam album Piece by Piece (2015). Cukup inspiratif karena liriknya berisi tentang memberi semangat kepada generasi di masa depan untuk menjadi siapa pun yang mereka inginkan.

Namun ia juga memberi peringatan bahwa ketika cita-cita mereka sudah tercapai dan berada di puncak, mereka harus menjaga lisan dan perbuatan karena akan menjadi pusat perhatian dan diingat oleh banyak orang.

7. Catch My Breath

Lagu yang dirilis pada tahun 2012 ini merupakan single utama dari album “Greatest Hits – Chapter 1” yang berada di posisi ke-19 pada tangga lagu Amerika dan ke-51 pada tangga lagu Inggris. Kelly Clarkson menulis lagu ini bersama dengan musical director yang juga teman lamanya, Jason Halbert dengan produser Eric Olson.

“Catch My Breath” merupakan representasi dari hidup dan karir Kelly selama ini. Refleksi dari keberadaannya selama ini, apa yang telah ia rasakan, dan apa yang dihadapi sekarang.

Bukan hanya sebagai seorang artis namun juga sebagai seorang wanita dewasa di usia 30-an yang sudah cukup pintar untuk tahu kapan untuk berhenti, beristirahat dan introspeksi, dan berbangga diri tidak hanya atas apa yang telah dicapai namun juga atas orang-orang yang telah mendukung dan berdiri di sampingnya hingga menjadikan ia seperti sekarang ini.

8. People Like Us

Salah satu lagu dalam album “Greatest Hits – Chapter One” (2012) yang merupakan ciptaan Meghan Shahnaz Kabir, Blair Daly, dan James Michael ini hanya mencapai posisi ke-65 di tangga lagu Amerika.

Meskipun begitu, lagu ini cukup inspiratif karena mengajak orang-orang yang merasa ‘berbeda’ untuk sama-sama bersatu dan menyuarakan pendapatnya. Tentu hal ini dilakukan harus dengan baik-baik dan jangan sampai melanggar hukum ya guys.

9. Dark Side

Merupakan single ke-3 dari album Stronger (2011) dan meraih posisi ke-42 di tangga lagu Amerika dan posisi ke-40 di tangga lagu Inggris. Lagu ini ditulis oleh Alexander Geringas dan Michael Busbee.

sweater-rajut-pria

Bagi beberapa penggemarnya lagu ini cukup inspiratif karena membahas tentang sisi gelap manusia yang sudah pasti dimiliki oleh setiap orang di dunia ini. Baik itu berhubungan dengan ketidaksempurnaan kepribadian atau kesalahan di masa lalu.

Meskipun liriknya terkesan galau karena mempertanyakan seseorang apakah akan bertahan atau tidak dan memohonnya untuk tetap tinggal meskipun kita memiliki sisi gelap, namun video klip dari lagu ini cukup mewakili perasaan sebagian penikmat musiknya yang kadang merasa rendah diri karena kekurangannya dan merasa tidak diterima oleh orang-orang sekitarnya.

Padahal, menerima kekurangan orang lain yang ‘katanya’ kita sayangi merupakan salah satu bentuk kedewasaan seseorang.

10. Already Gone

Lagu yang ada di album “All I Ever Wanted” (2009) ini ditulis oleh Kelly Clarkson dan Ryan Tedder, dedengkot dari band beraliran pop rock OneRepublic. Di tangga lagu Amerika, “Already Gone” meraih posisi ke-13 dan ke-66 di inggris.

Pada awal kemunculannya lagu ini sempat menjadi kontroversi karena beberapa orang berkomentar ada kemiripan nada antara lagu ini dan lagu Beyoncé yang berjudul “Halo” yang rilis satu tahun sebelumnya. Kebetulan lagu “Halo” pun diciptakan oleh Ryan. Namun komentar tersebut dibantah oleh Ryan, bahkan ia menyuruh para penggemar untuk mendengarkan kedua lagu tersebut bersama-sama untuk membandingkannya.

Terlepas dari mirip atau tidak dengan lagu “Halo”, “Already Gone” dipilih karena isinya yang mengajak untuk berdamai di akhir sebuah hubungan, karena terkadang berpisah merupakan jalan yang terbaik.

Itulah 10 lagu dari Kelly Clarkson yang mungkin bisa menjadi inspirasi kita semua. Ada rekomendasi lagu lainnya? Silakan tulis di kolom komentar ya, guys.

Sumber:
http://www.songfacts.com/artist-kelly_clarkson.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Kelly_Clarkson

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top