Top 10

10 Fjord Terpopuler Di Dunia

Lysefjord, Cover, gambar norled.no

Pada ulasan sebelumnya, 4muda telah membahas tentang 10 teluk paling indah di dunia. Nah, teluk yang memiliki panjang tak wajar, yakni panjangnya bisa berpuluh-puluh kilometer, dalam bahasa tersendiri disebut Fjord.

Sebuah fjord dapat diartikan sebagai kepanjangan dari lautan, dibatasi sisi yang tinggi, dan terbentuk oleh aktvitas glacial. Oleh sebab itu fjord biasanya ditemukan pada daerah subtropis atau daratan yang dekat dengan kutub, misalnya Norwegia.

Berbicara teluk super panjang ini, hampir semua orang setuju bahwa Norwegia adalah gudangnya, dan fakta pun membuktikan bahwa negara ini dianugerahi fjord paling panjang, dalam, dan terindah di dunia. Survei yang disadur dari National Geographic Traveler Magazine, menyebutkan bahwa fjord yang ada di Norwegia terpilih sebagai satu dari 115 destinasi wisata terfavorit di seluruh dunia.

Selain Norwegia, Selandia Baru dan Cile pun memiliki fjord yang tak kalah indahnya. Nah, daripada tambah penasaran, berikut ulasan lengkapnya.

10. Kenai Fjords, USA

Kenai Fjords, gambar earthporm.com

Kenai Fjords, gambar earthporm.com

Kenai terletak di dalam taman nasional The Kenai Peninsula yang memiliki luas 650 ribu are, di selatan Alaska. Keindahan Kenai sudah tidak diragukan lagi, taman nasional ini memiliki gunung-gunung tinggi terjal yang diatasnya tertutupi es, dan perlahan-lahan meleleh menjadi bongkahan es batu diatas kenai saat musim panas tiba.

Disamping panoramanya yang indah, teluk panjang ini pun cukup dalam dan menjadi rumah bagi ribuan hewan laut seperti anjing laut, singa laut, sejumlah ikan, dan burung laut.

9. Howe Sound, Kanada

Howe Sound, gambar futureofhowesound.org

Howe Sound, gambar futureofhowesound.org

Howe Sound terletak di Amerika Utara, tepatnya barat laut kota Vancouver. Fjord ini dikelilingi oleh deretan bukit dan pegunungan dengan puncak seperti menara, berdiri menghadap lautan. Apabila musim dingin tiba, fjord ini semakin indah karena puncak gunung yang mengelilinginya akan tertutupi salju.

Bagi penduduk Vancouver, Howe Sound telah menjadi tempat favorit untuk berperahu, memancing, diving, kemping, dan tempat rekreasi lainnya seperti outbound. Saking lebarnya, di teluk ini terdapat banyak pulau, tiga diantaranya berukuran besar dan memiliki gunung yang cukup besar.

8. Lysefjord, Norwegia

Lysefjord, gambar thousandwonders.net

Lysefjord, gambar thousandwonders.net

The Lyse telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis mancanegara untuk mengunjungi wilayah barat daya Norwegia. Pertama karena pemandangan luar biasa dari teluk panjang ini, yang kedua karena panjangnya. Titik melihat pemandangan favorit para pengunjung yakni di Preikestolen.

Preikestolen atau “the pulpit rock” merupakan sebuah batu besar vertikal setinggi 604 meter. Di atas sini para pengunjung dapat melihat jauh Lyse fjord dari segala penjuru arah, pemandangan indah bukit dan gunung yang membatasi air laut. Jika kita berniat menyusuri teluk ini hingga ke hulu, maka pangkalnya terletak di pegunungan Kjerag, dan gunung ini tempat favorit para pendaki dunia.

7. Aisen Fjords, Chili

Aisen Fjords, gambar inkas.com

Aisen Fjords, gambar inkas.com

Permukaan daratan baru di wilayah Aisen, selatan negara Chili dibentuk oleh aktifitas glacial 100 tahun belakangan ini, sampai terbentuk sejumlah danau, terowongan, dan teluk-teluk yang panjang dan indah.

Salah satu fjord yang sering dikunjungi turis yakni terletak di taman nasional Laguna San Rafael. Sayangnya, untuk mencapainya kita harus menyewa perahu atau pesawat terbang karena belum ada jalan umum. Taman nasional ini pun memiliki deretan pegunungan terkenal Patagonia.

6. Misty Fjords, USA

Misty Fjords, gambar pinterest.com

Misty Fjords, gambar pinterest.com

Lokasi Misty sangat terpencil dan masih liar, tepatnya di taman nasional Monument, selatan puncak Panhandle, Alaska. Rangkaian gunung yang ditutupi salju dan deretan pohon tundra sungguh memanjakan mata. Sayangnya, kapal besar sekelas Cruise tidak dapat masuk jauh sampai ke dalam teluk.

Namun, jangan khawatir, pemuka wisata disini menawarkan penjelajahan perairan Misty lewat kayak, yaitu sejenis perahu yang dilengkapi mesin atau tanpa mesin. Tantangan lainnya, gelombang pasang yang tiba-tiba dan faktor cuaca harus diperhatikan para turis jika ingin berkunjung kesini.

5. Ilulissat Icefjord, Greenland (Denmark)

Ilulissat Icefjord, gambar dartmouthigert.wordpress.com

Ilulissat Icefjord, gambar dartmouthigert.wordpress.com

The Ilulissat terletak di pesisir barat Greenland, tepatnya 250 km ke arah utara dari lingkaran Arktik, dekat kota Ilulissat. Fjord ini memiliki panjang keseluruhan 40 km, mulai dari es di Greenland memanjang hingga ke pantai Disko.

Selain menarik perhatian turis, area ini sangat diperhatikan oleh segenap pemerhati lingkungan global, karena daerah yang dilalui teluk ini, Icebergs merupakan salah satu gletser paling aktif di bumi, yang bergerak sekitar 19 meter perhari, fenomena ini menciptakan pemandangan yang indah sekaligus dramatik.

4. Doubtful Sound, Selandia Baru

Doubtful Sound, gambar wikimedia.org

Doubtful Sound, gambar wikimedia.org

Doubtful Sound merupakan fjord paling besar, terletak di barat daya Selandia Baru, tepatnya bagian terujung pulau selatan. Tempat ini telah dikenal akan keasrian dan kehidupan alam liarnya. Doubtful juga terkenal sebagai teluk terbesar ke dua dari 14 fjord di taman nasional Fiordland. Selain itu, fjord ini memiliki panjang tiga kali dan sepuluh kali lebih besar dari teluk terkenal Milford Sound.

3. Naeroyfjord, Norwegia

Naeroyfjord, gambar pinterest.com

Naeroyfjord, gambar pinterest.com

The Naeroyfjord sungguh bentangan alam yang sangat liar namun indah. Teluk ini merupakan cabang dari fjord paling besar dan panjang di Norwegia, Sognefjord. Meskipun cabang, Naero memiliki panjang 17 km dan lebar celah rata-rata 250 meter. Masyarakat Eropa sana telah menganggap Naero sebagai salah satu destinasi perjalanan wajib jika ingin merasakan sensasi dramatik dan skenik.

2. Milford Sound, Selandia Baru

Milford Sound, gambar worldfortravel

Milford Sound, gambar worldfortravel

Milford Sound merupakan salah satu destinasi paling diminati turis yang singgah ke Selandia Baru. Saking banyaknya turis yang berkunjung, pada 2008, TripAdvisor memberikan penghargaan pada tempat ini sebagai salah satu spot destinasi wisata terbaik.

Berlokasi di ujung utara taman nasional Fiordland, Milford menawarkan perpaduan bentang alam perairan dan lebatnya hutan serta indahnya puncak-puncak pegunungan. Area ini juga dikenal sebagai salah satu wilayah lembap, sehingga jangan heran jika saat berkunjung mendadak hujan lebat. Namun itu semua akan terbayar dengan keindahan Milford Sound.

1. Geirangerfjord, Norwegia

Geirangerfjord, gambar dangerous-business.com

Geirangerfjord, gambar dangerous-business.com

Geiranger ibaratnya batu perhiasan langka yang dimiliki Norwegia. Puncak-puncak gunung yang tertutupi salju, sayup-sayup suara air terjun, lebat hijaunya tumbuh-tumbuhan, birunya air, semua dapat diperoleh disana.

Untuk dapat sampai kesana, kita dapat memesan tiket satu dari 130 kapal Cruise yang datang setiap tahun sekali atau menyewa kapal ferry di Hellesylt dengan tujuan akhir Geiranger. Geiranger sendiri merupakan kota kecil tersembunyi di pangkal serpihan surga dunia ini.

Sekian kesepuluh fjord paling populer yang patut untuk dikunjungi, semoga informasi kali ini menambah perbendaharaan khazanah ilmu kita semua.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Fjord
https://www.thrillist.com/travel/nation/the-worlds-most-beautiful-fjords-kenai-milford-sound-and-howe-sound
https://www.youtube.com

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 10 Monolit Terbesar Di Dunia, Satu Diantaranya Ada Di Indonesia - 4muda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2013-2017 4muda.com. Part of Gomuda.co

To Top