Connect with us
toy-story-3

Top 10

30 Film Animasi Terbaik dan Berpendapatan Tertinggi Sepanjang Masa

sweater-rajut-pria

Film animasi merupakan salah satu pilihan terbaik bagi anak-anak hingga dewasa, bahkan keluarga dalam mengisi liburan bersama. Sehingga tak heran pilihan film animasi terbaik selalu jadi favorit bagi kebanyakan keluarga di dunia.

Mulai dari Pinocchio hingga Frozen dan Big Hero 6, serta paling anyar Zootopia dan Moana sudah membuktikan film-film animasi mampu menarik perhatian banyak pecinta film dari beragam kalangan hingga menjadi peraih film animasi terbaik serta meraup pendapatan fantastis dari awal hingga akhir penyangannya di seluruh bisokop dunia.

Berikut merupakan 30 film animasi terbaik versi Oscar serta memperoleh pendapatan tertinggi sepanjang masa.

1. Toy Story 3

toy story 3

toy story 3

Toy Story 3 merupakan film animasi terbaik pertama tayang tahun 2010 dan juga merupakan sekuel ketiga dari Toy Story dan Toy Story 2 yang juga sukses  digemari anak-anak hingga dewasa. Terlebih film Toy Story 3 mampu membuat penonton mengeluarkan air mata karena kisahnya bermula saat Andy pemilik dari mainan-mainan tersebut akan pergi kuliah dan tidak lagi membawa mainannya ke kampus.

Mainan tersebut berakhir ditempat yang salah yaitu di tempat penitipan anak. Sehingga masalah banyak terjadi dan mereka berusaha melarikan diri. Terdapat karakter mainan baru seperti boneka Barbie dan Ken.

Toy Story 3 tercatat  sebagai film animasi terbaik dengan rating 8,4/10 versi imdb dan 8,9/10 versi rottentomatoes dan memperoleh dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song tahun 2011. Tak hanya itu, Toy Story 3 pun jadi film nomor kedua berpendapatan tertinggi senilai $1,063,171,911, setelah sebelumnya bertengger dinomor pertama dan dikalahkan Frozen tahun 2014.

2. Finding Nemo

Siapa yang tak tahu dengan animasi fenomenal ikan lucu bernama Nemo ini, bahkan di televisi lokal pun film animassi “Finding Nemo” sellau diputar disaat masa-masa liburan setiap tahunnya. Berkisah tentang Nemo yang terjaring nelayan dan disimpan dalam aqua mini. ayah dan teman-temannya berusaha menemukan Nemo dan membawanya pulang kembali ke asal mereka.

Film Finding Nemo yang tayang 2003 ini, berhasil menyabet satu piala Oscar sebagai Best Animated Feature tahun 2004. Serta mendapatkan rating tinggi 8,6/10 versi Rottentomatoes dan 8,2/10 versi imdb.

Tak sekedar populer dan memperoleh Oscar, film ini berhasil menempati urutan ke-5 sebagai film animasi terbaik dan terlaris sepanjang masa dengan pendapatan senilai $936,743,261.

3. Up

Bermula dari persahabatan dua anak kecil yang mengagumi penjelajah dunia, kemudian tumbuh dewasa dan menjadi sepasang suami istri yang bahagia dan berakhir dengan petualangan seru dengan rumah yang mengapung dengan balon-balon bersama Russell anak pramuka yang menggemaskan menjadi daya tarik tak terbantahkan bagi siapapun yang menontonnya.

Film Up tayang 2009 lalu dan menyabet dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score tahun 2010. Rating imdb 8.3/10 dan Rottentomatoes 8.,7/10 membuktikan kualitas dari film animasi terbaik.

Dari awal hingga akhir penyangan film Up di bioskop seluruh dunia, film ini mampu menjadi film nomor urut 13 sebagai film berpendapatan tertinggi sepanjang masa senilai $731,342,744.

4. Frozen

Film animasi terbaik ini bisa dibilang film paling fenomenal dan terpopuler diseantero dunia dari anak-anak hingga dewasa. Kisah yang beda dari kisah putri cantik kerjaan, membuat film ini begitu menarik disertai lagu-lagunya yang juga sangat populer dinyanyikan oleh dua penyanyi keren Idina Menzel dan Demi Lovato berjudul “Let It Go”.

Film Frozen tayang akhir tahun 2013 dan mampu menyihir seluruh dunia dan memperoleh penghasilan yang sangatluar biasa dan tidka pernah dicapai film animasi lainnya. Frozen menempati urutan pertama sebagai film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa senilai $1,279,852,693. Angka yang fantastis bahkan tak mampu dicapai Toy Story 3.

Tak hanya itu, film Frozen pun meraih dua piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year dan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song tahun 2014. Meskipun rating imdb dan Rotentomatoes hanya mampu mencapai 7,7/1, film ini tetap saja fenomenal.

5. Zootopia

Film yang dikenal juga dengan judul Zootropolis ini rilis pada 4 Maret 2016. Film yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore ini mengisahkan tentang dunia dimana hewan mamalia baik itu hewan pemangsa maupun hewan mangsa hidup berdampingan dengan damai.

Cerita berpusat pada Judy Hopps, seekor kelinci betina yang bermimpi ingin menjadi polisi. Alih-alih menjadi polisi sungguhan yang menginvestigasi kasus dan menangkap pejahat, Judy malah ditugaskan menangani pelanggaran parkir karena pimpinannya, Chief Bogo, meragukan potensinya hanya karena Judy seekor kelinci. Pada akhirnya, Judy berhasil meraih mimpinya menjadi seorang petugas polisi setelah melewati berbagai tantangan.

Animasi yang diproduksi oleh Walt Disney ini berhasil meraih pendapatan $1,023,784,195 dari penayangannya di seluruh dunia. Selain menjadi film animasi terlaris, Zootopia juga berhasil meraih piala Oscar sebagai Best Animated Feature dan mendapat rating IMDb 8,1/10 serta RottenTomatoes 8,1/10.

6. Moana

Berkisah tentang seorang gadis bernama Moana, putri dan penerus dari kepala suku di sebuah pulau kecil di Polinesia. Ia pergi berlayar dan melakukan misi berbahaya mengarungi samudera Pasifik untuk menyelesaikan misi pendahulunya.

Film animasi terbaik dan terlaris besutan sutradara Ron Clements dan John Musker ini dirilis pada 23 November 2016 dan mendapat sambutan yang cukup hangat. Moana berhasil membukukan pendapatan sebesar $628,615,186 dengan rating IMDb 7,7/10 dan RottenTomatoes 7,9/10. Animasi produksi Walt Disney ini pun cukup berprestasi karena mendapat nominasi Best Animated Feature dan Lagu Orisinil Terbaik dalam ajang piala Oscar.

7. Ratatouille

Film Prancis ini mampu menjadi film animasi terbaik yang pernah ada. Si Tikus cerdas memasak ini begitu menarik untuk ditonton. Kisahnya yang juga apik telah memenangkan satu kategori Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year tahun 2008.

Rating imdb 8,0/10 dan Rottentomatoes 8,5/10 membuktikan film ini sangat berkualitas dan sayang jika terlewatkan. Bahkan tercatat memperoleh penghasilan nomor urut 19 tertinggi sepanjang masa senilai $623,722,818.

8. Big Hero 6

Mengulang sukses Frozen, Walt Disney akhir tahun 2014 sukses besar dengan film animasi Big Hero 6. Film animasi ini begitu menarik dengan humor menggemaskan yang dilakukan Baymax, Robot balon plastik gendut yang dibuat untuk menolong pemiliknya. Tak hanya itu teknologi canggih dan unik pun bisa kita temukan di film Big Hero 6 ini.

Meskipun pendapatannya tak sebesar Frozen, Big Hero 6 mampu menempati urutan ke-16 sebagai film terbaik dan terlaris sepanjang masa dengan total keuntungan $651,774,054. Film ini pun mampu menyabet satu piala Oscar sebagai Best Animated Feature Film of the Year awal tahun 2015.

9. Wall-E

Wall-E merupakan film animasi tentang robot penjelajah ruang angkasa yang akan menentukan nasib manusia di masa mendatang. Film ini tayang tahun 2008 dan mememnangkan penghargaan sebagai Best Animated Feature Film of the Year tahun 2009. Rating imdb 8,4/10 dan Rottentomatoes 8,5/10 patut kita tonton sebagai pilihan film seru bergenre animasi bersama keluarga.

Pendapatan bersih dari Wall-E ini ditutup hingga mencapai angka $521,311,860 yang menempati urutan ke-31 sebagai film animasi terbaik dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.

10. The Incredibles

Film keluarga Superhero bentuk animasi ini sangat sayang jika dilewatkan. Kekuatan super yang dimiliki keluarga ini membuat kita seakan menginginkannya. Namun tentu saja tidak akan bisa kita miliki karena hanyalah sebuah film.

Film animasi terbaik nomor urut 8 The Incredibles ini tayang tahun 2004 danmemenangkan piala Oscar untuk kategori Best Achievement in Sound Editing dan Best Animated Feature Film of the Year di tahun 2005. Film ini pun berhasil meraih pendapatan sebesar $631,442,092 yang menempatkannya diranking ke-18 sebagai film animasi berpendapatan tertinggi.

11. Inside Out

Inside Out merupakan film animasi teranyar tahun 2015, yang diproduksi Pixar Animation Studios yang juga dirilis Walt Disney Pictures. Film ini mampu menggeser posisi salah film animasi terbaik sebelumnya dalam jajaran film animasi terbaik sepanjang sejarah seperti Pinocchio, bahkan penghasilan total yang diperolehnya melebihi film “UP” di tahun 2009.

Film animasi terbaik nomor urut 9 yang hadir dalam 3 Dimensi ini, terbilang sangat unik terlebih dengan ceritanya yang menggelitik sebagai cerita komedi drama versi animasi. Disutradarai oleh Pete Docter mengisahkan seorang Riley (Kaitlyn Dias) anak perempuan berusia 11 tahun yang mengalami gejolak emosional saat sang ayah memindahkannya dari Midwest ke San Francisco.

Lucunya di dalam pikiran Riley terdapat lima bentuk emosi yang diisi oleh aktris dan aktor populer, diantaranya: Joy – bahagia (Amy Poehler), Fear – takut (Bill Hader), Anger – marah (Lewis Black), Disgust – jijik (Mindy Kaling), dan Sadness – sedih (Phyllis Smith). Kelima emosi ini ada dalam pikiran Riley yang disebut dengan Headquartes (markas besar). Kepindahan Riley membuat kelima emosi ini saling berseteru untuk memilih yang terbaik bagi kehidupan baru Riley.

Kini Inside Out menempati posisi ke 54 dari 250 film terbaik sepanjang sejarah versi IMDB, serta diposisi ranking 14 sebagai film terlaris sepanjang sejarah. Selain itu film ini pun memperoleh penghargaan sebagai runner-up film terbaik dari Golden Space Needle Award dan dinominasikan dalam tiga kategori Teen Choce Award 2015.

12. Spirited Away

Film animasi terbaik asal Jepang ini ternyata mampu meraih prestasi besar di kancah perfilman dunia. Tayang tahun 2001 dan dirilis ulang tahun 2003 versi di Amerika, dan dunia mampu meraih piala Oscar sebagai Best Animated Feature tahun 2003. Film ini mendapatkan rating sangat poitif 8,6/10 versi imdb dan Rottentomatoes.

Spirited Away yang diproduksi Walt Disney dan disutradarai Hayao Miyazaki semula berjudul “Sen to Chihiro no Kamikakushi” diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Spirited Away. Film ini memang tak masuk dalam 50 besar film animasi terlaris sepanjang masa, namun menjadi salah satu dari 10 animasi terbaik sepanjang masa yang pernah ada.

Film Spirited Away hanya mampu mencapai Box Office dan memperoleh penghaslan 9,9 juta dollar Amerika.

13. Pinocchio

Nomor terakhir ditempati Pinocchio, meskipun sebenarnya Pinocchio menjadi urutan 6 besar versi Rottentomatoes sebagai film terbaik sepanjang masa. Namun karena film ini diproduksi tahun 1940 tentu diera modern ini, kualitas gambar tidak sebanding dengan film Big Hero 6 dan lainnya.

Akan tetapi Pinocchio merupakan salah satu awal dari beragamnya film animasi terbaik seperti Big Hero 6, Frozen dan lainnya yang diproduksi Walt Disney. Bahkan yang menarik karakter Pinocchio telah menjadi kisah dunia yang fenomenal bagi anak-anak untuk tidak berbohong dan selalu berkata jujur.

Film Pinocchio telah terbukti kualitasnya dengan meraih piala Oscar untuk dua kategori yaitu, Best Music, Original Song dan Best Music, Original Score tahun 1941. Penghasilan yang diperoleh senilai 84,3 juta dollar memang tidaklah sebesar film-film terbaru saat ini. Mengingat tahun 1941 film animasi masih sangat jarang dan di Indonesia sendiri bisokop yang menayangkan film ini pun mungkin tak ada. Kita hanya tahu di tahun-tahun 1990 han saat menontonnya di televisi.

14. Finding Dory

Seperti pendahulunya, Finding Nemo, film animasi yang rilis pada 17 Juni 2016 ini sukses di pasaran dan berhasil membukukan angka senilai $1,028,389,327. Dengan rating IMDb 7,4/10 dan RottenTomatoes 7,6/10, animasi yang disutradarai Andrew Stanton dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios ini juga berhasil meraih beberapa penghargaan meskipun tidak berhasil masuk nominasi Oscar.

Dory, seekor ikan dori atau ikan Regal tang biru, terpisah dari orang tuanya sedari kecil. Ketika ia tumbuh besar, ia memutuskan untuk mencari mereka, namun karena ia memiliki penyakit kehilangan ingatan jangka pendek, secara bertahap ia lupa akan keduanya. Setelah tidak sengaja bertemu Marlin, ia bergabung bersamanya dalam perjalanan mencari anak Marlin, Nemo. Satu tahun kemudian, Dory tiba-tiba ingat bahwa ia memiliki orang tua. Ia memutuskan untuk mencari mereka.

15. The Lion King

Film animasi besutan rumah produksi Walt Disney ini merupakan salah satu film yang cukup membekas di ingatan anak-anak yang tumbuh di tahun 1990-an. Apalagi lagu soundtrack-nya yang berjudul “Can You Feel The Love Tonight” dan dinyanyikan Elton John, meraih piala Oscar kategori Lagu Orisinil Terbaik. Tidak hanya lagu, musik pengiringnya yang dikomposeri oleh Hans Zimmer pun memenangkan Oscar kategori Score Orisinil Terbaik.

Berkisah tentang Simba, seekor singa muda yang merupakan penerus dari ayahnya, Mufasa, yang merupakan Raja dari Pride Land. Namun, setelah pamannya, Scar, membunuh ayahnya; Simba dimanipulasi pikirannya dan berpikir bahwa ia yang bertanggung jawab akan kematian ayahnya dan melarikan diri ke pengasingan. Setelah tumbuh dewasa dan memperoleh pelajaran hidup, ia pun kembali untuk menantang Scar, guna mengakhiri tiraninya dan mengambil kembali posisinya sebagai Raja yang sebenarnya.

Disutradarai oleh Roger Allers dan Rob Minkoff, film yang dirilis pada 15 Juni 1994 ini berhasil membukukan pendapatan sebesar $968,483,777, nilai yang cukup fantastis dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Film ini mendapat rating IMDb 8,5/10 dan RottenTomatoes 8,3/10.

16. Shrek

Berkisah tentang Shrek, makhluk sejenis monster ogre hijau yang mencintai kesendiriannya di rawa-rawa. Tiba-tiba hidupnya terganggu karena kedatangan makhluk-makhluk dari dunia dongeng akibat diusir oleh Lord Farquaad yang membenci dongeng.

Shrek pun lalu memutuskan melakukan perjalanan untuk menemui Farquaad dengan ditemani Donkey, keledai yang bisa berbicara, dengan tujuan agar Farquaad mengambil kembali makhluk-makhluk yang sudah diusirnya. Dari sinilah kehidupan barunya dimulai.

Meskipun animasi, film yang dirilis pada 18 Mei 2001 ini mengandung candaan-candaan yang berorientasi dewasa sehingga apabila ada anak kecil yang ingin menontonnya, orang tua wajib untuk mendampingi mereka.

Disutradarai Andrew Adamson dan Vicky Jenson serta diproduksi oleh DreamWorks, Shrek berhasil membukukan pendapatan sebesar $484,409,218 dengan rating IMDb 7,9/10 dan RottenTomatoes 7,8/10. Tidak hanya itu, Shrek juga berhasil menjadi film pertama yang memenangkan kategori yang baru saja dimulai pada ajang Oscar ke-74, yaitu Best Animated Feature.

17. Brave

Pemenang Best Animated Feature dalam ajang Oscar ke-85 ini dirilis pada 22 Juni 2012. Film animasi yang diproduksi oleh Walt Disney dan disutradarai Mark Andrews dan Brenda Chapman ini memperoleh rating IMDb 7,2/10 dan RottenTomatoes 7/10. Selain berprestasi di Oscar, Brave juga memperoleh pendapatan yang cukup lumayan yaitu $540,437,063.

Berlatar Skotlandia Abad Pertengahan, adalah Merida, putri dari Raja Fergus dan Ratu Elinor yang memiliki hobi memanah dan berkuda alih-alih hobi yang lebih feminin. Hal ini sangat disayangkan oleh ibunya yang menginginkan Merida untuk berperilaku layaknya seorang putri dan menikah dengan seorang pangeran.

Merida tentu saja tidak setuju sehingga hubungan mereka pun semakin renggang. Hingga akhirnya tibalah peristiwa yang membuat hubungan keduanya menjadi lebih harmonis serta saling memahami dan menghargai, hubungan selayaknya sebuah keluarga yang ideal.

18. Monster, Inc.

Film animasi komedi yang diproduksi oleh Pixar dan dirilis oleh Walt Disney serta disutradari oleh Pete Docter ini berkisah tentang dua monster bernama James P. “Sulley” Sullivan dan Mike Wazowski yang bekerja di perusahaan Monster, Inc. sebagai ‘tukang menakut-nakuti’ anak kecil.

Meskipun mereka monster yang bertugas untuk menakut-nakuti, sebenarnya mereka juga memiliki ketakutan tersendiri terhadap anak kecil. Mereka takut terkontaminasi oleh anak-anak kecil tersebut. Suatu hari, seorang anak kecil berhasil masuk Monstropolis, dan tugas mereka lah untuk mengembalikannya ke dunia manusia.

Monster, Inc. rilis pada 2 November 2001 dan memperoleh pendapatan sebesar $577,425,734 serta mendapat rating IMDb 8,1/10 dan RottenTomatoes 8/10. Pada ajang Piala Oscar 2001, Monster, Inc. berhasil mendapat penghargaan sebagai Lagu Asli Terbaik (“If I Didn’t Have You”) karya Randy Newman.

19. Aladdin

Rilis pada 25 November 1992, merupakan film paling sukses di tahun tersebut dengan memperoleh pendapatan total sebesar $504,050,219. Film yang diproduksi oleh Walt Disney dan disutradarai oleh Ron Clements serta John Musker ini juga meraih berbagai penghargaan terutama soundtrack-nya.

Pada ajang Piala Oscar, Aladdin berhasil memenangkan dua penghargaan Musik Terbaik yaitu Score Orisinil Terbaik dan Lagu Orisinil Terbaik untuk lagu “A Whole New World”. Sementara rating IMDb nya 8,0/10 dan RottenTomatoes 8,1/10.

Aladdin yang disadur dari kisah Aladdin dan Lampu Ajaib dalam buku 1001 Malam ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Aladdin, seorang pencuri jalanan yang berteman dengan Putri Jasmine dan akhirnya mereka saling jatuh cinta. Suatu hari Aladdin diberi tugas oleh Jafar, penasehat kerajaan yang jahat, untuk mengambil lampu ajaib.

Alih-alih menyerahkannya pada Jafar, Aladdin menggunakan sendiri lampu tersebut untuk merubahnya menjadi pangeran agar dapat mendekati Jasmine. Akhir kisah, Jafar memperoleh ganjaran atas kejahatannya, sementara Aladdin dan Jasmine hidup berbahagia.

20. Tarzan

Semua orang pasti tahu tentang kisah ini, kisah seorang anak kecil yatim piatu, yang terdampar di hutan dan akhirnya dipelihara oleh seekor gorila betina bernama Kala. Anak kecil itu pun lalu diberi nama Tarzan. Tarzan lalu tumbuh besar bersama penduduk hutan lainnya. Suatu ketika, Tarzan bertemu dengan Jane dan mereka pun saling jatuh cinta.

Tarzan yang rilis pada 16 Juni 1999 ini berhasil memperoleh pendapatan total sebesar $448,191,819, lebih dari 3 kali lipat biaya produksinya. Rating IMDb nya 7,2/10 dan RottenTomatoes nya 7,6/10.

Meskipun ratingnya tidak terlalu istimewa, namun lagunya sangat terkenal dan berhasil memenangkan Piala Oscar kategori Musik Terbaik, Lagu Orisinil ‘You’ll be in My Heart’ yang dinyanyikan oleh Phil Collins. Film animasi ini diproduksi oleh Walt Disney dan disutradari oleh Chris Buck serta Kevin Lima.

21. Wreck It Ralph

Memperoleh pendapatan total sebesar $471,222,889, film yang diproduksi oleh Walt Disney dan dirilis pada 2 November 2012 ini memperoleh kritik positif dari para kritikus yang menyebutkan bahwa Wreck It Ralph dapat menghibur tidak hanya anak kecil namun juga orang dewasa.

Animasi ini juga membangkitkan nostalgia khususnya bagi orang-orang yang suka bermain video game. Rating film yang disutradarai oleh Rich Moore ini cukup lumayan, mendapat bintang 7,8/10 IMDb dan RottenTomatoes 7,5/10.

Berkisah tentang karakter-karakter video game yang hidup di malam hari, saat manusia tertidur. Salah satunya bernama Ralph yang bosan dan berniat berhenti menjadi karakter pemarah yang suka merusak. Selain galau karena ingin menjadi karakter baik, Ralph ternyata dijauhi oleh karakter-karakter lainnya, kecuali Felix si karakter yang suka membereskan kekacauan Ralph.

Ternyata, Ralph baru bisa bergabung bersama mereka dengan syarat harus memenangkan medali terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya, Ralph harus keluar dari dunia video game nya, dan petualangan Ralph pun dimulai.

22. Puss In Boots

Diproduksi oleh DreamWorks dan disutradarai oleh Chris Miller, Puss in Boots yang rilis pada 28 Oktober 2011 ini berhasil meraih pendapatan total sebesar $554,987,477. Meskipun menjadi nominasi Best Animated Feature pada ajang Piala Oscar, namun rating IMDb nya hanya 6,7/10 dan RottenTomatoes 6,8/10.

Karakter Puss In Boots sebenarnya berasal dari dongeng di Eropa pada tahun 1697, namun film ini merupakan spin-off dari animasi Shrek. Menceritakan tentang Puss, kucing yang dapat berbicara yang merupakan buronan hukum, yang sedang mencari cara bagaimana mengembalikan kembali kehormatannya.

23. The Croods

Berlatar zaman prasejarah Pliosen namun fiksi, tepatnya era “The Croodaceous”, hiduplah sebuah keluarga manusia gua bernama Croods. Mereka sangat melindungi sekali diri mereka dari dunia luar. Namun hal itu tidak berlaku bagi Eep, anak perempuan dari keluarga tersebut. Ia secara sembunyi-sembunyi keluar dari gua dan tidak sengaja menemukan api lalu bertemu anak lelaki gua yang lebih modern bernama Guy.

Guy lalu memperingatkan Eep tentang kiamat yang akan terjadi. Dan, ternyata benar terjadi. Gempa bumi yang dahsyat menghancurkan gua keluarga itu dan membuat mereka terpaksa mencari tempat perlindungan baru.

Secara umum The Croods mendapat kritik positif sebagai film drama keluarga yang lucu meskipun bukan animasi terbaik. Film animasi produksi DreamWorks dan disutradarai oleh Kirk DeMicco serta Chris Sanders ini berhasil meraih pendapatan total sebesar $587,204,668. Film yang dirilis pada 22 Maret 2013 ini mendapat rating IMDb 7,2/10 dan RottenTomatoes 6,5/10.

24. Kungfu Panda

Kungfu Panda bisa dibilang sebagai film animasi terbaik yang cukup komplit dan sangat menyenangkan. Pesan ceritanya barangkali biasa, namun ditambah dengan humor yang lucu, seni aksi bela diri yang seru, dan animasi yang penuh warna; membuat Kungfu Panda sangat populer baik di kalangan orang dewasa maupun anak kecil. Bahkan para penonton memberi nilai A- pada CinemaScore.

Ratingnya sendiri dinilai cukup lumayan, mendapat 7,6/10 di IMDb dan 7,2/10 di RottenTomatoes. Film animasi yang diproduksi DreamWorks dan disutradarai oleh John Stevenson serta Mark Osborne ini berhasil meraih pendapatan sebesar $631,744,560.

Animasi yang dirilis pada 6 Juni 2008 ini menceritakan tentang Po, seekor Panda besar yang sangat terobsesi dengan kungfu dan sangat mengidolakan Furious Five; Tigress, Monkey, Mantis, Viper, dan Crane. Singkat cerita, Po berhasil belajar kungfu dari Master Shifu dan mengalahkan Tai Lung, murid dan anak adopsi Shifu yang membelot.

25. The Lego Movie

Merupakan film animasi terbaik ke-25 yang pertamakali diproduksi oleh Warner Animation Group, The Lego Movie dirilis pada 7 Februari 2014. Disutradarai oleh Phil Lord dan Christopher Miller, The Lego Movie berhasil meraih pendapatan sebesar $469,160,692 dan meraih rating IMDb 7,8/10.

Menceritakan sebuah minifigur bernama Emmet, Lego yang sangat biasa, yang tiba-tiba bertemu dengan seorang gadis bernama Wyldstyle. Emmet mengaku kepadanya bahwa dirinya memiliki kekuatan spesial. Akibatnya, Emmet dibawa masuk dalam sebuah perkumpulan yang diketuai Vitruvius. Ia lalu terpilih untuk menyelamatkan dunia dari tiran yang kejam bersama Batman dan beberapa pahlawan super lainnya.

26. Despicable Me 2

Sekuel dari Despicable Me ini masih menceritakan tentang Gru dan para Minionnya. Namun, Gru di seri ini tidak lagi menjadi penjahat karena telah memiliki tiga orang anak perempuan adopsi. Kehidupan barunya yang tenang tiba-tiba terganggu karena ia tiba-tiba direkrut oleh Liga Anti-Kejahatan (Anti-Villain League) dan Gru harus menyelamatkan dunia dari penjahat super.

Film komedi animasi produksi Illumination Entertainment ini rilis pada 3 Juli 2013 dan berhasil memperoleh pendapatan total sebesar $970,761,885, hampir dua kali lipat pendapatan film sebelumnya, Despicable Me (2010). Sementara spin-off nya yaitu Minions (2015), memperoleh pendapatan $200,000 lebih banyak daripada Despicable Me 2.

Film yang disutradarai oleh Pierre Coffin (anak dari novelis Indonesia, NH Dini) dan Chris Renaud ini memperoleh rating IMDb 7,4/10 dan RottenTomatoes 6,6/10. Despicable Me 2 juga meraih nominasi Oscar kategori Best Animated Feature dan Lagu Orisinil Terbaik namun sayangnya tidak menang.

27. Shrek 2

Masih diproduksi oleh DreamWorks atau lebih tepatnya oleh anak perusahaannya yaitu PDI (Pacific Data Images), Shrek 2 melanjutkan kisah Shrek yang kini telah memiliki istri yaitu Fiona. Namun kebahagiaan mereka terganggu karena orang tua Fiona yang tidak rela anaknya berubah menjadi ogre dan menikahi ogre. Berbagai upaya dilakukan dan berbagai kekacauan pun terjadi di kerajaan Far Far Away.

Seperti film sebelumnya, Shrek 2 memperoleh ulasan positif dan tentu saja pendapatan yang lebih besar yaitu total dua kali lipat dari sebelumnya, yaitu $919,838,758. Disutradarai oleh Andrew Adamson, Kelly Asbury, dan Conrad Vernon, film yang rilis pada 19 Mei 2004 ini meraih rating IMDb 7,2/10 dan RottenTomatoes 7,7/10.

28. How To Train Your Dragon

Disadur dari buku seri dengan judul yang sama asal Britania, karya Cressida Cowell, film yang disutradarai oleh Chris Sanders dan Dean DeBlois, duo yang juga menyutradarai Lilo & Stitch, diproduksi oleh DreamWorks. Rilis pada 6 Maret 2010, How To Train Your Dragon berhasil memperoleh pendapatan total sebesar $495,878,759. Rating nya cukup bagus, meraih 8,2/10 di IMDb dan 7,9/10 di RottenTomatoes.

Film animasi terbaik ke-28 ini berkisah tentang Hiccup, anak kepala desa Stoick Yang Agung, yang terlalu lemah dalam berburu naga tidak seperti ayahnya. Ia lebih senang belajar merangkai peralatan mekanik di bawah panduan Gobber, seorang pandai besi, meskipun sering gagal. Namun, akibat perasaannya yang halus, Hiccup malah berhasil melatih seekor naga yang sebelumnya ia temukan terjebak di hutan.

29. Tangled

Berawal dari Mother Gothel yang kehilangan bunga ajaib akibat diminum sebagai obat oleh Permaisuri yang sedang hamil, petaka pun terjadi saat Permaisuri melahirkan Rapunzel. Rapunzel diculik oleh Mother Gothel dan rambutnya yang ajaib menjadi pengganti bunga ajaib, yang membuat Mother tetap awet muda.

Agar tidak diketahui orang banyak, Rapunzel pun ditempatkan di sebuah menara tinggi terpencil di dalam hutan dan dilarang keluar dari sana dengan alasan dunia luar penuh kejahatan. Namun, takdir berkata lain. Rapunzel berhasil keluar dengan bantuan seorang pencuri bernama Flynn Rider.

Film animasi terbaik ke-29 yang dirilis pada 24 November 2010, diproduksi oleh Walt Disney, dan disutradarai oleh Nathan Greno dan Byron Howard ini berhasil meraih penghargaan Grammy untuk kategori Best Song Written For Visual Media (“I See the Light”). Tangled juga meraih pendapatan total sebesar $591,794,936 dan mendapat rating IMDb 7,8/10 dan RottenTomatoes 7,5/10.

30. Rio

Film animasi terbaik diurutan 30 yang disutradarai oleh Carlos Saldanha dan diproduksi oleh Blue Sky Studios ini dirilis pada 22 Maret 2011. Rio berhasil memperoleh pendapatan sebesar $484,635,760 dan meraih rating IMDb 6,9/10 dan RottenTomatoes 6,4/10.

Adalah seekor burung macaw biru jantan bernama Blu yang jatuh dari truk lalu ditemukan dan dipelihara oleh seorang anak perempuan bernama Linda Gunderson. 15 tahun kemudian, seorang dokter burung bernama Túlio Monteiro mengundang mereka ke Rio de Janeiro dengan alasan bahwa Blu merupakan pejantan terakhir dari spesiesnya.

Di Rio, Blu akan dipasangkan dengan macaw betina. Dan inilah awal petualangan Blu bersama teman-teman barunya.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_highest-grossing_animated_films
http://www.rottentomatoes.com/top/bestofrt/top_100_animation_movies/?category=2
imdb.com

To Top