Connect with us

Anime

10 Film TV Dan Kartun Anak-anak Terpopuler Sepanjang Sejarah

sweater-rajut-pria

Acara televisi memang tidak semuanya buruk, namun tetap saja harus selalu cerdas menonton terlebih bagi anak-anak jangan sampai berlebih menonton televisi dibanding belajar atau menonton acara-acara yang tidak bermutu dan cenderung tidak memberikan manfaat.

Dari sekian banyak acara televisi, mungkin anak-anak lebih banyak menonton film tv series anak seperti halnya kartun Spongebob ataupun Tom an Jerry. Film televisi untuk anak-anak tersebut mungkin pernah kita tonton dimasa kecil atau hingga saat ini, seperti Narut dan Dragonball yang ikut dewasa seiring usia kita bertambah yang memiliki cerita unik serta membuat penasaran untuk melanjutkan menonton di minggu berikutnya.

Banyak sekali film tv series animasi/kartun yang menjadi tontonan menarik saat kita anak-anak, dan berikut merupakan 10 film tv dan kartun anak-anak terpopuler sepanjang sejarah di Indonesia.

1. Naruto

Naruto, gambar: variety.com

Naruto, gambar: variety.com

Siapa yang tak kenal dengan animasi satu ini. Naruto menjadi animasi paling populer di dunia untuk kalangan anak-anak hingga dewasa sekalipun. Meskipun sempat terjadi peristiwa tidak baik dari acara televisi animasi Naruto yang membuat beberapa anak mempraktekannya dikehidupan nyata yang sempat menjatuhkan korban, nyatanya Naruto tetap jadi tontonan menarik dan tayang hingga saat ini di televisi nasional.

Cerita tentang Naruto, anak yang kesepian namun sangat mementingkan persahabatan dan merindukan perdamaian serta membantu sesama membuat karakternya selalu dinanti-nanti, terlebih mengisahkannya dari usia anak-anak hingga dewasa hingga berhasil menjadi Hokage dan memiliki anak yang bernama Boruto, yang dalam manga nya menjadi tokoh utama untuk kisahnya saat ini. Meskipun untuk anime nya masih berkisah tentang Naruto Shippuden dalam pertempurannya melawan Madara sebelum ia menjadi Hokage dan menikah dengan Hinata.

Bukan hanya anime, dan manga, bahkan Naruto pun sudah dibuat dalam 10 film dari Naruto kecil hingga Naruto remaja dan dewasa yang dikenal Naruto Shippuden. Bahkan di tahun 2015 berjudul “The Last Naruto The Movie” merupakan film terakhir untuk Naruto sebagai pahlawan konoha hingga menikah dengan Hinata banyak diminati pecinta anime ini.

2. Spongebob

Spongebob SquarePants, gambar: zimbio.com

Spongebob SquarePants, gambar: zimbio.com

SpongeBob SquarePants adalah salah satu film tv anak-anak dengan rating tertinggi dari semua jenis kartun sepanjang masa di seluruh dunia. Berkisah tentang spons laut yang naif dan selalu optimis bernama SpongeBob SquarePants dan bekerja di kota bawah laut Bikini Bottom. Banyak karakter pendukung yang juga sama-sama populer bersama dengan SpongeBob, termasuk bintang laut, cumi-cumi, kepiting, dan bahkan tupai yang tinggal di bawah air.

Acara ini pertama kali ditayangkan pada tanggal 1 Mei 1999, dan dengan cepat populer dengan anak-anak disleuruh dunia. Seri tv kartun ini memenangkan 2 Emmy Awards untuk Outstanding Special Class Animated Program and Outstanding Sound Editing – Animation.

3. Doraemon

Doraemon, gambar: doraemon.wikia.com

Doraemon, gambar: doraemon.wikia.com

Doraemon mungkin bisa dibilang kartun jepang terlama yang hadir di televisi Indonesia. Sejak kecil hingga dewasa Nobita tak pernah dewasa dengan cerita baru ataupun yang diulang kembali. Namun demikian dalam filmnya di akhir tahun 2014 “Stand By Me” dikisahkan tentang masa depan Nobita dewasa yang menikah dengan Sisuka, sedikit mengharukan, menarik tapi tidak begitu memukau.

Di Indonesia, film Doraemon pertama kali tayang di layar kaca TVRI Yogyakarta pada 1974. Dan pada 1989, RCTI mulai menayangkan serial kartun ini tiap hari Minggu pukul 08.00. Berikut merupakan Opening Doraeomon di tahun 1995 dengan theme song nya yang melegenda.

Doraemon yang sangat suka dengan Dorayaki, menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menjual makanan kesukaan Doraemon tersebut. Hingga saat ini Doraemon pun masih tayang diacara televisi liburan di hari minggu, meskipun saat ini kepopulerannya sedikit berkurang seiring dengan makin banyaknya kartun kartun menarik lainnya seperti Dora The Explorer, atau Pokemon.

4. Power Ranger

Power Ranger merupakan film tv series anak-anak bahkan hingga remaja yang menarik untuk ditonton. Power Ranger sendiri ada dua versi, yakni versi jepang dan versi barat. Namun yang paling populer adalah versi barat yang merupakan adaptasi dari versi jepang. Diantara banyak season Power Ranger hingga saat ini, Power Ranger Mighty Morphin 1993 -1996 mungkin paling keren dan terpopuler sepanjang sejarah, dengan karakter lima pemeran utamanya Tommy (Ranger putih dan Ranger hijau), Jason (Ranger merah), Kimbely (Ranger Pink), Zack (Ranger hitam), Billy (Ranger Biru) serta Trini (Ranger kuning).

Mighty Morphin Power Ranger Season 1, gambar: powerrangers.com

Mighty Morphin Power Ranger Season 1, gambar: powerrangers.com

Bahkan di tahun 1995 Mighty Morphin Power Ranger sukses membuat debut film pertama untuk Power Ranger. Kabar terbarunya lagi, Power Ranger akan dibuat film kembali di tahun 2017 mendatang yang tentunya akan membuat penasaran pecinta Power Ranger dari kalangan anak-anak hingga dewasa sekalipun, mengingat karkter pemain merupakan remaja dan dewasa.

Berikut adalah season Power Ranger dari tahun 1993 hingga 2015:

  • Mighty Morphin ‘Power Rangers: Season 1 (93-94)
  • Mighty Morphin ‘Power Rangers: Season 2 (94-95)
  • Mighty Morphin’ Power Rangers: The Movie (1995)
  • Mighty Morphin ‘Power Rangers: Season 3 (95-96)
  • Power Rangers Zeo (1996)
  • Turbo: A Power Rangers Movie (1997)
  • Power Rangers Turbo (1997)
  • Power Rangers In Space (1998)
  • Power Rangers Lost Galaxy (1999)
  • Power Rangers Lightspeed Rescue (2000)
  • Power Rangers Time Force (2001)
  • Power Rangers Wild Force (2002)
  • Power Rangers Ninja Storm (2003)
  • Power Rangers Dino Thunder (2004)
  • Power Rangers S.P.D. (2005)
  • Power Rangers Mystic Force (2006)
  • Power Rangers Operation Overdrive (2007)
  • Power Rangers Jungle Fury (2008)
  • Power Rangers RPM (2009)
  • Power Rangers Samurai (2011)
  • Power Rangers Super Samurai (2012)
  • Power Rangers Megaforce (2013)
  • Power Rangers Super Megaforce (2014)
  • Power Rangers Dino Charge (2015)

5. Pokemon

Pokemon, gambar; pokemon.com

Pokemon, gambar; pokemon.com

Pokemon mengisahkan seorang anak muda bernama Ash Ketchum. Setelah mencapai usia 10, ia menerima Pokémon pertamanya dari Profesor Oak dan menetapkan pada nya Pokémon Journey atau disebut Pikachu dengan kekuatan sengatan listrik. Sepanjang untuk perjalanan berbagai teman-temannya: Misty, Brock, Tracey, Mei, Max, Dawn, Iris, dan Cilan. Bersama-sama, mereka perjalanan melalui Kanto, Orange, Johto, Hoenn, Pertempuran Frontier, Sinnoh dan Unova Liga.

Pokemon sendiri hingga saat ini masih tayang dengan season terbarunya Pokemon XYZ. Bahkan soundtrack lagu Pokemon banyak dicover musisi bertalenta di youtube dan mendapatkan banyak apresiasi dari pecinta musik dan pokemon. Seperti video cover berikut ini:

6. Dragonball

Dragonball Z, gambar: ign.com

Dragonball Z, gambar: ign.com

Sejak kemunculannya, Dragonball bukan hanya populer dalam bentuk manga atau komik, namuan juga animasinya telah populer di dunia yang tayang pada saluran televisi lokal masing-masing negara. Bahkan dibuat dalam film live action yang tahun 2009, meskipun kurang begitu memuaskan dengan rating sangat kecil dibawah 3 dari 10 berdasarkan imdb.

Animasi Dragonball di televisi sudah tayang dalam beberapa seasson mulai dari Dragonball, Dragonball Z, Dragonball GT , Dragonball Kai hingga yang terbaru Dragonball XYZ dengan karakter utama Goku, Krilin, Bulma dan banyak lainnya dengan masing-masing keunikan kekuatan yang dimiliki.

sweater-rajut-pria

7. Tom and Jerry

Tom and Jerry, gambar: hddesktopwallpapers.in

Tom and Jerry, gambar: hddesktopwallpapers.in

Tom and Jerry dimana Tom merupakan Kucing sedangkan Jerry adalah tikus. Acara kartun ini tentu saja berkisah tentang kucing dan tikus, dan beberapa karakter lainnya. Keduanya tidak pernah benar-benar berbicara, meskipun mereka bernyanyi, berteriak, terkesiap, tertawa, menghitung, atau mengatakan “Aha !!”.

Kisahnya yang menampilkan persaingan antara kucing dan tikus, kadang ada pula persahabatan dan pertengkaran sangat menggelitik anak-anak untuk tertawa dan asik menontonnya hingga akhir acara. Bahkan meskipun diulang-ulang tetap saja menarik, dan tak heran hingga saat ini Tom and Jerry masih jadi salah satu tayangan kartun anak-anak terpopuler di Indonesia dan dunia tentunya.

8. One Piece

One Piece, gambar: comicvine.com

One Piece, gambar: comicvine.com

Selain Naruto, anime jepang paling populer di indonesia adalah One Piece. One Piece adalah sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang pergi mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah secara tak sengaja memakan buah Gomu Gomu, salah satu dari buah iblis. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu dengan teman baru dan musuh yang beragam.

One Piece diciptakan oleh Eiichiro Oda. Komiknya dimulai pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999. Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100.000.000 eksemplar. Hingga saat ini One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi. Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak.

9. Spiderman

Animasi Spiderman, gambar: comicvine.com

Animasi Spiderman, gambar: comicvine.com

Spiderman tak hanya hadir dalam bentuk film yang diperankan Tobey Maguire atau Andrew Garfield sebagai Peter parker, namun jauh sebelumnya hadir dalam bentuk animasi alias kartun di tahun 1994 bulan November. Berkisah tentang Peter parker seorang anak remaja SMA yang tersengat gigitan laba-laba kemudian pingsan dan setelah bangun kembali ia mendapati dirinya memiliki kekuatan super dan menjadikannya sebagai superhero yang bertopeng dengan kostum laba-laba berwarna merah, biru.

Animasi Spiderman sangat diminati masyarakat dunia bahkan menjadi salah satu animasi paling terpopuler dibandingkan X-Men, ataupun Transformer. Sehingga tak heran debut film nya dalam bentuk manusia diawal penayangan sukses sebagai film box office, meskipun saat diproduksi ulang dengan penggantian pemeran dan cerita sedikit berbeda membuatnya kurang banyak diminati.

10. Dora The Explorer

Dora The Explorer, gambar: obsessivemommy.com

Dora The Explorer, gambar: obsessivemommy.com

Dora The Explorer mengisahkan petualangan Dora, bersama monyet dan backpack nya. Dalam setiap episode, pemirsa membantunya untuk pergi berpetualang di dunia animasi yang diatur di dalam komputer.

Musim ketiga animasi Dora menggebrak dengan “Dora’s Star-Catching Adventure,” memperkenalkan sebuah konsep baru di mana pemirsa berinteraksi dengan pertunjukan dengan mencari bintang di setiap episode. Sejumlah episode tersedia dalam bentuk buku dan video komersial / DVD. Kartun Dora sangat disukai anka-anak, selain tontonan asik, mereka juga dapat belajar menemukan sesuatu yang baru dalam perjalanan Dora.

Apa film dan kartun anak-anak kesukaan kamu? tinggalkan komentar yah!

Referensi:
http://www.tv.com/shows/category/kids/
wikipedia.org

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Mengenal Yoshi Sudarso, Ranger Biru Indonesia Dalam Power Rangers Dino Charge - 4muda.com

  2. esa putra tanjung

    November 25, 2015 at 13:57

    nih ts nya seumuran sama saya nih hehehe uppss eh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

To Top